5 Mainan Murah Meriah Untuk Merangsang Penglihatan Bayi Baru Lahir

Mainan Murah Meriah untuk Merangsang Penglihatan Bayi Baru Lahir - Acosta

Salah satu tahapan perkembangan panca indra bayi yang penting untuk distimulasi adalah penglihatan. Penglihatan bayi yang baru lahir masih terbatas. Pada usia satu minggu bayi bisa melihat pada jarak 20 hingga 30 cm di depan matanya. Perkembangan ini harus dirangsang. Tak harus repot dan mahal, mainan murah meriah pun ternyata bisa merangsang penglihatan bayi.

Perkembangan otot penglihatan bayi perlu distimulasi. Nantinya pada usia 4 bulan penglihatan bayi sudah bisa mengikuti arah gerak benda. Guna memaksimalkan perkembangan ini rangsangan terus perlu dilakukan. Cara paling mudahnya menggunakan mainan, baik mainan dari wajah ibu maupun mainan anak edukatif yang merangsang perkembangan. Apa saja contoh mainan yang bisa Anda pilih?

1. Baby Gym

Salah satu mainan yang ditujukan untuk merangsang penglihatan mata bayi baru lahir adalah baby gym. Jenis mainan yang dilengkapi dengan matras kain berkualitas, gantungan mainan aneka warna yang lucu ini memberikan sugesti rangsangan kepada bayi yang sedang dalam usia perkembangan penglihatan.

Jarak mainan ini bisa diatur sesuai dengan kemampuan jarak pandang bayi sekitar 20 sampai 30 cm. Aneka warna terang yang ditampilkan pada mainan pada gantungan didesain khusus untuk menajamkan otot mata bayi sehingga semakin lama kemampuan indra penglihatannya bisa lebih baik.

Mainan unik murah meriah ini didesain bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan visual bayi, tetapi juga membantu perkembangan motorik dari tangan dan kaki bayi. Bayi akan menggapai mainan-mainan lucu yang tergantung dengan aneka warna, tangannya akan mulai belajar menggenggam sebagai stimulasi motorik bayi.

Kualitas bahan mainan ini walaupun murah tak perlu diragukan lagi. Dibekali dengan sertifikat SNI dan jenis bahan free BPA. Matras dari bahan yang nyaman membuat bayi lebih betah berada di bagian bawah mainan sambil berbaring.

Mainan ini juga bisa mendorong kedekatan antara seorang ibu dengan anak. Terlihat menyenangkan dan lucu, mainan ini ternyata memiliki nilai edukatif yang penting untuk meningkatkan kemampuan penglihatan bayi.

Selain untuk membantu meningkatkan daya penglihatan bayi, mainan ini juga bisa meningkatkan kekokohan bagian leher dan tulang punggung bayi Anda. Merangsang kemampuan motorik tubuh bayi atau mendorong bayi melakukan olahraga fisik yang menyenangkan.

 

2. Squaker

Squaker - Acosta Super Food

Squaker termasuk jenis mainan anak murah meriah yang juga bisa meningkatkan kemampuan penglihatan bayi sejak lahir. Bonek-boneka lucu bergambar binatang dengan warna-warna cerah ini membantu merangsang ketajaman indra penglihatan si kecil. Binatang lucu seperti gajah, ayam, kelinci, monyet dan beruang terlihat lucu dan unik untuk dilihat si kecil.

Boneka karakter ini saat ditekan juga bisa mengeluarkan suara sehingga bisa merangsang indra pendengaran bayi. Anda tak perlu khawatir soal kualitas bahannya, sudah terjamin karena mengantongi sertifikat SNI. Bayi Anda bisa mulai belajar menggenggam sekaligus melihat warna. Boneka lucu ini bisa membantu meningkatkan kemampuan motorik si kecil dalam menggenggam.

Jenis mainan ini sangat cocok untuk bayi baru lahir, menjelang usia 4 bulan di mana perkembangan motorik dan penglihatannya sudah lebih baik. Bayi pada saat baru lahir belum memiliki kemampuan melihat yang lebih fokus.

Oleh karena itu, squeaker dengan desain yang unik dan lucu dapat membantu mendorong pandangan bayi agar lebih fokus. Bayi dapat mengikuti gerak mainan unik ini ke kiri atau ke kanan dengan ditandai tawa yang lucu. Mainan ini sangat cocok untuk mengujinya sehingga bisa diketahui tingkat kefokusan indra penglihatannya.

 

3. My Duck

My Duck - Acosta Super Food

Mainan boneka lucu berbentuk bebek ini didesain dengan aneka warna yang dapat membantu bayi meningkatkan ketajaman otot penglihatannya. Mainan sederhana tetapi memiliki nilai edukatif ini bisa Anda temukan di grosir mainan anak murah meriah. Harganya cukup terjangkau tetapi manfaatnya cukup signifikan.

Gambar bebek yang lucu juga membantu meningkatkan fokus penglihatan bayi. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mainan ini kepada bayi untuk dipegang sebagai cara latihan meningkatkan kemampuan motorik tangan.

Soal keamanan Anda tak perlu khawatir. Produk dari Cotton ini sudah memiliki sertifikasi dari SNI di mana bahan yang digunakan cukup aman, termasuk juga pewarna bahan yang dipakai cukup aman untuk kulit sensitif bayi.

Menggunakan mainan ini juga dapat membantu meningkatkan kedekatan hubungan antara ibu dan anak. Seorang ibu selain memberikan ASI juga bisa menjadikan media mainan ini untuk berkomunikasi dengan bayi dalam mimik wajah dan senyuman agar bayi memberikan respon terhadap apa yang dilihat dan didengarnya.

Mainan bergambar bebek lucu ini juga bisa Anda gunakan untuk menguji tingkat kefokusan pandangan si kecil. Pada kondisi ideal, bayi usia 4 hingga 6 bulan sudah bisa menatap ke satu objek dengan tajam dan mengikuti arah gerakan dari objek tersebut. Gambar duck yang lucu dengan warna yang terang sangat sesuai digunakan sebagai media penguji fokus bayi.

 

4.Baby Sound Spa

Mainan anak murah meriah yang satu ini sebenarnya dirancang khusus untuk mengasah kemampuan indra pendengaran bayi karena dilengkapi dengan musik pengantar tidur. Namun, warna yang cerah dari alat ini juga bisa membantu meningkatkan kemampuan visual si kecil. Saat mendengarkan suara musik dan melihat warna yang cerah, fokus penglihatan bayi akan lebih baik.

Baby Sound Spa ini dirancang bagi orang tua agar lebih mudah menidurkan bayi. Pada kondisi suasana yang tenang, mainan ini bisa mengeluarkan suara yang menyenangkan di telinga bayi. Jika si kecil sedikit rewel dan susah tidur, Anda bisa mencoba menggunakan mainan ini. Mainan ini dibekali dengan 4 nada musik yang berbeda dengan pengontrol waktu yang disesuaikan.

Mainan unik ini juga membantu anak tidur lebih rileks dan nyenyak. Si kecil akan terlihat lebih bahagia saat bangun dari tidur. Mainan ini juga bisa digantung untuk membantu meningkatkan visual si kecil. Orang tua bisa lebih dekat dengan si kecil dengan menggunakan bantuan mainan unik ini.

Cocok digantung di tempat tidur atau stroller si kecil. Selain melihat bentuk dan warna yang unik, sudah pasti bayi akan fokus mendengarkan alunan suara musik yang diperdengarkan mainan ini.

 

5. Cotton Baby Music

Cotton Baby Music - Acosta Super Food

Mainan dari Cotton ini hampir mirip dengan baby gym. Bukan hanya kemampuan visual yang mampu distimulasi menggunakan permainan ini, tetapi juga indra pendengaran dan kekuatan otot motorik si kecil.

Mainan ini dibekali dengan gambar bonek lucu aneka binatang dengan variasi warna cerah yang beragam. Boneka tersebut digantung pada jarak tertentu yang disesuaikan dengan penglihatan bayi. Otot mata bayi akan berlatih lebih kuat sekaligus fokus saat melihat boneka-boneka lucu aneka warna yang digantung tersebut.

Mainan ini bisa digunakan untuk bayi sejak baru lahir. Nanti pada usia 4 bulan kemampuan bayi bisa terstimulasi lebih cepat dengan daya fokus yang lebih baik. Selain itu, bayi juga akan berusaha menggapai mainan jika penglihatannya sudah cukup baik. Kondisi ini akan membantu daya motorik si kecil agar lebih cepat berkembang sempurna.

Mainan ini juga bisa menimbulkan bunyi. Suara yang terdengar lucu bagi bayi tidak hanya mendukung perkembangan pendengarannya tetapi sekaligus mengasah daya imajinasi sejak dari kecil. Orang tua bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus yakni meningkatkan penglihatan, pendengaran, motorik dan imajinatif pada bayi.

Mainan dari brand Cotton ini dibuat dengan bahan berkualitas yang sudah memiliki sertifikat resmi dari SNI sehingga orang tua tak perlu khawatir efeknya terhadap kulit si kecil. Walaupun warna-warnanya cerah tetapi tetap aman dan sudah memiliki jaminan dari SNI.

Mainan lucu ini cocok digantungkan di tempat tidur bayi agar bayi bisa melihat dan mendengar musiknya saat santai. Orang tua bisa lebih dekat dengan bayinya dengan menggunakan media permainan ini.

Mungkin Anda bosan dan tak pandai berekspresi wajah untuk permainan manual, mainan ini bisa membantu Anda untuk bermain yang lebih ekspresif dengan bayi Anda.

 

Merangsang Penglihatan Bayi dengan Mainan

Salah satu perkembangan panca indra di usia bayi yang harus distimulasi adalah penglihatan. Permainan sebagai salah satu media stimulasi ini terkadang jarang dipahami orang tua.

Orang tua belum paham jenis mainan seperti apa yang dibutuhkan oleh bayi sehingga bisa merangsang perkembangan panca indra seperti penglihatan. Berikut ini beberapa kriteria mainan tersebut:

 

1. Memiliki Bentuk Unik dan Lucu

Bentuk unik dan lucu untuk membantu bayi lebih fokus melihatnya. Orang tua perlu memastikan ada sesuatu yang menarik dan membuat bayi senang melihatnya. Terkadang tak harus mainan mahal, hal-hal sepele seperti botol pun bisa membuat bayi tertawa. Apalagi jika ada mainan yang lucu dan unik, ini akan lebih memudahkan.

 

2. Mainan dengan Warna yang Cerah

Di grosir mainan murah meriah ada banyak sekali mainan dengan warna-warna cerah, tetapi untuk keamanan dan kesehatan bayi sangat disarankan Anda memilih jenis mainan yang sudah memiliki sertifikat SNI. Selain lebih bagus kualitas bahannya, jaminan keamanan untuk si kecil lebih baik.

 

3. Memiliki Fungsi Perkembangan Lain

Sebuah mainan biasanya dirancang tidak hanya untuk satu fokus perkembangan tertentu pada anak, tetapi juga mengkombinasikan efek perkembangan lain. Semakin banyak manfaat edukatifnya pada anak, mainan tersebut semakin bagus. Jadi, selain mendorong perkembangan penglihatan bayi, mainan yang bagus biasanya juga mendukung sensorik dan motorik dan panca indra bayi lainnya.

Hal penting yang harus dicatat orang tua adalah, sebagus apapun mainan yang Anda berikan untuk si kecil, peran dan keterlibatan orang tua tetap dibutuhkan. Sebaik-baik permainan bagi anak adalah bermain bersama orang tuanya. Mainan hanyalah media ikatan antara orang tua dan anak. Semakin sering orang tua bermain bersama anak, ikatan hubungannya semakin baik.

Kesibukan seringkali jadi alasan orang tua lupa memberi waktu untuk anak. Membelikan mainan mahal dengan fungsi edukatif yang tinggi dianggap sudah selesai dan memberi solusi bagi anak. Sepintar apapun anak tanpa adanya ikatan yang baik dengan orang tua perkembangan emosionalnya tetap tidak sempurna.

 

Pilih jenis mainan edukatif yang berkualitas sejak bayi, ajak bayi Anda bermain dengan mainan tersebut. Tak harus mahal dan mewah, mainan murah meriah pun tetap bisa Anda gunakan untuk melakukan stimulasi perkembangan bayi.

beberapa kriteria mainan yang merangsang penglihatan bayi

1. Memiliki Bentuk Unik dan Lucu 2. Mainan dengan Warna yang Cerah Memiliki Fungsi Perkembangan Lain

3 Rekomendasi Mainan Murah Meriah untuk Merangsang Penglihatan Bayi Baru Lahir

1. Baby Gym 2. Squaker 3. My Duck

Manfaat Baby Gym untu si Bayi

untuk membantu meningkatkan daya penglihatan bayi, mainan ini juga bisa meningkatkan kekokohan bagian leher dan tulang punggung bayi Anda. Merangsang kemampuan motorik tubuh bayi atau mendorong bayi melakukan olahraga fisik yang menyenangkan.

Artikel terkait