Ini Dia 4 Manfaat Mainan Pasir Kinetik untuk Anak

Ini Dia 4 Manfaat Mainan Pasir Kinetik untuk Anak - Acosta Super Food

Mainan selalu jadi hal menarik bagi anak-anak, tidak terkecuali anak anda tentunya. Mainan anak kekinian yang akhir-akhir ini digandrungi yaitu mainan pasir kinetik. Siapa sangka, kalau permainan ini punya banyak sekali manfaat, lho! Cari tahu manfaat mainan pasir kinetik selengkapnya pada ulasan berikut.

Mainan Pasir - Ini Dia 4 Manfaat Mainan Pasir Kinetik untuk Anak - Acosta Super Food

Alasan Memilih Mainan Pasir Kinetik

Mainan pasir kinetik tidak hanya dapat dimainkan anak berusia di atas 3 tahun, mainan ini juga bisa menjadi ide permainan balita di pantai. Mengapa harus mainan pasir kinetik? Selain karena manfaat dari bermain pasir kinetik yang sangat banyak. Ada banyak alasan mengapa anda harus memilih mainan pasir kinetik buat buah hati anda, diantaranya:

  • Dapat dimainkan di dalam ruangan bersama orangtua dan keluarga yang lainnya.
  • Tidak beracun dan tidak mengandung mikroba yang bisa membawa penyakit bagi anak.
  • Sangat mudah dibersihkan
  • Anak-anak dan orang dewasa bisa memainkan permainan seru ini
  • Jika penyimpanan baik, mainan ini dapat bertahan lama.

 

Cara Mudah Membuat Pasir Kinetik

Membuat pasir kinetik tidak sulit, kok ! Anda hanya memerlukan 3 bahan saja. Bahan yang dibutuhkan yaitu:

  • 1 ¼ cangkir baby oil ( boleh menggunakan merk apa saja)
  • Tepung kanji 9 cup
  • Pewarna Makanan
  • Jika pasir ingin lebih berkilau, tambahkan glitter jika ada.

Setelah semua bahan siap, untuk cara membuat pasir kinetik anda cukup lakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Campurkan baby oil dan tepung kanji dalam wadah.
  • Kemudian diaduk hingga rata. Setelah itu masukkan pewarna makanan dan juga glitter.
  • Kemudian semua bahan dicampur hingga anda mendapatkan tekstur pasir yang diinginkan
  • Pasir kinetik siap dipakai bermain

Anda juga bisa membuat mainan pasir kinetik berbahan dasar pasir asli, dengan tahapan berikut:

  • Siapkan 1 ½ air dalam sebuah wadah plastik
  • Selanjutnya tambahkan tepung kanji sebanyak 3 cangkir. Kemudian aduk hingga tidak terdapat lagi gumpalan-gumpalan tepung yang belum larut
  • Tambahkan pewarna lalu masukkan pasir dan dicampur hingga semua bahan tercampur sempurna.
  • Mainan pasir kinetik siap digunakan bermain

Untuk mempercantik tampilan pasir kinetik, anda dapat menambahkan pewarna seperti pewarna makanan atau cat air. Anda dapat pula menambahkan cat glow in the dark untuk membuat pasir mengeluarkan cahaya saat gelap. Jika anda ingin membuat pasir kinetik memiliki aroma maka bisa ditambahkan ekstrak vanili, lemon atau ekstrak apel.

Jika penyimpanan pasir kinetik benar yaitu di tempat kering dan dingin, mainan ini akan awet hingga 2 sampai 3 bulan.

 

Cara Menyenangkan Bermain Pasir Kinetik

Mainan Pasir - Ini Dia 4 Manfaat Mainan Pasir Kinetik untuk Anak - Acosta Super Food

Dengan bimbingan orang dewasa bermain pasir kinetik tidak hanya terbatas pada meremas, menekan atau membentuk pasir. Beberapa cara menyenangkan yang bisa anda lakukan bersama anak saat bermain pasir kinetik diantaranya:

  • Anda bisa mengajak anak mencetak berbagai bentuk hewan dan karakter lainnya menggunakan cetakan pasir. Dengan bantuan gelas atau cangkir serta ember kecil, anda bisa membangun kastil yang tinggi dengan anak.
  • Buat pasir memanjang untuk menghasilkan jalanan yang bisa dilalui mobil mainan. Anda bisa memanfaatkan garpu untuk membuat garis jalan.
  • Dengan menggunakan pipet berdiameter besar, anda bisa membuat berbagai desain menarik
  • Cetakan kue juga dapat anda gunakan untuk membuat berbagai bentuk dari mainan pasir. Pisau mainan juga bisa anda manfaatkan untuk membantu anak mengenal berbagai bentuk.
  • Cara seru lainnya, anda bisa menyembunyikan suatu benda di dalam pasir dan meminta anak untuk menemukan benda tersebut.
  • Mainan pasir kinetik bisa juga anda kolaborasikan dengan mainan balok atau lego warna-warni. Tentunya bermain pasir akan lebih menyenangkan, bukan?

 

Manfaat Mainan Pasir Kinetik Buat Anak

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh anak saat bermain dengan mainan pasir kinetik.

Permainan pasir kinetik yang merupakan salah satu jenis mainan edukatif tidak hanya seru dan menyenangkan. Tapi juga mendukung tumbuh-kembang si kecil.

1. Perkembangan Motorik Lebih Cepat

Saat si kecil bermain dengan pasir kinetik, motorik anak akan terlatih dan mengalami perkembangan yang lebih cepat. Hal ini buka tanpa sebab, pasir kinetik dimainkan dengan cara diremas-remas, dibentuk, dan ditekan-tekan.

Hal ini akan menyokong perkembangan motorik halus terutama tangan dan jari. Motorik halus terkait kemampuan anak bertindak menggunakan otot-otot pada tangan dan jari saat mengontrol suatu benda.

Sebagai ibu, anda bisa membimbing dan mengajari si kecil membentuk pasir menjadi bentuk yang diinginkan. Perkembangan motorik yang bisa terlatih dengan memainkan pasir kinetik diantaranya ketangkasan tangan, penguatan jari, manipulasi buatan tangan, dan lain sebagainya.

Mainan pasir kinetik biasanya ditujukan untuk anak berusia 3 tahun ke atas. Perkembangan motorik di usia tersebut, anak sudah bisa mengontrol berbagai benda serta membedakan bentuk juga ukuran. Jadi, memberi mainan pasir kinetik di usia ini sangat cocok buat anak.

Tidak hanya jari dan tangan, mainan pasir juga dapat melatih koordinasi mata. Terutama saat melihat dan mengamati orangtuanya mencontohkan cara membentuk pasir kinetik. Mengamati, melakukan, dan mengkoordinasikan tindakan menjadi proses perkembangan terbaik buat anak anda.

Jika anda menggunakan pisau mainan dengan mencontohkan anak menghasilkan suatu bentuk lewat memotong. Aktivitas ini akan membantu melatih kekuatan otot tangan anak.

2. Melatih Fokus Serta Konsentrasi Anak

Membuat berbagai bentuk dari mainan pasir ternyata dapat melatih fokus serta konsentrasi anak. Saat anak ingin membuat sesuatu dari pasir tentunya mereka akan mengimajinasikannya lalu kemudian merealisasikannya. Proses tersebut dibutuhkan konsentrasi agar bentuk apapun yang diimajinasikan dapat terwujud secara nyata.

Hal yang sama juga berlaku ketika anak bermain pasir menggunakan cetakan. Pasir yang dimasukkan kedalam cetakan harus benar-benar padat agar bentuk yang dihasilkan sempurna. Dan kondisi tersebut juga butuh perhatian atau fokus ekstra dari anak.

Gabungan berbagai macam tekstur dari mainan pasir akan membuat anak lebih senang sehingga mood-nya akan baik sepanjang hari.

Membangun sebuah istana dari pasir dengan memperhatikan tiap detailnya membuat anak lebih fokus. Terutama saat membentuk detail kecil dari istana yang dibangun dan saat menambahkan ornamen untuk mempercantik istana.

3. Mengasah Kemampuan Kognitif dan Kreativitas Anak

Mainan pasir kinetik juga menjadi media tepat untuk pembelajaran, lho! Anda bisa melatih keterampilan aritmatika anak di atas pasir kinetik. Tekan cetakan angka pada pasir yang telah diratakan dan anda bisa mulai mengenalkan angka pada si kecil.

Anda bisa menghapus angka layaknya di papan tulis dengan meratakan kembali pasir kinetik. Jika anda memiliki cetakan berbentuk kerucut, prisma, segitiga, dan berbagai bentuk lainnya. Maka pasir kinetik dapat berubah menjadi media pembelajaran geometri.

Tidak dapat dipungkiri lagi kalau mainan pasir kinetik mampu mengasah kreativitas anak. Tantangan dalam mewujudkan bentuk yang sesuai imajinasi anak akan mengoptimalkan perkembangan otak.

Anak akan berusaha mencari cara dan memunculkan ide-ide sehingga bentuk yang diinginkan bisa dijadikan bentuk yang nyata. Jadi, menjadikan pasir kinetik menjadi mainan edukasi buat anak adalah pilihan yang paling tepat.

4. Mendukung Pengembangan Kemampuan Bahasa dan Sosial Anak

Saat berkunjung ke pantai, permainan pantai untuk anak yang seru dilakukan sama-sama atau rame-rame yaitu permainan pasir. Begitu pula dengan bermain pasir kinetik yang akan semakin seru dan menyenangkan apabila dilakukan bersama anggota keluarga, tetangga, atau teman sebaya anak.

Dengan begitu, akan terbuka peluang dimana anak akan berkomunikasi dengan temannya sehingga kemampuan bahasa sekaligus sosial anak dapat berkembang baik.

Anak bisa belajar mengemukakan pendapatnya mengenai hasil cetakan dirinya atau punya temannya. Anak juga bisa belajar mengungkapkan ide dan imajinasinya dalam bahasa yang mudah dimengerti lawan bicaranya.

Orangtua saat mendampingi anak bermain pasir kinetik dapat memancing komentar anak melalui pertanyaan-pertanyaan sederhana. Seperti “kamu sedang membuat apa?”. “Bagaimana kalau membuat bentuk segitiga bisa, tidak ?” Anda juga bisa memberi apresiasi terhadap hasil kerja anak agar mereka lebih percaya diri dan lebih semangat.

 

Hal yang Perlu Menjadi Perhatian saat Anak Bermain Pasir Kinetik

 

Mainan Pasir - Ini Dia 4 Manfaat Mainan Pasir Kinetik untuk Anak - Acosta Super FoodWalaupun mainan pasir kinetik masih masuk sebagai mainan yang aman buat anak. Anda sebagai orangtua harus tetap waspada. Berikut beberapa hal yang perlu jadi perhatian saat anak bermain pasir kinetik.

  • Pendampingan oleh orang dewasa. Anak usia 3 tahun sebenarnya sudah memiliki kemampuan kognitif yang cukup baik. Namun begitu, saat bermain pasir tetap perlu pendampingan dari orang dewasa. Orangtua bisa memberikan dukungan dan membangun percaya diri anak saat berusaha mewujudkan suatu bentuk yang diinginkan. Kehadiran orangtua selalu lebih menyenangkan bagi anak saat ditemani bermain pasir kinetik. Saat anak pertama kali tidak tertarik atau enggan bermain pasir. Orangtua bisa membantu anak dengan menunjukkan cara seru dalam bermain pasir. Anda bisa menunjukkan terlebih dahulu contoh-contoh bentuk menarik yang bisa dibuat menggunakan pasir kinetik.
  • Walaupun mainan pasir kinetik tidak beracun namun anda perlu memperhatikan penempatan mainan ini. Apalagi jika anak anda memiliki adik yang berumur di bawah 3 tahun. Pasir kinetik bisa saja tertelan yang bisa membahayakan buat anak anda. Jadi sebaiknya, mainan pasir segera disimpan kembali untuk mencegah kejadian fatal tersebut.
  • Penting untuk menjaga pasir kinetik tetap kering. Menyimpan pasir dalam keadaan basah akan memungkinkan parasit serta bakteri mengkontaminasi pasir kinetik. Hal ini menyebabkan pasir tidak lagi aman dimainkan oleh anak. Sebagai langkah pencegahan, selalu instruksikan anak anda untuk mencuci tangan setelah selesai bermain pasir kinetik.
  • Jika anak anda bermain pasir kinetik bersama teman sebaya sebaiknya tidak ditinggal. Sebagai orangtua anda harus tetap mendampingi anak untuk tetap menjamin keamanannya saat bermain.

 

Itulah beberapa manfaat mainan pasir kinetik bagi anak anda. Jadilah orangtua yang bijak dengan memilih mainan yang tidak hanya menyenangkan tapi juga bisa menjadi media edukasi yang mendukung perkembangan si buah hati.

Pasir ajaib yang tidak akan pernah kering.
Pasir ini akan bergerak mengikuti imajinasimu.

Kelebihan Magic Sand :
1. Mudah dibentuk
2. Tanpa menggunakan air
3. Melatih imajiasi
4. Baik untuk tumbuh kembang sensorik anak
5. Mengasah imajinasi
6. Mudah dibersihkan
7. Menjauhkan anak dari gadget

4 Manfaat Mainan Pasir Kinetik untuk Anak

1. Perkembangan Motorik Lebih Cepat 2. Melatih Fokus Serta Konsentrasi Anak 3. Mengasah Kemampuan Kognitif dan Kreativitas Anak 4. Mendukung Pengembangan Kemampuan Bahasa dan Sosial Anak

Cara Mudah Membuat Pasir Kinetik

● baby oil 1 ¼ cangkir ( boleh menggunakan merk apa saja) ● baby oil 1 ¼ cangkir ( boleh menggunakan merk apa saja) ● Pewarna Makanan ● Jika pasir ingin lebih berkilau, tambahkan glitter jika ada.

Cara Membuat Pasir Kinetik

● Campurkan baby oil dan tepung kanji dalam wadah. ● Kemudian diaduk hingga rata. Setelah itu masukkan pewarna makanan dan juga glitter. ● Kemudian semua bahan dicampur hingga anda mendapatkan tekstur pasir yang diinginkan ● Pasir kinetik siap dipakai bermain

Artikel terkait