10 Rekomendasi Push Walker Untuk Si Buah Hati

Push Walker - 10 Rekomendasi Push Walker Untuk Si Buah Hati - Acosta

Ketika si kecil sudah mulai belajar berdiri dan merambat, mereka membutuhkan baby walker sebagai alat penunjang. Biasanya orang tua menggunakan baby push walker untuk melatih kemandirian si kecil. Walaupun, pada akhirnya yang terpenting adalah pengawasan dari orang dewasa di sekitarnya.

Banyak kekhawatiran muncul karena baby push walker dianggap berbahaya dan dapat menghambat perkembangan anak. Namun jika anda memilih dan menggunakannya dengan benar, sebenarnya tidak perlu ada kekhawatiran. Justru itu dapat membantu mempercepat proses belajar berjalan si buah hati.

 

Kapan Anak Boleh Menggunakan Baby Walker?

Rekomendasi-Push-Walker-untuk-Si-Buah-Hati - Acosta Super Food

 

Orang tua sebaiknya tidak memaksakan anak untuk belajar berjalan dengan bantuan baby push walker. Sebab beberapa anak mungkin lebih nyaman jika ia langsung dibimbing oleh orang-orang terdekatnya. Kalaupun harus menggunakan push walker, maka dia harus benar-benar sudah siap.

Bila memungkinkan, konsultasikan baby walker rekomendasi dokter supaya anda lebih paham tentang penggunaannya.

Baby push walker bentuknya memang berbeda dengan jenis sit-in, walaupun fungsinya sama. Pada jenis sit-in bayi harus masuk dan duduk di dalamnya untuk bisa berjalan dan menggerakkan alatnya. Banyak ahli mengatakan cara tersebut kurang efektif bagi anak, terutama pada rentang usia 6-15 bulan.

Sementara jenis baby walker dorong biasanya boleh mulai digunakan ketika anak memasuki usia 4-16 bulan. Jika digambarkan, alat ini terlihat seperti alat pemotong rumput yang didorong. Desainnya sederhana, dengan pegangan untuk tangan dan roda yang bisa bergerak maju mundur.

 

Perbandingan Merek-Merek Terbaik Push Walker

Banyak faktor pembeda yang membuat harga push walker yang satu dengan lainnya berbeda. Ingin membeli push walker tapi bingung mana yang harus dipilih? Rekomendasi push walker berikut ini mungkin bisa membantu anda.

1. Lion Musical Walker

Merek Fisher-Price
Fitur Cermin, lampu, musik
Harga Tokopedia

Shopee

:

:

Rp480.000

Rp555.000

Push walker keluaran Fisher-Price sangat cocok untuk bayi usia 6-36 bulan. Selain sebagai alat bantu belajar berjalan, si kecil juga bisa belajar dengan berbagai mainan edukasi.

Terdapat cermin untuk mengajarkan anak mengenali dirinya, serta ada lampu dan musik yang menyala sesuai keinginan. Berbagai fitur tersebut dinilai dapat membantu menstimulasi perkembangan fisik dan mentalnya dari sisi lain.

Jadi sambil belajar berjalan, kemampuan motorik dan sensorinya juga turut terlatih. Bentuk singa nan menggemaskan pada Lion Musical Walker juga pasti disukai anak.

 

2. Zebra Walker Learn With Me

Merek Fisher-Price
Fitur Mainan edukasi
Harga Tokopedia

Bukalapak

Blibli

:

:

:

Rp480.000

Rp625.000

Rp495.000

Fisher-Price bisa dibilang cukup veteran untuk produk-produk mainan anak seperti push walker. Selain bentuk singa, anda juga bisa memilih bentuk zebra yang lucu. Bedanya adalah alat ini memiliki desain lebih ramping, sederhana dan tidak terlalu berat.

Sangat cocok untuk anak mulai usia 6 bulan. Anda membutuhkan dua buah baterai tipe AA untuk menyalakan semua fiturnya. Secara keseluruhan memang cukup standar, namun tetap menyenangkan untuk anak.

 

3. Vtech Baby Walker

Merek Vtech
Fitur Mainan angka, huruf dan bentuk lainnya.
Harga Tokopedia

Shopee

Bukalapak

:

:

:

Rp999.000

Rp999.000

Rp1.300.000

Merek lain yang juga menawarkan fitur menarik adalah Vtech Baby Walker. Terdapat tambahan berupa mainan angka, huruf dan berbagai bentuk lainnya dengan warna berbeda-beda. Ada pula mainan unik berupa telepon untuk mengajari anak tentang apa itu telepon dan fungsinya.

Desainnya cukup oke, sangat kokoh dan pegangannya luas. Anak bisa lebih leluasa saat mendorongnya dan punya banyak opsi mainan di depan. Baby push walker ini cocok untuk menumbuhkan keterampilannya dan melatih otot-ototnya.

 

4. Pumpee Happy Musical Walker

Merek Pumpee
Fitur Musik, silikon anti-slip
Harga Tokopedia

Shopee

Bukalapak

Blibli

:

:

:

:

Rp457.000

Rp380.000

Rp400.000

Rp389.000

Harga Pumpee Baby Walker relatif terjangkau dan tersedia di berbagai e-commerce lokal. Secara kualitas tidak usah diragukan lagi, karena material yang digunakan adalah bahan plastik kokoh ramah lingkungan.

Dari segi keamanan, terdapat silikon anti-slip pada roda untuk mengontrol kecepatan push walker. Lalu fitur unggulannya adalah instrumen musik yang bisa melatih pengenalan suara. Banyak mainan edukasi lainnya yang juga bermanfaat bagi perkembangan sistem motoriknya.

Umumnya, push walker Pumpee digunakan untuk anak berusia 9 bulan ke atas atau disesuaikan dengan postur tubuh anak. Semua fungsi ada dalam satu paket yang komplit sehingga layak dicoba.

 

5. Chomp & Clack Alligator Push Walker

Merek Melissa & Doug
Fitur Bahan kayu, mainan bergerak
Harga Amazon : $99

 
Berbeda dengan push walker lainnya, Melissa & Doug mencoba berinovasi dengan material lain yaitu kayu ringan. Anda mungkin juga jarang menemukan push walker dari bahan kayu. Namun tetap nyaman dan ringan. Bahkan rodanya pun terbuat dari kayu.

Merek ini cukup eksklusif sehingga jangan heran kalau harganya cukup mahal. Di satu sisi, produsennya tidak terlalu fokus pada fitur-fitur pendukung seperti mainan edukasi. Hanya ada tiga mainan berbentuk kepala buaya yang akan bergerak jika push walker digerakkan. Agak sulit menemukan merek ini di pasaran lokal, dan harganya dipatok pada di kisaran Rp1 jutaan.

 

6. iLearn Push Walker

Merek iPlay
Fitur Fitur 3 in 1
Harga Amazon : $69

 
iPlay iLearn Push Walker adalah mainan 3 in 1, yang sangat praktis dan serbaguna. Selain dapat digunakan sebagai push walker sebagaimana mestinya, anda juga bisa mengubahnya menjadi meja kecil.

Di bagian depannya banyak tombol-tombol, yang apabila ditekan dapat mengeluarkan suara. iPlay mengklaim mainan ini dapat meningkatkan semangat anak untuk belajar tentang hal baru.

Jika anda suka dengan kepraktisannya, iLearn Push Walker wajib masuk dalam daftar belanja. Tetapi, sama seperti merek Melissa & Doug, iPlay juga tidak punya toko resmi di indonesia. Anda bisa membelinya di Amazon dengan kisaran harga hampir Rp1 jutaan.

 

7. Ford F150 Baby Walker

Merek Bright Starts
Fitur Bisa diubah menjadi tiga bentuk babywalker
Harga Wallmart

Bukalapak

Shopee

:

:

:

$79

Rp2.300.000

Rp2.150.000

 
Dengan push walker ini, anak anda mungkin akan jadi yang paling keren di antara anak-anak lain. Sebab, ini adalah satu-satunya baby walker yang memiliki dua mode sekaligus, yaitu sit-in dan push-behind dengan tiga bentuk berbeda.

Ford F150 sangat mudah dilipat dan dibentuk sesuai keinginan. Terdapat pula fitur suara-suara yang khas, hingga simulasi roda kemudi dan pemindah gigi. Si kecil pasti senang dan seolah menjadi pengemudi andal saat berada di dalamnya.

Anda bisa menemukannya di toko-toko online atau langsung mengunjungi situs Wallmart.

 

8. Learn & Giggle Push Walker

Merek Bebe Smart
Fitur Karet anti-slip, mainan edukasi, seri yang beragam
Harga Shopee : Rp285.000

 
Dari banyak review Bebe Smart push walker bisa dikatakan bahwa ini adalah baby walker yang aman untuk si kecil. Pasalnya, ada karet anti-slip pada bagian roda sehingga push walker tidak akan berjalan terlalu kencang.

Bahannya terbuat dari plastik BPA free, dengan kata lain aman untuk anak. Di satu sisi, banyak yang bilang kalau bobot keseluruhannya masih terlalu ringan.

Anak usia 6 bulan sudah mulai bisa menggunakan alat ini. Ada banyak mainan untuk aktivitas anak yang dapat merangsang berbagai keterampilan. Misalnya mainan piano kecil, papan tulis kecil, cermin dari bahan plastik, ponsel, boneka, dan lain-lain.

Di pasaran dijual beberapa pilihan seri dengan fitur yang berbeda-beda, seperti Carnival, Animal, Activity, dan lain-lain.

 

9. Puku Push Walker

Merek Puku
Fitur Mainan dan musik, pengontrol kecepatan
Harga Shopee : Rp880.000

 

Puku Push Walker punya dua pilihan warna yaitu biru dan pink, sangat pas untuk anak laki-laki maupun perempuan. Dimensinya sangat minimalis yaitu 45 x 45 x 45cm dan biasanya digunakan untuk bayi berusia 10-18 bulan.

Untuk keamanan yang lebih baik, Puku dibekali dengan kontrol kecepatan roda. Anak juga akan merasa terhibur dengan boneka bergerak di bagian depannya saat ia mendorong push walker. Selain itu, dorongan juga bisa memunculkan suara dari mainan sehingga membuat suasana lebih menyenangkan.

 

10. Baby Walker Push Walker Musical

Merek Zavanese
Fitur Botol pemberat, musik, mainan edukasi
Harga Shopee

Blibli

:

:

Rp156.000

Rp265.000

 
Zavanese adalah produsen yang membuat alat gendong dan mainan untuk bayi. Dibandingkan merek lain, harga yang mereka tawarkan memang jauh lebih murah. Namun, secara kualitas masih cukup oke dan diklaim tahan lama.

Terbuat dari bahan plastik berkualitas, push walker satu ini memiliki bobot total sekitar dua kilogram saja. Itu termasuk beberapa mainan di depannya yang bisa dibongkar pasang. Dalam set pembelian, anda juga akan mendapatkan botol pemberat untuk mengatur kecepatan.

 

Alternatif Push Walker: Walking Assistant Belt

Walking assistant belt - Acosta Super Food

Walking Assistant Belt ini adalah babywalker jenis baru yang mungkin belum terlalu populer. Tetapi kegunaannya sebenarnya cukup efektif dan lebih praktis daripada push walker. Ini karena bentuknya seperti tas gendong dan terbuat dari bahan kain.

Anda mudah membawanya saat bepergian dan si kecil pun lebih bebas berekspresi. Ada dua pilihan yaitu yang mengikat bagian tubuh atas atau bagian bawah seperti gendongan.

Secara harga juga jauh lebih terjangkau daripada push walker atau babywalker sit-in. Anda bisa mendapatkannya mulai dari Rp75.000 hingga Rp100.000 tergantung merek dan jenisnya.

 

Berbagai Manfaat Push Walker Untuk Si Kecil

baby walker - Acosta Super Food

 

Terlepas dari pandangan bahwa baby walker bahaya, alat ini sebenarnya sangat bermanfaat jika digunakan dengan baik. Bukan hanya untuk perkembangan si kecil, tetapi juga bagi orang tua yang mendampinginya. Beberapa manfaat ini mungkin juga bisa menjadi pertimbangan sebelum anda membelinya.

      • Ketika bayi mulai belajar merambat, dia akan menggunakan alat-alat di sekitarnya sebagai tumpuan. Nah, baby walker membantunya lebih bebas bergerak dan belajar menyeimbangkan tubuhnya.
      • Jika bebas bergerak, dia pun bisa lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.
      • Bagi orang tua, alat ini juga amat membantu terutama saat hendak menyuapi si kecil atau mengajaknya berjalan ke luar.

Intinya adalah anda harus menjadi orang tua yang bijak, apalagi jika itu terkait tumbuh kembang anak. Pilih alat-alat pendukung terbaik yang bisa mendorong perkembangannya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi baby push walker dari berbagai merek dan jenis. Harga di atas hanyalah perkiraan dari rata-rata di e-commerce. Anda bisa menemukan yang lebih murah atau lebih mahal di sana.

Manfaat - Manfaat Push Walker Untuk Si Kecil

1. Ketika bayi mulai belajar merambat, dia akan menggunakan alat-alat di sekitarnya sebagai tumpuan. Nah, baby walker membantunya lebih bebas bergerak dan belajar menyeimbangkan tubuhnya. 2. Jika bebas bergerak, dia pun bisa lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. 3. Bagi orang tua, alat ini juga amat membantu terutama saat hendak menyuapi si kecil atau mengajaknya berjalan ke luar.

3 Rekomendasi Push Walker Untuk Si Buah Hati

1. Ford F150 Baby Walker 2. Learn & Giggle Push Walker 3. Puku Push Walker

Harga - Harga Terbaik Push Walker

1. Lion Musical Walker 2. Zebra Walker Learn With Me 3. Pumpee Happy Musical Walker

Artikel terkait