8 Permainan untuk Bayi 9 Bulan, Seru!

8 Permainan untuk Bayi 9 Bulan, Seru! - Acosta Super Food

Setiap orang tua tentu mengharapkan tumbuh kembang buah hati berjalan optimal sebagaimana tahapan usianya. Untuk itu anda perlu melakukan stimulasi misalnya dengan menyediakan alat-alat permainan untuk bayi 9 bulan yang mengandung unsur edukasi.

Dunia anak adalah dunia bermain dan melalui aktivitas yang menyenangkan itu si kecil belajar dan menyerap berbagai informasi ke dalam memorinya. Ingin tahu lebih banyak? Yuk, simak informasinya!

 

Rekomendasi Permainan Edukasi Terbaik untuk Bayi 9 Bulan

Selain membeli alat-alat permainan edukasi, Bunda dan Ayah juga perlu mendampingi anak untuk bermain bersama-sama. Siapa sangka beberapa permainan yang sering dianggap sepele ternyata memberi dampak positif yang cukup signifikan pada tahap tumbuh kembang si kecil.

Inilah daftarnya untuk anda.

1. Bernyanyi Sambil Bertepuk Tangan

Menurut para ahli, di usia 9 bulan bayi sudah mulai dapat bertepuk tangan. Anda dapat menstimulasi anak untuk lebih sering melakukannya dengan cara menyanyikan lagu-lagu yang ceria sambil bertepuk tangan. Umumnya bayi akan mengimitasi aktivitas orang-orang di sekitarnya.

Ternyata aktivitas bernyanyi dengan bertepuk tangan dapat membantu si kecil mengembangkan kendali otot serta koordinasi tangan. Sering mendengarkan lagu dan music juga membuat anak lebih peka terhadap tempo/ ritme.

 

2. Membaca Bersama

Jangan merasa buah hati anda masih terlalu kecil untuk dibacakan buku. Justru aktivitas ini dapat membantu anak mengembangkan kemampuan berbicara dan berbahasa. Selain itu membacakan buku-buku cerita bergambar juga dapat mengembangkan imajinasinya.

Buatlah semacam jadwal untuk membaca bersama secara teratur, misalnya menjelang tidur. Pola asuh bayi 9 bulan ini untuk menanamkan kecintaan mereka terhadap buku dan mempercepat proses belajar membaca.

Anda bisa memilih buku-buku dengan gambar warna-warni yang menarik sehingga membuatnya bersemangat. Pilihlah buku yang memuat kalimat-kalimat pendek dan bacakan dengan ekspresif.

sebaiknya anda memilih buku khusus bayi yang terbuat dari kain sehingga lebih aman untuk anak. Buku demikian ini pada setiap halamannya mempunyai tekstur yang berbeda-beda untuk menstimulasi indera perabanya.

Seperti yang kita ketahui sejak berusia 5 bulan bayi senang sekali menyentuh dan menggesek-gesekkan tangannya ke berbagai benda.

 

3. Bermain Bola

Aktivitas menggelindingkan bola dan menangkapnya kembali adalah bentuk olahraga untuk anak dengan memancingnya agar merangkak. Aktivitas ini tidak hanya dapat menguatkan otot-ototnya tetapi juga menstimulasi koordinasi antara tangan dan indera penglihatan.

Anak-anak yang terbiasa aktif bergerak akan menjadi lebih bugar dan tidak gampang jatuh sakit.

 

4. Bermain Pasir

8 Permainan Untuk Bayi 9 Bulan, Seru! - Acosta

Orang tua mungkin tidak mau anak-anaknya bermain pasir karena takut anak menjadi kotor. Belum lagi kekhawatiran pasir yang digunakan mengandung bakteri atau kuman berbahaya. Padahal bermain pasir juga baik untuk memberi dampak positif pada momen tumbuh kembang anak, lho.

Memegang, memainkan, dan membuat berbagai objek dengan pasir ternyata adalah latihan untuk mengembangkan kemampuan motorik serta sensorik anak. Bermain pasir juga mampu menstimulasi imajinasi dan kreativitas si kecil.

Jika bunda dan ayah merasa enggan karena takut buah hati jadi kotor atau sakit, sekarang sudah ada pasir kinetik Magic Sand dari Acosta. Bedanya dengan pasir biasa, pasir kinetic lebih bersih, aman, higienis, dan tersedia dalam warna yang beragam. Pasir kinetic juga tidak membuat berantakan dan lebih mudah dibersihkan.

Inilah sebabnya anda sebaiknya memilih Magic Sand dibandingkan brand yang lain.

    • Tekstur pasirnya lebih lembut dan gampang dibentuk
    • Tidak lengket
    • Terbuat dari bahan yang aman
    • Pewarna pasir tidak dapat luntur dan aman untuk anak
    • Telah dilengkapi sertifikat SNI
    • Magic Sand dari Acosta adalah mainan edukasi sekaligus alat terapi untuk anak yang hiperaktif. Ini karena aktivitas bermain pasir merupakan bentuk latihan konsentrasi.

 

 

5. Menguatkan Otot Dengan Kerincingan

8 Permainan Untuk Bayi 9 Bulan, Seru! - Acosta

Kerincingan adalah mainan bayi yang harganya biasanya bersahabat. Manfaat rattle atau kerincingan adalah dapat menstimulasi gerakan tangan anak karena untuk membunyikannya alat tersebut harus digoyang-goyangkan atau ditekan.

Berlatih mengguncang-guncangkan dan menekan rattle dapat membantu memperkuat otot lengan dan tangan bayi. Suara gemerincing yang terdengar saat mainan digoyangkan juga dapat menstimulasi indera pendengaran buah hati.

Produk terbaik yang paling direkomendasikan untuk anda adalah squaker, rattle berkualitas dari Newbie Tech Acosta yang telah bersertifikat SNI. Squaker tersedia dalam 5 karakter imut yaitu Bear, Chicken, Monkey, Elephant, dan Rabbit. Pilih saja yang menjadi favorit si Kecil.

Ide lain untuk memainkan squaker adalah menggunakan 5 karakter hewan tersebut untuk mendongeng bagi si kecil sebagaimana mainan boneka tangan. Aktivitas ini akan menstimulasi kemampuan berbahasa, komunikasi, serta imajinasi anak.

Lebih dari sekedar alat permainan, rattle Newbie Tech juga berfungsi sebagai alat stimulasi bayi 9 bulan untuk melatih syaraf motorik anak.

 

6. Bermain Air

8 Permainan Untuk Bayi 9 Bulan, Seru! - Acosta

Bahkan saat memandikan si kecil pun bisa menjadi momen belajar yang penting bagi tumbuh kembangnya. Saat bermain air dengan membuat gelembung atau riak air di bak, anak tengah mengembangkan kemampuan koordinasi antara tangan dan mata.

Jadi mulai sekarang pastikan buah hati mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sambil membersihkan dirinya.

Agar lebih seru gunakan Baby Scoop Newbietech dari Acosta saat memandikan si kecil. Produk gayung bayi ini dibuat dari bahan yang aman dan berkualitas untuk anak sehingga lebih tahan lama. Selain itu gayung bayi ini didesain untuk mencegah air masuk ke mata.

Anda bisa memilih salah satu dari 3 varian warna yang tersedia, yaitu putih, hijau, dan magenta. Baby Scoop juga cocok menemani aktivitas anak bermain air menggunakan kolam renang inflatable.

 

7. Berjalan – Jalan Dengan Stroller

Sesekali saat cuaca bagus dan udaranya bersih bawalah si kecil berjalan-jalan keluar rumah. Aktivitas ini tidak hanya seru untuk anak, tetapi juga dapat menstimulasi perkembangan panca inderanya. Kegiatan berjalan-jalan ini membantunya untuk mengenal dan mempelajari benda-benda dilingkungan sekitar.

Buah hati anda mungkin akan bertemu dengan teman-teman lain sebayanya yang juga duduk di stroller dan berinteraksi. Ini adalah langkah awal untuk stimulasi bayi 9 bulan agar cerdas dalam hal interpersonal. Ini artinya kecakapan dalam hal bergaul, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain.

Jika lingkungan rumah anda dirasa cukup aman, tidak ada salahnya sesekali membawa baby push walker stroller-nya keluar. Perangkat ini lebih disarankan untuk bayi belajar berdiri atau berjalan dibandingkan baby walker konvensional.

 

8 Permainan Untuk Bayi 9 Bulan, Seru! - Acosta

 

Produk terbaik yang dapat menjadi referensi bagi anda adalah Newbie Tech Baby Push Walker dari Acosta. Beberapa keunggulannya adalah:

    • Didesain khusus untuk membantu anak cepat berdiri dan berjalan
    • Dilengkapi fitur panel permainan untuk menstimulasi motorik anak dan mengembangkan imajinasinya
    • Dilengkapi microphone mungil untuk menyanyi dan merekam lagu
    • Terbuat dari material yang aman dan kuat
    • Telah lolos uji sertifikasi SNI
    • Mainan edukasi terbaik untuk mengembangkan sistem sensorik dan koordinasi antara tangan serta indera penglihatan
    • Lebih aman dengan fitur kecepatan yang dapat diatur
    • Mudah disimpan

 

8. Bermain Dengan Alat yang Berwarna – Warni dan Mengeluarkan Bunyi

Di usia 9 bulan sebaiknya anak diberikan permainan dengan warna-warni cerah, dapat digerakkan, dan mengeluarkan bunyi. Ini karena pada waktu yang bersamaan dapat menstimulasi perkembangan motorik, serta indera penglihatan, peraba, dan pendengaran.

8 Permainan Untuk Bayi 9 Bulan, Seru! - Acosta

Untunglah seluruh kriteria tersebut terdapat pada panel interaktif Baby Push Walker Newbie Tech Acosta. Jadi dengan membeli produk baby push walker ini, si kecil juga mendapatkan fitur panel interaktif warna-warni yang dilengkapi berbagai bentuk permainan.

Salah satunya adalah permainan berbentuk roda atau Spin Wheels yang cocok untuk berlatih memegang serta menggenggam. Tidak hanya latihan yang efektif untuk mengembangkan sistem motorik, panel tersebut juga menstimulasi imajinasi dan kreativitas anak.

8 Permainan Untuk Bayi 9 Bulan, Seru! - Acosta

Nah demikianlah cara melatih kecerdasan bayi 9 bulan sekaligus menstimulasi sistem motorik dan panca inderanya dengan cara menyenangkan. Selain berbagai aktivitas tersebut, ada satu permainan lagi yang juga memberikan dampak positif pada momen tumbuh kembang anak.

Permainan di maksud adalah boneka. Biasanya anak senang tidur ditemani boneka binatang yang berbulu lembut yang artinya si kecil mulai memperlihatkan sisi socioemotionalnya. Ini adalah hal yang bagus karena dia mulai memahami arti membutuhkan, menyayangi, empati, dan sejenisnya.

 

Kriteria Mainan Edukasi untuk Anak

Memilih mainan yang benar-benar mempunyai nilai edukasi memang tidak mudah. Setiap penjual mainan bisa dengan mudah mengklaim produknya adalah mainan edukasi walaupun faktanya tidak mengandung unsur pendidikan sama sekali.

Untuk membantu bunda dan ayah memilih mainan terbaik untuk buah hati di usianya yang ke 9 bulan ini, cermati kriteria berikut:

Mainan Khusus untuk Anak

Mainan edukasi dirancang khusus untuk anak baik dari segi tampilan, desain, serta manfaatnya. Jadi bukan mainan yang dapat dikoleksi orang dewasa seperti robot gundam, tamiya, dan sebagainya.

 

Berguna untuk Menunjang Proses Tumbuh Kembang Anak

Mainan edukasi harus berfungsi untuk menunjang perkembangan aspek-aspek penting pada tahap tumbuh kembang. Ini misalnya intelegensi, keterampilan motorik, saraf sensorik, koordinasi anggota tubuh, dan kreativitas.

 

Multifungsi

Alat permainan seharusnya dapat dimainkan dengan berbagai cara sesuai kehendak anak. Jadi tidak harus mengikuti cara penggunaan tertentu.

 

Aman Bagi Anak

Semua mainan seharusnya aman untuk anak. Ini misalnya tidak terbuat dari material yang berbahaya, desainnya tidak berpotensi memicu kecelakaan, tidak mengandung bahan yang merugikan kesehatan, dan sebagainya.

 

Dapat Menstimulasi Kreativitas

Sesuai tujuannya, mainan edukasi harus dapat merangsang kreativitas dan daya imajinasi anak.

 

Bersifat Konstruktif

Ini artinya mainan dimaksud dapat menghasilkan sesuatu, misalnya bentuk-bentuk tertentu dari pasir kinetik.

 

Acosta: Produsen Mainan Edukasi Paling Berkualitas

Daripada pusing memilih produk mainan edukasi untuk mengoptimalkan tahap berharga tumbuh kembang putra-putri anda, Acosta adalah pilihan terbaik untuk buah hati.

Perusahaan kami telah berkecimpung dalam industri mainan selama 15 tahun dengan misi mencerdaskan dan meningkatkan kreativitas anak Indonesia.

Inilah sebabnya Acosta berkomitmen untuk menyediakan hanya produk mainan edukasi terbaik dan berkualitas. Buktinya seluruh produk kami telah lolos uji sertifikasi SNI sehingga terjamin keamanannya untuk putra-putri anda.

Meskipun hadir dengan kualitas premium, produk Acosta cukup bersahabat dengan kantong. Sampai saat ini ada lebih dari 100 jenis produk mainan dari Acosta yang beredar dalam 8 brand, termasuk Newbie Tech dan Magic Sand.

Dapatkan produk mainan favorit buah hati anda di toko mainan terdekat atau marketplace langganan anda.

 

Demikianlah rekomendasi permainan untuk bayi 9 bulan untuk memaksimalkan kecerdasannya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang terbaik bagi anda.

5 Rekomendasi Permainan Edukasi Terbaik untuk Bayi 9 Bulan

1. Bernyanyi Sambil Bertepuk Tangan 2. Membaca Bersama 3. Bermain Bola 4. Bermain Pasir 5. Bermain Air

5 Keunggulan Newbie Tech Baby Push Walker

● Didesain khusus untuk membantu anak cepat berdiri dan berjalan ● Dilengkapi fitur panel permainan untuk menstimulasi motorik anak dan mengembangkan imajinasinya ● Dilengkapi microphone mungil untuk menyanyi dan merekam lagu ● Terbuat dari material yang aman dan kuat ● Telah lolos uji sertifikasi SNI

5 Cermati Kriteria Sang Buah Hati di Usianya yang Ke 9 Bulan

1. Mainan Khusus untuk Anak 2. Berguna untuk Menunjang Proses Tumbuh Kembang Anak 3. Multifungsi 4. Aman Bagi Anak 5. Dapat Menstimulasi Kreativitas Bersifat konstruktif

Artikel terkait