7 Permainan Untuk Anak Ketika Berada di Pesawat

7 Permainan Untuk Anak Ketika Berada di Pesawat - Acosta

Bepergian bersama anak memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, khususnya ketika menempuh perjalanan yang jauh menggunakan pesawat. Atmosfer di dalam pesawat kadang kala membuat anak merasa tidak nyaman dan menjadi rewel. Oleh karena itu anda harus pandai menjaga mood, salah satunya dengan menyediakan permainan untuk anak.

Selain menyediakan permainan untuk si kecil di pesawat, masih ada tips lain yang efektif digunakan untuk mengisi kebosanan. Lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan tips liburan membawa anak yang terangkum di bawah ini.

 

Tips Mengatasi Anak Rewel di dalam Pesawat

Tips Mengatasi Anak Rewel di dalam Pesawat - Acosta Super Food

Anak rewel di pesawat biasanya disebabkan oleh rasa bosan, jenuh, tidak betah duduk lama, suasana asing, dan faktor-faktor lainnya. Sebagai orang tua tentu anda tidak ingin anak menangis dan rewel di dalam pesawat, bukan?

Sebenarnya mengatasi anak rewel di dalam pesawat susah-susah gampang. Berikut beberapa tips mengatasi anak rewel di pesawat yang bisa anda tiru ketika berpergian:

1. Memilih Jam Penerbangan

Salah satu upaya pencegahan agar anak tidak rewel selama waktu penerbangan adalah memilih jam penerbangan yang sesuai jam tidur anak. Penerbangan pada malam hari juga bisa menjaga rutinitas tidur yang ideal, tidak hanya untuk anak tetapi juga untuk anda sebagai orang tua.

Pada saat penerbangan malam anak akan lebih mudah tertidur dengan tenang karena minimnya rangsangan dari luar. Pada malam hari suasana dalam pesawat akan lebih sedikit mendapatkan cahaya dan lebih sedikit pula adanya gangguan suara.

 

2. Berkomunikasi Ringan

Saat si kecil mulai menunjukan rasa bosan dan mulai bertingkah rewel, cobalah untuk berkomunikasi ringan terkait hal-hal yang ada di sekitar. Misalnya ketika anak duduk di dekat jendela, cobalah minta anak untuk mengamati lingkungan alam di luar. Ceritakan tentang kenampakan alam serta keindahan yang bisa membuat anak takjub.

Jika anda melakukan penerbangan di siang hari dengan cuaca cerah dan berawan, cobalah mengajak anak untuk menebak bentuk awan. Selain bisa mengalihkan kebosanan, permainan sederhana ini juga efektif untuk mengembangkan imajinasi anak secara luas. Jangan lupa untuk mengapresiasi setiap tebakan anak agar moodnya tetap stabil.

Selain menebak bentuk awan, anda juga bisa mengajak anak berpetualang mencari pelangi di langit. Ada banyak warna pelangi yang bisa anda jelaskan kepada anak dengan bahasa yang ringan. Permainan ini cocok dilakukan ketika anda dalam penerbangan setelah hujan turun yang mengakibatkan terjadinya pembiasan cahaya atau pelangi.

 

3. Menyediakan Makanan

Hampir semua anak pasti memiliki makanan favorit yang tidak boleh tertinggal ketika bepergian. Biasanya anak senang memakan keripik, kue, atau anda juga bisa memperkenalkan makanan baru agar anak lebih antusias.

Makanan ini terbukti ampuh mengatasi rasa bosan dan jenuh sehingga anak bersemangat kembali. Ketika perut kenyang anak akan lebih cenderung diam, tidak rewel, bahkan juga bisa mengantuk lalu tertidur.

 

4. Memberikan Gadget

Walaupun tidak terlalu disarankan, memberikan anak gadget pada saat penerbangan sering menjadi pilihan banyak orang tua. Hal ini dikarenakan penggunaan gadget yang praktis dan memiliki beragam fitur permainan yang menyenangkan.

Dalam sebuah gadget anda bisa bisa mengisi berbagai macam permainan offline dan mendownload video interaktif untuk anak. Namun jika anda memberikan gadget pada anak, pastikan gadget tersebut dalam keadaan airplane mode supaya tidak mengganggu proses penerbangan.

 

5. Memfasilitasi Bermain

Beberapa anak kadang merasa pusing ketika di melihat layar monitor di perjalanan. Oleh karena itu anda bisa mengakalinya dengan memberikan permainan anak di pesawat tanpa gadget.

Anda bisa membawa satu tas kecil yang berisi mainan anak saat di pesawat. Isi tas tersebut dengan mainan-mainan yang umum dibawa anak ketika bepergian. Keluarkan tas tersebut sebagai kejutan ketika anak sudah menunjukan gelagat bosan dan mulai rewel.

 

7 Permainan Anak Ketika Berada di Pesawat

Seperti yang telah dibahas di atas, mainan bisa menjadi salah satu alternatif ketika anak mulai rewel di pesawat. Tapi tahukah anda jenis permainan seperti apa yang cocok dibawa ketika bepergian? Berikut beberapa rekomendasi permainan seru agar tidak bosan selama perjalanan di pesawat:

1. Buku Cerita Bergambar

Buku cerita yang dilengkapi dengan gambar warna-warni bisa menjadi sarana bermain edukatif yang aman untuk anak. Anda bisa membawa buku dongeng, cerita rakyat, ataupun fabel dengan cerita ringan yang mudah dipahami.

Apabila anak belum bisa membaca, anda bisa menceritakannya dengan mengikuti panduan gambar. Agar lebih menyenangkan, anda juga bisa berpura-pura bermain peran seperti karakter atau tokoh dalam cerita di buku tersebut.

Untuk membangun suasana yang interaktif, anda dapat mengajukan pertanyaan seputar tokoh kepada anak. Jika memungkinkan anda juga bisa melibatkan anak sebagai karakter atau tokoh agar cerita bisa berjalan dua arah. Di akhir permainan, mintalah anak untuk menceritakan kembali isi dari buku cerita bergambar tersebut.

 

2. Buku Mewarnai

Selain buku cerita cerita, anda juga bisa membawa buku dan alat mewarnai untuk membuat anak tetap sibuk di dalam pesawat. Bawalah buku mewarnai dengan gambar karakter yang disukai anak agar bersemangat dalam mewarnai. Misalnya gambar karakter tokoh kartun, gambar binatang, gambar bunga, atau gambar buah-buahan.

Untuk alat mewarnai, pastikan anda membeli produk yang telah terbukti aman untuk anak. Hindari alat mewarnai yang yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Jika membawa buku gambar dan alat mewarnai sedikit ribet, anda dapat mengakalinya dengan membawa papan gambar magnetik sebagai media anak berkreasi. Jadi hanya dengan satu papan anak bisa bebas menggambar apa saja yang diinginkan dan bisa dihapus kapan saja dengan mudah. Dengan begitu akan lebih hemat dan lebih efisien selama perjalanan.

 

3. Lilin Mainan

 

7 Permainan Untuk Anak Ketika Berada di Pesawat - Acosta

 

Lilin mainan atau yang sering disebut dengan playdough adalah mainan yang praktis dibawa kemana saja. Mainan jenis ini cocok dimainkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan karena anak bisa bebas berkreasi semau mereka.

Lilin mainan yang hadir dengan berbagai warna membuat anak betah lama-lama bermain dan tidak cepat bosan. Lilin mainan juga menjadi sarana rekreatif karena bisa digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk, bisa hewan, tumbuhan, atau benda di sekitar.

Mula-mula anda bisa mempraktekkan cara membuat bentuk, baik secara manual maupun dengan cetakan. Setelah itu arahkan anak untuk meniru dan biarkan anak sibuk berkreasi sesuai dengan imajinasinya sendiri.

Banyak jenis lilin mainan yang mudah anda jumpai di toko-toko mainan terdekat dan online marketplace. Salah satu lilin mainan yang direkomendasikan adalah Fun Doh yang bisa anda beli di Official Store Acosta. Lilin mainan ini aman karena sudah memiliki izin SNI dan berbahan dasar tepung yang tidak beracun.

Fun Doh ini juga hadir dengan cetakan lilin mainan yang bervariasi, baik dari segi bentuk maupun ukuran. Tak heran jika mainan ini selain menyenangkan juga efektif untuk melatih kreatifitas, imajinasi, motorik, dan juga sensorik pada anak.

 

4. Permainan Puzzle

 

Sudah bukan rahasia lagi apabila permainan puzzle bisa meningkatkan kemampuan motorik dan pola pikir pada anak. Permainan puzzle juga tergolong sebagai media permainan yang praktis dan mudah dibawa ketika bepergian. Itulah mengapa permainan puzzle bisa menjadi salah satu rekomendasi permainan yang aman di pesawat.

Jika anak dihadapkan pada permainan puzzle, anak akan cenderung fokus menyelesaikan permainan sehingga terhindar dari rasa bosan. Pilihlah puzzle yang sesuai usia anak agar anak tidak kesulitan untuk menyelesaikannya. Agar anak lebih bersemangat, anda juga sebaiknya menyesuaikan gambar puzzle sesuai dengan karakter favorit anak.

Selain mengawasi anak bermain, anda juga disarankan untuk ikut bermain dan membantu anak menyelesaikan tantangan. Untuk mengantisipasi kepingan puzzle tercecer, anda bisa memilih puzzle yang bersifat magnetik atau membawa wadah khusus untuk puzzle.

 

5. Stiker

Menempel dan mencabut stiker bisa menjadi alternatif kegiatan untuk anak yang sedang rewel di dalam pesawat. Selain mengurangi kebosanan, kegiatan ini juga bisa melatih motorik halus pada anak.

Anda bisa memilih jenis stiker yang memiliki beragam bentuk, ukuran, dan juga warna yang sesuai dengan kesukaan anak. Misalnya stiker gambar hewan, buah-buahan, tokoh kartun, dan bisa juga gambar bunga yang lucu.

Selain stiker ada alternatif serupa yang bisa anda gunakan untuk mengalihkan perhatian anak. Alternatif tersebut bisa berupa masking tape atau selotip bergambar yang memiliki banyak warna.

Stiker, masking tape, dan selotip tersebut bisa ditempelkan di tangan, kaki, baju, kertas, dan tempat sekitar yang memungkinkan. Jadi pastikan anda memilih produk yang memiliki material aman untuk anak dan tidak beracun.

 

6. Boneka

Sebagian besar anak perempuan pasti memiliki boneka kesayangan yang sering dibawa ketika melakukan perjalanan jauh. Jadi tak ada salahnya anda membawakan anak boneka kesayangannya yang tak terlalu besar untuk menemaninya tidur atau teman bercerita.

Jika membawa boneka yang bisa dipeluk dirasa terlalu besar dan makan tempat, anda bisa menggantinya dengan boneka tangan. Boneka tangan ini bisa anda gunakan untuk media mendongeng agar anak bisa melatih fokus dan tidak bosan.

Boneka tangan biasanya berbentuk karakter unik, bisa tokoh kartun atau bentuk binatang yang lucu. Ceritakan dongeng sederhana hingga anak terpesona karena merasa bonekanya bisa berbicara.

Selain boneka tangan, anda bisa bisa juga membawa boneka jari dengan berbagai karakter. Selain kecil dan mudah dibawa, dengan boneka jari anda dapat memainkan banyak peran cerita dalam satu waktu.

 

7. Origami

 

7 Permainan Untuk Anak Ketika Berada di Pesawat - Acosta

 

Jika anda tidak ingin membawa banyak mainan yang memakan banyak tempat, kertas origami adalah pilihan terbaik untuk bermain. Siapkan kertas origami beraneka warna kemudian pandulah anak untuk melipat bentuk. Mulailah dengan membuat bentuk yang sederhana, seperti katak atau kupu-kupu.

Secara otomatis anak akan cenderung meniru bentuk origami yang anda buat. Jika anak sudah mulai sibuk dan fokus dengan origaminya, anda bisa membiarkan anak bebas berkreasi dengan imajinasinya.

Permainan sederhana ini juga dapat melatih kemampuan motorik anak sejak dini. Jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi terhadap hasil origami anak agar anak tetap semangat dalam berkarya.

 

Itulah 7 rekomendasi permainan untuk anak yang aman dibawa ketika melakukan destinasi penerbangan. Pilihlah mainan yang 100% buatan Indonesia dan sudah SNI agar proses bermain sambil belajar lebih terjamin.

5 Tips Mengatasi Anak Rewel Di Dalam Pesawat

1. Memilih jam penerbangan 2. Berkomunikasi ringan 3. Menyediakan makanan 4. Memberikan gadget 5. Memfasilitasi bermain

7 Permainan Anak Ketika Berada Di Pesawat

1. Buku Cerita Bergambar 2. Buku Mewarnai 3. Lilin Mainan 4. Permainan Puzzle 5. Stiker 6. Boneka 7. Origami

3 Cara Mencegah Bayi Menangis di Pesawat

1. Menidurkan bayi 2. Memberikan susu dalam botol 3. Menenangkannya

Artikel terkait