5 Rekomendasi Mainan Anak Perempuan Yang Bisa Jadi Ide Hadiah

Mainan Anak Perempuan - 5 Rekomendasi Mainan Anak Perempuan Yang Bisa Jadi Ide Hadiah - Acosta

Mainan anak perempuan umumnya tidak dimainkan oleh anak laki-laki, begitupun sebaliknya. Salah satu alasannya mungkin karena saat keduanya tumbuh besar, anak perempuan dan laki-laki akan punya dunia yang berbeda. Oleh karena itu beberapa mainan sengaja dibuat sebagai simulasi dari kegiatan aslinya.

Contohnya, anak perempuan pasti pernah diberikan kado mainan masak-masakan di hari ulang tahunnya.

Walaupun, belum tentu akhirnya si anak juga tertarik dengan dunia masak memasak. Hal itu pula yang terkadang membuat orang tua bingung saat hendak membelikan hadiah mainan untuk anak perempuannya.

Memilih Mainan untuk Anak Perempuan

Sangat mudah sebenarnya menemukan mainan anak anak khusus untuk perempuan. Di satu sisi, sebenarnya tidak sedikit mainan anak laki-laki yang juga cocok untuk putri kecil kesayangan Anda. Salah satu cara melihatnya adalah dari kriteria mainan itu sendiri.

Faktanya, sejak kecil anak perempuan dan laki-laki menonjolkan sisi keterampilan motorik yang berbeda. Pada anak laki-laki, motorik kasarnya cenderung lebih cepat berkembang seperti berlari dan melompat. Sedangkan pada anak perempuan justru motorik halus yang lebih cepat berkembang.

Motorik halus meliputi keterampilan seperti menggambar, menulis atau mewarnai. Intinya adalah hal-hal yang tidak terlalu melibatkan aktivitas fisik. Dengan memahami kriteria tersebut, seharusnya Anda bisa menemukan hadiah yang tepat untuk si kecil, bukan?

Kendati demikian, Anda juga tidak boleh mengesampingkan pengaruh lingkungan terhadap keterampilan motoriknya. Jadi, pelajari juga apa saja kebiasaan dan kegemaran si kecil dalam kesehariannya. Siapa tahu ternyata dia juga senang bermain sepak bola seperti halnya anak laki-laki.

Mainan Perempuan Lucu untuk Hadiah Si Kecil

Apakah Anda sudah punya ide tentang mainan anak terbaru dan terlaris apa yang akan diberikan kepada si kecil? Jika butuh bantuan, beberapa rekomendasi mainan di bawah ini mungkin bisa menginspirasi Anda.

1. Mainan Masak-Masakan Re-assembled

 

Merek Redbox Simply Salad
Harga Rp204.900
Rentang Usia 3 tahun ke atas

Seperti yang sudah disampaikan tadi, mainan masak-masakan sudah pasti jadi pilihan wajib bagi anak perempuan. Sekarang pilihannya adalah merek apa yang menawarkan pengalaman paling menarik untuk si kecil.

Redbox Simply menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang menyuguhkan simulasi memasak menggunakan objek-objek plastik, lengkap dengan aksesorisnya. Terdapat alas untuk memotong, serta model-model bahan makanan yang dibuat menarik.

Mainan masak-masakan ini terasa lebih istimewa dibandingkan mainan sejenisnya. Pasalnya, Redbox membuat model bahan-bahan makanan re-assembled, yang artinya dapat dipotong dan disatukan lagi.

2. Mainan Kitchen Set

 

Merek Cotton : Kitchenette
Harga Rp219.000
Rentang Usia 5 tahun ke atas

Berbeda dengan mainan masak-masakan sebelumnya, set yang satu ini lebih mengilustrasikan alat-alat di dapur. Tidak ada desain yang re-assembled, tetapi si kecil dapat memiliki peralatan masak mainan yang warnanya sangat girly. Ya, sesuai dengan namanya, Minnie Mouse, mainan ini mengusung tema berwarna pink.

Mainan yang sudah berstandar SNI ini disarankan untuk anak perempuan berusia 5 tahun ke atas. Material yang digunakan adalah plastik PVC, jadi dijamin aman untuk si kecil.

Manfaat Bermain Masak-Masakan

Mainan Anak Perempuan - 5 Rekomendasi Mainan Anak Perempuan Yang Bisa Jadi Ide Hadiah - Acosta

Dengan mainan masak-masakan, si kecil bisa membayangkan bagaimana jika dirinya berada di lingkungan dapur sungguhan. Di balik semua itu, ada banyak manfaat bermain masak-masakan untuk anak yang mungkin tidak Anda tahu sebelumnya, yaitu:

    • melatih motorik halus anak,
    • meningkatkan kemampuan interaksi sosial,
    • ide-ide anak semakin kreatif,
    • belajar banyak kosakata baru tentang dunia memasak,
    • belajar memecahkan masalah.

 

3. Mainan Bongkar Pasang Baju

 

Merek Aidola
Harga Rp435.000
Rentang Usia 5 tahun ke atas

Harga mainan anak perempuan yang satu ini memang lebih mahal, sekitar Rp400 ribuan di beberapa marketplace. Namun komponennya terbilang cukup banyak dan lengkap sehingga anak tidak mudah bosan. Aidola dari Acosta Super Food ini bisa menjadi hadiah menarik untuk putri kesayangan Anda.

Setnya terdiri dari sebuah karakter monyet dan delapan potong baju yang bisa diganti-ganti. Anak bisa belajar tentang warna dengan mengkombinasikan setiap potongan baju dan celana dari karakter mainannya.

Bahannya adalah plastik yang bebas BPA sehingga tergolong aman untuk anak-anak.

Manfaat Bermain Bongkar Pasang

Jenis permainan bongkar pasang sebenarnya sangat bervariasi, salah satunya adalah mainan Dress & Discover Friend tadi. Tetapi secara umum, mainan bongkar pasang apapun dapat mengembangkan ide kreatif anak. Selain itu banyak keterampilan anak yang juga dapat dikembangkan lagi, di antaranya:

    • mengasah kecerdasan spasial anak,
    • membuat anak bebas mengekspresikan dirinya,
    • melatih keterampilan sistematisnya,
    • anak lebih berani untuk mencoba suatu hal,
    • merangsang perkembangan kognitif, psikomotor, dan psikososial.

 

4. Mainan Dokter Kecil

 

Merek Mobil Dokter
Harga Rp75.000
Rentang Usia 3 tahun ke atas

Mencari mainan anak online terkadang membingungkan karena sangat banyak pilihannya. Mainan dokter ini contohnya, sebenarnya anak laki-laki juga suka memainkannya. Tetapi, tidak salah juga jika menghadiahkannya kepada anak perempuan.

Mainan dokter-dokteran dapat mengedukasi anak tentang hal-hal yang berbau profesi dokter. Anak jadi tahu apa itu stetoskop, seperti apa alat untuk menyuntik, kotak obat, dan lain-lain.

Produk Acosta Super Food dirancang dengan sangat menarik dan menyenangkan. Tidak ada kesan ‘menakutkan’ sehingga anak akan punya gambaran baik tentang dokter. Mungkin cara ini juga cukup efektif untuk mengajarkan anak supaya tidak takut lagi pergi ke dokter.

Manfaat Bermain Dokter-Dokteran

Mainan ini adalah salah satu sarana menarik untuk memperkenalkan anak pada profesi dokter. Mungkin saja di masa depan si kecil memang bercita-cita menjadi dokter. Bicara soal itu, mainan dokter-dokteran menyimpan banyak manfaat positif pada perkembangan si kecil, di antaranya:

    • merangsang keingintahuan anak,
    • mengembangkan imajinasinya,
    • melatih interaksi dengan orang lain,
    • membiasakan anak mengatur tata bahasanya,
    • menambah kosakata baru tentang profesi dokter.

 

5. Mainan Plastisin

 

Merek Fun-Doh
Harga Rp40.000
Rentang Usia 2 tahun ke atas

Jika Anda mencari mainan anak murah dan berkualitas, Fun-Doh harus masuk dalam daftar belanja. Ini adalah lilin mainan atau plastisin yang pastinya sangat seru untuk dimainkan. Apalagi Fun-Doh punya banyak set menarik seperti cetakan pizza, bakery dan lain-lain.

Isi ulangnya pun mudah didapatkan di toko-toko online. Anak-anak bisa bermain sambil belajar dan berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Harganya set khusus dan isi ulangnya relatif terjangkau, jadi tidak berat di ongkos sama sekali.

Tenang saja, mainan ini sudah mengantongi sertifikat SNI sehingga sangat aman untuk anak mulai usia 2 tahun. Lilin mainan tidak terlalu lengket dan berminyak seperti yang biasa dijual di pasaran. Hanya saja, orang tua tetap perlu mengawasi anak saat memainkannya.

Mainan Anak Perempuan - 5 Rekomendasi Mainan Anak Perempuan Yang Bisa Jadi Ide Hadiah - Acosta

Manfaat Bermain Plastisin untuk Anak

Sempat dibahas di awal tadi bahwa motorik halus anak perempuan biasanya cenderung lebih cepat tumbuh. Oleh karena itu, mainan yang merangsang kreativitas dan penuh warna seperti Fun-Doh pasti sangat disukainya. Berikut beberapa manfaat bermain plastisin untuk anak:

    • merangsang perkembangan keterampilan motorik halus anak.
    • plastisin memberikan efek relaksasi saat memainkannya.
    • melatih ide-ide kreatif yang keluar dari kepalanya.
    • meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata.
    • menjauhkan anak dari mainan elektronik seperti gadget.

 

Alternatif Hadiah untuk Anak Perempuan: BONEKA

Dari lima pilihan di atas, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bukan boneka yang ada dalam rekomendasinya. Bicara soal hadiah atau kado untuk anak perempuan, boneka sebenarnya selalu ada di urutan pertama. Bahkan hampir setiap anak perempuan suka bermain boneka.

Jadi apabila Anda masih bingung dengan pilihan-pilihan tadi, tidak ada salahnya membelikannya boneka sebagai alternatif. Hadiah berupa boneka bagi anak perempuan akan selalu terasa istimewa, terlepas dari mainan-mainan lainnya.

Sekilas, boneka mungkin hanya terlihat seperti pajangan atau ‘teman’ untuk anak perempuan. Padahal manfaat bermain boneka tidak sesederhana itu. Anak perempuan yang senang bermain boneka biasanya lebih baik pertumbuhan motoriknya.

Secara verbal akan lebih baik karena kebiasaannya yang seolah-olah bicara dengan si boneka sebagai ibunya. Hal itu juga melatih rasa tanggung jawabnya sejak dini dan memberikan kasih sayang. Untuk anak perempuan, semua jenis boneka pasti cocok, tetapi Anda mungkin perlu tahu karakter apa yang ia sukai.

Perbandingan Harga Boneka Anak Perempuan

 

Model Boneka Kisaran Harga Marketplace
Hasbro My Little Pony Rainbow Dash Rp35.000 Shopee
Hasbro My Little Pony Pinkie Pie Rp100.000 Tokopedia
Mattel Barbie Dreamtopia Princess Rp107.000 Blibli
Mattel Barbie Eye Doctor Rp203.000 Shopee
Barbie FXG57 Malibu House Playset Rp1.600.000 Lazada
Teddy House Toby Rp300.000 Blibli
Teddy House Tambo Bear Rp250.000 Blibli
MINISO Official Ice Bear Rp94.000 Blibli
MINISO Official Panda Rp94.000 Blibli
Baby Alive Ready for School Rp425.000 Bukalapak

Tentunya ada banyak lagi jenis boneka dengan merek-merek ternama yang menjadi impian para anak perempuan. Setidaknya beberapa rekomendasi di atas bisa memberi Anda gambaran tentang harga dan modelnya. Saat membeli boneka pertimbangkan juga soal ukuran dan keamanan bahan mainannya.

Tips Membeli Mainan untuk Anak Perempuan

Mainan Anak Perempuan - 5 Rekomendasi Mainan Anak Perempuan Yang Bisa Jadi Ide Hadiah - Acosta

Membelikan mainan anak-anak Fname atau model apapun itu perlu beberapa pertimbangan. Dengan begitu setidaknya Anda tidak memilih mainan yang salah. Sebagai penutup, simak beberapa tips memilih mainan yang tepat dan aman untuk anak perempuan berikut ini.

1. Sesuai dengan Usia

Jangan paksakan anak untuk memainkan mainan yang tidak sesuai dengan umurnya. Hal ini justru bisa membuat anak sulit mengembangkan keterampilannya. Cukup lihat label di kemasan mainannya, karena di sana selalu ada informasi tentang usia.

2. Harga Mainan

Mainan anak perempuan terbaru biasanya mahal, tetapi apakah yang mahal pasti aman dan disukai anak? Sayangnya, harga tidak menjamin anak perempuan Anda akan senang dengan hadiah yang dibelikan. Intinya adalah tentang fungsi mainannya dan adanya nilai edukasi di dalamnya.

3. Bentuk dan Keamanan

Untuk boneka, sebesar apapun itu, pastikan bahannya tidak mengandung alergen yang membahayakan. Lalu pastikan juga tidak ada ujung runcing yang berpotensi melukai anak. Untuk merek tertentu, usahakan membeli mainan orisinal karena pasti sudah memenuhi standar keamanan SNI.

Memberikan hadiah berupa mainan untuk anak perempuan pasti akan membuatnya senang. Tips dan rekomendasi di atas sepertinya cukup untuk Anda bisa menemukan mainan anak modal kecil. Ya, tidak perlu terlalu mahal harganya, yang penting hadiah itu bisa memberikan nilai.

Sebutkan Rekomendasi Mainan Anak Perempuan yang Bisa Jadi Ide Hadiah!

1. Mainan Masak-masakan Re-assembled 2. Mainan Kitchen Set 3. Mainan Bongkar Pasang Baju 4. Mainan Dokter Kecil 5. Mainan Plastisin

Apa manfaat Bermain Plastisin untuk Anak?

● merangsang perkembangan keterampilan motorik halus anak, ● plastisin memberikan efek relaksasi saat memainkannya, ● melatih ide-ide kreatif yang keluar dari kepalanya, ● meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, ● menjauhkan anak dari mainan elektronik seperti gadget.

Sebutkan Tips Membeli Mainan untuk Anak Perempuan!

1. Sesuai dengan Usia 2. Harga Mainan 3. Bentuk dan Keamanan

Artikel terkait