10 Permainan Sederhana Yang Mencerdaskan Untuk Bayi

10 Permainan Sederhana yang Mencerdaskan Untuk Bayi - Acosta

Biarpun masih memiliki keterbatasan bergerak namun bayi selalu penasaran dengan hal-hal di sekitarnya. Untuk menstimulasi otak bayi dengan bermain bisa jadi salah satu solusi yang tepat. Dengan bermain bayi akan mampu melatih kemampuan sosial, kognitif dan emosionalnya.Permainan bayi juga sangat beragam tergantung dari usianya.

10 Permainan Sederhana yang Mencerdaskan Untuk Bayi - Acosta

Anda bisa pula memperkenalkan 10 permainan sederhana yang mencerdaskan untuk bayi berikut ini :

1. Ci-Luk-Ba

Permainan paling sederhana yang bisa Anda lakukan bersama bayi berusia 1-12 bulan ialah cilukba. Cara memainkannya sederhana yakni tinggal menutup wajah Anda dengan kedua tangan sambil mengatakan “ciluk”. Kemudian ketika membuka kedua tangan dan menampakan wajah Anda mengatakan”ba”.

Cilukba juga dikenal di luar negeri dengan nama peek a boo. Manfaat permainan ini bisa mengajarkan si kecil bahwa sesuatu yang hilang dari hadapannya tak selalu menghilang selamanya. Permainan ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk Ayah bayi dan kakek neneknya.

Bayi juga mempelajari ekspresi wajah yang ditunjukkan melalui kontak mata, senyuman dan keterkejutan. Cilukba juga mengajari bayi untuk mengetahui sebab akibat. Ia mengetahui bahwa ada kejutan dibalik konsep hilang dan munculnya wajah dalam permainan ini. Anak juga terhibur dan mengundang gelak tawa saat bermain cilukba.

Permainan ini secara tidak langsung mengajarkan buah hati untuk mandiri. Buah hati akan dilatih untuk mengontrol dirinya saat terpisah jarak dengan orang tuanya. Cilukba membantu menguatkan koneksi antara orang tua dengan bayi tersebut.

2. Petak Umpet

Petak umpet - Acosta

Petak umpet merupakan permainan yang diperkenalkan pada bayi usia 8 bulan keatas. Cara permainannya cukup sederhana Anda cukup mencari tempat untuk bersembunyi. Biarkan bayi mencoba mencari Anda beberapa menit kemudian munculah lagi.

Ketika bayi mengalami kesulitan mencari bisa ditambahkan isyarat siulan atau tepuk tangan agar memudahkannya menemukan persembunyian Anda. pastikan disekeliling bayi tidak ada benda tajam maupun pecah belah yang membahayakannya saat melakukan pencarian.

Manfaat permainan petak umpet ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bayi jadi lebih aktif bergerak karena perlu mencari Anda. ia akan sibuk merangkak untuk mencari persembunyian sehingga kemampuan motoriknya juga ikut terasah
  • Bayi juga dituntut berpikir cepat dan jeli terhadap sekitarnya apalagi saat Anda memberikan isyarat suara
  • Kemampuan eksplorasinya dan bersosialisasi juga ikut berkembang

3. Kuda-Kudaan

Michael Wasserman M.D yakni dokter anak dari O’Channel Clinical Foundation New York menyatakan bahwa bermain kuda-kudaan bisa melatih anak menjaga keseimbangan. Biarpun begitu siapkan matras sebagai alasnya sebagai pengaman.

Bila Anda tak memiliki benda yang bisa jadi tunggangan maka bisa pula menggunakan tubuh sendiri sebagai tunggangan. Permainan ini membuat anak untuk tidak takut akan ketinggian.

Selain itu kelebihan lainnya adalah menjalin keakraban antara bayi dan orang tua. Saat Anak belum bisa mengendalikan keseimbangannya maka peganglah tubuhnya ketika yang ditungganginya bergerak.

4. Mobil-Mobilan

mobil mobilan - Acosta

Permainan mobil-mobilan bisa dikenalkan saat bayi sudah bisa duduk. Lebih aman lagi jika sudah memasuki umur 2-5 tahun. Permainan ini bisa mengembangkan imajinasi si kecil. Terlebih bila mobil yang dikendarainya memiliki suara seperti klakson mobil hingga suara ban ngerem.

Apalagi mobil-mobilan dengan tenaga listrik yang bisa bergerak mampu melatih kemampuan motorik buah hati. Ia akan bisa belajar melaju, berbelok, menghindari halangan, dan berhenti yang membutuhkan koordinasi kaki dan tangannya saat menyetir.

5. Pesawat Terbang

Ketika bayi sudah mulai bisa tengkurap dan otot tangannya dirasa sudah lebih kuat bisa kenalkan permainan pesawat terbang ini kepadanya. Permainan ini cukup sederhana yakni meletakan anak pada posisi tengkurap di kedua tangan kemudian diayun-ayunkan.

Ingat untuk meletakan tangan kanan Anda pada bagian perutnya sementara tangan kiri memegang tangannya. Ayunkan perlahan seakan-akan bayi bisa terbang. Dengan permainan ini bayi akan merasakan sensasi terbang di ketinggian. Ia juga jadi tidak mudah takut akan ketinggian dan mampu menstimulasi imajinasinya.

Permainan ini mampu menenangkan bayi dan membuatnya terlelap karena seperti ditimang-timang. Anda juga bisa mengenalkan beberapa suara binatang seperti burung maupun pesawat terbang. Penambahan suara ini selain mampu memberikan sensasi keseruan juga mampu melatih bayi mengenali jenis suara kendaraan.

6. Mainan yang Digoyangkan

Mainan yang di goyangkan - Acosta

Mainan anak yang bisa digoyangkan sangat direkomendasikan untuk bayi yang belum bisa duduk. Mainan jenis ini sangat bagus dikenalkan pada bayi yang baru saja bisa telentang maupun tengkurap. Misalnya saja mainan rattle bayi yang menimbulkan suara saat digoyangkan.

Rattle bisa menimbulkan suara ketika diremas maupun digoyangkan. Permainan ini bisa meningkatkan sensitifitas pada bayi. Rattle juga bisa membantu si kecil memahami warna, bentuk, dan penglihatan bayi. Rattle juga bisa jadi pengalihan saat bayi mulai menangis karena suara yang ditimbulkan.

Saat memainkannya jangan menggoyangkan terlalu keras agar bayi tidak terlalu terkejut. Rattle sendiri memiliki tekstur lembut sehingga aman bagi kulit bayi. Mainan ini juga mudah untuk dibersihkan serta bisa jadi mainan edukasi bayi yang mampu menstimulasi pendengarannya.

Selain rattle Anda juga bisa memberikan mainan teether. Mainan yang memiliki beragam pola dan warna ini selain menarik juga melatih fungsi gigi bayi. Buah hati memang sering memasukan makanan kedalam mulutnya. Apalagi bila mainan tersebut menarik saat digoyangkan. Teether sangat aman untuk bayi usia 3 bulan.

7. Mainan Bergerak

Mainan edukasi anak seperti bola maupun mobil-mobilan yang bisa bergerak dengan sendirinya bisa digunakan untuk bermain bayi usia 8-12 bulan. Bola ini biasanya memiliki tekstur berlubang maupun berpola tertentu. Bola yang mudah menggelundung ini akan memacu bayi untuk merangkak menangkapnya.

Selain itu pola ataupun tekstur pada bola tersebut bisa menstimulasi indera peraba buah hati Anda. Sementara mainan mobil-mobilan bisa melatih koordinasi dan eksplorasi bayi. Mainan yang bisa bergerak juga memacu bayi menyalurkan energinya.

Melalui mainan ini kedekatan antara bayi dan orang tua juga ikut meningkat. Anda juga bisa mengajari si kecil mengenai jenis-jenis mobil seperti mobil ambulance dan lainnya. Terlebih jika mobil-mobilan tersebut memiliki suara maka akan membuat bayi semakin berinteraksi.

8. Permainan Kreatif

Ketika bayi sudah bisa duduk maka keingintahuannya akan sekeliling juga semakin besar. Ia akan mulai mengeksplorasi benda-benda disekitarnya bahkan bungkus makanan atau minuman bisa menarik bayi untuk memainkannya. Ini bisa jadi kesempatan Anda untuk melatih kreatifitas bayi.

Anda bisa membuat pesawat kertas dari bekas bungkus makanan. Kardus bekas yang cukup besar bisa jadi mobil-mobilan dadakan dengan meletakan bayi di dalamnya kemudian diseret perlahan. Ditambah lagi dengan suara kendaraan yang Anda ciptakan.

Anak akan mencoba meniru yang Anda lakukan ketika ia tumbuh lebih besar. Tak hanya bayi saja kardus bisa menjadi mainan edukasi anak 3 tahun bila Anda mampu mengakalinya. Ketika lebih besar anak akan membuat mainannya sendiri dari contoh yang Anda ajarkan sejak kecil.

Selain itu mainan playdough juga direkomendasikan untuk meningkatkan kreativitas buah hati sedini mungkin. Playdough merupakan adonan plastisin yang bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk. Mainan ini sangat populer dikalangan bayi lima tahun hingga anak-anak.

9. Mainan Edukatif

Kini banyak sekali mainan edukatif yang dijual di pasaran. Mulai dari mainan edukasi anak 1 tahun hingga mainan edukasi anak 2 tahun bahkan untuk usia lebih dari lima tahun juga tersedia. Sementara untuk bayi salah satu mainan edukatif yang bisa Anda kenalkan ialah baby mic.

Seperti namanya mainan ini memang berbentuk mic yang dilengkapi dengan musik. Mainan ini juga bisa merekam suara dan disertai dengan warna-warna yang menarik. Dari mainan ini bayi bisa mengenali bentuk dan aneka warna. Musik yang ceria akan mampu meningkatkan mood dan menenangkannya. Anda juga bisa memperkenalkan aneka suara kepada sikecil.

Selain baby mic Anda juga bisa memperkenalkan mainan balok yang bisa dikeluarkan dan dimasukan. Mainan ini mampu melatih kemampuan motorik dan mengasah otak. Permainan balok ini memiliki beberapa manfaat diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Mengembangkan imajinasi sikecil dan melatih kesabarannya terlebih saat balok yang dimasukkan tidak selalu pas.
  • Buah hati juga diajari untuk memecahkan masalah yang dihadapinya ketika mengalami kesulitan dalam memasukan maupun mengeluarkan balok
  • Bayi juga akan mengenali konsep permainan serta belajar akan warna

Ketika buah hati sudah semakin besar Anda bisa mengenalkan mainan edukatif lainnya seperti mainan tarik menarik untuk membangun kerja sama. Buku yang memiliki suara binatang juga sangat direkomendasikan sebagai edukasi tentang aneka binatang.

10. Eksplorasi LingkunganEksplorasi Lingkungan - Acosta

Anda juga bisa kenalkan bayi pada lingkungan sekitar. Ajak anak Anda mengenali lingkungan di sekitarnya apalagi tentang alam. Kenalkan anak pada pohon, bunga, daun bahkan kolam ikan yang ada di rumah Anda. Dengan mengeksplorasi lingkungan anak jadi lebih tahu dengan benda-benda.

Hal ini bisa dilakukan bahkan ketika bayi sudah bisa duduk. Temukan Gendongan bayi maupun letakan dia pada stroller dan ajak berkeliling. Ajak ia bicara agar menambah kosa kata yang dimilikinya. Ulangi kata beberapa kali sehingga melatihnya untuk bicara.

Eksplorasi lingkungan juga mampu melatih bayi untuk lebih berani di luar ruangan. Ia jadi terbiasa di tempat-tempat baru bahkan keramaian. Bayi pun tidak mudah menangis bila ada suara berisik di sekitarnya. Misalnya saja suara mobil maupun motor yang berlalu lalang.

Keluar rumah juga membantu bayi mudah terlelap di malam hari. Pastikan cuaca mendukung untuk eksplorasi dan sesuaikan pakaian yang digunakannya dengan iklim. Sesekali dudukan bayi diatas rumput hijau agar indera perabanya bisa terlatih.

Bayi usia dibawah dua bulan tidak disarankan untuk keluar rumah. Pada usia ini suhu bayi masih belum terkontrol serta mengganggu jam tidur bayi. Selain itu usia ini bayi masih rentan terkena penyakit karena imunitasnya masih belum sempurna.

Mainan nyatanya sangat bermanfaat bagi bayi bahkan hingga ia tumbuh besar. Permainan bayi diatas juga ada yang sederhana dan tidak mengeluarkan biaya. Interaksi yang dibina sejak kecil antara orang tua dan anak akan mempengaruhi karakter bayi itu sendiri.

10 permainan sederhana yang mencerdaskan untuk bayi diatas bisa jadi rekomendasi mainan aman dan bermanfaat. Selalu ingat untuk rutin membersihkan mainan anak Anda agar terhindar dari bibit penyakit. Sebelum membeli mainan jangan lupa mengecek apakah bahan mainan termasuk bebas bahan kimia berbahaya atau tidak.

Apa manfaat permainan petak umpet?

Bayi jadi lebih aktif bergerak karena perlu mencari Anda. ia akan sibuk merangkak untuk mencari persembunyian sehingga kemampuan motoriknya juga ikut terasah, Bayi juga dituntut berpikir cepat dan jeli terhadap sekitarnya apalagi saat Anda memberikan isyarat suara, Kemampuan eksplorasinya dan bersosialisasi juga ikut berkembang

Apa manfaat permainan Ci-Luk-Ba?

Manfaat permainan ini bisa mengajarkan si kecil bahwa sesuatu yang hilang dari hadapannya tak selalu menghilang selamanya. Permainan ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk Ayah bayi dan kakek neneknya.

Apa manfaat mainan Kuda-Kudaan?

Permainan ini membuat anak untuk tidak takut akan ketinggian. Selain itu kelebihan lainnya adalah menjalin keakraban antara bayi dan orang tua. Saat Anak belum bisa mengendalikan keseimbangannya maka peganglah tubuhnya ketika yang ditungganginya bergerak.

Artikel terkait