(5) Permainan Si Kecil Ketika Berada di Pantai

(5) Permainan Si Kecil Ketika Berada di Pantai - Acosta Super Food

Berlibur ke pantai tentu menjadi aktivitas menyenangkan. Selain itu juga, terdapat berbagai permainan pantai untuk anak yang tidak kalah seru.

Mengajak buah hati untuk bermain dan berlibur di pantai memang menjadi pilihan terbaik. Aktivitas di alam, seperti bermain-main di pantai dipercaya memberikan banyak manfaat pula untuk anak-anak. Salah satunya membuat mereka memiliki kecintaan pada alam.

Nah agar aktivitas selama liburan di pantai tidak membosankan. Penting sekali mempersiapkan permainan apa saja yang bisa dilakukan dengan si kecil.

 

Ide Permainan dan Aktivitas Anak di Pantai

Saat bermain-main di pantai, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan anak. Orang tua sebaiknya memang mencari ide permainan balita di pantai yang memberikan manfaat. Baik itu bisa menambah pengetahuan anak. Sampai juga mendukung tumbuh kembangnya.

Di bawah ini merupakan beberapa ide permainan untuk anak selama di pantai.

1. Permainan Air

Permainan air memang menjadi pilihan utama saat berada di pantai. Tentu saja, bila berlibur di pantai yang memang kondisi lautnya memungkinkan.

Ada berbagai pilihan permainan air menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak. Mulai dari berenang, sampai surfboard. Bila usia anak sudah cukup, bermain kayak atau kano di pantai bersama anak juga akan menyenangkan.

Aktivitas permainan air lain di pantai juga bisa seperti berkejaran dengan ombak. Sampai sekedar bermain-main air di pinggir pantai.

Permainan air ini bukan hanya menyenangkan untuk anak serta cocok dilakukan ketika berlibur. Melainkan memberikan beberapa manfaat tersendiri untuk anak. Salah satunya untuk kerja motorik serta sensorik mereka.

Bermain air di pantai juga merupakan aktivitas yang memberikan interaksi dengan orang tua. Sehingga mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.

2. Bola Pantai

Bermain bola pantai juga tidak kalah menyenangkan. Seperti juga bermain air, bermain bola pantai akan mendekatkan hubungan orang tua dan anak berkat interaksi yang dilakukan.

Permainan bola pantai ini beragam. Bisa dengan saling melempar bola, bola sepak, sampai dengan voli pantai. Pastinya pilih permainan bola pantai sesuai usia dan kemampuan fisik anak.

Seru dan menyenangkan, permainan bola pantai juga membantu tumbuh kembang anak. Permainan dengan bola di pantai ini bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk olahraga. Jadi pasti akan membantu pertumbuhan fisik buah hati.

Selain itu, permainan bola pantai juga membantu melatih keseimbangan, koordinasi, dan konsentrasi anak. Permainan satu ini cocok untuk anak berusia 3 tahun ke atas. Tergantung dari jenis permainan bola pantai yang dilakukan.

3. Mengumpulkan Kerang

Permainan satu ini terbilang sederhana. Namun dapat mendekatkan interaksi antara orang tua dan anak.

Anak bisa diajak untuk mengumpulkan kerang-kerang kecil di pantai. Sembari mengumpulkan kerang, orang tua bisa berinteraksi sekaligus memberi pengetahuan mengenai hewan-hewan laut.

Setelah kerang terkumpul, orang tua bersama anak bisa membuat berbagai jenis souvenir. Seperti pigura foto dengan hiasan kerang, kalung, gelang, dan lain-lain.

Aktivitas satu ini memberikan pengalaman baru untuk anak. Serta mengembangkan kognitif mereka melalui tambahan informasi serta pengetahuan.

Anak juga akan diperkenalkan dengan seni serta kerajinan tangan saat membuat souvenir dari kerang. Tentunya juga mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.

4. Layang-layang


Bermain layang-layang di pantai tentu saja menyenangkan. Pantai juga menjadi tempat paling pas untuk menerbangkan layang-layang tanpa potensi bahaya.

Aktivitas permainan seru ini akan mendorong keseimbangan dan fungsi koordinasi tubuh anak. Selain itu juga melatih fisik mereka saat berlari menerbangkan layang-layang.

Anak akan mendapatkan manfaat lain seperti kognitif sampai kesenian dan kerajinan. Bila diajak juga untuk membuat layang-layang sendiri. Permainan yang sudah tentu tidak akan terlupakan dan menyenangkan untuk dilakukan di pantai.

5. Bermain Pasir

Bermain pasir - Acosta Super Food

Permainan lain yang pasti pas dilakukan di pantai merupakan bermain pasir. Anak bisa diajak untuk bermain pasir dengan membuat berbagai bentuk. Seperti membuat kastil dari pasir. Sampai juga bentuk-bentuk binatang maupun benda.

Saat bermain dengan pasir, anak bisa diajarkan juga untuk menulis, perkenalan pada huruf dan angka. Serta diperkenalkan nama-nama binatang dan benda yang mereka bentuk.

Mainan pasir memang menjadi sebuah permainan seru dan menyenangkan untuk anak. Permainan ini bisa dilakukan untuk anak segala usia. Bahkan permainan pasir dapat membantu anak belajar menggenggam, menggerakan tangan, dan kerja motorik lain.

Banyaknya manfaat dari permainan pasir membuat permainan ini seharusnya tidak hanya dilakukan di pantai. Untungnya saat ini ada permainan pasir ajaib, seperti Magic Sand yang bisa diberikan pada anak.

Mainan pasir kinetik seperti Magic Sand memberikan sensasi bermain pasir di pantai untuk anak. Anak bisa membuat berbagai bentuk dengan permainan pasir kinetik ini. Sekaligus belajar mengenali angka, huruf, dan benda-benda lain yang dibuat dari pasir.

 

Manfaat Mainan Pasir Kinetik

Manfaat bermain Kinetik - Acosta Super Food

Memberikan sensasi bermain pasir di pantai bukan satu-satunya keunggulan dari permainan pasir. Masih ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan anak dari mainan satu ini.

Berikut ini beberapa manfaat mainan pasir kinetik.

1. Melatih Motorik

Manfaat terbesar dari mainan pasir memang melatih kerja motorik anak. Baik itu mainan pasir saat di pantai maupun dengan pasir kinetik. Gerakan tangan seperti meremas, membentuk, bahkan juga sekedar bermain-main dengan pasir saja sudah akan melatih kerja saraf motorik halus.

Mainan seperti pasir kinetik memang akan sangat tepat untuk melatih motorik halus pada anak. Ukurannya yang terbilang kecil, serta bisa dibentuk dengan mudah menjadikan mainan satu ini tepat untuk anak berusia 6 bulan ke atas. Tepat saat saraf motorik mereka sedang berkembang.

Untuk melatih motorik halus pada anak, permainan pasir kinetik bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari dengan menggenggam, mencubit pasir, sampai membentuk pasir dengan cetakan.

Saat anak membentuk pasir dengan cetakan ini, gerakan motorik mereka juga akan dilatih dengan menekan-nekan.

2. Meningkatkan Kemampuan Sensorik

Selain motorik, sensorik anak juga akan dilatih dengan mainan pasir. Mainan pasir kinetik memang termasuk sebagai salah satu permainan sensorik. Dimana mainan ini akan memperkenalkan berbagai tekstur berbeda untuk anak.

Sehingga bisa meningkatkan kemampuan sensorik mereka.

Mainan pasir memiliki tekstur kasar sekaligus lembut. Pasir kinetik seperti dari Magic Sand juga tidak memberikan rasa lengket. Saat dibentuk, pasir mainan ini akan berubah teksturnya menjadi sedikit lebih padat.

Tekstur yang berbeda-beda inilah yang menjadikan mainan tersebut tepat untuk melatih sensorik anak.

Orang tua bisa menggunakan mainan pasir untuk melatih sensorik anak sejak berusia 6 bulan ke atas. Di usia ini, anak sudah memiliki rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi. Permainan pasir akan menjadi permainan yang menarik sekaligus bermanfaat untuk sang buah hati.

3. Memperkenalkan Bentuk dan Warna

Memperkenalkan Bentuk Dan Warna

Permainan satu ini menjadi salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan bentuk dan warna pada anak.

Mainan pasir seperti dari Magic Sand memiliki berbagai pilihan warna berbeda. Sambil belajar, anak akan bisa diperkenalkan satu per satu dengan warna pasir yang menarik.

Selain itu anak juga bisa diperkenalkan dengan berbagai bentuk dengan menggunakan pasir kinetik ini. Ada beragam jenis cetakan yang bisa digunakan untuk bermain pasir kinetik. Anak bisa bermain-main sembari berkenalan dengan bentuk seperti kubus, bola, dan segitiga. Selain itu juga bentuk-bentuk hewan, kue, makanan, dan banyak lain.

4. Belajar Mengenali Huruf dan Angka

Belajar Mengenali Huruf dan Angka - Acosta Super Food

Cetakan untuk pasir kinetik dari Magic Sand juga ada yang berupa huruf serta angka. Menggunakan cetakan ini sudah tentu orang tua bisa mengajarkan anak untuk mengenali huruf serta angka sambil bermain.

Saat memperkenalkan huruf dan angka menggunakan pasir kinetik, anak juga sekaligus bisa belajar membaca, berhitung, bahkan menulis. Semua proses belajar ini dilakukan dengan lebih menyenangkan menggunakan pasir kinetik.

5. Meningkatkan Kreativitas

Meningkatkan Kreativitas - Acosta Super Food

Anak bisa membentuk pasir kinetik menjadi bentuk-bentuk berbeda. Bahkan mungkin membentuk pasir tanpa cetakan. Permainan seperti ini tentu saja meningkatkan daya kreativitas pada anak.

Untuk semakin meningkatkan kreativitas anak, ada permainan lain untuk melukis menggunakan pasir. Brand Cotton dari. PT. Acosta Super Food memiliki mainan Sand in Bottle yang akan membantu melatih kreatifitas dan rasa seni anak dengan melukis di dalam botol. Media lukis yang digunakan merupakan pasir dengan warna-warna berbeda.

Permainan dengan pasir ini memang akan membantu meningkatkan kreativitas dan rasa seni untuk anak.

6. Melatih Fokus dan Menenangkan

Permainan pasir dipercaya cocok diberikan untuk melatih fokus anak. Anak akan belajar untuk fokus dan konsentrasi saat bermain-main dengan pasir.

Selain itu permainan ini juga memberikan rasa tenang tersendiri. Para ahli mengungkap, mainan pasir bisa mendatangkan ketenangan berkat teksturnya yang halus. Selain itu butiran pasir kinetik yang jatuh akan memberikan rasa ketenangan tersendiri.

Rasa tenang dan fokus dari permainan fokus ini bahkan bukan hanya akan dirasakan oleh anak. Orang dewasa juga terbukti merasakan manfaat yang sama.

 

Mainan Pasir Kinetik Terbaik

Mainan Pasir Kinetik Terbaik - Acosta Super Food

Bila tidak bisa bermain-main pasir di pantai, pasir kinetik memang bisa menjadi pilihan. Cara buat pasir kinetik juga sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan mencampur pasir pantai bersih dengan tepung maizena serta sabun cuci.

Bisa juga ditambahkan dengan pewarna untuk menjadikan tampilan pasir lebih menarik.

Lebih mudah lagi, Magic Sand yang merupakan brand dari PT. Acosta Super Food memiliki sederet produk mainan pasir kinetik. Perusahaan yang sudah terpercaya dan berjalan selama 15 tahun menjamin produk mainan dari Magic Sand berkualitas terbaik.

Keunggulan lain dari Magic Sand diantaranya:

  • Pasir kinetik yang lembut, mudah dibentuk
  • Pasir mainan tidak lengket di tangan atau di permukaan lain. Sehingga mudah dibersihkan
  • Warna pasir tidak mudah luntur
  • Tidak mengandung bahan-bahan beracun atau berbahaya
  • Aman digunakan
  • Sertifikasi SNI
  • Harga dari mainan ini juga relatif terjangkau. Mulai dari Rp 22,000 sampai Rp 80,000 saja.

Mainan pasir kinetik dari Magic Sand juga terdapat berbagai jenis cetakan serta variasi berbeda. Mulai dari untuk masak-masakan, bakery, bentuk binatang, alat transportasi, dan lain-lain.

Serta ada juga varian dengan cetakan untuk membuat istana pasir. Cocok digunakan saat bermain pasir dengan Magic Sand. Maupun saat berlibur bersama anak dan membuat istana pasir di pantai.

Jadi saat berlibur di pantai dengan si kecil, jangan lupa membawa Magic Sand ya!

Berikan Ide Permainan dan Aktivitas Anak di Pantai

1. Permainan Air 2. Bola Pantai 3. Mengumpulkan Kerang

Sebutkan Manfaat Mainan Pasir Kinetik

Manfaat Mainan Pasir Kinetik 1. Melatih Motorik 2. Meningkatkan Kemampuan Sensorik 3. Memperkenalkan Bentuk dan Warna 4. Belajar Mengenali Huruf dan Angka

Sebutkan Keunggulan lain dari Magic Sand

1. Pasir kinetik yang lembut, mudah dibentuk 2. Pasir mainan tidak lengket di tangan atau di permukaan lain. Sehingga mudah dibersihkan 3. Warna pasir tidak mudah luntur 4. Tidak mengandung bahan-bahan beracun atau berbahaya 5. Aman digunakan 6. Sertifikasi SNI 7. Harga dari mainan ini juga relatif terjangkau. Mulai dari Rp 22,000 sampai Rp 80,000 saja.

Artikel terkait