10 Rekomendasi Mainan Anak Dengan Harga Rp 20 Ribuan Saja

10 Rekomendasi Mainan Anak dengan Harga Rp 20 Ribuan Saja

Rekomendasi mainan anak sangat banyak jenisnya dan tidak semuanya dijual dengan harga mahal. Ada banyak pilihan mainan anak murah dengan harga hanya 20 ribu saja.

Rekomendasi Mainan Anak - Acosta Super Food

Bermain adalah dunianya anak-anak, oleh karena itu sebagai orang tua Anda harus bisa memilihkan mainan yang tepat. Mainan yang bagus bukan yang harganya mahal tapi yang bisa merangsang tumbuh kembang anak. Permainan anak-anak murah asalkan bisa merangsang pertumbuhan anak bisa Anda pilih.

Mainan anak dengan harga yang terjangkau sangat banyak pilihannya. Bahkan ada banyak mainan yang harganya hanya di kisaran Rp 20 ribu saja. Harga mainan yang murah ini tentu tidak akan menghemat anggaran belanja mainan anak bukan?

Bagi Anda yang sedang mencari permainan paling murah dengan harga kisaran 20 ribu saja berikut ini ada 10 rekomendasinya.

 

1. Naura Xylofone

Mainan Anak - 10 Rekomendasi Mainan Anak dengan Harga Rp 20 Ribuan Saja - Acosta Super Food

Dengan memainkan permainan berupa alat musik, ternyata bukan hanya motoriknya yang akan terasah. Daya ingat, mampu membedakan suara atau kemampuan sensorik, dan melatih konsentrasi anak juga bisa didapatkan.

Bahkan, perkembangan bahasa anak juga bisa didapat dari bermain musik tertentu. Bisa menambah kedekatan antara anak dan orang tua yang melakukan kegiatan bermain musik bareng.

Naura Xylophone ini memiliki dua bentuk yang bisa dipilih, pertama adalah gitar dan yang kedua piano. Untuk cara memainkannya sama yaitu untuk melatih kemampuan motorik anak dalam menekan atau memukul nada.

2. Blender Mainan New Juicer

Salah satu mainan anak perempuan dengan harga hanya sekitar 20 ribu rupiah saja adalah mainan blender New Juicer. Bentuk dari mainan ini sama seperti blender asli dan bisa mengeluarkan suara seperti orang sedang memblender.

Mainan ini dijual satu paket dengan mainan masak-masakan lainnya. Bermain blender mainan ini bisa memberikan edukasi pada anak gambaran bagaimana menggunakan blender. Saraf motorik halus anak juga akan terlatih ketika bermain mainan ini.

Mainan blender New Juicer ini dibuat dengan menggunakan plastik yang aman. Tinggi dari mainan blender ini hanya 13,5 cm saja sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Untuk menggunakannya, blender ini harus dipasang baterai AA sebanyak 2 buah.

 

3. Puzzle

Permainan murah yang bisa mengasah kecerdasan anak dan harganya sangat terjangkau adalah puzzle. Menyusun puzzle termasuk permainan yang menyenangkan apalagi jika gambar puzzle nya adalah gambar kartun favorit anak.

Bermain puzzle cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas. Tentu saja puzzle untuk anak usia 2 tahun berbeda dengan puzzle untuk anak yang berusia 4 sampai dengan 5 tahun.

Puzzle mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda sesuai dengan ukuran dan pola dari puzzle tersebut. Mainan puzzle ini juga bisa melatih daya ingat serta kemampuan kognitif anak.

 

4. Stiker Mosaik

Mainan dengan harga murah tapi tetap mempunyai nilai edukasi adalah stiker mozaik. Permainan ini sangat sederhana karena anak hanya diminta untuk menempelkan stiker sesuai dengan gambar yang sudah disediakan.

Mainan ini memang terlihat sangat sederhana tapi bisa menumbuhkan kreativitas dan daya imajinasi anak. Saraf motorik halus anak juga ikut berperan ketika anak memainkan stiker mosaik ini.

Ada banyak pilihan desain mozaik yang bisa Anda pilih dengan gambar yang menarik. Mainan stiker mosaik ini cocok untuk anak usia 3 sampai dengan 5 tahun baik perempuan maupun laki-laki.

 

5. Naura Fashion Bag

Mainan Anak-10 Rekomendasi Mainan Anak dengan Harga Rp 20 Ribuan Saja - Acosta

Pretend play memang akan sangat menyenangkan untuk anak. Terutama bagi anak perempuan. Permainan dengan berpura-pura ini akan mengingatkan daya imajinasi mereka.

Jenis mainan pretend play seperti mainan fashion juga membantu meningkatkan rasa percaya diri anak. Sekaligus juga mendorong anak untuk lebih mudah bersosialisasi.

Rekomendasi permainan ini ada Naura Fashion Bag. Naura Fashion Bag berupa tas dengan tampilan yang cantik. Di dalam set permainan tas terdapat anting dan cincin dengan bentuk hati, serta bando ala princess yang pastinya akan disukai anak.

Mainan ini akan cocok untuk anak berusia 3 tahun ke atas.

 

6. Toy Car

Toy Car- Acosta Super Food

Toy car atau mainan mobil-mobilan termasuk dalam mainan murah yang harganya hanya sekitar 20 ribu rupiah saja. Mainan mobil-mobilan ini cocok untuk diberikan kepada anak laki-laki.

Ada banyak pilihan jenis mobil yang bisa Anda beli untuk anak laki-laki. Salah satunya yaitu mobil mainan berbentuk ambulan atau truk. Jenis mainan mobil-mobilan ini hanya dijual dengan harga 20 ribu bahkan ada yang hanya 10 ribu rupiah saja.

 

7. Squishy

Mainan harga murah untuk anak-anak yang selanjutnya adalah squishy. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan mainan yang satu ini? Mainan yang berbentuk seperti boneka ini dibuat dari bahan elastis yang lembut.

Squishy mempunyai banyak desain yang unik salah satunya squishy dengan bentuk hewan atau makanan. Cara memainkan squishy juga sangat mudah karena hanya meremas-remasnya saja.

Sebenarnya salah satu fungsi utama dari squishy adalah untuk meningkatkan rangsang saraf sensorik motorik pada anak. Ketika anak meremas squishy disitulah akan terjadi gerakan yang bisa merangsang sensorik saraf motorik halus pada anak.

Mainan squishy ini lebih cocok untuk diberikan kepada anak yang sudah berusia 3 tahun keatas. Harga dari squishy juga beragam tergantung dari bentuk dan ukurannya. Squishy dengan harga termurah sekitar 10 sampai dengan 15 ribu rupiah saja.

 

8. Mainan Bebek

Mainan Bebek- Acosta Super Food

Permainan anak murah meriah yang paling direkomendasikan adalah mainan bebek. Mainan bebek ini adalah sebuah mainan yang dibuat dari karet dan bisa mengeluarkan suara jika dipencet.

Bebek-bebekan ini biasanya dijadikan sebagai teman mandi anak karena bisa mengapung di air. Mainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja mulai dari usia 1 sampai dengan 5 tahun.

 

9. Fun Doh

Fun Doh- Acosta Super Food

Pernahkah Anda mendengar mainan playdough atau plastisin? Fun Doh ini merupakan salah satu mainan murah berbentuk playdough dengan banyak pilihan warna.

Bermain Fun Doh juga bisa meningkatkan kreativitas anak, hal ini dikarenakan anak diharuskan membuat benda dengan menggunakan imajinasinya. Playdough Fun doh juga sudah dijamin aman karena terbuat dari bahan alami.

Dalam satu paket fun doh tidak hanya ada playdough saja tapi juga ada alat cetak untuk membentuk benda. Anak bisa mengeksplor banyak bentuk benda dengan mainan Fun Doh.

 

10. Mainan Target Busa

Rekomendasi mainan murah meriah untuk anak yang terakhir adalah mainan target busa. Mainan ini dibuat dari kaleng yang dilapisi dengan busa dan diberi label skor.

Cara bermain target busa ini adalah dengan melempar kaleng yang sudah ditata menggunakan bola. Setiap bola yang dilempar dan mengenai target maka anak akan mendapatkan skor.

Permainan ini memang sangat sederhana tapi akan sangat menyenangkan jika dimainkan bersama-sama. Secara tidak langsung permainan ini juga merangsang sensorik saraf motorik halus pada anak.

 

Memilihkan Mainan yang Tepat untuk Anak-Anak

 

Dalam memilih mainan untuk anak-anak harga bukan menjadi patokan utama. Ada banyak mainan murah yang berkualitas dan justru bermanfaat untuk anak.

Bagi Anda yang ingin memberikan mainan untuk anak sebaiknya memperhatikan 3 hal berikut ini:

1. Tidak Berbahaya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika membelikan mainan untuk anak adalah tidak berbahaya. Yang dimaksud tidak berbahaya adalah mainannya tidak mempunyai ujung atau sudut yang tajam. Sudut tajam bisa melukai kulit anak ketika digunakan untuk bermain.

Kategori mainan yang aman tidak hanya yang tanpa sudut tajam saja tapi juga harus dibuat dari bahan yang aman untuk anak-anak. Anak usia 1 sampai dengan 5 tahun masih suka memasukkan benda ke dalam mulutnya termasuk mainan. Anda harus memastikan jika mainan terbuat dari bahan yang aman.

2. Sesuai dengan Usia

Hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya ketika memilih mainan untuk anak adalah harus disesuaikan dengan usia anak. Hindari untuk memberikan mainan yang asal disukai oleh anak saja tapi Anda juga harus memperhatikan kesesuaian jenis mainan dengan usia anak.

Pemilihan mainan yang disesuaikan dengan usia anak ini akan berdampak baik untuk tumbuh kembangnya. Dengan mainan yang sesuai dengan usianya, anak bisa belajar dengan benar dan runtut sesuai tahapan tumbuh kembang anak.

Mainan untuk anak usia 0 sampai dengan 2 tahun, Anda bisa memberikan mainan yang bisa meningkatkan sensor motorik anak. Di usia ini sensor motorik indra pendengaran, penglihatan, dan gerakan harus diasah agar bisa berkembang dengan baik.

Contoh mainan yang cocok untuk anak usia 0 sampai dengan 2 tahun adalah boneka dengan bulu yang lembut. Anda juga bisa memberikan mainan berupa buku cerita yang sudah dilengkapi dengan musik. Mainan lego seperti balok juga bisa Anda berikan kepada anak usia 0 sampai dengan 2 tahun.

Memasuki usia 3 sampai dengan 5 tahun, Anda harus mulai melatih semua inderanya. Anda bisa memberikan mainan yang bisa digunakan untuk belajar menggambar dan mengenal kata serta simbol.

Anak usia 3 sampai dengan 5 tahun sudah bisa diberikan mainan seperti puzzle dengan tingkat kesulitan yang mudah. Anda juga bisa memberikan mainan masak-masakan atau dokter-dokteran. Jika anak suka menggambar dan mewarnai sebaiknya belikan mainan yang bisa dijadikan media menggambar dan mewarnai.

3. Mempunyai Nilai Edukasi

Hal yang terpenting dan harus diperhatikan ketika memilihkan mainan untuk anak adalah mainan harus memberikan edukasi pada anak. Sebenarnya hampir semua mainan mempunyai nilai edukasi kepada anak.

Contoh sederhana adalah mainan boneka, boneka memang mainan yang sederhana tapi bisa membangkitkan daya imajinasi anak. Tidak hanya itu, boneka juga bisa dijadikan media untuk mengenalkan anak bagian-bagian tubuh.

Bermain boneka juga bisa membantu mengajarkan anak untuk mengenal kata dan berbicara. Anak akan bercerita dengan bonekanya sesuai dengan imajinasinya bukan? Dengan bercerita ini anak bisa berlatih untuk berbicara dan juga mengenal kata-kata.

Ada banyak jenis mainan yang mempunyai nilai edukasi yang baik untuk anak-anak. Contoh lainnya adalah permainan lego atau balok, mainan ini bisa mengasah saraf motorik halus anak. Dengan lego Anda juga bisa mengenalkan warna pada anak dan mengembangkan kreativitas anak dalam membuat suatu hal yang baru.

Dari beberapa rekomendasi permainan anak-anak murah dan cara memilihkannya tentu Anda semakin tahu bukan mainan apa yang bagus untuk anak? Tidak perlu mahal yang terpenting adalah mempunyai nilai edukasi, sesuai dengan usia, dan tidak berbahaya.

5 Rekomendasi Mainan Anak Murah

1. Blender Mainan New Juicer 2. Telepon Mainan Thomas and Friends 3. Puzzle 4. Stiker Mosaik 5. Toy Car

3 Tips Memilihkan Mainan yang Tepat untuk Anak-Anak

1. Tidak Berbahaya 2. Sesuai dengan Usia 3. Mempunyai Nilai Edukasi

3 Rekomendasi Mainan Anak dengan Harga Rp 20 Ribuan Saja

1. Mainan Target Busa 2. Squishy 3. Mainan Bebek

Artikel terkait