7 Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Anak

Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Anak - Acosta Super Food

Mainan edukasi penting diberikan kepada anak setidaknya mulai dari usia 1 tahun ke atas. Tidak salah mengapa merek mainan anak yang bagus untuk pertumbuhannya semakin banyak dijual di pasaran. Mainan edukasi membantu mengoptimalkan perkembangan anak dengan stimulasi yang tepat.

Perkembangan anak tidak hanya dilihat dari fisiknya tapi juga kognitif dan psikososial. Jika ketiga aspek tersebut saja sudah bisa berkembang dengan baik, maka anak juga akan lebih baik dalam merespon berbagai hal yang ada di sekitarnya. Ada beberapa rekomendasi mainan edukasi untuk anak yang bisa dipilih oleh orang tua. Simak selengkapnya berikut ini.

Rekomendasi Mainan Edukasi Untuk Anak

 

1. Puzzle Alphabet Dan Angka

Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun yang direkomendasikan adalah puzzle alfabet dan angka. Sejak dini sebaiknya anak mulai diperkenalkan huruf dan angka. Salah satunya melalui cara yang menyenangkan ini yaitu menyusun puzzle sederhana.

Orang tua bisa mendampingi anak untuk menyusun puzzle dengan cara mencocokkan dan memasukkan huruf atau angka ke papan yang tersedia. Bongkar semua puzzle lalu coba susun kembali sesuai dengan tempatnya. Atau bisa juga mencoba menyusun puzzle dengan rangkaian huruf yang membentuk nama anak.

Mainan edukatif ini tidak hanya membantu anak untuk mulai belajar mengenal huruf atau angka. Dengan puzzle anak juga bisa mulai berpikir dengan cara yang seru dan kreatif. Mainan edukatif ini membantu latihan saraf motorik halus dan memperkenalkan warna.

Direkomendasikan juga untuk hadiah pada anak yang mulai masuk playground. Ketika anak sudah mulai lancar permainan puzzle, maka orang tua bisa memilih puzzle dengan tingkat yang lebih rumit. Hal ini untuk mengasah kemampuan anak sehingga lebih tertantang untuk menyelesaikan puzzle.

2. Magic Sand

Magic Sand - Acosta Super Food

Magic sand bisa menjadi pilihan mainan edukatif untuk anak. Mainan pasir kinetik ini memang diciptakan untuk anak agar melatih kemampuan motorik halusnya. Dengan mainan ini jari-jemari anak berlatih untuk meremas, menekan dan membuat bentuk pasir sesuai dengan imajinasinya.

Saat awal mengenalkan Magic Sand pada anak, orang tua bisa mencontohkan suatu bentuk sederhana yang bisa dibuat dari pasir tersebut. Misalnya saja huruf, angka atau hewan.

Karena tidak ada batasan untuk berkreasi terhadap magic sand, maka secara otomatis mainan ini membantu anak berpikir lebih kreatif. Permainan pasir ini juga membantu anak lebih fokus dan tenang.

Jika si kecil cenderung rewel dan terlalu aktif, orang tua bisa memberikan mainan ini untuk menenangkan anak. Dengan bermain pasir kinetik maka secara otomatis anak fokus pada mainan tersebut dan tidak terlalu banyak bergerak.

Namun sebaiknya ketika memilih mainan pasir kinetik, pertimbangkan bahan material yang aman digunakan. Salah satu merek mainan terkenal Acosta menghadirkan Magic sand dengan berbagai pilihan.

Mulai dari Birthday Party, Brick Sand, Twin Castle, Alphanumeric, Animal, Dinosaurs, Dream Castle, Sea World, The Jungle, Transportation, dan Truck. Magic Sand dari acosta menggunakan bahan material yang aman untuk anak. Selain itu harganya juga terjangkau.

 

3. Masak-Masakan

Masak Masakan - Acosta Super Food

Mainan masak-masakan identik dengan anak perempuan. Mainan ini mungkin dianggap kurang memiliki nilai edukasi padahal sebenarnya mampu melatih imajinasi anak. Anak jadi lebih kreatif dan bisa mengenal nama-nama makanan serta perlengkapan dapur. 

Orang tua bisa membelikan mainan masak-masakan satu set. Yang berisi bermacam-macam alat mulai dari alat makan lengkap, sayuran plastik warna-warni dan juga alat dapur. Bermain masak-masakan biasanya dilakukan anak bersama teman.

Hal ini sekaligus membantu anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Belum lagi permainan ini juga bisa dilakukan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Yang pasti saat melakukan permainan masak-masakan ini tetap berada dalam dampingan orang tua.

Pilihan mainan masak-masakan yang paling tepat biasanya berbahan plastik. Untuk itu pertimbangkan material dari mainan tersebut harus berasal dari plastik yang aman. Setidaknya memiliki standar SNI dan BPA free.

 

4. Mobil-Mobilan

Mobil Mobilan - Acosta Super Food

Mainan anak laki-laki 2 tahun keatas yang bisa jadi pilihan orang tua yaitu mobil-mobilan. Mainan ini memiliki banyak manfaat dari sisi edukasi. Mulai dari mendorong anak untuk lebih memiliki imajinasi, sekecil lebih aktif secara fisik dengan bermain mobil-mobilan-nya.

Permainan mobil-mobilan juga seru dilakukan bersama teman, tentu anak jadi di terbantu perkembangan sosial dan emosionalnya. Permainan mobil-mobilan juga membantu anak mengenal beragam jenis mobil.

Ada banyak model mobil-mobilan yang bisa dipilih mulai dari The Little Bus Tayo, truk, kontainer, hot wheels, tobot Tritan dan masih banyak lagi. Saat memilih mainan mobil-mobilan sebaiknya pertimbangkan yang sudah memiliki sertifikat SNI dan memiliki desain dan warna yang variatif. Jangan lupa juga mainan mobil-mobilan anak harus BPA free.

 

5. Balok Kayu Geometri

Balok kayu geometri 4 bentuk sangat cocok untuk diperkenalkan kepada anak. Mainan ini membantu anak mengenal beragam bentuk bangunan dasar mulai dari segiempat, segitiga dan lingkaran. Jadi secara tidak langsung mainin ini juga mengenalkan konsep dasar matematika.

Balok kayu geometri membuat anak mengandalkan kemampuan secara kognitif. Biasanya di setiap balok kayu terdapat lubang agar bisa dimasukkan ke papan yang tersedia.

Permainan ini menjadi sarana latihan motorik halus bagi anak untuk memasukkan balok yang sesuai dengan lubangnya.

Mainan balok sebaiknya dipilih dengan warna yang variatif agar lebih seru. Dan sekaligus warna-warna dasar ini bisa membantu anak melatih pengenalan warna dan menjadi daya tarik tersendiri. Mainan balok kayu geometri ini cocok untuk anak mulai dari 1 hingga tahun.

 

6. Kolintang 8 Tangga Nada

Mainan edukatif anak 1-2 tahun ini membantu anak mengenal nada sejak dini. Dengan 8 tangga nada, kepekaan saraf pendengarannya dilatih di sini.

Karena pada usia ini anak biasanya mulai banyak berbicara dan melakukan aktivitas fisik. Dengan kolintang orang tua bisa mengajarkan anak beberapa lagu yang sederhana dan mudah dimainkan.

Cara bermain musik kulintang yang seru yaitu dengan mengajarkan anak untuk setiap papan secara bergantian. Tentu papan papan tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. Ketuk kembali papan dengan lebih keras untuk menghasilkan nada yang lebih nyaring.

Kegiatan ini secara otomatis melatih saraf motorik kasar pada anak. Selain itu manfaat dari musik kolintang membantu anak terbiasa untuk koordinasi mata dan tangan ketika mengetuk masing-masing papan. Jadi anak juga bisa lebih fokus terhadap musik yang dimainkan.

7. Fun Bike

Fun Bike - Acosta Super Food

Fun Bike adalah sepeda roda tiga yang bisa jadi pilihan untuk mainan edukasi anak. Sepeda ini bisa diberikan untuk anak 3 tahun ke atas atau yang sudah mulai lancar berjalan.

Fun Bike memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak. Manfaat yang pertama tentu untuk melatih anak agar bisa beradaptasi untuk mengendarai sepeda roda dua nantinya. Selain itu sepeda ini membantu untuk melatih tangan, kaki dan otot dalam tubuh.

Hal ini sangat bagus sebagai stimulasi motorik kasar pada anak. Selain itu anak juga akan memiliki fokus dan koordinasi yang bagus. Ketika mengendarai sepeda tentu anak Harus konsentrasi antara tangan, mata dan juga kaki.

Ketika anak sudah lancar menaiki Fun Bike ini secara otomatis meningkatkan percaya dirinya. Ini ditandai dengan si kecil sudah mampu mengarahkan sepeda, mengerem hingga mengatur keseimbangan dengan baik.

Untuk permulaan sebaiknya pilih sepeda roda 3 dengan fitur sederhana yang memudahkan anak untuk belajar mengendarainya. Orang tua juga harus benar-benar fokus ketika mengajarkan anak untuk menaiki sepeda ini. Meski anak sudah mulai lancar untuk menaiki Fun Bike, jangan pernah lepaskan pengawasan apalagi ketika memainkan sepeda di luar ruangan.

 

Tips Memilih Mainan Edukasi Untuk Anak

Tips Memilih Mainan Edukasi Untuk Anak - Acosta Super Food

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika orang tua memilihkan mainan edukasi untuk anak. Simak berikut ini.

1. Sesuaikan Dengan Usia Si Kecil

Yang paling utama yaitu memilih mainan yang disesuaikan dengan usia anak. Pada kemasan mainan biasanya tertera, benda tersebut cocok untuk anak usia berapa saja. memberikan mainan yang tidak sesuai dengan umur atau kemampuan anak tentu akan membahayakan pada si kecil.

Untuk bayi mulai dari 1 tahun sebaiknya jangan berikan mainan dengan ukuran yang terlalu kecil. Karena anak cenderung suka memasukkan apa saja ke dalam mulutnya, salah satunya mainan.

 

2. Perhatikan Ukuran Mainan

Anda harus memastikan mainan yang diberikan kepada bayi lebih besar dari ukuran mulut. Hal ini untuk meminimalisir resiko tersedak ketika anda memasukkan mainan ke dalam mulut.

Idealnya mainan dengan ukuran lebar 3 cm dan panjang 6 cm. Perhatikan pula berat mainan, berikan mainan yang ringan dan nyaman digenggam. Selain itu berikan pula mainan anak dengan ujung yang tumpul agar tidak berbahaya.

 

3. Pastikan Bahannya Aman

Anda harus memastikan mainan anak berasal dari bahan yang tidak beracun. Apalagi untuk anak 1 tahun keatas yang mudah memasukkan mainan ke dalam mulutnya. Jangan gunakan mainan dengan bahan bahan kimia seperti merkuri, arsenik timah dan lainnya.

Mainan edukasi yang aman tidak harus mahal tapi memiliki sifat yang sederhana dan mudah dimainkan dengan banyak cara. Selain itu pilih mainan yang benar-benar membantu anak untuk berkembang secara kreatif dan imajinatif.

 

4. Pilih Mainan Yang Tahan Lama

Di zaman sekarang orang tua harus pintar mengelola uang terutama para ibu di rumah. Sebaiknya ketika memilih mainan pertimbangkan mainan yang tahan lama untuk anak. Jangan pilih mainan yang hanya bisa bertahan beberapa bulan saja.

Mainan awet tidak harus mahal, jadi orang tua harus benar-benar pintar memilih mainan edukatif yang tahan lama. Pertimbangkan untuk mencari mainan yang masih cocok untuk dimainkan minimal 2 tahun. Jadi, orang tua bisa menghemat budget mainan anak untuk 2 tahun berikutnya.

 

5. Sesuaikan Dengan Budget

Membeli mainan untuk anak tidak harus yang mahal harganya tapi lebih kepada manfaatnya untuk tumbuh kembang anak. Orangtua juga harus mempertimbangkan budget yang dimiliki sebelum membelikan mainan untuk anak.

Kini semakin banyak merek mainan yang bisa dipilih orang tua mulai dari yang mahal hingga yang murah. Jadi bahkan untuk anda yang memiliki budget minim, tetap bisa memberikan mainan edukasi untuk anak. Kini semakin mudah memilih berbagai mainan karena bisa anda beli melalui toko offline atau online.

Demikian beberapa rekomendasi mainan edukasi untuk anak yang bermanfaat tidak hanya untuk perkembangannya tapi juga sangat aman dimainkan. Perlu diketahui, faktor keamanan dari mainan anak adalah hal pertama yang harus diperhatikan.

Sebutkan Mainan Edukasi Untuk Anak

1. Puzzle Alphabet Dan Angka 2. Magic Sand 3. Masak-Masakan 4. Mobil-mobilan

Tips Cara Memilih Mainan Edukasi Untuk Anak

1. Sesuaikan Dengan Usia Si Kecil 2. Perhatikan Ukuran Mainan 3. Pastikan Bahannya Aman 4. Pilih Mainan Yang Tahan Lama 5. Sesuaikan Dengan Budget

Mainan Apa Yang Bagus Untuk Anak Laki - Laki Umur 2 Tahun

Mainan anak laki-laki 2 tahun keatas yang bisa jadi pilihan orang tua yaitu mobil-mobilan. Mainan ini memiliki banyak manfaat dari sisi edukasi. Mulai dari mendorong anak untuk lebih memiliki imajinasi, sekecil lebih aktif secara fisik dengan bermain mobil-mobilan-nya

 

Artikel terkait