5 Manfaat Baby Walker Untuk Si Kecil

Baby Push Walker - 5 Manfaat Baby Walker Untuk Si Kecil - Acosta

Manfaat Baby Walker bisa sangat dirasakan ketika bayi anda mulai belajar berjalan. Setidaknya, benda ini sudah mulai bisa digunakan pada anak berumur 9 bulan.

Mengajari bayi untuk berjalan untuk tidak mudah dilakukan. Maka dari itu orang tua butuh alat bantu jalan seperti Baby Push Walker. Lalu sebenarnya apa saja manfaat dari benda ini?

Baby Push Walker Punya Banyak Manfaat Untuk Anak

Ketika menggunakan alat bantu jalan ini, orang tua tentu akan merasakan banyak sekali manfaatnya.

 

1. Melatih Bayi Bergerak

Tentu orang tua menginginkan agar anaknya mengalami pertumbuhan normal, salah satunya yaitu dengan bisa berjalan. Anda tentu berharap anak bisa cepat berjalan minimal di umur 1 tahun. Namun proses dari merangkak hingga berjalan tentu tidak mudah.

Bayi memiliki otot, tulang dan syaraf yang harus siap terlebih dahulu menahan bobot tubuhnya ketika belajar berdiri dan berjalan. Baby Push Walker bisa menjadi salah satu alat bantu berjalan yang efektif.

Ketika bayi berusia 6 bulan dan tetap memilih mah langka karena takut jatuh maka sebaiknya langsung berikan alat bantu jalan. Hal ini agar bayi bisa menemukan cara untuk menyeimbangkan badan dengan alat bantu tersebut.

 

2. Anak Bebas Mengeksplorasi

Ketika mendorong Baby Push Walker, sebenarnya anak menunjukkan ciri-ciri sudah siap bereksplorasi. Maka dari itu untuk mendukungnya, anda harus menunjukkan cara bagaimana menggunakan alat bantu jalan ini dengan baik. Jangan biarkan anak kesulitan untuk menjelajah, biarkan bayi anda belajar bereksplorasi.

 

3. Merangsang Sistem Motorik

Alat bantu jalan ini membantu sistem motorik kasar anak untuk lebih merangsang lagi. Contoh dari sistem motorik kasar yaitu menendang, duduk, berdiri, berjalan, mendorong atau berlari.

Secara otomatis ketika anak sering mendorong Baby Push Walker, maka si kecil sedang melatih kemampuan motorik kasarnya. Selain itu anak juga melakukan latihan motorik halus, seperti mengepalkan tangan pada Push Walker.

 

4. Melatih Imajinasi Anak

Tentu dengan mendorong Push Walker, anak akan mulai berimajinasi dengan sendirinya. Mendorong benda tersebut ke segala arah secara bebas untuk membuat anak merasa tertantang.

Namun tetap dampingi si kecil ketika menggunakan alat bantu jalan ini. Apalagi ketika anak baru saja mulai menggunakan Baby Push Walker.

 

5. Rasa Percaya Diri Anak Meningkat

Saat menggunakan Push Walker, anak akan semakin gemar mengeksplorasi ruangan di dalam rumah misalnya. Belajar berjalan kesana kemari secara otomatis membuat anak memiliki rasa percaya diri yang lebih meningkat.

Belum lagi biasanya ketika sedang mendorong alat bantu jalan ini anak akan terlihat lebih ceria. Keceriaan tersebut juga membuat bayi lebih semangat untuk menapakkan kakinya ketika belajar berjalan.

 

Tips Memilih Baby Walker Yang Tepat

Rekomendasi Push Walker untuk Si Buah Hati - Acosta Super Food

 

Ketika orang tua memutuskan untuk menggunakan alat bantu berjalan tentu ada berbagai pertanyaan sebelumnya. Misalnya saja penggunaan baby walker usia berapa bulan? Sebenarnya untuk menggunakan alat ini sudah bisa dimulai ketika bayi berumur 9 bulan.

Namun patokan usia bayi tentu berbeda-beda. Ada kalanya bayi lebih cepat belajar berbicara daripada berjalan. Pada kondisi ini, di umur 1 tahun atas biasanya baru membutuhkan Push Walker. Simak tips dalam memilih alat bantu berjalan untuk si kecil ini.

 

1. Pilih Push Walker Dengan Fitur Keamanan

Akan ada bahaya Baby Walker yang anda pilih ketika tidak memiliki fitur keamanan layak. Karena benda ini bukan mainan, jadi sebaiknya pilih Push Walker dengan bantalan anti selip. Selain itu anda juga harus memastikan alat ini memiliki fitur peredam kecepatan.

Jadi ketika anak semakin aktif, dengan adanya redam kecepatan anak tidak terlalu cepat berjalan atau berlari. Sehingga bisa meminimalisir anak untuk terjatuh.

 

2. Pilih Push Walker Dengan Fitur Stimulasi Kecerdasan

Ketika memilih Push Walker, sebaiknya pertimbangkan untuk alat ini yang memiliki tambahan fitur stimulasi perkembangan kecerdasan anak. biasanya aksesoris tersebut langsung menempel pada Push Walker yang terdiri dari beberapa mainan seru. Seperti fitur pemutar musik atau perekam suara misalnya.

Kedua fitur tersebut melatih anak untuk lebih peka terhadap suara. Jadi selain belajar berjalan kemampuan motorik dan otak anak juga ikut berkembang.

 

3. Pilih Push Walker Yang Stabil

Saat memutuskan membeli Push Walker, maka sebaiknya pilih yang stabil dan kokoh. Sehingga alat ini tidak akan membuat anak mudah terjungkal atau jatuh ketika aktif mendorong Push Walker-nya.

Anda wajib melakukan cek pada kekencangan dan posisi roda pada alat bantu berjalan ini. Roda yang aman harus seimbang dan tidak boleh tinggi sebelah. Roda pada alat ini, harus mudah bergerak untuk membuat anak mudah bergerak pula.

Karena ketika menggerakkan Push Walker, anak tentu akan menemukan hal menarik di depan matanya. Sehingga roda yang lancar untuk digerakkan membuat anak aman dari resiko terjatuh.

 

4. Bagian Dasar Push Walker Yang Luas

Penting untuk memilih Push Walker dengan bagian dasar yang luas. Meski membuat gerakan bayi jadi terbatas tapi dengan dasar yang luas mengurangi bahaya yang ditimbulkan. Ketika 6 bulan keatas anak tentu mulai penasaran terhadap berbagai benda di sekitarnya.

Ketika mulai mendorong Baby Push Walker, maka bagian dasar yang luas bisa membatasi gerak anak untuk menjangkau barang-barang berbahaya. Selalu pantau anak anda ketika menggunakan benda ini baik di dalam atau luar ruangan.

 

5. Pertimbangkan Bahan Push Walker

Selain memilih bahan yang kokoh, push walker juga harus terbuat dari bahan plastik yang aman. Pastikan bahan alat berjalan ini sudah memenuhi standar SNI dan BPA free. Pilih juga bahan yang tidak keras atau memiliki sudut tumpul sehingga mengurangi resiko anak terluka ketika terjatuh.

Anda juga harus mempertimbangkan untuk membeli Push Walker yang bisa diatur ketinggiannya. Karena semakin hari tentukan perkembangan anak bisa semakin cepat termasuk ketinggiannya. Bersihkan pula alat bantu berjalan ini secara teratur agar anak tidak terpapar oleh bakteri dari benda tersebut.

 

Cara menggunakan Push Walker

Baby Push Walker - 5 Manfaat Baby Walker Untuk Si Kecil - Acosta

Yang Benar Bayi 6 bulan biasanya sudah mulai mencoba melakukan aktivitas gerak. Seperti mulai duduk, merangkak, hingga belajar berdiri. Setelah itu, biasanya bayi juga akan mulai belajar berjalan. Saat-saat seperti ini, penting bagi orang tua untuk membelokkan anak alat bantu jalan berupa Push Walker.

Untuk menggunakan alat ini, orang tua harus membantu anak melangkahkan kaki, step by step. Berikut beberapa tips yang bisa diberikan untuk menggunakan Push Walker yang baik dan benar.

    • Push Walker bisa digunakan untuk bayi yang terlihat sudah mulai merangkak dan berdiri sendiri meski caranya belum sempurna. Maka dari itu untuk tahap awal sebaiknya Ibu memberikan panduan untuk penggunaan push Walker sekaligus mendampingi si kecil ketika mempraktekkannya.
    • Dampingi anak untuk mulai mencoba berjalan, caranya dengan bertumpu dan berpegangan erat menggunakan gagang dari Push Walker.
    • Push Walker memotivasi anak untuk belajar berjalan, maka sebaiknya singkirkan barang berbahaya disekitar anak. Jadi saat anak mendorong Push Walker, lebih leluasa bergerak ke segala arah.

 

Rekomendasi Push Walker Yang Nyaman Untuk Anak

Banyak sekali alat bantu berjalan yang bisa anda temukan dengan berbagai model, merk dan harga. Namun ada beberapa Baby Walker yang direkomendasikan untuk anak. Simak berikut ini.

1. Acosta Baby Push Walker

Baby Push Walker - 5 Manfaat Baby Walker Untuk Si Kecil - Acosta

 

Alat bantu berjalan ini dilengkapi dengan fitur Baby Mic. Jadi saat belajar berjalan anak juga bisa sambil bernyanyi. Tidak hanya itu saja dengan fitur hiburan ini, anak akan diperdengarkan musik sehingga kepercayaan dirinya semakin meningkat.

Push Walker satu ini sangat aman karena kecepatan roda bisa diatur. Selain itu juga mudah disimpan dengan cara dirakit. Dilengkapi dengan bentuk dan panel yang menarik serta interaktif.

Terdapat 2 pilihan warna yaitu merah dan hijau. Sementara untuk harga Baby Walker ini juga tidak terlalu mahal, jadi sangat bisa masuk daftar rekomendasi bagi anda. Acosta Push Walker ini juga sudah memiliki standar SNI dan BPA free jadi sangat aman untuk anak.

 

2. Fisher Price Zebra Walker

Fisher Price Zebra Walker - Acosta Super Food

Baby Push Walker satu ini terbuat dari bahan yang nyaman dan kualitas desain yang menyenangkan. Bentuk zebra membuat anak semakin ceria ketika mendorong alat ini.

Fisher Price membutuhkan baterai AA yang juga dilengkapi dengan roda dan pegangan untuk penyangga. Kedua fitur ini mempermudah bagi untuk belajar berjalan. Terdapat pula fitur tambahan lain yaitu musik yang menyenangkan untuk anak.

 

3. Bright Starts Ford F150 Baby Walker

Ada dua pilihan dari alat bantu berjalan untuk bayi ini yang bisa dipilih. Yaitu model baby walker dan model push behind. Selain itu benda ini dilengkapi dengan Fork sehingga mudah dilipat.

Modelnya yang seperti mobil-mobilan buat anak tertantang untuk mencobanya. Dilengkapi pula dengan aksesoris seperti lampu, roda kemudi dan pemindah gigi. Push Walker satu ini dibuat dari bahan yang kuat dan kokoh jadi sangat awet.

 

4. Pumpee Happy Musical Baby Walker

Baby Push Walker ini sudah memiliki sertifikat SNI dan EN71 BPA free. Tentu sangat aman bagi si kecil dengan bentuk papan menggunakan 4 roda. Model Push Walker seperti ini digunakan untuk anak mulai usia 9 bulan ke atas.

Alat bantu berjalan Pumpee Happy ini memiliki fitur silikon anti selip yang memberikan keamanan bagi anak. Dan seperti namanya tentu alat ini juga ditambahkan fitur musik agar membuat anak lebih ceria.

 

5. Baby Walker Push Walker Musical

Push Walker satu ini terbuat dari bahan plastik yang nyaman, awet dan tidak mudah rusak. Dengan berat hanya 2 kg dan memiliki banyak fitur permainan membuat anak senang menggunakan alat ini.

Menggunakan bahan plastik yang aman, alat berjalan untuk bayi ini juga dijual dengan harga yang terjangkau. Fitur musik yang disediakan membuat anak semakin bersemangat untuk belajar jalan.

 

6. Fisher Price Musical Lion

Fisher Price Musical Lion - Acosta Super Food

Walker Fisher Price satu ini memiliki model lion yang tidak bisa digunakan untuk belajar berjalan tapi juga sarana bermain anak. Push Walker satu ini memang didesain dengan tampilan yang ceria dan warna colorful untuk anak yang berusia mulai 6 bulan.

Berbagai fitur yang ada pada Fisher Price ini membantu kemampuan motorik anak seperti misalnya tombol musik. Ketika musik dihidupkan maka akan merangsang kemampuan motorik dari anak dan lebih peka terhadap suara.

 

Demikian manfaat dari Baby Push Walker dan bagaimana cara memilih serta menggunakan alat bantu berjalan tersebut. Dan juga ada banyak Push Walker yang bisa dipilih sesuai dengan rekomendasi di atas. Nanti ketika anak sudah bisa berjalan anda bisa memilih pengganti Baby Walker dengan benda yang lebih atraktif lagi.

5 Tips Memilih Baby Walker Yang Tepat

1. Pilih Push Walker Dengan Fitur Keamanan 2. Pilih Push Walker Dengan Fitur Stimulasi Kecerdasan 3. Pilih Push Walker Yang Stabil 4. Bagian Dasar Push Walker Yang Luas 5. Pertimbangkan Bahan Push Walker

3 Cara Menggunakan Push Walker Yang Benar

● Push Walker bisa digunakan untuk bayi yang terlihat sudah mulai merangkak dan berdiri sendiri meski caranya belum sempurna. Maka dari itu untuk tahap awal sebaiknya Ibu memberikan panduan untuk penggunaan push Walker sekaligus mendampingi si kecil ketika mempraktekkannya. ● Dampingi anak untuk mulai mencoba berjalan, caranya dengan bertumpu dan berpegangan erat menggunakan gagang dari Push Walker. ● Push Walker memotivasi anak untuk belajar berjalan, maka sebaiknya singkirkan barang berbahaya disekitar anak. Jadi saat anak mendorong Push Walker, lebih leluasa bergerak ke segala arah.

6 Rekomendasi Push Walker Yang Nyaman Untuk Anak

1. Acosta Baby Push Walker 2. Fisher Price Zebra Walker 3. Bright Starts Ford F150 Baby Walker 4. Pumpee Happy Musical Baby Walker 5. Baby Walker Push Walker Musical 6. Fisher Price Musical Lion Walker

Artikel terkait