12 Contoh Mainan Yang Banyak Diminati Anak

12 Contoh Mainan Yang Banyak Diminati Anak -Acosta

Semakin banyak pilihan mainan anak, semakin penting peranan orang tua untuk memilihkan mainan yang aman. Sebaiknya, Anda harus membeli mainan yang bisa mendukung tumbuh kembang anak. Mainan tersebut juga harus seru agar anak tidak mudah bosan.

 

Tips Aman Memilih Mainan Edukasi Untuk Anak

Mainan yang dimiliki anak tentu tidak boleh membahayakan. Maka sebaiknya ikuti tips aman memilih mainan edukasi untuk anak berikut ini.

Brick Sand - Acosta Super Food

1. Perhatikan Usia Anak

Dalam memilih mainan anak sebaiknya disesuaikan dengan usia anak, agar si kecil bisa menikmati kegiatan bermain. Permainan yang terlalu menyulitkan bisa membuat anak prestasi dan cepat bosan.

2. Manfaat Mainan

Jangan berikan anak mainan yang tidak memiliki manfaat. Mainan-mainan yang dimiliki anak harus memiliki nilai edukasi untuk membantu tumbuh kembangnya. Seperti misalnya sistem motorik, kreativitas imajinasi emosional dan perkembangan sosial.

3. Faktor Kesukaan

Anak Anda memiliki orientasi sendiri tentang mainan yang disukai. Misalnya anak laki-laki menyukai mainan mobil-mobilan, maka sebaiknya berikan mainan dengan jenis tersebut. Atau pada anak perempuan yang lebih memilih bermain boneka Barbie. Memilih mainan sendiri tentu sangat menyenangkan bagi anak.

4. Pilih Mainan Yang Aman

Faktor keamanan dari mainan harus dilihat dari bahan yang digunakan atau wadah dari mainan tersebut orang tua juga harus perhatikan plastik pembungkusnya ketika pertama kali membeli mainan tersebut apakah aman atau tidak.

Selain itu untuk anak yang masih dibawah umur 5 tahun, sebaiknya pilih mainan yang tidak membahayakan bagi keselamatan anak.

Mainan yang Aman dan Diminati Anak

Ada banyak contoh mainan yang diminati anak, untuk lebih lengkapnya simak berikut ini.

1. Puzzle

Contoh Mainan Banyak Diminati Anak - Acosta Super Food

Mainan anak paling laris yang banyak diminati sejak dahulu adalah puzzle. Puzzle tidak hanya diminati namun memiliki nilai edukasi bagi si buah hati. Orang tua juga lebih berminat pada mainan yang seperti ini karena anak tidak hanya bermain tapi juga sambil belajar.

Selain itu, mainan puzzle juga memiliki banyak manfaat, seperti membuat anak mampu berpikir cerdas untuk menyelesaikan puzzle. Hal tersebut sama dengan membuat anak belajar untuk menyelesaikan masalah sejak kecil. Puzzle juga membantu anak lebih fokus.

Ada banyak puzzle sederhana untuk anak. Tentu orang tua sebaiknya memilih model puzzle sederhana yang mudah dirangkai. Nanti ketika anak sudah semakin tertantang untuk memainkannya, model puzzle yang diberikan bisa lebih rumit lagi.

2. Mobil-Mobilan

Contoh Mainan Banyak Diminati Anak - Acosta Super Food

 

Permainan mobil identik dengan anak laki-laki. Selain seru dan menantang, mobil-mobilan dipilih karena menjadi salah satu mainan yang cukup murah di berbagai kalangan. Mobil-mobilan juga memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak.

Mulai dari melatih perkembangan sistem motorik dan sensori dan anak juga terdorong untuk memiliki imajinasi. Bermain mobil juga membuat anak lebih aktif bergerak.

Bermain mobil membantu perkembangan sosial dan emosional anak sejak dini. Begitu banyak jenis mobil, dengan memainkannya maka orang tua sedang memperkenalkan beragam jenis mobil.

Ada banyak model mobil yang bisa dipilih mulai dari truk, kontainer, Jeep, XUV, Go Car, ambulance dan masih banyak lagi.

3. Mainan Kereta Api

Bisnis jual mainan anak memang cukup menguntungkan. Karena mainan-mainan ini tidak lekang oleh waktu dan juga tidak bisa tergantikan meski banyak bermunculan gadget yang canggih. Salah satu mainan yang paling diminati adalah kereta api.

Permainan kereta menarik karena bentuknya yang keren dan memiliki warna bervariasi. Permainan ini untuk meningkatkan daya imajinasi anak, bagaimana kereta bisa berjalan di atas rel. Belum lagi kereta mainan ini juga membuat anak bermain peran sebagai masinis yang mengemudikan kereta.

Anak juga biasanya sangat gembira dengan mainan kereta ini karena meningkatkan aktivitas. Seperti memasang rel kereta aagar kereta api bisa berjalan. Sebaiknya sesuaikan umur anak dengan pilihan kereta api yang ukurannya mudah digenggam.

4. Lego

Contoh Mainan Banyak Diminati Anak - Acosta Super Food

Mainan anak-anak yang juga memiliki banyak peminat adalah Lego. Mainan ini juga sarat akan edukasi karena membantu anak lebih kreatif dan imajinatif. Bermain Lego memberi tantangan tersendiri kepada anak untuk membentuk sebuah bangunan.

Permainan Lego juga tidak membosankan karena anak tertantang untuk membuat bentuk benda atau bangunan yang berbeda setiap harinya. Orang tua memiliki peran untuk mencontohkan bentuk benda atau bangunan yang simple. Atau biarkan anak berkreasi sendiri tanpa batasan.

Permainan Lego juga bisa membantu anak lebih fokus pada suatu hal yang ada di depan mata. Apalagi ketika Lego dimainkan bersama teman, maka secara otomatis membantu perkembangan sosial dan emosi anak.

5. Lilin Mainan

Contoh Mainan Banyak Diminati Anak - Acosta Super Food

Bermain lilin mainan ternyata bisa menenangkan anak dan mengurangi stress. Ketika anak duduk diam sambil memainkan lilin anak akan mendapatkan efek tenang. Permainan ini cocok sekali diberikan kepada anak yang sulit fokus atau terlalu aktif.

Lilin mainan, menjadi salah satu sarana belajar yang baik untuk mengolah emosi anak. Dimana anak mulai mempelajari cara memotong dan mencetak lilin agar menjadi sebuah karya. Sebaiknya orang tua memilihkan lilin mainan dengan cetakan atau variasi lainnya agar semakin seru.

Bermain lilin sangat edukatif karena membantu anak untuk berimajinasi dalam membuat bentuk.

6. Pasir Ajaib

Contoh Mainan Banyak Diminati Anak - Acosta Super Food

Bermain pasir ajaib tidak hanya seru tapi mampu melatih kognitif dan sistem sensori pada anak. Pasir ajaib diciptakan untuk dimainkan anak dengan cara diremas, ditekan atau dibentuk menggunakan cetakan. Bermain pasir ajaib membantu anak untuk melatih tangannya dengan menekan atau mencubit pasir menggunakan jari.

Berbeda dengan mainan lilin, kinetic sand lebih memiliki tekstur karena terdiri dari butiran yang mudah dibentuk. Belum lagi pasir ajaib juga tidak lengket. Anak akan berusaha berpikir dan berimajinasi untuk membuat suatu bentuk dari pasir yang dimainkan.

Misalnya membuat rumah-rumahan, membuat bentuk hewan favorit Apa bentuk lainnya sehingga anak lebih kreatif. Sama dengan lilin mainan, pasir ajaib juga membantu anak lebih fokus dan tenang. Kinetic sand juga bisa menjadi sarana belajar menulis untuk anak.

Setidaknya anak mulai belajar untuk menggerakkan tangan ketika menulis di atas pasir ajaib nya.

7. Karakter Hewan

Sejak dini anak sebaiknya dibiarkan berimajinasi dengan banyak hal. Salah satunya dengan memberikan anak permainan karakter hewan yang umumnya disukai anak laki-laki. Bermain karakter hewan menjadi sarana belajar edukasi untuk mengenal berbagai macam hewan yang ada di dunia.

Agar lebih seru, perkenalkan karakter hewan dengan warna-warna yang menarik pula. Mulai dari hewan zaman purbakala seperti dinosaurus, hingga karakter hewan kecil yang mudah ditemukan di kehidupan nyata. Bermain karakter hewan bisa menjadi teman baik untuk anak. Jadi anak Anda tidak merasa sendirian dan cepat bosan.

Sebaiknya pilih karakter hewan yang terbuat dari bahan-bahan aman. Karena anak pastinya sangat aktif, tentu jangan sampai dengan tersebut memiliki cat yang berbahaya bagi tubuh. Apalagi anak dibawah lima tahun sangat senang untuk menggigit benda-benda yang dipegangnya.

8. Boneka

Contoh Mainan Banyak Diminati Anak - Acosta Super Food

Mainan anak yang paling laris hingga saat ini adalah boneka. boneka tidak hanya diberikan kepada anak perempuan tapi juga anak laki-laki. Orang tua bisa membedakan boneka yang sesuai dengan kepribadian anak. Untuk anak perempuan, Ibu bisa memilihkan mainan boneka Barbie cantik. Lalu untuk anak laki-laki orang tua juga bisa menjelaskan boneka seperti action figure atau boneka karakter hewan.

Jenis mainan ini mampu meningkatkan keterampilan sosial pada anak untuk perkembangannya di awal pertumbuhan. Belum lagi bermain boneka juga bisa melatih sifat tanggung jawab. Tentunya anak lebih berimajinasi dengan boneka yang dimiliki.

Permainan boneka juga membantu mengelola emosi anak untuk memperlakukan mainannya dengan baik. Secara tidak langsung hal ini membutuhkan rasa simpati dan kasih sayang anak terhadap sekelilingnya.

9. Mainan Masak-Masakan

Mainan masak-masakan identik diberikan kepada anak perempuan. Permainan ini sangat diminati selain harganya murah juga aman untuk anak karena bisa dimainkan di dalam ruangan.

Belum lagi mainan alat masak kan bisa dimainkan anak bersama teman-teman, yang secara tidak langsung membantu anak anda untuk bersosialisasi. Mainan ini tentu punya sisi edukatif lainnya yaitu melatih anak untuk berimajinasi dan mengolah emosi untuk terbiasa berbagi kepada teman.

Mainan masakan juga diminati anak karena biasanya anak-anak suka meniru kegiatan orang dewasa. Masak-masakan membuat anak merasa senang karena bisa memainkan peran seperti seorang perempuan dewasa yang memasak untuk keluarganya.

10. Mainan Alat Dokter

Selain mainan masakan, orang tua juga bisa memilihkan mainan dokter cilik. Anak akan bermain peran untuk menjadi seorang dokter kecil sekaligus mengenalkan profesi dokter pada anak. Mainan ini memiliki nilai edukasi yaitu melatih anak untuk berkomunikasi.

Tidak hanya berperan sebagai dokter anak juga bisa berperan sebagai pasien. Permainan ini bisa dimainkan dengan teman teman atau orang tua. Mainan dokter-dokteran bisa menjalin kedekatan emosional antara anda dan anak.

Jika dimainkan bersama teman tentu sangat bermanfaat untuk anak dalam bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya. Tentunya mainan ini juga mengasah imajinasi anak.

11. Slime

Bermain slime juga sangat diminati oleh anak-anak. Bahkan kini tidak hanya anak-anak saja tapi orang dewasa juga senang memainkan slime. Ini karena bentuknya yang kenyal dan menggemaskan. Belum lagi selain memiliki warna yang bervariasi sehingga membantu mengaktifkan sistem otak manusia.

Bermain slime pada anak dapat menghilangkan rasa bosan dan memberikan rasa nyaman. Permainan ini juga melatih kreatifitas anak untuk membuat bentuk slime sesuai dengan keinginan. Slime yang menggemaskan membuat Anak tertarik untuk terus meremas dan menarik slime sesuai keinginan.

Hal ini tentu melatih jari anak untuk lebih aktif. Slime juga mampu mempengaruhi anak untuk menyalurkan emosi dan menghilangkan perasaan-perasaan negatif. Namun sebaiknya pilih slime dengan bahan yang aman apalagi untuk anak yang masih berumur 5 tahun.

12. Meja Rias

Mainan meja rias bisa dipilih untuk anak perempuan umur 8 tahunan dan biasanya sangat digemari. Apalagi mainan ini memiliki warna pink yang membuat anak semakin tertarik untuk berimajinasi dengan benda tersebut. Pilih meja rias yang tidak terlalu besar agar anak mudah untuk memainkannya.

Ada banyak variasi meja rias seperti misalnya, meja rias dengan microphone. Variasi bentuk seperti ini membuat anak bisa bernyanyi sambil merias diri. Mainan ini punya sisi edukasi seperti membuat anak lebih kreatif dan imajinatif.

Selain itu bermain meja rias bisa membantu anak Anda yang memiliki ketergantungan bermain gadget. Dengan meja rias yang seru, anak Anda akan fokus pada mainan tersebut dan melupakan gadget. Meja rias juga bisa dimainkan bersama teman-teman yang ada di sekitarnya.

Demikian beberapa mainan yang banyak diminati anak dan membuatnya cenderung tidak bosan. Selain diminati, rekomendasi mainan anak di atas juga aman untuk diberikan kepada anak.

Apa yang harus diperhatiakn untuk memilih mainan anak ?

1. Perhatikan Usia Anak 2. Manfaat Mainan 3. Faktor Kesukaan 4. Pilih Mainan Yang Aman

Mainan apa yang paling laris sejak dulu ?

Mainan anak paling laris yang banyak diminati sejak dahulu adalah puzzle. Puzzle tidak hanya diminati namun memiliki nilai edukasi bagi si buah hati. Orang tua juga lebih berminat pada mainan yang seperti ini karena anak tidak hanya bermain tapi juga sambil belajar

Kenapa mainan kereta api menarik?

Permainan

Artikel terkait