7 Rekomendasi Mainan Bayi Untuk Perkembangan Si Kecil

6.Stacking Rings

Mainan bayi laki-laki dan perempuan sama pentingnya untuk tumbuh kembang anak. Berikut ini rekomendasinya dari kami.

Ketika masih bayi, pasti kita merasakan rasa penasaran akan benda sekitar, dan selalu ingin menyentuh benda di dekat kita. Inilah sebabnya banyak ibu yang membelikan mainan bayi laki-laki atau perempuan agar bisa mengasah kemampuan kognitif anak.

Tak hanya itu, Anda pasti mengerti jika mainan bayi bisa membuat mereka lebih tahan lapar, dan bisa digunakan untuk mengasah kreatifitas juga. Jadi, keberadaan berbagai jenis mainan pun perlu disediakan oleh orangtua.

Berbagai mainan bayi bisa Anda temukan di toko-toko yang menjual perlengkapan bayi dan balita, baik secara online maupun offline. Anda pun bebas memilih berbagai jenis mainan bayi yang baik untuk perkembangan si kecil.

Rekomendasi Produk Mainan Bayi Untuk Perkembangan si Kecil

Rekomendasi-Mainan-Bayi-untuk-perkembangan-si-Kecil - Acosta Super Food

Sebagai orangtua, tidak cukup Anda memberi si kecil dengan makanan bayi atau ASI yang cukup gizi. Kemampuan motorik dan kognitif sang bayi pun juga memerlukan rangsangan, salah satunya adalah dengan mainan.

Memberikan produk mainan yang berkualitas untuk si kecil pastinya tidak akan membuat orangtua rugi jika dilakukan dengan porsi yang tepat. Tidak perlu berlebihan, cukup berikan mainan yang benar-benar bermanfaat.

Mungkin Anda sering bingung, mainan jenis apa yang sebaiknya diberikan pada bayi, khususnya bayi yang berumur kurang dari lima tahun atau balita. Nah, di bawah ini kami ada beberapa rekomendasi produk mainan bayi untuk Anda beli:

 

1. Seperangkat Alat Musik Mini

Seperangkat alat musik mini - Acosta Super Food

Tahukah Anda, jika seorang anak normal yang baru lahir sekalipun sangat peka terhadap bunyi yang ada di sekitar mereka. Anda bisa mengetahui hal ini dengan mudah, cukup bunyikan barang di sekitar Anda, pasti anak akan menoleh.

Jika tidak, maka Anda perlu membawanya ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan indera pendengaran mereka. Yang ingin kami tekankan adalah pendengaran adalah salah satu aspek “harta” dari bayi yang harus dimanfaatkan.

Dalam kata lain, sebaiknya bayi diberikan berbagai benda yang bisa digunakan untuk merangsang pendengaran mereka. Anda bisa membeli alat musik mini di toko mainan seperti drum mini, piano mini, dan lain sebagainya.

Usahakan membeli alat musik yang ukurannya cukup untuk mereka pakai mainan. Jangan beli yang terlalu berat karena bisa membahayakan si kecil. Selain itu, alat musik yang pemakaiannya sulit atau terlalu kecil pasti juga akan merepotkan.

Jenis mainan untuk bayi laki-laki dan perempuan yang termasuk alat musik mini dan sangat direkomendasikan adalah seperangkat drum. Mainan jenis ini berukuran sedang dan mudah dimainkan. Rekomendasi lainnya adalah piano, yang mudah didentingkan.

2. Media Menggambar Kreatif

Media menggambar kreatif - Acosta Super Food

Ketrampilan di kecil, terutama yang berusia kurang dari lima tahun dalam menggambar dan menulis sesuatu memang diasah. Akan lebih baik jika sejak dini si kecil diajarkan untuk mengenal pensil dan buku sekaligus.

Anda tidak perlu membeli peralatan menulis baru untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Cukup pakai kertas dan pensil atau spidol yang tidak terpakai untuk si kecil. Dan arahkan sedikit tangan mereka untuk mencoret-coret kertas tersebut.

Tangan bayi yang biasanya tergenggam sejak lahir akan mulai lemas dengan dilatih memegang pensil tersebut. Anda bisa memulai pelan-pelan, dengan memegang media kertas untuk mereka. Biarkan mereka berekspresi sebebas mungkin.

Anda pun bisa sedini mungkin mengenalkan berbagai bentuk hewan, benda, atau huruf ketika mereka memegang pensil warna. Jangan lupa juga untuk melakukan vokalisasi atau penyebutan pada contoh tulisan atau gambar yang Anda sediakan.

Tak hanya itu, jika perlu, sediakan berbagai spidol warna-warni agar mereka bisa mengkombinasikan berbagai bentuk dengan warna sekaligus. Namun jika tersedia spidol yang mengandung zat berbahaya, jangan sampai lengah untuk mengawasi mereka, ya.

3. Mainan yang Push-Able

Jika Anda pernah mampir ke toko mainan anak dan balita, pasti Anda pernah melihat suatu jenis mainan yang bisa didorong dengan mudah. Mainan ini biasanya diperuntukkan bagi anak atau balita.

Bentuk dari jenis mainan ini sangat beragam, ada yang berbentuk bundar dan memiliki roda di bawahnya, ada juga yang berbentuk seperti troli di mall. Bahkan ada juga yang berupa bola yang dapat digelindingkan dan memiliki tinggi sepadan dengan si kecil.

Jenis mainan yang satu ini sangat berguna untuk mengasah kemampuan berdiri dan berjalan untuk anak hingga waktunya berjalan. Bahkan sudah ada banyak orang tua yang membuktikan anak mereka lebih bisa berjalan dengan bantuan mainan tersebut.

Bukan tanpa alasan, mainan yang memiliki roda dan termasuk jenis mainan yang push-able bisa digunakan sebagai sarana belajar berjalan. Berbagai mainan tersebut akan mempermudah tugas Anda untuk mengajari anak.

Anda bisa dengan mudah menemukan jenis mainan ini di toko perlengkapan bayi di kota Anda, atau di toko bayi online. Setelah membelinya, segera ajak anak Anda bermain. Dan jangan lupa untuk mengawasi mereka agar tidak terjatuh dan tersandung.

4. Mainan Teman Mandi

Mainan teman mandi - Acosta Super Food

Anda pasti pernah merasakan bahwa kegiatan memandikan anak sama susahnya dengan memandikan kucing (yang biasanya sulit diajak mandi). Itu karena anak tidak betah mandi dengan air yang cukup dingin untuk kulit mereka.

Namun bagaimana jika mereka dimandikan dengan air hangat namun tetap rewel? Sebagai solusi atas masalah itu, Anda bisa membawakan “teman” bagi mereka mandi. Tentu saja teman yang dimaksud bukanlah teman sebaya mereka.

Yang kami maksud adalah teman yang berupa boneka atau barang-barang kesayangan anak. Contohnya, berikan mereka boneka plastik sesuai dengan kesukaan mereka yang bisa mengambang di permukaan air.

Anda juga bisa berinisiatif untuk membawakan mainan lain seperti cairan yang bisa berubah menjadi gelembung udara ketika ditiup. Tak hanya itu, bawakan juga untuk mereka bathbomb yang aman untuk anak dan membuat air di bak mandi jadi berwarna.

Dan masih ada banyak mainan lainnya yang bisa Anda temukan di toko perlengkapan bayi dan anak secara offline maupun online untuk teman mandi. Dengan mainan bayi laki atau perempuan tersebut, dijamin mereka semakin betah diajak mandi.

5. Kombinasi Buku Cerita dan Boneka Tangan

 

Mungkin metode ini cukup klasik terdengar, namun siapa sangka jika jenis mainan boneka tangan ditambah dengan buku cerita bisa mengeratkan bonding orangtua – anak. Bagaimana bisa?

Kita telah banyak membahas berbagai mainan yang mampu meningkatkan kemampuan fisik anak di atas. Dan kini kita akan berbicara mengenai ikatan batin antara orangtua dengan anak mereka.

Dengan meluangkan waktu duduk memangku anak dan membuka buku cerita, Anda bisa mendekatkan jarak Anda dengan mereka. Ceritakan satu persatu hal-hal yang terdapat dalam buku tersebut.

Bila perlu, carilah buku dongeng khusus untuk diceritakan pada anak ketika Anda pulang kerja atau saat malam hendak tidur. Gunakan juga boneka tangan untuk memvisualisasikan cerita tersebut sebisa Anda.

Anak yang berusia kurang dari lima tahun dan masih dianggap balita pastinya akan tertarik dengan boneka tersebut. Mereka akan belajar vokalisasi suara dan menirukan suara-suara yang Anda buat. Seru, ‘kan?

6. Mainan Lego yang Bisa Dibongkar Pasang

Bagi Anda yang punya bayi laki-laki, tidak ada salahnya memberikan permainan yang lebih mengasah ketrampilan mereka, terutama dalam hal nalar dan logika. Mainan anak bayi laki-laki yang kami maksudkan adalah lego.

Ya, lego adalah jenis mainan yang bisa dibongkar pasang dan dibentuk sesuai dengan bentuk lain yang sesuai dengan tujuan awalnya. Biasanya, lego dijual dalam ukuran yang kecil hingga cukup besar.

Anda bisa mengarahkan anak untuk membongkar balok-balok lego dan memasangkannya kembali sesuai dengan instruksi yang ada di kemasannya. Tak hanya itu, kemungkinan untuk menemukan bentuk baru sangat terbuka lebar.

Dengan demikian bayi akan terlatih untuk mengenali bentuk, warna, dan cara menyambungkan lego satu persatu. Kemampuan berpikir mereka juga akan dilatih dari tantangan merangkai kembali bangunan dari lego tersebut.

Anda tidak perlu bersusah payah mencari jenis mainan ini. Karena pada dasarnya lego merupakan jenis mainan yang lumrah ditemukan di toko mainan. Dengan harganya yang terjangkau, Anda pun juga bisa membelinya secara online.

7. Buku atau Flash Card

Sejak dini, bayi atau si kecil membutuhkan rangsangan terhadap kegiatan membaca atau memperhatikan buku yang mereka pegang. Tak hanya itu, mereka juga sebaiknya juga mengenal huruf-huruf serta nama benda sejak dini, terutama umur 6 bulan keatas.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara mengajak mereka membaca buku cerita atau buku lain yang memiliki cukup banyak unsur gambar di dalamnya. Anda juga bisa menyiapkan semacam flash card untuk kegiatan bermain mereka.

Yang kami maksud flash card adalah kartu-kartu yang berisikan berbagai gambar dan tulisan yang berfungsi untuk memperkenalkan benda di sekitar. Jenis mainan yang satu ini sangat mengedukasi anak, sehingga banyak dibeli oleh para orang tua.

Bayi adalah makhluk yang sangat bisa menyerap informasi dari sekitarnya dengan mudah, termasuk benda visual seperti gambar dan huruf. Itulah sebabnya penting bagi orangtua untuk menyediakan benda itu sebagai mainan bayi laki-laki 6 bulan.

Bentuk mainan bayi yang satu ini sangat mudah dijumpai dalam berbagai bentuk seperti flash card biasa atau yang berbentuk seperti stiker dinding. Apapun bentuknya, tujuan buku dengan visualisasi mumpuni serta flash card bisa menggugah minat baca.

 

Tips Memilih Mainan Untuk Bayi

Setelah membaca berbagai rekomendasi mainan untuk bayi seperti yang telah kami sebutkan di atas, Anda pastinya ingin segera membeli mainan untuk anak. Namun jangan tergesa, berikut ini saran dari kami untuk Anda :

1. Sesuaikan Mainan dengan Umur Anak

Jika anak berusia umur 0 tahun, beri mereka jenis mainan yang tidak terlalu berat dan mengandung zat-zat berbahaya. Mainan plastik dan boneka tangan akan lebih cocok untuk mereka. Yang pasti, pilih jenis mainan yang sesuai dengan umur si kecil.

2. Pilih Mainan yang Benar-Benar Aman

Berapapun umur mereka, si kecil tetaplah anak-anak yang kurang bisa memahami apa yang sedang mereka mainkan. Tugas Anda adalah memilih salah satu mainan yang paling aman dan tidak memiliki kemungkinan untuk melukai anak.

3. Jangan Lupakan Proses Pendampingan

Dan yang lebih penting, Anda sebagai orang tua harus mendampingi anak ketika bermain. Seaman apapun mainannya, jika Anda tidak menemani mereka ketika bermain, bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah berbagai hal yang perlu Anda perhatikan mengenai rekomendasi mainan bayi laki-laki dan perempuan yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa untuk menerapkan berbagai tips yang kami sediakan untuk Anda juga. Happy playing around!

3 Tips Memilih Mainan Untuk Bayi

1. Sesuaikan mainan dengan umur anak 2. Pilih mainan yang benar-benar aman 3. Jangan lupakan proses pendampingan

3 Rekomendasi Mainan Bayi Untuk Perkembangan Si Kecil

1. Seperangkat alat musik mini 2. Media menggambar kreatif 3. Mainan yang push-able

3 Rekomendasi Mainan yang Aman untuk Anak

1. Mainan teman mandi 2. Kombinasi buku cerita dan boneka tangan 3. Buku atau flash card

Artikel terkait