10 Rekomendasi Mainan Lilin Untuk Anak Perempuan

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

Bermain merupakan waktu yang tepat bagi anak untuk mengasah kreativitasnya sejak dini. Ada banyak ragam mainan yang menarik, salah satunya adalah mainan lilin untuk anak perempuan. Mainan lilin diproduksi dengan banyak warna dan bertekstur empuk sehingga mudah dibentuk menjadi aneka wujud benda.

 

Manfaat Lilin Mainan untuk Anak

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

Selain menjadi media rekreatif untuk anak, lilin mainan juga bisa menjadi media edukatif untuk anak. Lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat lilin mainan untuk anak yang bisa dirasakan secara langsung:

1. Mengembangkan Kemampuan Koordinasi Antara Mata dan Tangan

Lilin mainan anak biasa dimainkan dengan peralatan tambahan, seperti cetakan, suntikan, alat penggiling, pisau potong, dan lainnya. Penggunaan alat yang variatif ini bisa menjadi penunjang untuk mengembangkan koordinasi antara mata dan tangan anak.

 

2. Menjadi Stimulus Untuk Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Sudah bukan rahasia jika membuat beraneka bentuk menggunakan lilin mainan bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Untuk meningkatkannya anak juga bisa dipandu dan didampingi menonton youtube mainan lilin anak-anak yang edukatif.

 

3. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Proses mengolah adonan lilin mainan menjadi beraneka bentuk merupakan salah satu cara meningkatkan keterampilan motorik halus. Permainan ini bisa mengembangkan kekuatan tangan melalui gerakan sederhana, seperti meremas, menggulung, memilin, meratakan, memisah, atau membuat bentuk lainnya.

 

4. Menjadi Media Menenangkan Perasaan

Mood anak memang susah-susah gampang untuk ditebak dan ditenangkan. Oleh karena itu tak ada salahnya menyediakan lilin mainan untuk membantu mengembalikan mood anak.

Proses meremas lilin mainan bisa menjadi media anak untuk mengekspresikan emosi dan melepaskan energi berlebih. Dengan demikian perlahan emosi anak akan mereda dan sekaligus meningkatkan fokusnya.

 

5. Mengasah Kemampuan Otak

Pada saat memainkan lilin mainan otak juga ikut terlibat dalam mengambil banyak keputusan sederhana. Otak akan dilatih membuat konsep bagaimana cara membuat satu buah bentuk dengan lilin mainan.

Misalnya ketika anak ingin membuat sebuah bunga, anak tentu akan langsung berpikir bahwa membuat satu lingkaran saja tidak akan berhasil. Anak akan berpikir bagaimana cara membuat kelopak dan menyatukannya. Dengan demikian otak akan lebih aktif mencari penyelesaian dengan menyederhanakan bentuk-bentuk yang ada di lingkungan sekitar.

 

6. Media Belajar Berbagai Macam Bentuk Benda

Lilin mainan juga berperan sebagai media belajar berbagai macam bentuk benda dengan cara yang menyenangkan. Lilin mainan bisa diolah menjadi bentuk yang sederhana hingga bentuk yang lebih kompleks.

Misalnya ketika anak hendak membuat sebuah pizza lengkap dengan toppingnya. Hal pertama yang dilakukan adalah membuat lingkaran besar, dilanjutkan dengan bentuk segitiga, persegi, persegi panjang, dan bentukan lain untuk toping di atasnya. Dengan demikian anak juga memahami bahwa sesuatu yang kompleks berasal dari sesuatu yang sederhana.

 

7. Mengurangi Penggunaan Gadget

Sebagian besar orang tua pasti setuju jika menggantungkan gadget untuk menemani anak bukanlah hal yang baik. Oleh karena itu lilin mainan bisa menjadi solusi untuk membuat anak tetap sibuk walaupun tanpa adanya gadget.

Selain mengisi waktu luang anak, bermain lilin mainan lebih bisa melatih lebih banyak panca indra daripada bermain gadget. Selain untuk mengurangi penggunaan gadget, bermain lilin mainan dapat menjadi solusi ketika anak tidak menemukan acara TV yang tepat.

 

8. Media Belajar Mengenal Angka, Huruf, dan Warna

Beberapa anak sering merasa mengantuk dan bosan ketika belajar angka dan huruf menggunakan buku. Oleh karena itu penggunaan lilin mainan bisa menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan anak pada angka dan huruf. Anda bisa membuat model angka dan huruf kemudian main tebak-tebakan bersama anak.

Jika anak sudah mengenal angka dengan baik, Anda bisa mengarahkan anak untuk belajar berhitung. Anda bisa membuat beberapa bentuk buah dan meminta anak untuk menghitung jumlahnya satu demi satu. Agar anak tidak bosan anda bisa mengganti bentuknya menjadi benda lain, seperti bunga atau hewan.

Selain mengenal angka dan huruf, lilin mainan juga bisa digunakan untuk media belajar mengenal warna. Lilin mainan yang dijual di pasaran hadir dengan berbagai warna yang bisa anda gunakan untuk bermain tebak-tebakan bersama anak.

Tekstur lilin mainan yang mudah diolah memungkinkan anak mencampurkan dua warna berbeda pada lilin mainan. Dengan proses ini anak akan tahu bahwa dua warna yang dicampurkan akan menghasilkan warna baru, seperti biru dicampur kuning menjadi hijau.

 

9. Mendukung Kemampuan Bersosialisasi

Bermain lilin mainan akan lebih seru jika dilakukan bersama teman sebaya. Proses bermain inilah yang menjadi wadah anak untuk mendukung kemampuan bersosialisasinya. Selama bermain anak akan belajar berbagi lilin mainan, berbagai alat cetakan, dan berbincang seputar ide masing-masing.

Sebagai orang tua anda juga bisa menjelaskan cara membuat aneka bentuk dari lilin mainan. Mintalah anak bercerita tentang hasil kreasinya serta bagaimana cara membuatnya. Dengan demikian proses sosialisasi tidak hanya terjadi antara anak dan temannya, tetapi juga antara anak dan orang tua.

10 Rekomendasi Lilin Mainan yang Lucu untuk Anak Perempuan

Seperti yang telah dibahas di atas, salah satu mainan terbaik untuk anak perempuan adalah lilin mainan. Ada banyak pilihan lilin mainan yang aman, tidak beracun, dan memiliki harga terjangkau. Berikut terangkum 10 rekomendasi mainan lilin untuk anak yang cocok dimainkan oleh perempuan:

1. Fun-Doh Cake Factory

 

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

 

Fun-Doh Cake Factory sangat direkomendasikan untuk anak yang tertarik dengan dunia makanan, khususnya kue. Dengan Fun-Doh Cake Factory ini anak bisa belajar membuat berbagai macam kue menggunakan cetakan yang telah disediakan. Anak juga bisa berkreasi dengan mencampur warna lilin mainan menjadi berbagai warna makanan yang anak inginkan.

Kelengkapan: 3 lilin mainan, 1 mesin pembuat kue, 2 cup ice cream, 1 suntikan kue, 2 sendok

Ukuran: 26,5 x 10 x 21 cm

Berat: 0,51 kg

Usia: 2 tahun ke atas

 

2. Fun-Doh Cake Mania

 

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

Fun-Doh Cake Mania didesain untuk anak perempuan yang suka membuat replika kue beraneka warna. Selain itu anak juga bisa membuat berbagai macam toping dan menaruh di atasnya.

Kelengkapan: 2 lilin mainan, 3 cetakan kue beda ukuran, 2 model cetakan toping, 1 suntikan whipped cream

Ukuran: 14,5 x 5,5 x 14 cm

Berat: 175 gr

Usia: 3 tahun ke atas

 

3. Fun-Doh Container Fruits

Fun-Doh Container Fruits bisa menjadi media agar anak mengenal berbagai bentuk buah-buahan. Tidak hanya mengenal, anak juga bisa belajar membuat bentuk buah dari cetakan yang telah disediakan.

Kelengkapan: 2 lilin mainan, 4 cetakan dengan buah yang berbeda, 1 set pisau mainan, 1 box penyimpanan

Ukuran: 15,5 x 15,5 x 6 cm

Berat: 1,899 kg

Usia: 2 tahun ke atas

 

4. Fun-Doh Chef Delicious

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

Fun Doh Chef Delicious menghadirkan pengalaman baru bagi anak yang senang dengan aktivitas memasak. Dengan Fun Doh Chef Delicious bisa memainkan peran sebagai seorang koki yang handal

Kelengkapan: 3 lilin mainan, 1 piring sedang, 2 piring kecil, 1 cangkir teh, 1 klakat dimsum, 1 papan cetakan, 1 set sendok garpu, 1 pasang sumpit, 1 pisau mainan

Ukuran: 21,7 x 7,3 x 17,8 cm

Berat: 0,29 kg

Usia: 2 tahun ke atas

 

5. Fun-Doh Fun Glitter Set

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

Fun-Doh Fun Glitter Set hadir dengan tampilan lilin mainan yang berbeda, yaitu dengan sentuhan glitter yang berkilauan. Tampilan lilin mainan yang cantik ini tentu akan sangat disukai oleh anak perempuan.

Kelengkapan: lilin mainan dengan 8 variasi warna, yaitu silver, emas, ungu, hijau, pink, merah, kuning, dan biru

Ukuran: 6,5 x 2,3 x 2,3 cm

Berat: 1,18 kg

Usia: 2 tahun ke atas

 

6. Fun-Doh Makin’ Birthday Cake

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

Fun-Doh Makin’ Birthday Cake merupakan media yang tepat untuk membuat kreasi kue ulang tahun dari lilin mainan. Anak bisa bermain bersama atau memberikan kreasi kue ulang tahun ini kepada teman bermainnya.

Kelengkapan: 3 lilin bermain, 3 cetakan kue, 1 pendorong kue, 1 suntikan icing kue, 1 piring, 1 sendok, 1 garpu, 1 pisau mainan

Ukuran: 22 x 7,5 x 18 cm

Berat: 0,31 kg

Usia: 3 tahun ke atas

 

7. Fun-Doh Chef Amazing Food

 

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

 

Fun-Doh Chef Amazing Food merupakan lilin mainan yang bertemakan makanan, yaitu membuat pasta. Tidak hanya pasta, anak juga bisa membuat beraneka toping beraneka warna dengan menggunakan cetakan yang tersedia.

Kelengkapan: 3 lilin mainan, 2 cetakan pembuat toping, 1 piring, 1 sendok, 1 garpu, 1 pisau mainan, 1 suntikan pembuat pasta

Ukuran: 21,5 x 7 x 18 cm

Berat: 0,29 kg

Usia: 2 tahun ke atas

 

8. Fun-Doh Chef Bake It

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

Fun-Doh Chef Bake It adalah lilin mainan seri memanggang kue dengan menggunakan oven mainan. Dengan Fun-Doh Chef Bake It anak bisa berperan sebagai seorang koki kue yang handal bersama temannya.

Kelengkapan: 3 lilin mainan, 1 oven mainan, 3 cetakan kue, 1 piring, 1 sendok, 1 garpu, 1 pisau mainan

Ukuran: 24,5 x 10 x 17 cm

Berat: 0,46 kg

Usia: 2 tahun ke atas

 

9. Fun-Doh Chef Fried Chicken

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

Fun-Doh Chef Fried Chicken sangat seru untuk dimainkan karena anak bisa membuat kreasi ayam dengan mudah. Anak bisa membuat bagian paha dan sayap ayam menggunakan cetakan yang tersedia dan menyiapkannya di atas piring.

Kelengkapan: 2 lilin mainan, 2 cetakan potongan ayam (paha dan sayap), 1 piring, 1 sendok, 1 garpu, 1 pisau mainan

Ukuran: 14,5 x 5,5 x 14 cm

Berat: 0,16 kg

Usia: 3 tahun ke atas

 

10. Fun-Doh Chef Ice Cream Bars

10 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan - Acosta

Fun-Doh Chef Ice Cream Bars merupakan rangkaian lilin mainan yang memungkinkan anak membuat model ice cream. Ada 3 warna lilin mainan yang bisa dikreasikan menjadi satu buah ice cream yang lucu dengan menggunakan cetakan.

Kelengkapan: 3 lilin mainan, 2 cetakan ice cream, 3 stik ice cream

Ukuran: 15 x 7 x 12,5 cm

Berat: 0,20 kg

Usia: 2 tahun ke atas

 

Bermain lilin mainan bersama anak tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif untuk meningkatkan komunikasi dua arah antara anak dan orang tua. Jadi, itulah manfaat dan rekomendasi mainan lilin untuk anak perempuan yang bisa Anda jumpai di Official Store Acosta dan toko-toko mainan terdekat.

3 Rekomendasi Mainan Lilin untuk Anak Perempuan

1. Fun-Doh Makin’ Birthday Cake 2. Fun-Doh Chef Amazing Food 3. Fun-Doh Chef Bake It

3 Manfaat Lilin Mainan untuk Anak

1. Mengembangkan kemampuan koordinasi antara mata dan tangan 2. Menjadi stimulus untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas 3. Meningkatkan keterampilan motorik halus

3 Rekomendasi Lilin Mainan yang Aman Untuk Sang Anak

1. Fun-Doh Chef Bake It 2. Fun-Doh Chef Fried Chicken 3. Fun-Doh Chef Ice Cream Bars

Artikel terkait