Ini Dia (7) Pilihan Mainan Saat Floor Time Bersama Anak Ketika Berada Di Rumah

Ini dia (7) Pilihan Mainan saat Floor Time Bersama Anak Ketika Berada di Rumah - Acosta Super Food

Sudahkah anda melakukan floor time bersama anak hari ini? Istilah floor time merupakan sebutan bermain bersama anak di lantai atau duduknya sejajar. Floor time dapat dilakukan dengan mainan edukasi anak 2 tahun atau lebih. Kegiatan Floor time ini sebaiknya dilakukan setiap hari minimal 20 sampai dengan 30 menit. Melakukan floor time secara rutin bisa membangun kedekatan secara emosional antara orang tua dan anaknya. Tidak hanya itu, anda juga bisa langsung mengamati bagaimana perkembangan anak selama melakukan floor time. Aktivitas floor time bersama anak bisa dilakukan dengan melakukan banyak hal termasuk bermain.

 

Berikut Ini Ada 7 Pilihan Mainan yang Sangat Recommended Untuk Mengisi Floor Time Bersama Anak:

Mainan Floor Time - Acosta Super Food
Acosta Super Food

1. Melukis di Lantai

Kegiatan floor timer bersama anak yang paling mudah diterapkan di rumah adalah melukis di lantai. Melukis di lantai bisa diterapkan untuk anak usia 1 tahun ke atas. Kegiatan melukis di lantai ini bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Floor time melukis di lantai bisa dilakukan dengan media kertas ataupun kain putih besar. Untuk melakukan kegiatan melukis di lantai anda bisa menggunakan cat air yang aman untuk anak-anak. Pilih cat yang terbuat dari bahan alami ataupun tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Anda juga bisa membuat cat sendiri dengan menggunakan campuran yoghurt dan pewarna makanan.

Yoghurt yang digunakan adalah yoghurt plain atau yoghurt yang tidak mempunyai rasa. Anda hanya tinggal mencampurkan yoghurt secukupnya kemudian beri beberapa tetes pewarna makanan. Membuat cat warna sendiri untuk melukis di lantai sangat disarankan karena lebih aman. Kegiatan melukis di lantai ini bagus untuk anak usia 1 tahun ke atas. Untuk anak usia 1 sampai 2 tahun melukis di lantai bisa menjadi salah satu cara untuk mengasah gerak motorik halus pada anak.

Sedangkan untuk anak usia 3 tahun lebih melukis bisa meningkatkan daya imajinasi anak. Anak juga akan terasah kemampuan berpikir kreatifnya dengan melukis. Biarkan anak bereksplorasi dan Anda tinggal mengawasi dan mengarahkannya saja. Jangan takut rumah menjadi kotor dan berantakan, biarkan anak berkreasi dengan imajinasinya untuk melukis. Setelah melukis anda juga bisa mengajak anak untuk membantu membereskan peralatan melukisnya.

2. Menyusun Balok

Saat floor time bersama anak permainan yang bisa anda lakukan adalah menyusun balok. Mainan balok termasuk salah satu mainan yang bisa dimainkan bersama dan juga bagus untuk melatih motorik anak. Tidak hanya motorik halus saja yang dilatih tapi juga kreativitas anak diasah ketika bermain balok. Mainan balok ini cocok untuk floor time bersama anak usia 3 tahun keatas. Ajak anak anda untuk membangun sebuah kota dengan balok. Biarkan anak untuk menuangkan kreativitasnya dalam membangun sebuah kota, anda bisa mengawasi atau membantunya sedikit.

Balok yang digunakan sebaiknya balok yang terbuat dari kayu maupun plastik yang tidak mempunyai sisi tajam. Hal ini dilakukan agar anak tetap aman pada saat bermain. Agar lebih menarik anda bisa membelikan balok dengan bentuk yang beragam sehingga anak bisa lebih mengeksplor kemampuannya. Hindari untuk mendikte anak bagaimana membangun sebuah kota dengan balok. Biarkan saja anak berkreasi sesuai dengan imajinasinya.

Sebagai orang tua anda bisa mengarahkan saja atau bertanya kota seperti apa yang akan di bangun. Bebaskan anak untuk berkreasi dan membuat bentuk sesuai dengan imajinasinya. Anda juga bisa menggabungkan balok dengan lego agar permainan menjadi lebih seru. Bermain balok dan lego ini akan lebih mengasah kreativitas anak dalam membuat hal baru.

3. Bermain Pasir Kinetik

Kegiatan lainnya untuk mengisi floor time bersama anak adalah dengan bermain kinetic sand atau pasir ajaib. Mainan ini berbentuk seperti pasir namun bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Mainan pasir ajaib ini hampir sama dengan plastisin atau playdough namun lebih kasar dan tidak terlalu padat. Bermain pasir kinetik bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama anak. Pasir kinetik bisa dibeli di toko mainan atau anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk anda yang ingin membeli pasir kinetik sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan yang aman untuk anak-anak.

 

Tutorial Membuat Pasir Kinetik Di Rumah

 

Cara buat pasir kinetik sangat sederhana dengan bahan utamanya pasir. Berikut ini adalah bahan yang diperlukan untuk membuat pasir kinetik:

  • 1 gelas pasir
  • 1 ½ sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok teh sabun cuci piring
  • Air
  • Pewarna makanan

 

Setelah Bahan Siap Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini Untuk Membuat Pasir Kinetik:

  • Bersihkan pasir dari kerikil dan kotoran yang ada, pastikan pasir benar-benar bersih.
  • Campurkan pasir dan tepung maizena sambil diaduk sampai benar-benar tercampur dengan baik.
  • Tuangkan sabun cuci piring sambil diaduk lalu masukkan air secara perlahan.
  • Aduk semua bahan sampai tercampur rata. Jika masih encer anda bisa menambahkan tepung maizena agar tidak terlalu cair.
  • Bagi dua adonan kemudian tambahkan pewarna yang sudah disiapkan. Anda bisa membagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan pewarna yang sudah disiapkan.
  • Biarkan adonan kering selama kurang lebih 2 jam.
  • Pasir kinetik ajaib sudah siap untuk dimainkan.

Dalam pembuatan pasir kinetik ini anda bisa mengajak anak untuk berpartisipasi di dalamnya. Dengan membuat mainan bersama secara tidak langsung anda mengajarkan anak untuk bersabar. Anak nantinya juga akan lebih menghargai mainan yang dimilikinya. Manfaat mainan pasir kinetik untuk anak cukup banyak, terutama dalam hal motorik dan sensorik anak. Bermain pasir kinetik juga bisa mengasah kreativitas anak untuk membuat hal baru. Pada saat floortime anda juga bisa menggunakan pasir kinetik sebagai media pembelajaran anak untuk menulis. Anda bisa mengajak anak untuk menuliskan namanya di atas pasir. Pasir kinetik ini sangat mirip dengan pasir biasa hanya saja mempunyai tekstur yang lebih padat. Bermain pasir kinetik juga bisa melatih sensor anak karena anak akan merasakan sensasi berbeda ketika memegang pasir ini.

Perusahaan mainan anak PT.Acosta Super Food juga menyediakan mainan anak kinetik berkualitas tinggi, yaitu Magic Sand dengan bermacam – macam bentuk produk seperti Ice Cream Cone, Alpha Numeric, dan lain sebagainya.

4. Flashcard

Permainan lainnya yang bisa anda coba pada saat melakukan floor time adalah bermain flash card. Sesuai dengan namanya flashcard ini bermain kartu secara cepat. Kartu yang digunakan adalah kartu yang berisi sebuah gambar atau tulisan. Permainan flashcard ini bisa dimainkan dengan anak usia 2 tahun ke atas. Jenis kartu yang digunakan juga beragam sesuai dengan usia anak. Flash card termasuk salah satu mainan edukasi yang bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat pada anak. Anda juga bisa melatih kemampuan bahasa anak melalui permainan flashcard. Untuk anak usia 2 tahun anda bisa menggunakan flash card yang berisi gambar hewan atau buah-buahan. Cara bermainnya anda menunjukkan flashcard ke anak kemudian ucapkan nama benda yang ada pada kartu. Minta anak untuk mengulanginya atau meniru apa yang anda ucapkan.

Setelah anak memasuki usia 3 tahun ke atas, permainan flashcard bisa lebih ditingkatkan lagi. Anda tidak hanya meminta anak untuk menyebutkan nama benda yang ada pada kartu saja tapi juga mencari kartunya. Melalui flashcard anda juga bisa mengajari anak untuk membaca. Sekarang ini sudah banyak flashcard berisi tulisan yang harus dibacakan dengan cepat. Anda juga bisa berkreasi dengan membuat flash card sendiri menggunakan kertas karton. Buat tulisan dan gambar yang menarik agar tidak bosan bermain flashcard bersama anda. Dengan membuat flash card sendiri tentunya anda akan lebih hemat bukan dalam membelikan mainan kepada anak?

5. Bermain Peran

Permainan floor time yang selanjutnya adalah bermain peran. Bermain peran identik dengan permainan anak perempuan bukan? Sebenarnya anda juga bisa mengajak anak laki-laki anda untuk bermain peran. Ajak anak untuk menentukan peran apa yang ingin dimainkan kemudian buatlah skenario sederhana bersamanya. Anda juga bisa memanfaatkan barang yang ada di rumah untuk dijadikan sebagai properti bermain peran. Dalam membuat skenario usahakan anak yang lebih aktif dan anda sebagai orang tua harus mengikuti apa yang diinginkan oleh anak. Jadikan anak sebagai sutradara sekaligus pemeran dalam drama yang dibuatnya. Bermain peran terlihat sederhana tapi sebenarnya dapat melatih banyak kemampuan pada anak. Ketika bermain peran anak akan menggunakan daya imajinasinya untuk membuat skenario. Secara tidak langsung anda juga melatih bahasa dan cara berkomunikasi anak ketika bermain peran.

6. Berkemah Di Dalam Rumah

Mainan Floor Time - Acosta Super Food

Berkemah identik dengan kegiatan luar ruangan bukan? Anda bisa berkemah di dalam rumah untuk mengisi floor time bersama dengan anak. Anda hanya perlu menyediakan tenda kecil yang bisa muat di ruangan rumah anda. Namun jika tidak mempunyai tenda anda bisa menggunakan kain yang ada di rumah. Ajak anak untuk membuat tenda sendiri dengan menggunakan kain dan juga kursi atau peralatan lainnya. Permainan berkemah di dalam rumah ini akan menyenangkan dengan melibatkan anggota keluarga lainnya.

Selain di dalam rumah, anda juga bisa membangun tenda di luar rumah. Suasana berkemah sesungguhnya akan lebih terasa jika permainan ini dilakukan di luar ruangan. Berkemah di luar rumah bisa anda isi dengan kegiatan menyenangkan seperti memasak bersama, bercerita, dan kegiatan menarik lainnya. Bermain kemah-kemahan bisa mengeratkan hubungan anak dan orang tua. Anak juga bisa belajar bersosialisasi dan berpikir kreatif dari kegiatan ini.

7. Membaca Buku Cerita Bersama

Mainan Floor Time - Acosta Super Food

Kegiatan sederhana membaca buku cerita bersama bisa menjadi kegiatan floor time bersama dengan anak. Anda bisa membacakan buku cerita bergambar untuk anak usia 2 sampai dengan 5 tahun. Walaupun anak belum bisa membaca tapi anak akan tertarik dengan gambar-gambar yang disajikan. Bacakan buku cerita dengan keras dengan penuh ekspresi agar anak tertarik untuk mendengarkan. Jika anak sudah memasuki usia 5 sampai dengan 6 tahun anda bisa mengajaknya untuk membaca bersama. Kegiatan ini bisa anda lakukan untuk mengajarkan anak membaca.

Secara tidak langsung anda juga mengajari anak untuk gemar membaca buku. Hal ini tentu bisa membantu meningkatkan daya ingat dan juga kemampuan kognitif anak. Anda bisa menggabungkan kegiatan berkemah dan membaca buku cerita untuk floor time bersama dengan anak. Buat anak tidak bosan agar tetap mau bermain bersama. Mainan saat floor time bersama anak di atas bisa anda coba untuk mempererat hubungan dengan anak. Pilih permainan yang berbeda setiap harinya agar anak tidak merasa bosan dengan permainan yang sama setiap harinya.

3 Pilihan Mainan saat Floor Time Bersama Anak Ketika Berada di Rumah

1. Melukis di Lantai 2. Menyusun Balok 3. Bermain Pasir Kinetik

Tahap - Tahap Buat Pasir Kinetik

● 1 gelas pasir ● 1 ½ sendok makan tepung maizena ● 1 sendok teh sabun cuci piring ● Air ● Pewarna makanan ● Bersihkan pasir dari kerikil dan kotoran yang ada, pastikan pasir benar-benar bersih. ● Campurkan pasir dan tepung maizena sambil diaduk sampai benar-benar tercampur dengan baik. ● Tuangkan sabun cuci piring sambil diaduk lalu masukkan air secara perlahan. ● Aduk semua bahan sampai tercampur rata. Jika masih encer Anda bisa menambahkan tepung maizena agar tidak terlalu cair. ● Bagi dua adonan kemudian tambahkan pewarna yang sudah disiapkan. Anda bisa membagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan pewarna yang sudah disiapkan. ● Biarkan adonan kering selama kurang lebih 2 jam. ● Pasir kinetik ajaib sudah siap untuk dimainkan.

3 Rekomendasi Hal Menyenangkan Saat Berada di Rumah

1. Bermain Peran 2. Berkemah Di Dalam Rumah 3. Membaca Buku Cerita Bersama

Artikel terkait