Manfaat Bermain Mobil – Mobilan Bagi Si Kecil

Manfaat Bermain Mobil-mobilan Bagi Si Kecil - Acosta Super Food

Mainan anak memiliki banyak jenis salah satunya yaitu mobil-mobilan anak. Mainan yang identik dengan anak laki-laki namun juga dapat dimainkan oleh anak perempuan ini ternyata memiliki banyak manfaat, terutama bagi proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Bermain merupakan salah satu dari sekian banyak model pembelajaran yang penting untuk si kecil.

Sebelum anak masuk ke lingkungan sekolah, hari-hari si kecil banyak dihabiskan dengan bermain. Untuk itu, orang tua harus lebih memperhatikan jenis mainan yang akan diberikan pada anak-anak.

Manfaat Bermain Mobil-mobilan Bagi Si Kecil - Acosta Super Food

Macam-Macam Mobil Mainan Si Kecil

Sebelum kita membahas manfaat apa yang diperoleh dari mobil mainan bagi Si kecil, ada baiknya jika orang tua mengetahui terlebih dahulu berbagai jenis mobil mainan yang akan diberikan kepada Si kecil. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut !

1. Mobil-mobilan dengan Baterai

Tipe mainan mobil-mobilan anak yang ditenagai oleh baterai sangat disukai oleh anak karena berbagai faktor.

Salah satunya adalah bisa bergerak sendiri tanpa harus sang anak mengeluarkan banyak tenaga. Mainan mobil-mobilan menggunakan baterai juga dapat mengeluarkan suara seperti musik atau suara mobil.

Mobil-mobilan jenis ini menggunakan baterai yang biasanya dapat mengeluarkan suara dan bergerak sendiri saat ditekan.

Mengingat hal itu, Anda dapat memanfaatkannya untuk memperkenalkan mobil yang mempunyai fungsi khusus kepada anak.

Mobil-mobilan dengan baterai yang bisa Anda berikan misalnya seperti mobil pemadam kebakaran, polisi atau ambulance. Ketiga jenis mainan ini dapat mengeluarkan suaranya masing-masing yang khas.

Anda dapat memperkenalkannya dan memberi tahu tindakan apa yang dilakukan saat bertemu di jalanan padat. Misalnya, ketika sedang berada di jalanan padat, ambulans yang menghidupkan  seharusnya diutamakan untuk jalan lebih dahulu karena di dalamnya terdapat pasien darurat.

Begitu pula dengan pemadam kebakaran. Mereka harus didahulukan agar lebih cepat sampai ke tempat yang terbakar.

2. Mobil Mainan Tanpa Baterai

Rata-rata mobil mainan yang tidak menggunakan baterai dalam penggunaannya memiliki harga yang relatif lebih terjangkau. Mainan ini juga memiliki bentuk yang lebih beragam.

Anda hanya perlu menyesuaikan dengan bentuk mana yang kira-kira sesuai untuk dimainkan oleh Si kecil. Perlu diperhatikan, pemilihan bentuk mobil-mobilan perlu dipertimbangkan sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan dan umur anak.

Misalnya, memilih mobil mainan dengan bentuk yang ukurannya besar agar lebih aman untuk anak usia dibawah dua tahun.

Selain kebiasaannya memasukkan sesuatu ke mulut, keseimbangan tubuhnya juga belum sempurna. Membelikan Si kecil sebuah paket lengkap mobil-mobilan yang terdiri dari berbagai bentuk juga sangat direkomendasikan.

Ia akan mulai belajar mengenali berbagai jenis mobil yang ada di lingkungan sekitarnya. Dengan banyak jenis mobil mainan, akan juga secara tak langsung belajar mengenali warna.

3. Gliding Car

Jenis mobil mainan ini pasti tidak begitu asing bagi sebagian besar orang. Bentuknya yang unik dan dapat dinaiki ini juga digemari oleh anak-anak.

Mobil mainan ini juga mudah ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan sehingga mudah untuk mencarinya.

Nah, apakah Anda memang sudah ingin membelikan Si kecil dengan mobil mainan yang satu ini? Jika iya, Anda harus mengetahui jika mobilan ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang manual dan mobilan anak pakai accu.

Berbeda dengan sepeda, mobil mainan yang dapat diduduki dan menggunakan tenaga manual membuat Si kecil hanya menggerakkan dan bertumpu pada kaki untuk bergerak maju, mundur, ataupun belok.

Selain itu, mobil-mobilan jenis ini juga memiliki harga yang relatif lebih ekonomis dibandingkan mobil mainan accu.

Berbeda dengan mobil mainan yang bertenaga manual, mobil mainan dengan accu juga memiliki kelebihannya sendiri.

Meskipun harganya relatif lebih mahal, tapi mobil mainan accu ini dapat mengenalkan si kecil dengan berbagai komponen yang ada di dalam mobil. Letaknya pun ada yang dibuat mirip dengan bentuk aslinya.

4. Mobil mainan dengan remote control

Jenis mobil mainan berikutnya yaitu mobil mainan yang menggunakan remote dan baterai untuk menggerakkannya.

Prinsip dari mobil mainan yang satu ini mirip dengan mobil mainan yang menggunakan baterai tapi tidak menggunakan remote control.

Keduanya sama-sama ditenagai oleh baterai agar mobil dapat bergerak. Bedanya, mobil mainan dengan remote control mudah dikendalikan.

Apalagi mainan yang terlihat canggih ini pasti akan menarik perhatian Si kecil.

Mobil mainan dengan remote control ini memiliki banyak manfaat. Seperti berguna untuk meningkatkan ketangkasan dan keterampilannya.

Selain itu mainan ini juga dapat melatih anak untuk mengendalikan sesuatu dengan baik. Anak akan berusaha menjauhkan mobilannya dari benturan yang dapat merusak badan mobil.

Jenis Mobilan Anak berdasarkan Materialnya

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, mainan anak pun kini juga semakin canggih. Berbagai material yang ada di sekitar Anda juga dapat dijadikan sebagai material untuk membuat mobil mainan.

Tapi, kira-kira apa saja sih jenis mobil mainan berdasarkan material pembuatannya?

Material mainan sebenarnya sangat banyak. Akan tetapi, setidaknya Anda mengetahui tiga jenis bahan yang banyak dipakai dalam membuat mainan. Seperti kayu, plastik, bahkan besi.

Berbagai kelebihan dan kekurangan tentu dimiliki oleh ketiga bahan ini. Kayu lebih ramah lingkungan dan lebih alami.

Plastik yang ringan dan harganya relatif lebih terjangkau. Sementara itu, logam lebih solid dan kokoh, serta tidak mudah rusak.

Manfaat Mainan Mobil-Mobilan

Manfaat Bermain Mobil-mobilan Bagi Si Kecil - Acosta Super Food

Bicara tentang manfaat, berikut ini adalah manfaat mainan mobil-mobilan untuk si kecil. Simak, yuk!

1. Belajar Menirukan Bunyi Mobil

Mainan mobil-mobilan memiliki segudang manfaat dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Salah satunya yaitu dapat belajar menirukan suara-suara yang dihasilkan oleh mobil mainannya.

Contohnya seperti suara ambulan. Orang tua dapat meniru suara ‘’nguing’’ berulang-ulang dan meminta anak untuk menurunkannya.

Saat bermain dengan mobilnya, proses belajar juga dapat berlangsung meski hanya sesuatu yang ringan.

Misalnya menanyakan ‘’mobil apakah ini?’’; ‘’warnanya apa?’’; ‘’bunyi mobilnya bagaimana?’’; dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mendorong anak untuk bisa berbicara.

2. Media Belajar Berbagi

Bermain mobil-mobilan juga dapat membantu menyempurnakan sosialisasi pada anak. Dengan bermain mobil-mobilan, anak dapat belajar berbagi dengan teman sebayanya.

Dengan begitu, anak juga dapat belajar untuk berbagi, meskipun Anda tahu anak biasanya sulit untuk berbagi atau meminjamkan mainannya kepada teman-temannya.

Memang mengajarkan hal ini kepada si kecil bukanlah hal yang mudah, tetapi Anda dapat terus mengajarkan kepada anak untuk mengizinkan mainannya dipinjam oleh teman-temannya.

Jika proses ini berlangsung terus menerus, diharapkan si kecil dapat mengerti dan memiliki kepekaan serta rasa empati kepada orang lain.

3. Media Belajar Keseimbangan

Seperti yang Anda tahu, banyak mainan mobil-mobilan jika dilihat dari ukurannya. Ada yang berukuran besar, ada yang ukurannya kecil. Selain itu, material yang digunakan juga beragam.

Ada mainan mobil-mobilan dari kayu, besi, aluminium, plastik, dan masih banyak lagi.

Anak akan belajar keseimbangan dengan mobil mainan yang berukuran besar. Seperti yang tertulis sebelumnya, anak akan belajar konsep keseimbangan dengan mainan yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Mainan yang dimaksud di sini adalah mainan yang tidak dapat dinaiki, ya. Ketika bergerak ke suatu tempat, si kecil harus tetap mempertahankan keseimbangan tubuh supaya tidak jatuh saat memainkannya.

4. Media Belajar Merakit Sesuatu

Ketika Anda membelikan sebuah mobil mainan, ada baiknya Anda memilih mobil mainan yang terdiri dari beberapa bagian terpisah.

Konsep mainan mobilan ini mirip-mirip dengan puzzle, sehingga Anda sekaligus dapat mengajarkan kepada si kecil untuk menyelesaikan puzzle ini untuk membentuk sebuah mobil mainan.

Seperti yang Anda tahu, rasa ingin tahu atau penasaran pada anak sangatlah tinggi.

Dengan mainan yang harus dirakit terlebih dahulu, si kecil akan terus berusaha untuk menyelesaikannya.

Sebagai orang tua, Anda dapat memberi dorongan kepada si kecil untuk merakitnya. Selain berguna untuk melatih motorik halus, si kecil juga sekaligus belajar menyelesaikan masalah.

5. Media Belajar Bergerak Dengan Aktif

Mainan Mobilan memang kurang cocok untuk Anda yang hobi rebahan. Namun, seperti yang kita tahu, Si kecil memiliki kelincahan yang luar biasa.

Mainan mobilan juga menjadi salah satu penyebabnya. Mobil-mobilan memang mengharuskan anak untuk aktif dan bergerak dengan lincah.

Meskipun memang ada mainan dengan mesin dan dikontrol menggunakan remot, rasa penasaran yang dimiliki oleh si kecil akan mendorongnya untuk mengejar mainan itu.

Aktivitas dalam bermain dengan mobilannya itu dapat melatih motorik kasar dan motorik halus.

6. Media Belajar Mengenal Berbagai Jenis Mobil

 

Manfaat Bermain Mobil-mobilan Bagi Si Kecil - Acosta Super Food

Manfaat mainan mobil-mobilan yang berikutnya yaitu si kecil dapat mengenali berbagai jenis mobil beserta fungsinya. Selain itu, si kecil juga bisa belajar untuk mengenali mobil berdasarkan warnanya.

Seperti yang Anda tahu, warna-warna mobil mainan biasanya memang dibuat semirip mungkin dengan mobil aslinya.

Misalnya seperti mainan mobil polisi, pemadam kebakaran, ambulance, truk, mobil biasa, angkutan umum, dan masih banyak lagi.

Anda dapat membantu si kecil untuk memperkenalkannya kepada setiap mobil, baik namanya, sampai ke fungsi-fungsinya. Secara tidak langsung, aktivitas tersebut dapat menambah wawasan si kecil.

7. Menambah Rasa Keingintahuan Anak

Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, kita pasti juga sudah mengetahui apabila usia-usia balita cenderung memiliki rasa keingintahuan yang tinggi.

Dengan diberikan mainan, rasa keingintahuannya juga akan semakin bertambah. Apalagi ketika si kecil bermain di tempat luas.

Rasa keingintahuan tersebut berperan penting dalam masa pertumbuhan anak. Terutama kemampuannya untuk berpikir kritis.

Pemikiran yang kritis sangat berguna dalam memecahkan sebuah masalah dan mampu memahami sesuatu dengan baik.

8. Sebagai Media Peningkatan Kecerdasan Spasial Anak

Psikolog anak banyak yang meyakini apabila  mainan  membantu proses pengembangan kecerdasan spasial yang dimiliki oleh anak.

Hal ini dapat mendorong  pemahaman mereka tentang benda-benda dan ruang yang ada di ruangan tertentu.

Salah satu contohnya  saat anak sedang memainkan mobil-mobilan di dalam rumah, si kecil  tahu kapan saatnya  memutar arah atau menghindari tempat yang lebih rendah.

Selain itu, mereka juga menghindari tempat-tempat yang  dilarang oleh orang tuanya, seperti dapur.

Selain untuk hiburan, ternyata mainan mobil-mobilan memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Manfaat main mobil-mobilan tersebut di antaranya adalah meningkatkan kecerdasan anak, menambah rasa keingintahuan anak, sebagai media untuk bergerak aktif, dan lain sebagainya.

Sekian pembahasan seputar mainan, mulai dari hingga ciri-ciri mainan yang baik untuk dimainkan oleh si kecil hingga manfaat main mobil-mobilan.

Mudah-mudahan artikel ini dapat menambah referensi Anda sebelum membelikan mainan untuk si kecil. Selamat beraktivitas kembali!

Apa manfaat bermain mobil mobilan bagi anak anak ?

Belajar menirukan bunyi mobil,media belajar berbagi,media belajar keseimbangan,media belajar merakit sesuatu, media belajar bergerak dengan aktif, media mengenal berbagai jenis, menambah rasa keingintahuan anak, sebagai media peningkatan kecerdasan spesial anak

Apa saja jenis mobil mobilan berdasarkan materialnya,dan apa kelebihannya ?

Material mainan sebenarnya sangat banyak. Akan tetapi, setidaknya Anda mengetahui tiga jenis bahan yang banyak dipakai dalam membuat mainan. Seperti kayu, plastik, bahkan besi. Berbagai kelebihan dan kekurangan tentu dimiliki oleh ketiga bahan ini. Kayu lebih ramah lingkungan dan lebih alami. Plastik yang ringan dan harganya relatif lebih terjangkau. Sementara itu, logam lebih solid dan kokoh, serta tidak mudah rusak.

Ada berapa jenis mobil mobilan dan apa saja?

ada 4 yaitu; Mobil-mobilan dengan Baterai, Mobil Mainan Tanpa Baterai, Gliding Car, Mobil mainan dengan remote control

Artikel terkait