4 Permainan Favorit Anak yang Murah Meriah

4 Permainan Favorit Anak yang Murah Meriah

Mainan dibutuhkan anak-anak sebagai sarana hiburan dan belajar. Tak perlu mahal nyatanya permainan favorit anak dibawah ini dibandrol dengan harga murah.

Permainan Favorit Anak - Acosta Super Food

Mainan dibutuhkan anak-anak tak hanya sebagai media hiburan. Melalui mainan anak-anak juga bisa berlatih sosialisasi serta melatih kemampuan motorik dan sensorik. Mainan tak harus mahal bahkan yang murah meriah pun banyak dijajakan di sekeliling Anda. Misalnya saja 4 permainan favorit anak yang murah meriah dibawah ini :

1. Kincir Bianglala

Mainan murah meriah yang pertama ialah kincir bianglala. Wahana permainan ini tersedia di pasar malam hingga taman hiburan. Ukuran kincir bianglala di taman hiburan biasanya lebih besar dan mampu menampung banyak orang dalam satu kompartemennya. Bianglala sendiri sudah ada sejak 127 tahun yang lalu.

Sementara di pasar malam ukurannya lebih kecil dan hanya bisa diisi 1-2 anak per kompartemennya. Satu kincir bianglala di pasar malam umumnya terdiri dari 4 kurungan besi saja. Ada pula yang terdiri dari 20 kompartemen dengan batas 2 penumpang setiap kompartemennya.

Semakin besar ukuran kincir bianglala maka semakin banyak pula kompartemen yang tersedia dan makin banyak penumpang yang bisa diangkut. Untuk menaikinya biasanya dihargai tiket Rp.3.000-Rp.5.000 saja per anak untuk kincir bianglala di pasar malam. Saat membawa anak naik bianglala Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Saat naik bianglala jelaskan aturan menaiki bianglala yang aman. Pertama jangan berdiri saat menaikinya serta jangan menggoyangkan kursi penumpang. Goyangan juga berpengaruh pada kincir bianglala itu sendiri.
  2. Anak sebaiknya berpegangan saat naik kincir bianglala dan duduk dengan tenang
  3. Demi keselamatan bersama jangan ikut-ikutan bila ada anak yang tidak mengikuti aturan diatas. Perhatikan batas maksimum berat penumpang yang dihimbau oleh staff. Kelebihan massa juga berbahaya pada kincir bianglala dan bisa menyebabkan putarannya macet ditengah jalan
  4. Perhatikan cuaca saat menaiki bianglala apakah sedang cerah atau malah hendak hujan
  5. Sebaiknya tidak perlu membawa banyak barang saat naik kincir bianglala. Jangan dorong-dorongan dan perhatikan kondisi kesehatan. Apakah buah hati dalam keadaan prima atau tidak. Pasalnya saat menaiki kincir bianglala di ketinggian tertentu angin akan lebih kencang. Apalagi bila kompartemen kincir bianglala terbuka tentu anak akan mudah dihempas angin serta membuatnya mudah terkena masuk angin.

Kincir bianglala memang mainan anak murah meriah. Dari mainan ini anak akan belajar berani menghadapi tantangan ketinggian. Selain itu anak diajarkan untuk sabar dan tenang selama naik kincir bianglala. Kedekatan antara anak dan orang tua juga bisa terjalin melalui permainan ini.

 

2. Odong-Odong

Mainan unik murah meriah selanjutnya adalah odong-odong. Mainan satu ini sangat digemari oleh balita hingga anak-anak yang berusia diatas 5 tahun. Odong-odong sering berkeliling lingkungan komplek maupun hadir di ruang publik seperti alun-alun, pasar malam hingga taman hiburan.

Odong-odong sendiri terinspirasi dari kesenian Subang saat Inggris menyerang daerah tersebut pada 1813. Lalu pada 2012 odong-odong keliling semakin dikenal publik.Permainan ini berupa aneka kendaraan berbentuk hewan, sepeda maupun mobil-mobilan yang bisa berayun di tempat.

Penggeraknya bisa dibantu tenaga manusia maupun daya listrik. Anak-anak bisa berayun naik turun selama 15 menit sekali permainan. Sekali permainan setiap anak hanya dikenakan tarif Rp.2.000-Rp.5.000 per anaknya. Saat odong-odong bergerak tak sedikit diselingi musik ceria yang menambah semarak permainan ini.

Manfaat mainan odong-odong bagi buah hati diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mampu meningkatkan kemampuan sosialisasi si kecil dengan teman sebayanya. Odong-odong ini mampu memuat empat anak sekaligus dalam satu kali permainan. Alhasil anak bisa bercengkrama dengan anak-anak lainnya saat menaikinya atau menunggu giliran
  • Dari odong-odong anak juga bisa belajar tentang sains. Ia dapat mengamati bagaimana cara kerja odong-odong itu sendiri. Ia mengetahui bagaimana pola ayunan odong-odong saat dimainkan.
  • Meskipun sederhana anak-anak secara tidak langsung diajarkan untuk berani dan mandiri ketika menunggangi odong-odong. Ia memegang kendali penuh saat naik odong-odong
  • Musik pada odong-odong selain meningkatkan mood si kecil juga mengajarkan kosakata baru lewat musik. Lagu yang diputar berkali-kali akan mendorong buah hati mengingatnya kemudian dengan sendirinya hapal lirik lagu tersebut

Ketika naik odong-odong keselamatan buah hati perlu diperhatikan. Mainan ini memang bisa dinaiki oleh anak-anak usia 3 tahun keatas. Pastikan anak-anak duduk dengan nyaman pada odong-odong. Anak-anak juga harus berpegangan erat agar tidak jatuh ketika odong-odong berayun.

Ajarkan anak Anda untuk duduk dengan tenang ketika odong-odong berayun. Pilih odong-odong yang tidak langsung terpapar sinar matahari sehingga ketika bermain anak-anak tidak kepanasan meski hanya duduk di tempat.

 

3. Mini Komedi Putar

 

Mini Komedi Putar - Acosta Super Food

Mini komedi putar mirip dengan odong-odong hanya saja putarannya berbeda. Odong-odong cara kerjanya berayun naik turun tetapi mini komedi putar berputar melingkar. Mini komedi putar biasa diisi hanya 4 anak saja. Adapun komedi putar yang lebih besar biasa tersedia di taman hiburan dengan kapasitas daya tampung yang lebih banyak.

Mini komedi putar ini memiliki karakter lucu dan unik sebagai daya tariknya. Ada yang menggunakan karakter hewan, tokoh kartun hingga kendaraan dengan warna-warna cerah. Saat komedi putar dijalankan diiringi pula dengan lagu anak-anak yang ceria. Selain itu komedi putar dihias dengan motif-motif lucu di beberapa spot rangkanya.

Saat menaiki komedi putar pastikan anak-anak mengikuti instruksi dibawah ini :

  1. Pasang sabuk pengaman saat menaiki komedi putar. Pastikan sabuk terpasang dengan benar. Tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar sehingga anak nyaman bergerak
  2. Cari tunggangan yang membuat anak nyaman baik dari segi dudukannya maupun kebersihan tunggangan komedi putar itu sendiri.
  3. Walau sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman tetap ajarkan anak untuk berpegangan pada tunggangannya agar keseimbangannya terjaga
  4. Ajarkan anak untuk duduk dengan tenang dan pegangi ia bila masih ketakutan. Pastikan bahwa putaran komedi putar tidak terlalu kencang agar memudahkan Anda mengikuti putaran komedi putar tersebut.
  5. Ikutlah bernyanyi mengikuti irama lagu komedi putar untuk menyemangati si kecil dan mengajarkannya kosakata lewat lagu
  6. Ingat untuk tidak berlebihan saat bermain agar sikecil tidak kecanduan serta pastikan cuaca mendukung anak-anak untuk bermain

Manfaat komedi putar bagi pertumbuhan anak sangatlah banyak. Melalui permainan ini anak akan belajar untuk bersosialisasi dengan anak-anak lainnya. Ia akan belajar berkomunikasi dengan teman-temannya. Selain itu komedi putar juga melatih si kecil untuk mandiri dan berani akan hal-hal baru. Anak jadi tidak mudah takut akan ketinggian dan mampu menjaga keseimbangan.

 

4. Pasir Ajaib

 

Pasir Ajaib - Acosta Super Food

Bila beraktivitas di luar ruangan belum bisa Anda lakukan karena pengaruh cuaca dan kesehatan si kecil maka permainan pasir ajaib bisa jadi pilihan tepat. Pasir ajaib sering dijajakan grosir mainan murah meriah. Pasir ajaib ini tersedia dalam berbagai varian bentuk mulai dari desain kendaraan, kue ulang tahun, hingga karakter hewan yang lucu.

Banyak grosir mainan anak murah meriah menyediakan mainan ini bukan tanpa alasan. Selain terjangkau pasir ajaib bisa dimainkan dimana saja dan memiliki beragam manfaat lainnya seperti dibawah ini :

  • Pasir ajaib memiliki tekstur seperti butiran pasir pantai yang basah. Pasirnya mudah dibentuk sesuai dengan keinginan sikecil. Teksturnya yang unik akan menambah sensasi saat disentuh oleh anak-anak. Mainan ini sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang merasa jijik akan adonan basah.

Dengan sering memainkannya ia tidak akan takut lagi dengan adonan basah. Selain itu tersedia pula cetakan yang menyerupai hewan maupun makanan yang memudahkan anak untuk membentuk pasir.

  • Mainan ini juga bisa dimainkan oleh anak usia lima tahun karena mampu meningkatkan kemampuan motorik halus sikecil. Dengan meremas dan menggenggam ataupun menekan pasir akan merangsang otot-otot pada tangannya. Gerakan sederhana ini juga melatih koordinasi mata dan tangan anak Anda
  • Anak juga bisa lebih mudah berkonsentrasi pada suatu hal. Pasir ajaib terbukti mampu dijadikan alat terapi yang menenangkan. Hal ini karena gerakan tanah yang jatuh dari tangan memberikan efek tenang pada anak-anak
  • Pasir ajaib mampu mengembangkan kreatifitas dan imajinasi pada anak-anak. Tak seperti mainan lainnya pasir ajaib menuntut anak-anak untuk berkreasi dan lebih aktif melakukan sesuatu. Anak dituntut berpikir untuk membuat sesuatu yang diinginkannya seperti bangunan maupun membangun kendaraan
  • Anda juga bisa menjadikannya sebagai sarana belajar bagi si kecil. Selain membangun bangunan Anda juga bisa mengenalkan karakter huruf dengan menuliskannya di pasir. Biarkan anak mengikuti huruf yang Anda tuliskan pada pasir tadi. Pasirnya yang lembut memudahkan anak untuk menulis dengan jarinya
  • Anak juga terlatih untuk berbicara dan berkomunikasi melalui pasir ajaib. Ia bisa belajar kerjasama dengan lawan bermainnya untuk membangun pasir sesuai yang diinginkan.
  • Biarkan anak mengeksplorasi pasir ajaib agar ia mandiri dan bisa memutuskan sendiri apa yang hendak dibuatnya. Melalui mainan ini Anda juga mampu mempererat hubungan antara anak dan orang tua
  • Mainan ini juga membentuk karakter anak untuk lebih sabar. Ia akan memahami bahwa segala sesuatu yang diinginkannya tidak selalu dibuat dengan mudah. Kegigihannya akan terlatih serta daya keingintahuannya akan lebih besar.

Pasir ajaib juga tidak boleh asal beli harus memenuhi standar yang diberlakukan. Apalagi mainan jenis ini rentan untuk dimasukan kedalam mulut oleh anak-anak. Biarpun pasirnya kelihatan basah namun pasir ajaib tidak akan lengket ditangan. Selain itu mainan ini mudah untuk dibersihkan dan warnanya tidak mudah luntur.

Jika ingin membuatnya sendiri bahannya bisa terbuat dari tepung terigu dan air. Bila Anda tak ingin repot mainan ini sudah banyak tersedia di pasaran. Selain menawarkan berbagai warna juga didesain dalam beragam bentuk menarik. Bahannya juga terhindar dari bahan kimia berbahaya atau BPA free.

Sebenarnya anak-anak tak membutuhkan banyak mainan namun butuh media untuk mengeksplorasi. Bayi lebih sedikit memiliki mainan karena mereka cenderung lebih lama bermain pada mainan lamanya. Mainan di atas dikenal murah meriah dan bisa Anda temukan di sekitar Anda.

Selain 4 permainan favorit anak yang murah meriah diatas masih banyak lagi mainan yang bisa menemani hari-hari sikecil. Pastikan mainan aman dimainkan dan mengandung bahan-bahan kimia yang tidak berbahaya. Tidak lupa jaga kebersihan mainan karena rentan untuk dimasukan kedalam mulut si kecil. Ajarkan anak untuk selalu membersihkan mainan usai dimainkan.

3 Rekomendasi Perainan Anak yang Murah Meriah

1. Mini Komedi Putar 2. Odong-Odong 3. Kincir Bianglala

Manfaat mainan odong-odong bagi buah hati diantaranya adalah sebagai berikut :

- Mampu meningkatkan kemampuan sosialisasi si kecil dengan teman sebayanya. Odong-odong ini mampu memuat empat anak sekaligus dalam satu kali permainan. Alhasil anak bisa bercengkrama dengan anak-anak lainnya saat menaikinya atau menunggu giliran - Dari odong-odong anak juga bisa belajar tentang sains. Ia dapat mengamati bagaimana cara kerja odong-odong itu sendiri. Ia mengetahui bagaimana pola ayunan odong-odong saat dimainkan. - Meskipun sederhana anak-anak secara tidak langsung diajarkan untuk berani dan mandiri ketika menunggangi odong-odong. Ia memegang kendali penuh saat naik odong-odong - Musik pada odong-odong selain meningkatkan mood si kecil juga mengajarkan kosakata baru lewat musik. Lagu yang diputar berkali-kali akan mendorong buah hati mengingatnya kemudian dengan sendirinya hapal lirik lagu tersebut

Tips Agar Anak Aman Saat Menaiki Komedi Putar

1. Pasang sabuk pengaman saat menaiki komedi putar. Pastikan sabuk terpasang dengan benar. Tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar sehingga anak nyaman bergerak 2. Cari tunggangan yang membuat anak nyaman baik dari segi dudukannya maupun kebersihan tunggangan komedi putar itu sendiri. 3. Walau sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman tetap ajarkan anak untuk berpegangan pada tunggangannya agar keseimbangannya terjaga 4. Ajarkan anak untuk duduk dengan tenang dan pegangi ia bila masih ketakutan. Pastikan bahwa putaran komedi putar tidak terlalu kencang agar memudahkan Anda mengikuti putaran komedi putar tersebut. 5. Ikutlah bernyanyi mengikuti irama lagu komedi putar untuk menyemangati si kecil dan mengajarkannya kosakata lewat lagu 6. Ingat untuk tidak berlebihan saat bermain agar sikecil tidak kecanduan serta pastikan cuaca mendukung anak-anak untuk bermain

Artikel terkait