Ini Dia 5 Magic Sand Permainan Yang Mampu Meningkatkan Daya Imajinasi Anak

Ini Dia 5 Magic Sand Permainan Yang Mampu Meningkatkan Daya Imajinasi Anak - Acosta Super Food

Dunia anak masih dipenuhi dengan yang namanya permainan. Permainannya pun beragam. Salah satunya kinetic sand atau pasir kinetik yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak.Pasir kinetik juga dikenal dengan pasir ajaib. Termasuk dalam salah satu jenis mainan edukasi anak usia 4 tahun ke atas.

Magic Sand - Acosta Super Food

 

Apa itu Pasir Kinetik?

Pasir kinetik adalah mainan edukatif 3D yang berguna untuk mengasah kreatifitas anak, motorik, sensorik, hingga kemampuan berbahasa anak. Adanya mainan ini membuat orang tua cukup terbantu karena rumah tidak perlu kotor.Tekstur pasir ini halus, padat, dan agak basah lembab sehingga mudah dibentuk. Pasirnya juga tersedia dalam beberapa warna. Pasir ajaib bisa dibeli di toko mainan terdekat atau membuatnya sendiri.Produk ini dijual dalam dua jenis, pertama jenis pasir kinetik refill alias hanya pasir kinetik saja. Sedangkan yang kedua dilengkapi dengan cetakan lucu dan unik.

 

Cara Membuat Pasir Kinetik

1. Bahan untuk Pasir Kinetik

Sebelum membuatnya, Anda tentu harus membeli atau menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Bahan yang harus disediakan adalah:

  • Pasir bersih (sesuaikan saja ingin membuat berapa banyak, untuk pertimbangan buatlah dulu satu cup)
  • Tepung maizena satu setengah sendok makan untuk satu cup pasir
  • Sabun untuk mencuci piring satu sendok teh
  • Air secukupnya
  • Pewarna makanan

Setelah semua siap, kini saatnya berlanjut ke cara membuatnya.

2. Langkah Membuat Pasir Kinetik

Pertama, campurkan pasir bersih dan tepung maizena lalu aduk hingga rata. Setelah tercampur rata tambahkan bahan selanjutnya yaitu sabun cuci piring dan air. Uleni lagi hingga rata.
Terakhir, Anda bisa menambahkan pewarna makanan sesuai warna yang diinginkan. Aduk sampai warna merata semua dan diamkan satu hingga dua jam sampai pasir kering. Begitu pasir kering, pasir siap untuk dimainkan.

Manfaat Pasir Kinetik

1. Melatih Motorik Halus

Cara memainkan pasir kinetik bisa diremas atau dicetak dalam wadah lalu dituang untuk membentuk suatu benda. Dengan cara mainnya ini, motorik halus anak pun ikut terlatih.
Motorik halus tersebut yaitu remasan dan memegang sekop atau sendok untuk menyekop pasir ke cetakan. Untuk lebih melatih otot tangannya, Anda bisa mengajarkannya untuk menekan pasir atau mencubitnya saat ingin membagi ke beberapa bagian.
Gerakan meremas, menyendok, atau menekan juga akan melatih otot tangan dan jarinya. Selain itu juga melatih koordinasi mata dan tangannya dengan baik.

2. Mengasah Kreativitas

Pasir kinetik ini bebas dibentuk menjadi apa pun. Baik itu hanya dengan tangan saja atau menggunakan cetakan. Anak leluasa ingin membentuknya apa pun. Misal ingin membuat kue ulang tahun atau istana pasir, semua bisa.Tidak ada batasan ingin berkreasi seperti apa dengan pasir ajaib ini. Untuk merangsang kreativitasnya, dekatilah dan tanyakan anak ingin membuat apa dengan pasir tersebut.Pertanyaan yang Anda lontarkan akan memicunya memikirkan ide apa yang bagus dengan pasir tersebut dan bagaimana caranya mengeksekusi ide tersebut.

3. Media Belajar

Pasir yang mudah dibentuk memiliki kelebihan lain yaitu bisa digunakan sebagai sarana belajar. Anda bisa mengajarkan anak berhitung atau hal lainnya menggunakan pasir ini.Anak pun akan lebih mudah mengeksekusinya dibandingkan dengan di papan tulis. Anda juga bisa membentuk pasir ini menjadi huruf dan angka untuk memberikan rangsangan yang berbeda pada anak saat merasa kesulitan belajar alfabet.Anda juga bisa memanfaatkan pasir ini sebagai alat peraga. Contohnya saja bentuk goa, gunung, kolam, rumah, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Keterampilan berkomunikasi atau kognitif tak kalah pentingnya apalagi dalam sosialisasi. Memang pasirnya diam saja tetapi pada saat memainkannya anak akan terangsang untuk berbicara dan berkomunikasi dengan teman sepermainan.Dia bisa menceritakan apa yang ingin dibuatnya dan atau menanyakan temannya yang sama-sama tengah bermain. Dari interaksi kecil ini, kemampuan berbahasanya pun turut terlatih.Secara tidak langsung, ada kemampuan komunikasi dan bersosialisasi yang ikut terlatih saat anak bermain pasir ajaib bersama teman-temannya.

5. Mengenalkan Anak pada Tekstur Benda

Secara tidak disadari, Anda pun telah mengajarkannya tekstur. Teksturnya yang padat, halus, dan lembab serta mudah dibentuk ini tentu berbeda dengan basah yang berair ketika disentuh.Teksturnya yang seperti inilah yang membuatnya penasaran dan mencoba menyentuhnya. Dari rasa yang biasa seperti permainan lainnya dan tidak timbul rasa geli membuatnya makin semangat untuk bereksplorasi dengan si pasir.Anak pun tidak takut kotor lagi saat mainan pasir.

6. Melatih Fokus dan Tenang

Mungkin bagi orang dewasa memasukkan pasir ke cetakan lalu mencetaknya adalah hal yang gampang dilakukan. Namun bagi anak-anak, tindakan ini adalah tantangan. Hal di atas akan gagal jika anak kurang fokus dan tidak tenang.Itulah alasan lain mengapa magic sand direkomendasikan untuk dimainkan anak yang kurang bisa berkonsentrasi. Bukan hanya itu, pasir ini juga bisa digunakan untuk terapi. Efek jatuh pasir dari tangan katanya bisa memberikan ketenangan.

Jenis Mainan Edukasi yang Mengasah Kemampuan Imajinasi dan Kreativitas Anak

1. Lego

Jenis Mainan Edukasi yang Mengasah Kemampuan Imajinasi dan Kreativitas Anak - Acosta Super Food

Hampir semua anak menyukai permainan ini dan mengenalnya. Bahkan, lego diklaim sebagai permainan yang memiliki banyak manfaat. Mengapa?
Ini karena dari lego anak bisa belajar warna, bentuk, berhitung, menyusun atau motorik anak, berpikir secara logika, dan mengatasi masalah.Dengan bermain lego bukan hanya imajinasi yang berkembang tetapi rasa percaya diri juga turut menyertainya. Hal ini bisa terjadi setelah anak mampu menyelesaikan pembuatan sebuah benda secara utuh menggunakan lego.Tentunya ada rasa bangga yang kemudian mendongkrak percaya dirinya.

2. Puzzle

Jenis Mainan Edukasi yang Mengasah Kemampuan Imajinasi dan Kreativitas Anak - Acosta Super Food

Puzzle termasuk dalam permainan edukasi semua usia. Puzzle bisa menjadi mainan edukasi anak 2 tahun hingga usia dewasa dengan tingkat kerumitan potongan gambar yang berbeda.Untuk anak usia satu sampai dua tahun pilihlah puzzle dengan enam hingga delapan potong gambar untuk disusun dan diselesaikannya menjadi satu gambar utuh. Selanjutnya, Anda bisa tingkatkan kerumitannya sesuai usia.
Usia empat tahun ke atas bisa Anda berikan puzzle dengan 20 potongan gambar. Hal ini karena usia sekian anak memiliki kecenderungan ingin tahu yang besar.Anda juga bisa memilih motif gambar puzzle sesuai dengan kesukaan anak. Mulai dari full gambar kartun dan ada pula yang dibentuk dengan penambahan huruf dan angka untuk memudahkan anak menyusunnya mengikuti urutan huruf dan angka.
Manfaat yang anak dapat dari bermain puzzle bukan hanya motoriknya saja yang terasah tetapi juga dilatih fokus, teliti, daya ingat, intuisi, dan sabar dalam menyusun puzzle.

3. Role Play

Bermain simulasi atau role play hingga usia sekolah dasar bahkan dewasa pun masih dilakukan. Permainan ini memungkinkan anak berimajinasi sesuai dengan apa yang diperankan.Misalnya saja anak memerankan figur dokter. Maka dia akan berimajinasi apa saja yang akan dilakukan oleh seorang dokter saat dia bekerja.
Ya, manfaatnya adalah mengembangkan imajinasi. Bagaimana anak memahami apa yang dilakukan orang lain yang diperankan, bagaimana harus bersikap, dan bagaimana dia menghadapi masalah dalam lingkup yang sederhana.
Yang familiar dimainkan anak yaitu bermain perang-perangan. Bisa dilakukan bersama Anda maupun teman-temannya. Saat melakukannya bersama teman, kemampuan berbicara dan bersosialisasinya pun akan ikut terasah.Bermain peran juga baik untuk perkembangan emosi, mental, dan fisiknya.

4. Board Game

Permainan papan ini cukup banyak jenisnya. Sebut saja ular tangga dan monopoli. Bukan hanya sekadar hiburan, tetapi ada fungsi edukasi juga di dalamnya.Permainan papan diyakini mampu mengasah kreativitas dan imajinasi anak. Anak yang sudah menginjak usia sekolah tentu sudah memiliki banyak perkembangan dalam hidupnya.Namun, dengan memainkan board game anak akan belajar pentingnya aturan dari sebuah permainan.

5. Mainan yang Bisa Dinaiki dan Dijalankan

Dari mainan yang bisa dinaiki dan dijalankan, anak akan belajar arti keseimbangan agar apa yang dinaikinya bisa berjalan dengan baik dan tidak terjatuh.Contoh mainan yang bisa dijalankan dan dinaiki adalah mainan dengan bentuk besar dan ada pedal kakinya, seperti mobil-mobilan dan sepeda.
Manfaat permainan ini bukan hanya fisiknya yang sehat tetapi lebih dari itu. Mampu melatih motorik anak, melatih koordinasi otak, dan anggota gerak tubuh lainnya, serta merangsang rasa ingin tahunya.

Tips Memilih Mainan Edukasi Anak yang Tepat

  • Belilah sesuai dengan usianya. Umumnya di setiap kemasannya ada petunjuk untuk usia berapa mainan tersebut cocok dimainkan.
  • Perhatikan tanggal produksinya. Jangan beli mainan yang produksinya lama karena itu berpengaruh pada kekuatan mainan saat dimainkan. Bahkan bisa juga terjadi penurunan fungsi. Jadi, belilah mainan yang tanggal produksinya dekat.
  • Kenali kesukaan anak. Kesukaan anak berbeda-beda. Anda bisa membelikannya sesuai dengan apa yang diinginkan. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh membeli mainan lainnya. Memberikan anak mainan yang disukai tentu mampu membuatnya bahagia, tetapi di lain waktu berikan mainan dengan tema lain agar dia tidak monoton bermain dengan permainan yang sama temanya.
  • Telitilah dalam melihat dan memeriksa bagian-bagian detail mainan. Jangan sampai ada bagian dari mainan yang mampu melukainya.
  • Pertimbangkan nilai edukasi mainan yang dibeli. Saat membeli mainan, tentu faktor yang harus diperhatikan adalah bukan hanya menghibur dan menyenangkan tetapi mampu menjadi media belajarnya juga.
  • Jangan lupa untuk membeli mainan yang sudah bersertifikat SNI sehingga aman digunakan.

Setelah tahu mainan seperti apa yang cocok untuk diberikan pada anak. Cobalah berikan mainan tersebut dengan riang atau excited. Rasa ini akan menular pada anak dan menariknya untuk mencoba memainkannya.Anda juga bisa memberinya nasihat secara perlahan untuk memainkannya dengan hati-hati dan menjaganya agar tetap utuh alias tidak ada bagian mainan yang hilang atau rusak.Tidak ada salahnya juga Anda menemani bermain untuk meningkatkan kedekatan Anda dan anak atau meningkatkan kemampuannya bersosialisasi dan berkomunikasi dengan mengajak teman lain bermain bersama.Untuk mainan yang sudah tidak diperlukan, ajarkan anak untuk memberikannya pada orang lain ya agar menumbuhkan rasa simpati dan empati anak.
Itulah mainan pasir yang banyak manfaat dan beberapa jenis mainan edukasi lainnya serta tips dan hal-hal yang penting diperhatikan saat mengajak anak bermain. Jadilah orang tua yang bijak dengan mengetahui apa keinginan dan kebutuhannya.

Sebutkan Manfaat Pasir Kinetik

1. Melatih Motorik Halus 2. Mengasah Kreativitas 3. Media Belajar 4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif 5. Mengenalkan Anak pada Tekstur Benda

Bahan Apa Saja Yang Di Perlukan Membuat Pasir Kinetik

- Pasir bersih (sesuaikan saja ingin membuat berapa banyak, untuk pertimbangan buatlah dulu satu cup) - Tepung maizena satu setengah sendok makan untuk satu cup pasir - Sabun untuk mencuci piring satu sendok teh - Air secukupnya - Pewarna makanan

Sebutkan Jenis Mainan Edukasi yang Mengasah Kemampuan Imajinasi dan Kreativitas Anak

a. Lego b. Puzzle c. Role Play d. Board Game

Artikel terkait