Bukan Hanya Menyenangkan, Ini Dia 8 Manfaat Gym Untuk Bayi

Manfaat Gym Untuk Bayi - Bukan Hanya Menyenangkan, Ini Dia 8 Manfaat Gym Untuk Bayi - Acosta

Kegiatan baby gym ternyata tidak hanya terbatas pada gerakan-gerakan senam untuk si kecil. Akan tetapi, itu dapat diakali menggunakan mainan bayi yang juga bisa menstimulasi perkembangan motoriknya secara efektif.

Memilih mainan yang tepat poinnya bukan pada mainan anak murah atau mahal, tetapi lebih pada kegunaannya. Ada beberapa mainan yang memang dirancang khusus supaya bayi mau lebih aktif bergerak.

Yang umum ditemukan adalah satu set mainan gantung dengan alas matras. Berbagai bentuk yang digantungkan pada tiang penyangganya supaya dijangkau oleh bayi. Mainan biasanya dapat bergerak-gerak, mengeluarkan suara atau memutar musik untuk menambah daya tarik si kecil.
 

Bermain Adalah Dunia Anak

Manfaat Gym untuk Bayi - AcostaOrang tua selalu antusias menantikan hal apa saja yang bisa dilakukan anaknya hari ini. Sebab selain pertumbuhan fisik, perkembangan otak dan mental anak juga menarik untuk diperhatikan.

Memberikan mainan anak anak adalah salah satu cara memantau sampai di mana perkembangannya. Di sini Anda akan melihat banyak kegiatan yang dilakukan si kecil dengan mainannya. Orang tua sebaiknya tidak melarang, namun perlu mengawasi kalau-kalau dia dalam bahaya.

Ciptakan dunia bermain yang menyenangkan bagi anak agar pertumbuhan fisik dan mentalnya terstimulasi dengan baik. Selain pengenalan bahasa dan warna, kemampuan motorik dan kognitifnya pun harus terus didorong.

Kegiatan gym sederhana untuk bayi pun dianggap sebagai salah satu metode unik untuk mendukung pertumbuhannya. Lantas, apakah mainan semacam ini benar-benar memiliki peran sepenting itu untuk fisik dan kecerdasan bayi?
 

Alasan Mainan Baby Gym Diperlukan Si Kecil

Manfaat Gym Untuk Bayi - Bukan Hanya Menyenangkan, Ini Dia 8 Manfaat Gym Untuk Bayi - Acosta

Kepopuleran gym untuk bayi di media sosial telah menginspirasi banyak orang tua. Namun bagi para orang tua sibuk, mainan anak edukatif bisa menjadi pilihan alternatif untuk latihan gym si kecil. Selain positif untuk pertumbuhan motoriknya, ada juga berbagai manfaat lainnya jika kegiatan sederhana ini rutin dilakukan.
 

1. Sensorik dan Motorik Terangsang

Bayi berusia 3-6 bulan membutuhkan mainan-mainan khusus yang tanpa sadar bisa membiasakannya melakukan suatu hal. Misalnya dengan mainan gym, maka sensorik dan motoriknya akan mendapat rangsangan yang lebih baik.

Secara natural, menggunakan media mainan adalah salah satu cara yang efektif karena tidak terkesan memaksa anak. Supaya dampaknya maksimal, disarankan pula untuk memilih mainan yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian dan lampu.

Kombinasi semua hal tersebut dapat melatih bayi mengkoordinasikan otak dan panca inderanya.
 

2. Tubuh Seimbang dan Fleksibel

Mainan anak-anak Fname untuk gym bayi ini membuat anak seolah-olah melakukan gerakan senam. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan terbukti membuat si kecil belajar menyeimbangkan tubuhnya. Di sisi lain, fleksibilitas tubuh bayi juga semakin terlatih untuk bergerak ke sana kemari.

Jika Anda ingin si kecil cepat belajar berdiri, berjalan dan melompat, latihan ini sangat penting. Biarkan dia dengan senam-senam sederhana atau membelikannya mainan gym sejak dini.
 

3. Otot Lebih Kuat

Kegiatan gym pada bayi paling sering dilakukan sambil berbaring di tempat tidur, duduk atau berpegangan pada sesuatu. Salah satunya adalah tummy time, sebuah gerakan sederhana yang bisa memancing rasa penasaran bayi.

Umumnya bayi hanya bisa bertahan sekitar lima menit, tetapi akan menjadi biasa apabila sering dilakukan. Gerakannya sangat minim, tetapi bermanfaat sekali untuk otot-otot di tubuhnya.

Otot leher, punggung dan perut bayi akan menjadi lebih kuat. Tentu ini menjadi bekal yang bagus sebelum dan setelah dia bisa berjalan. Anak yang punya otot-otot lebih kuat biasanya lebih cepat belajar berlari dan melompat.

Penguatan otot-otot ini nantinya juga berguna seiring dengan pertumbuhan fisiknya. Salah satunya adalah meminimalkan kemungkinan cedera jika si kecil terjatuh.
 

4. Lebih Bisa Berkonsentrasi

Mainan gym memang dirancang khusus untuk berbagai tujuan termasuk meningkatkan fokus si kecil. Seperti diketahui, setelah 3 bulan maka penglihatan bayi akan lebih baik dari sebelumnya. Dia dapat melihat lebih banyak warna pada mainan di hadapannya.

Ketika dia melihat, maka yang dilakukan berikutnya adalah fokus pada apa yang ingin dia lakukan. Selagi berusaha menjaga keseimbangannya sendiri, bayi juga dilatih fokus untuk menggapai mainan favoritnya. Hanya

dengan satu mainan saja, bayi Anda bisa melakukan berbagai gerakan mendorong perkembangannya.
 

5. Kreativitas Terus Terasah

Poin kelima ini masih berkesinambungan dengan yang sebelumnya. Ketika anak berkonsentrasi dan melatih keseimbangannya, dia juga akan berpikir. Bagaimana caranya agar dia bisa bergerak dan menyentuh mainan favoritnya.

Secara mental, sangat baik ketika anak memiliki self-concept sejak dini. Ini adalah sebuah konsep yang positif, karena pada akhirnya tujuan anak adalah bergerak sesuai keinginannya.
 

6. Percaya Diri Tinggi

Tidak dapat dimungkiri, orang tua sering menjadi penghalang tumbuhnya rasa percaya diri anak sejak kecil. Contohnya karena melarang melakukan ini dan itu, yang mana itu dapat membatasi kepercayaan diri si kecil di masa depan.

Gym adalah kegiatan positif di mana anak dapat mengembangkan keterampilannya lewat olahraga, baik secara fisik maupun mental. Mainan edukatif hanya sebagai sarana, di mana biasanya memang memiliki kelebihan ketimbang mainan biasa.
 

7. Hidup Sehat Sejak Dini

Anak yang rajin bergerak tentu lebih kecil resikonya terkena penyakit dini seperti obesitas. Selain itu kekebalan tubuhnya juga meningkat sehingga dapat menangkal berbagai penyakit.

Meski tampaknya hanya bergerak-gerak kecil saja, namun disadari atau tidak bagi bayi itu adalah olahraga. Aktivitas ini dapat membakar kalori, sama seperti yang terjadi pada orang dewasa.
 

8. Lebih Dekat dengan Orang Tua

Bayi sangat memerlukan kegiatan emosional dengan orang tuanya, apalagi sang ibu. Ketika orang tua mendampingi si kecil bermain di baby gym jungle, dia akan merasa lebih nyaman.

Coba ajak dia mengobrol sambil memancingnya memainkan benda-benda yang ada pada mainan gym-nya. Kebiasaan ini dapat menumbuhkan ikatan emosional yang kuat antara ibu dan anak.

Walaupun, dampaknya mungkin baru akan terasa saat anak mulai tumbuh besar. Cara ini dianggap efektif untuk menciptakan kepribadian anak yang penyabar dan lebih percaya diri.
 

Rekomendasi Mainan Gym untuk Bayi

Apa yang dimainkan si kecil dapat berpengaruh terhadap perkembangannya ke depan. Jadi pada usia 3 bulan, sejak anak mulai tertarik dengan mainan, orang tua harus lebih selektif dalam memilihkan mainan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi mainan anak untuk gym di rumah.
 

1. Mainan Gym dengan Frame

Pertama-tama, Anda harus tahu bahwa tidak semua mainan gym bayi cocok untuk usia si kecil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari jenis mainan yang dapat digunakan untuk anak berusia 0-12 bulan. Salah satunya adalah baby gym dengan frame di bagian pinggirnya.

Frame yang tinggi membuat si kecil tetap nyaman dan aman selama bermain di dalamnya. Terakhir, perhatikan juga bahan kainnya apakah menyebabkan iritasi atau tidak. Jenis mainan gym ini biasanya bagian lengkungan di atasnya dapat dilepas jika sudah tidak diperlukan.

Rentang usia 0-12 bulan
Dimensi 59,5 x 8 x 59,8 cm
Bahan Katun dan busa

 

2. Baby Walker

Manfaat Gym Untuk Bayi - Bukan Hanya Menyenangkan, Ini Dia 8 Manfaat Gym Untuk Bayi - Acosta

Saat anak Anda sedang getol belajar berjalan, baby walker bisa jadi alat bantu yang cocok untuk mempercepat proses belajarnya. Walker yang dilengkapi musik dan warna-warni akan lebih menarik untuk bayi.

Mainan ini ditujukan untuk anak berusia mulai 6 bulan atau sejak dia bisa berdiri dan belajar berjalan. Dengan begitu dia bisa belajar sambil bermain dengan posisi duduk maupun berdiri. Ingat untuk selalu memperhatikan keamanan bahan dan kelengkapan produknya saat membeli.

Rentang usia Mulai 9 bulan
Dimensi 42,5 x 17,5 x 34,5 cm
Bahan Plastik ABS

3. Mobil-Mobilan

Manfaat Gym Untuk Bayi - Bukan Hanya Menyenangkan, Ini Dia 8 Manfaat Gym Untuk Bayi - Acosta

Ketika anak menginjak 12 bulan pertamanya, dia akan menjadi lebih aktif bergerak. Ini adalah waktu yang tepat untuk membelikannya mainan bergerak seperti mobil-mobilan. Kegiatan ini dapat sangat memacu aktivitas fisiknya terutama melatih kaki.

Di usia ini pula orang tua mulai bisa mengajarkan anak istilah-istilah dasar seperti berjalan, berhenti, belok, dan lainnya. Mainan anak-anak laki-laki ini masih layak dimainkan si kecil sampai usia 5 tahun.

Rentang usia 1-5 tahun
Dimensi
Bahan Plastik ABS

 

4. Mainan Gym 5-in-1

Mainan gym ini berbeda dari yang lain karena bisa diatur sedemikian rupa untuk lima penggunaan. Bahkan, anak bisa memainkannya dengan 12 posisi berbeda sesuai keinginan. Kabar baiknya, ini bersifat universal alias bisa menjadi mainan anak cowok dan cewek.

Mainan dijalankan dengan baterai dan memiliki fitur mode tidur agar lebih hemat daya. Jadi daripada membeli banyak mainan, tidak ada salahnya membeli lima mainan yang ada dalam satu set sekaligus. Sangat cocok sebagai pilihan karena polanya mengikuti pertumbuhan bayi hingga berusia 3 tahun.

Rentang usia 0-36 bulan
Dimensi 63 x 47 x 39 cm
Bahan Plastik ABS

 

5. Mainan Gym Piano

Baby gym piano punya bentuk seperti set pada umumnya, tetapi memiliki aksesoris berupa mainan piano. Ini bisa menjadi media pengenalan dan melatih kepekaan suara dan pendengaran si kecil. Piano akan menyala saat bayi memijakkan kakinya di dinding mainan gym-nya.

Rentang usia 1-12 bulan
Dimensi 50 x 80 x 48 cm
Bahan Plastik ABS

 

Tips Memilih Mainan Gym Bayi

Di masa pandemi ini membeli mainan di toko mainan anak online adalah pilihan paling bijak. Tetapi sebaiknya Anda membaca deskripsi dan spesifikasi mainannya dengan cermat. Ini supaya mainan anak yang dibeli nanti sesuai dengan standar keamanan dan tidak membahayakan si kecil.

Ketika memilih mainan edukasi, dalam hal ini untuk gym bayi, pastikan memenuhi beberapa kriteria di bawah ini.

    • Pilih jenis bahan mainan yang sesuai dengan usia anak, misalnya bahan kain, plastik atau kayu.
    • Khusus untuk set mainan gym dengan matras di bawahnya, pastikan matrasnya cukup tebal dan bisa dicuci jika kotor.
    • Pilih mainan yang menarik untuk si kecil, contohnya dari segi warna, bentuk mainan, suara, dan lain-lain.
    • Usia anak juga menentukan karena tahap pertumbuhannya berbeda-beda di setiap rentang usia. Jadi selalu perhatikan ukuran mainan dan keamanannya.
    • Sebaiknya utamakan merek-merek terkenal karena pasti sudah lebih teruji dan tahan lama.

Intinya, selain bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, kegiatan gym bayi juga banyak manfaatnya. Tidak harus dengan mengikuti kelas senam, karena ternyata mainan edukasi juga bisa menjadi sarana yang praktis. Manfaatkan mainan anak modal kecil untuk memberikan dampak yang besar terhadap pertumbuhannya.

Sebutkan Manfaat Gym untuk Bayi!

1. Sensorik dan Motorik Terangsang 2. Tubuh Seimbang dan Fleksibel 3. Otot Lebih Kuat 4. Lebih Bisa Berkonsentrasi 5. Kreativitas Terus Terasah 6. Percaya Diri Tinggi 7. Hidup Sehat Sejak Dini 8. Lebih Dekat dengan Orang Tua

Sebutkan Tips Memilih Mainan Gym Bayi!

● Pilih jenis bahan mainan yang sesuai dengan usia anak, misalnya bahan kain, plastik atau kayu. ● Khusus untuk set mainan gym dengan matras di bawahnya, pastikan matrasnya cukup tebal dan bisa dicuci jika kotor. ● Pilih mainan yang menarik untuk si kecil, contohnya dari segi warna, bentuk mainan, suara, dan lain-lain. ● Usia anak juga menentukan karena tahap pertumbuhannya berbeda-beda di setiap rentang usia. Jadi selalu perhatikan ukuran mainan dan keamanannya. ● Sebaiknya utamakan merek-merek terkenal karena pasti sudah lebih teruji dan tahan lama.

Bagaimana Cara bermain Mainan Gym 5-in-1?

Mainan gym ini berbeda dari yang lain karena bisa diatur sedemikian rupa untuk lima penggunaan. Bahkan, anak bisa memainkannya dengan 12 posisi berbeda sesuai keinginan. Kabar baiknya, ini bersifat universal alias bisa menjadi mainan anak cowok dan cewek. Mainan dijalankan dengan baterai dan memiliki fitur mode tidur agar lebih hemat daya. Jadi daripada membeli banyak mainan, tidak ada salahnya membeli lima mainan yang ada dalam satu set sekaligus. Sangat cocok sebagai pilihan karena polanya mengikuti pertumbuhan bayi hingga berusia 3 tahun.

Artikel terkait