7 Permainan Memasak Untuk Anak

7 Permainan Memasak Untuk Anak - Acosta Super Food

Selain bermain boneka, main masak-masakan rasanya selalu identik dengan anak perempuan. Meski begitu sebenarnya tidak masalah jika anak laki-laki juga play pretend dengan aneka permainan memasak untuk anak. Lagi pula aktivitas tersebut juga mengandung unsur edukasi salah satunya dapat mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas anak. Nah, agar acara bermain buah hati anda semakin seru bunda dan ayah perlu menyediakan mainan yang berkualitas dan aman. Ingin tahu rekomendasinya? Simak ulasannya berikut ini!

Daftar Mainan Masak-Masakan Terbaik dan Berkualitas

Permainan Memasak Anak - Acosta Super Food
Acosta

Dalam memilih mainan untuk putra-putri anda jangan hanya mengutamakan tampilannya yang menarik tetapi juga keamanannya untuk anak. Produk mainan mesti terbuat dari bahan yang tidak berbahaya bagi kesehatan atau memicu potensi kecelakaan.

Inilah beberapa produk terbaik yang cocok untuk buah hati anda.

1. Cotton Kitchenette

Permainan Memasak Anak - Acosta Super Food
Acosta

Produk mainan edukasi dari Acosta ini terdiri dari dua varian yang dapat dipilih sesuai selera si kecil. Produk yang dibuat dari bahan PVC ini terdiri dari perangkat makan (piring, sendok, garpu, dan pisau), panci, buah-buahan, sayuran, talenan, dan kompor. Semua item tersebut dikemas dalam wadah berbentuk keranjang sehingga tidak akan berantakan dan tercecer. Cotton Kitchenette terjamin aman dan telah mengantongi sertifikat SNI. Produk mainan tersebut dapat digunakan oleh anak mulai usia 3 tahun. Inilah alasannya mengapa anda sebaiknya memilih Cotton Kitchenette dibandingkan produk bertema memasak lainnya.

  • Buatan Indonesia 100%
  • Tampilannya sangat menggemaskan dan menarik
  • Terbuat dari material yang berkualitas, aman, dan awet
  • Harganya cukup bersahabat dibandingkan produk impor
  • Mainan edukasi untuk melatih sensorik serta motorik anak
  • Menunjang perkembangan imajinasi serta daya kreativitas

2. Cotton Magic Sand Birthday Party

Permainan Memasak Anak - Acosta Super Food
Acosta

Pasir kinetic juga seru dijadikan untuk bermain masak-masakan, seperti produk Cotton Magic Sand Birthday Party. Sesuai tema yang diusung, putra-putri anda bisa membuat aneka bentuk kue ulang tahun dari pasir warna-warni. Produk mainan pasir kinetik ini boleh digunakan untuk anak mulai usia 5 tahun. Dalam kemasan produk terdapat 360 gram Magic Sand, 1 cetakan cupcake, 2 cetakan kue kering, 1 nampan tatakan, dan 2 jenis pisau. Membuat berbagai bentuk kue sesuai kreasi anak atau menggunakan cetakan adalah bentuk latihan untuk mengembangkan kemampuan motoriknya. Inilah keunggulan Cotton Magic Sand dari Acosta sehingga layak direkomendasikan untuk buah hati anda.

  • Teksturnya lembut dan gampang dibentuk seperti adonan kue sungguhan
  • Mudah dibersihkan dan tidak lengket seperti pasir biasa
  • Aman bagi kesehatan
  • Nyaman digenggam dan dimainkan
  • Pewarna pasir dibuat dari bahan yang tidak berbahaya serta tidak bisa luntur
  • Bebas dari zat beracun yang dapat membahayakan kesehatan
  • Harganya sangat terjangkau
  • Dilengkapi sertifikat SNI
  • Menunjang perkembangan sensorik
  • Sarana bermain yang seru untuk mengembangkan kreativitas dan menyuburkan imajinasi
  • Dapat dijadikan sarana terapi untuk melatih konsentrasi bagi anak yang hiperaktif
  • Mempunyai efek menenangkan karena satisfying effect-nya menimbulkan perasaan senang dan nyaman
  • Dapat menciptakan warna baru dengan mencampurkan warna pasir

3. Fun Doh Mini Box Biscuit

Permainan Memasak Anak - Acosta Super Food
Acosta

Selain pasir kinetik, lilin mainan juga cocok untuk aktivitas permainan koki masak untuk anak perempuan atau laki-laki. Dengan produk ini putra-putri anda bisa membuat biskuit warna-warni dengan bentuk-bentuk binatang favoritnya. Dengan membeli set Fun Doh Mini Box Biscuit, si kecil akan mendapatkan 2 doh (lilin plastisin), 2 jenis pisau, serta 3 macam cetakan berbentuk hewan. Buah hati anda dapat memilih varian cetakan yang diinginkannya.

Pada set Fun Doh A, cetakan yang disertakan berbentuk anjing, sapi, dan jerapah, sementara pada set B tersedia cetakan kucing, lumba-lumba, dan beruang. Produk lilin plastisin ini tidak kalah kualitasnya dengan produk lilin mainan impor. Beberapa keunggulannya yang lain yaitu:

  • Asli buatan dalam negeri
  • Tidak berbahaya karena dibuat dari material tepung dan garam
  • Tidak mengandung bahan beracun yang merugikan kesehatan
  • Teksturnya lembut serta mudah dibentuk dengan cetakan atau diremas-remas
  • Sudah lolos uji untuk mendapatkan sertifikat SNI
  • Merupakan mainan edukasi yang dapat menunjang perkembangan sensorik dan motorik anak

4. Fun Doh Delicious

 

Fun Doh Acosta menyediakan beragam tema memasak pada produk-produk lilin mainan yang dirilisnya. Salah satunya adalah Fun Doh Delicious yang dapat digunakan untuk membuat dimsum mainan. Dalam set produknya terdapat beberapa item, yaitu: seperangkat alat makan (1 piring, 1 sendok, 1 garpu, 1 pisau, dan 1 sumpit), 1 tempat dimsum, 1 cangkir teh, dan 1 papan cetakan. Ada 3 buah doh warna-warni yang siap dibentuk menjadi dimsum oleh si kecil.

5. Fun Doh Chef: Bake It

Permainan Memasak Anak - Acosta Super Food
Acosta

Berimajinasi membuat kue dan kukis favorit saat beraktivitas dengan permainan anak perempuan ini pasti menyenangkan. Jadi jangan ragu untuk menyediakan seri produk Fun Doh Chef: Bake It. Putra-putri anda bisa bermain berpura-pura menjadi koki yang mempunyai sebuah toko kue. Anda juga bisa bergabung, misalnya menjadi pengunjung toko dan memesan kue untuk membantu mengembangkan imajinasi mereka. Selain 3 buah doh, set produk ini dilengkapi oven mungil, 3 varian cetakan kue, 2 macam pisau, dan seperangkat alat makan. Agar lebih terlihat nyata, oven Fun Doh juga dilengkapi fitur bunyi berdenting yang menandakan hidangan sudah matang seperti oven sungguhan.

6. Fun Doh Chef: Fried Chicken

Permainan Memasak Anak - Acosta Super Food
Acosta

Anak-anak pasti suka sekali menyantap fried chicken dan kentang goreng karena rasanya yang lezat. Nah jika biasanya Bunda yang memasak di dapur untuk membuat hidangan favorit mereka, kali ini giliran putra-putri anda. Mintalah mereka membuat ayam goreng lezat untuk anda dengan Fun Doh bertema fried chicken. Dengan membeli produk ini buah hati anda akan mendapatkan 2 doh, 2 cetakan berbentuk paha dan sayap ayam, serta peralatan makan.

7. Fun Doh Chef Amazing Food

Permainan Memasak Anak - Acosta Super Food
Acosta

Puaskan keinginan buah hati Anda untuk berkreasi sesuai keinginannya dengan permainan memasak perempuan lilin plastisin, Fun Doh. Lilin mainan warna-warni ini baik dimainkan untuk anak mulai usia 2 tahun untuk menunjang perkembangan motorik halus dan kasarnya. Dalam 1 kemasan doh terdapat beberapa item berikut:

  • 1 sendok, garpu, dan pisau
  • 1 cetakan untuk membuat mie
  • 3 buah doh
  • 2 varian cetakan makanan

Jika lilin mengering mungkin akibat lama tidak digunakan, anda tinggal menambahkan sedikit air dan meremas-remasnya untuk mengembalikan tekstur aslinya. Si kecil juga bisa membuat warna baru dengan mencampurkan adonan doh.

Manfaat Bermain Masak-Masakan Untuk Anak

Salah satu penyebab anak senang bermain masak-masakan karena sering mengamati orang tuanya sibuk di dapur untuk menyiapkan hidangan. Walaupun terlihat sepele, ternyata aanda sebaiknya mendampingi anak bermain karena memberi dampak positif yang cukup signifikan terutama pada momen berharga tumbuh kembangnya. Inilah manfaat bermain peran sebagai koki cilik yang jago mengolah aneka hidangan lezat.

Menstimulasi Sistem Motorik Halus

Aktivitas memotong-motong doh dan mengaduk adonan pasir saat bermain masak-masakan ternyata merupakan bentuk latihan untuk mengembangkan sistem motorik halus anak. Inilah sebabnya permainan ini cocok dilakukan baik oleh anak perempuan ataupun laki-laki. Lagi pula kegiatan memasak seharusnya adalah aktivitas yang tidak mengenal gender. Buktinya tidak sedikit chef ternama yang faktanya adalah laki-laki berpenampilan cukup gahar.

Belajar Tentang Nutrisi Dalam Sayuran

Saat memasak bersama, bunda atau ayah bisa memberikan sisa-sisa sayuran yang lunak kepada anak untuk dipotong-potong dengan pisau mainan Kitchenette. Sambil bermain anda sekaligus dapat menjelaskan mengenai nutrisi sayuran dan manfaatnya bagi tubuh. Dengan begitu mereka akan belajar menyukai sayuran sejak usia dini dan tentu saja ini akan berdampak baik di masa pertumbuhannya.

Mengenal Berbagai Bentuk dan Warna yang Berhubungan Dengan Aktivitas Memasak

Pada produk perangkat permainan yang telah diulas di atas terdapat aneka peralatan masak mungil dan berwarna-warni. Manfaatkan momen bermain bersama itu dengan memperkenalkan nama peralatan dapur, misalnya panci, berbagai peralatan makan, kompor, oven, spatula, dan sebagainya. Ajak putra-putri anda membuat berbagai bentuk makanan dari lilin mainan atau pasir kinetik dan hidangkan di atas meja. Kegiatan ini selain menghibur juga dapat menstimulasi imajinasi dan kreativitas buah hati anda.

Belajar Berinteraksi Dengan Orang Lain

Permainan ini akan semakin seru ketika dilakukan dengan teman-teman sebayanya. Disini kemampuan anak untuk berinteraksi dan berkomunikasi akan semakin terasah. Sesekali anda juga dapat mengajarkan nilai berbagi dan empati untuk menanamkan karakter baik pada kepribadian anak. Saat berkomunikasi dengan teman atau sepupu sebayanya tanpa disadari kemampuan berbahasa anak juga turut terlatih.

Menanamkan Nilai Sosial

Saat melakukan aktivitas bermain ini, walaupun pura-pura tetapi anak akan memahami bahwa proses menyiapkan hidangan itu tidak mudah. Makanan lezat yang tersaji setiap hari di meja makan adalah hasil kerja keras bunda, ayah, atau mungkin asisten rumah tangga. Dengan begitu putra-putri anda bisa belajar mengenai proses untuk mewujudkan sesuatu serta penghargaan kepada orang lain yang bersedia memasak untuknya. Mungkin saja aktivitas kecil ini justru dapat membangkitkan bakat memasak yang dimiliki anak. Tidak ada salahnya memilih profesi chef baik bagi anak perempuan atau laki-laki. Sudah terbukti jika profesi tersebut juga menjanjikan masa depan yang cerah asalkan tekun dan bersedia berupaya keras.

Produk Mainan Edukasi Bertema Memasak dari Acosta

Bunda dan ayah tidak perlu ragu menyediakan produk mainan berkonsep memasak dari Acosta berupa perangkat masak, lilin mainan, serta pasir kinetik. Perusahaan kami berkomitmen untuk menyediakan mainan edukasi untuk mengoptimalkan momen berharga tumbuh kembang buah hati anda. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dalam industri mainan edukasi, Acosta terus berupaya mewujudkan misinya. Impian kami adalah untuk berkontribusi aktif meningkatkan kecerdasan dan menyuburkan kreativitas anak-anak Indonesia. Inilah alasannya produk mainan dari Acosta yang dipasarkan di bawah 8 jenis brand dibanderol cukup terjangkau tanpa mengurangi kualitasnya. Anda bisa mendapatkan lebih dari 100 jenis produk mainan edukasi Acosta di toko mainan terdekat atau marketplace langganan.

Kami juga memprioritaskan keamanan putra-putri anda sehingga seluruh produk Acosta hanya dibuat dari bahan yang aman dan bermutu. Ini artinya produk kami sama sekali terhindar dari campuran bahan kimia berbahaya yang beracun atau merugikan kesehatan. Bukti kualitas produk mainan edukasi kami adalah keberadaan sertifikat SNI. Orang tua memang wajib menyediakan produk mainan edukasi, salah satunya permainan memasak untuk anak. Meski begitu ada lagi hal yang lebih penting, yaitu kehadiran anda untuk mendampinginya bermain.

Dengan demikian seluruh aspek penting baik secara fisik dan psikis anak akan dapat berkembang seperti harapan sesuai tahapan usianya. Semoga menginspirasi!

3 Permainan Memasak Untuk Anak

1. Cotton Kitchenette 2. Cotton Magic Sand Birthday Party 3. Fun Doh Mini Box Biscuit

Manfaat Bermain Masak-Masakan Untuk Anak

1. Menstimulasi sistem motorik halus 2. Belajar tentang nutrisi dalam sayuran 3. Mengenal berbagai bentuk dan warna yang berhubungan dengan aktivitas memasak 4. Belajar berinteraksi dengan orang lain Menanamkan nilai sosial

3 Lilin Mainan Masak-Masakan Paling Aman

1. Fun Doh Delicious 2. Fun Doh Chef: Bake It 3. Fun Doh Chef Amazing Food

Artikel terkait