5 Cara Memilih Mobil Mobilan Yang Bagus Untuk Anak

Mobil Mobilan Anak - 5 Cara Memilih Mobil Mobilan Yang Bagus Untuk Anak - Acosta

Mobil mobilan merupakan salah satu jenis mainan yang digemari anak. Mainan yang identik untuk anak laki-laki ini memang seru untuk dimainkan. Sekaligus juga memberi manfaat pada perkembangan anak.

Mainan mobil-mobilan juga memiliki berbagai jenis berbeda. Dengan ukuran serta harga yang berbeda pula. Jadi ada banyak pilihan bagi orangtua untuk memilih mana mobil-mobilan terbaik serta paling tepat untuk anak.

Mengenai memilih mainan mobil-mobilan ini sendiri, ada beberapa cara dan ketentuan yang seharusnya dipahami orang tua. Mulai dari memilih mobil-mobilan berdasarkan jenisnya, sampai mobil-mobilan yang sesuai usia anak.

Mobil Mobilan Anak - 5 Cara Memilih Mobil Mobilan Yang Bagus Untuk Anak - Acosta

Manfaat Mainan Mobil-mobilan Bagi Anak

Manfaat mainan mobil-mobilan untuk anak terkait erat dengan dua elemen: motorik dan kognitif. Jenis mainan ini melatih perkembangan anak secara motorik. Baik itu halus maupun kasar.

Selain itu mainan mobil-mobilan juga akan meningkatkan kemampuan kognitif anak. Seperti pengetahuan, pemahaman, dan penerapan untuk anak. Sekaligus juga aspek lain dari kemampuan kognitif untuk analisis, penilaian, serta sintesis.

Agar lebih jelas, berikut ini merupakan sederet manfaat yang didapatkan dari mainan mobil-mobilan.

  1. Melatih Gerak Motorik

Untuk bermain mobil-mobilan, anak diharuskan bergerak. Entah itu mendorong mobil yang berukuran kecil dengan tangan. Sampai juga menaiki mobil dan membuatnya berjalan.

Bahkan bila anak bermain dengan mobil-mobilan yang ditenagai dengan baterai pun, anak tetap akan beraktivitas aktif. Baik itu dengan ikut mengejar atau mengikuti laju gerakan mobil mainan ini.

Aktivitas ini yang akhirnya melatih kerja motorik pada anak. Gerakan motorik kasar dan juga halus akan dilatih melalui aktivitas-aktivitas seperti ini.

  1. Mengenal Warna dan Bentuk

Mainan mobil-mobilan untuk anak di usia muda juga akan membantu untuk memperkenalkan warna serta bentuk. Ukuran mobil yang berbeda-beda bisa menjadi cara untuk mengenalkan anak mengenai bentuk besar ataupun kecil.

Selain itu berbagai jenis mainan mobil yang diberikan pada anak juga bisa menjadi cara memperkenalkan warna. Misalnya saja warna putih diperkenalkan dengan mobil dokter. Atau warna merah untuk mobil pemadam kebakaran.

  1. Mengembangkan Keseimbangan

Jenis mainan mobil-mobilan juga akan membantu mengembangkan keseimbangan anak. Terutama bila orang tua memilih mainan mobil-mobilan dengan ukuran besar.

Mobil mobilan anak dengan ukuran besar dan bisa dinaiki biasanya harus digerakan menggunakan kaki. Selain bermanfaat untuk melatih motorik anak. Mainan mobil-mobilan jenis ini akan melatih keseimbangan tubuh.

Tentu saja pastikan usia anak sudah sesuai untuk jenis mainan mobil-mobilan ini ya.

  1. Mengetahui Jenis-jenis Mobil

Mainan dan gambar mobil mobilan anak sudah pasti bermanfaat untuk menambah pengetahuan untuk jenis-jenis mobil. Ada mobil balap, mobil untuk dokter seperti ambulans, truk, bus, dan lain-lain.

Selain jenisnya, anak juga bisa diperkenalkan untuk bunyi-bunyi mobil. Pengetahuan mengenai jenis mobil ini akan menarik untuk anak. Sekaligus juga membantu mengembangkan daya imajinasi mereka.

Pengenalan untuk jenis mobil saat bermain ini juga bisa menjadi interaksi antara orang tua dan anak. Sehingga menambah kedekatan emosional antara keduanya.

  1. Kemampuan Berbicara

Bermain dengan mobil-mobilan akan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Ini karena saat bermain mobil-mobilan, anak akan mengeluarkan suara-suara. Terutama bila anak sudah diperkenalkan mengenai jenis mobil dan suara yang dikeluarkan kendaraan tersebut.

Seperti misalnya saja, suara untuk ambulan dan pemadam kebakaran. Bahkan bisa suara untuk mobil secara umum.

Setelah mengetahui apa saja manfaat mainan mobil-mobilan untuk anak. Berikutnya tentu saja cara paling tepat memilih mainan mobil-mobilan paling bagus.

Cara Memilih Mainan Mobil-mobilan Paling Bagus Untuk Anak

Mainan memiliki berbagai peranan penting untuk tumbuh kembang anak. Bermain memang bukan hanya sekedar aktivitas menyenangkan serta seru saja. Melainkan terdapat berbagai manfaat untuk anak.

Untuk itu sangat penting bagi orang tua memilih mainan yang tepat.

Mobil-mobilan merupakan salah satu jenis mainan yang disukai dan pastinya banyak dimainkan. Untuk memilih permainan mobil mobilan paling bagus, di bawah ini merupakan beberapa caranya.

  1. Ketahui Jenis Mainan Mobil-mobilan

Mainan mobil-mobilan terdapat beberapa jenis berbeda. Untuk memilih mana yang terbaik untuk anak, orang tua memang harus mengetahui apa saja jenis mainan mobil-mobilan ini.

a. Mainan Mobil-mobilan Klasik

Mobil Mobilan Anak - 5 Cara Memilih Mobil Mobilan Yang Bagus Untuk Anak - Acosta

Jenis pertama merupakan mainan mobil-mobilan klasik. Mainan mobil-mobilan jenis ini menjadi yang paling sering dimainkan. Serta paling mudah dicari pula.

Mobil-mobilan klasik tidak menggunakan mesin. Beberapa jenis mobil ini memiliki sistem penggerak di roda yang menjadikannya bisa melaju secara otomatis. Biasanya hanya perlu didorong ke belakang, dan mainan mobil-mobilan akan meluncur maju.

Sedangkan beberapa jenis lain tidak memiliki sistem ini. Untuk memainkannya, anak harus menggerakan mobil-mobilan secara manual.

Ada berbagai jenis ukuran, tipe mobil, warna, dan juga kualitas untuk tipe mainan mobil-mobilan satu ini. Mainan ini juga bisa diberikan kepada anak untuk semua usia. Hanya perhatikan ukuran mobil yang tepat untuk usia anak.

Jenis mobil-mobilan klasik bermanfaat untuk membantu kerja motorik anak. Anak akan menggerakan mobil hingga mengembangkan gerak motorik kasar mereka.

Selain itu mainan ini juga bermanfaat mengenalkan bentuk, ukuran, warna, jenis mobil, sampai suara kepada anak. Tidak heran bukan bila mobil-mobilan klasik banyak dipilih orang tua untuk mainan anak?

Happy Truck, yang merupakan brand dari PT. Acosta Super Food memiliki beberapa produk mainan mobil-mobilan klasik. Seperti diantaranya:

  • Mobil 3 suara. Terdiri dari mobil Fire Engine, Police dan Ambulans serta mengeluarkan suara-suara berbeda.
  • Hammer
  • Go Car. Mainan mobil ini mengeluarkan suara dan terdapat lampu.
  • Fast Track
  • Friction
  • 4 Wheels Drive

b. Mobil RC

Mobil Mobilan Anak - 5 Cara Memilih Mobil Mobilan Yang Bagus Untuk Anak - Acosta

Berbeda dengan jenis mainan mobil-mobilan klasik, RC digerakan dengan bantuan alat lain. Bantuan alat lain ini bisa berupa remote control, tali, atau bahkan tuas penarik.

Seperti juga jenis klasik, mainan mobil-mobilan RC akan membantu motorik kasar anak. Selain juga memperkenalkan berbagai jenis mobil.

Happy Truck memiliki jenis mainan tersendiri untuk mobil RC. Salah satunya Car Blade.

Mainan Car Blade bisa digerakan secara otomatis menggunakan pengait. Untuk mainan dari Happy Truck ini ada pilihan menarik secara Turbo dan Drift. Sehingga menambah keseruan bermain anak.

c. Mobil yang Bisa Dinaiki

Terdapat dua jenis untuk mainan mobil mobilan besar ini. Mobil-mobilan yang bisa dinaiki dan harus menggunakan kaki. Serta yang menggunakan mesin dinamo.

Untuk melatih motorik dan keseimbagan anak, yang sebaiknya diberikan memang jenis manual. Sehingga anak akan menggunakan kaki untuk menjalankan mobil.

Mainan mobil-mobilan ini juga tidak kalah seru untuk dimainkan. Tentunya hanya bisa diberikan sesuai usia anak yang sudah mampu berjalan sendiri.

  1. Sesuai Usia AnakMobil Mobilan Anak - 5 Cara Memilih Mobil Mobilan Yang Bagus Untuk Anak - Acosta

Cara terbaik memilih mainan memang sesuai dengan usia. Orang tua seharusnya mengetahui kemampuan anak untuk bermain. Salah satunya mempertimbangkan usia.

Mainan mobil-mobilan klasik misalnya. Memang bisa diberikan untuk anak semua usia. Meski orang tua juga harus mempertimbangkan ukuran mainan mobil-mobilan klasik ini. Agar mudah digenggam dan tidak berpotensi tertelan.

Sedangkan jenis mainan mobil RC dan yang bisa dinaiki, tepat untuk anak berusia 3 tahun ke atas.

Anak dengan usia 3 tahun ke atas juga cocok untuk mainan mobil yang dinaiki karena sekaligus melatih kemampuan berjalan. Serta keseimbangan anak.

Sedangkan jenis mobil RC, terutama seperti Car Blade dari Happy Truck, bisa untuk anak dengan usia 4 tahun ke atas.

  1. Material Mainan Mobil-mobilan

Mempertimbangkan material mainan merupakan cara lain memilih yang terbaik. Mainan mobil-mobilan memang umumnya terbuat dari plastik. Meski begitu pastikan plastik yang digunakan tidak akan melukai anak. Termasuk memiliki bagian kasar yang bisa menyebabkan anak tergores dan luka.

Bahan lain pada mainan mobil-mobilan juga menjadi pertimbangan. Seperti cat yang tidak mudah mengelupas. Sampai stiker yang digunakan tidak ada kandungan racun pada lemnya.

Bila memilih mainan dari material lain, seperti kayu juga pertimbangkan pembuatan yang halus. Agar tidak melukai anak.

  1. Memiliki Tambahan Fitur-fitur LainMobil Mobilan Anak - 5 Cara Memilih Mobil Mobilan Yang Bagus Untuk Anak - Acosta

Adanya fitur-fitur lain pada mainan merupakan pertimbangan dan cara untuk memilih yang paling bagus. Seperti disebutkan di atas, mainan anak memberikan berbagai manfaat untuk tumbuh kembangnya. Jadi fitur yang ada di mainan mobil-mobilan sebaiknya juga memberikan tambahan manfaat lain.

Fitur yang ada di mainan mobil-mobilan ini bisa seperti suara dan lampu. Adanya suara dari mainan mobil-mobilan membantu anak untuk berbicara sekaligus juga lebih mengenal jenis-jenis mobil.

Mainan dari Happy Truck beberapa diantaranya memiliki fitur tambahan untuk lampu dan suara.Sehingga akan semakin menambah pengetahuan anak.

Seperti Go Car yang mengeluarkan suara-suara saat dimainkan. Serta ada Friction dan Mobil 3 yang masing-masing mengeluarkan suara sesuai jenisnya. Ada jenis mobil polisi atau Police, pemadam kebakaran atau Fire Engine, dan juga Ambulans.

  1. Brand Mainan TerbaikMobil Mobilan Anak - 5 Cara Memilih Mobil Mobilan Yang Bagus Untuk Anak - Acosta

Cara lain untuk memilih mainan mobil-mobilan tentu berdasarkan dari brand. Brand mainan yang tepat akan menjamin kualitas mobil-mobilan anak.

Happy Truck merupakan salah satu brand dari PT. Acosta Super Food. Perusahaan asli Indonesia ini sendiri sudah berkecimpung di perlengkapan dan mainan bayi serta anak selama 15 tahun terakhir.

Beberapa kelebihan brand Happy Truck antara lain:

  • Buatan Indonesia 100%
  • Desain mainan mobil-mobilan yang keren serta tangguh
  • Material yang digunakan aman. Termasuk cat untuk mainan
  • Sertifikat SNI
  • Terdapat berbagai jenis mobil mainan
  • Mainan mobil didesain untuk melatih motorik dan sensorik anak

Brand Happy Truck memiliki tagline ‘Big Adventure’. Sehingga memang berinovasi untuk menghadirkan petualangan terbesar untuk anak.

Harga mainan mobil-mobilan dari Happy Truck juga terjangkau. Harga yang dibanderol mulai dari Rp 25,000 sampai Rp 80,000.

Ciri ciri mobil mobilan terbaik memang terdiri dari beberapa hal. Diantaranya kualitas terbaik, memberikan manfaat, dan pastinya memiliki harga terjangkau. Untuk itu, Happy Truck menjadi pilihan paling bagus untuk mobil mainan anak-anak.

Cara di atas bisa dilakukan orang tua untuk memilih mainan mobil mobilan anak terbaik. Pertimbangan mulai dari jenis, sesuai usia sampai brand mainan memang menjadi beberapa cara untuk memilih.

Semoga dengan cara di atas, bisa mendapatkan mainan mobil-mobilan terbaik untuk anak. Seperti tentu saja, mainan mobil-mobilan Happy Truck dari PT. Acosta Super Food.

 

Apa manfaat mobil-mobilan bagi anak?

Melatih gerak motorik, Mengenal arna dan bentuk, Mengembangkan keseimbangan, Mengetahui jenis jenis mobil, serta Kemampuan berbicara,

Bagaimana cara memilih mainan paling bagus untuk anak?

Ketahui jenis mainan mobil, Sesuaikan dengan usia anak, Tentukan material mainan mobil, Memiliki tambahan fitur fitur lain, dan Pilih brand mainan terbaik

Apa saja jenis mainan mobil?

Mainan mobil mobilan klasik, Mobil RC, dan Mobil yang bisa dinaiki

Artikel terkait