10 Mainan Untuk Membantu Si Buah Hati Belajar Berjalan

Tahap tumbuh-kembang yang paling dinantikan orang tua salah satunya adalah saat si kecil mulai belajar berdiri dan berjalan. Untuk mempercepat proses tersebut tak jarang bunda atau ayah membelikan alat bantu jalan bayi yang umum ditemukan di toko perlengkapan bayi.

Nah, inilah daftarnya untuk Anda

Daftar 10 Mainan Untuk Membantu Bayi Belajar Berjalan

Rekomendasi Push Walker untuk Si Buah Hati - Acosta Super Food

Setiap anak mempunyai tahapan berjalan berbeda-beda dan ini umumnya terjadi pada usia mulai 9 sampai 12 bulan. Beberapa anak mungkin mengawalinya dengan merangkak lebih dahulu, tetapi ada pula yang tanpa melalui proses tersebut.

Berikut ini adalah 10 mainan yang dipercaya dapat membantu buah hati anda belajar berjalan.

1. Baby Walker

Mainan yang satu ini dapat dibilang merupakan alat bantu jalan bayi tradisional yang sudah digunakan sejak tahun 1900-an. Bentuk baby walker umumnya adalah bulat atau oval dan dilengkapi dudukan bayi di bagian tengah.

Pada bagian bawah terdapat roda untuk memudahkan bayi bergerak kesana kemari. Pada desain yang lebih modern sering ditambahkan mainan gantung sehingga tampilannya lebih menggemaskan.

Sayangnya semakin banyak referensi ilmiah yang tidak menyarankan penggunaan perangkat ini di zaman sekarang. Alasannya karena berisiko memicu kecelakaan hingga menghambat proses alami belajar berjalan anak.

Alasannya, anak menjadi kurang termotivasi untuk menggunakan kekuatan ototnya karena mempunyai alternative yang lebih mudah untuk menjelajah lingkungan sekitarnya. Mainan untuk belajar berjalan ini juga meminimalkan proses melatih keseimbangan serta dapat menyebabkan tegang otot pada ujung jari kaki anak.

 

2. Baby Moon Walk

Bentuk alat bantu jalan bayi ini sangat sederhana, yaitu semacam tali pengaman yang dilengkapi pengait dan dipasangkan pada tubuh bayi. Prinsip alat ini kira-kira sama dengan mainan boneka tali.

Dengan alat ini orang tua dapat menitah bayi dengan lebih nyaman karena tak perlu membungkuk dan memegangi tangan si kecil. Tali pengaman yang terpasang di area selangkangannya ini dapat menopang dari bawah tubuh bayi dengan tetap membuatnya bebas serta nyaman bergerak.

Kelebihan alat ini adalah bobotnya ringan dan mudah dibawa kemana pun. Harganya pun cukup terjangkau dibandingkan mainan bantu jalan yang lain.

 

3. Funky Footprints

Apakah anda pernah mendengar tentang mainan ini? Funky Footprints adalah alas untuk belajar berjalan dengan bentuk-bentuk tapak kaki untuk diikuti. Bukan sekedar mat biasa, saat diinjak mainan ini dapat berbunyi, menyala, serta memperdengarkan music yang menarik.

Inilah yang membuat bayi tertarik untuk beraktivitas di atas mat, baik merangkak, berdiri, atau belajar berjalan. Sayangnya harganya lumayan mahal, yaitu mulai Rp650.000,00 sampai jutaan rupiah.

Mainan edukasi ini juga sangat multifungsi karena dilengkapi aneka fitur untuk menunjang perkembangan motorik serta intelegensia buah hati anda. Untuk mencoba alat ini anda dapat menyewanya pada penyedia jasa rental mainan jika dirasa terlalu mahal membeli yang baru.

Alternatif lain yang dapat anda pertimbangkan adalah membeli alat bantu jalan bayi bekas pakai.

 

4. Musical Table Activity Center

Spesifikasi produk yang satu ini lebih sebagai alat bantu bayi belajar berdiri. Bentuknya seperti meja dengan aneka mainan di bagian atasnya seperti tombol-tombol warna-warni yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian dan music jika ditekan.

Fitur-fitur tersebut berguna untuk menarik perhatian anak agar termotivasi untuk belajar berdiri. Beraktivitas di atas meja untuk belajar berdiri ini merupakan bentuk latihan untuk memperkuat otot tungkai bayi.

Dengan begitu buah hati anda akan lebih siap mencapai tahapan selanjutnya, yaitu belajar berjalan.

 

5. Pull Toy

Pull Toy lebih direkomendasikan untuk bayi yang sudah dapat berjalan walaupun masih tertatih-tatih. Mainan ini bisa berbentuk hewan peliharaan atau mobil-mobilan yang dilengkapi tali penarik. Jadi anak dapat menyeret pull toy berkeliling ruangan yang tanpa disadari juga turut memperkuat otot-otot kaki dan tubuhnya.

Anda bisa membawa si kecil ke toko mainan untuk memilih sendiri pull toy favoritnya, mungkin yang berbentuk anjing, kelinci, kucing, atau kuda.

 

6. Baby Jumper

Mainan jumper adalah modifikasi dari baby walker tradisional, yaitu berbentuk bulat dengan dudukan bayi di bagian tengahnya yang terhubung dengan tali pegas. Di sini bayi dapat berlatih untuk menguatkan otot-otot kakinya dengan berdiri dan melompat-lompat dengan aman.

Meski demikian orang tua atau pengasuh tetap perlu mendampingi si kecil untuk menghindari resiko cedera karena berbagai sebab. Ini misalnya pada bayi yang sangat aktif dan suka memantulkan jumper-nya ke tempat yang berbahaya. Kemungkinan resiko lainnya adalah kaki bayi terjerat pegas jumper.

 

7. Menitah Anak

Saat mencari produk bayi terbaik untuk buah hati, kebanyakan orang tua masa kini akan browsing dulu di internet. Untuk survey Anda bisa membaca berbagai ulasan dan spesifikasi produk, termasuk review push walker Bebe Smart atau Newbie Tech.

Tetapi bagi orang tua yang lebih percaya pada proses alami yang perlu anda lakukan adalah menitah anak saat usianya sudah mencukupi. Kelebihan metode ini adalah tidak membutuhkan biaya sama sekali, praktis, dan dapat dilakukan kapan saja.

Yang perlu anda lakukan hanyalah memegang kedua tangan buah hati untuk membantunya berdiri dan terus mendampingi saat si kecil mulai melangkah. Penting untuk diperhatikan di sini adalah tidak memaksa anak untuk belajar berdiri atau berjalan jika tahapan tumbuh-kembangnya belum sampai di sana.

Akibatnya bisa cukup fatal, yaitu perubahan bentuk tungkai menjadi bengkok karena otot dan tulangnya yang dipaksakan menahan beban. Menitah anak bisa menjadi demikian melelahkan bagi bunda atau ayah karena harus membungkuk terus-menerus saat aktivitas ini.

 

8. Stand up Toys

Sesuai namanya produk mainan ini didesain untuk belajar berdiri bayi. Perangkat ini dibuat dari lempengan besi tips ditambah pegangan warna-warni berbentuk gelang. Cara menggunakannya adalah dengan dipasangkan pada dinding dan anak belajar berdiri dengan berpegangan pada gelang-gelang yang menempel di permukaannya.

Jenis mainan ini memang tidak terlalu mudah ditemukan di toko terdekat, tetapi tak perlu khawatir karena anda dapat membuatnya sendiri.  Caranya adalah dengan memasang gelang-gelang pegangan untuk belajar berdiri. Untuk memotivasi si kecil anda bisa menggantungkan aneka mainan berwarna-warni.

 

9. Alat bantu jalan bayi dari pipa

Perangkat yang satu ini tidak dapat ditemui di toko mainan biasa melainkan harus membuat sendiri. Anda membutuhkan bahan berupa pipa air atau paralon serta kaleng bekas untuk rodanya.

Baby walker buatan sendiri ini tentu lebih ekonomis asalkan anda cukup terampil membuatnya sehingga memperoleh hasil yang bagus.

Tampilan alat bantu jalan bayi dari pipa paralon ini tentu saja sangat sederhana dan tidak semenarik produk pabrikan. Meski demikian perangkat demikian ini cukup efektif untuk membantu anak belajar berjalan dan lebih sehat dibandingkan baby walker.


10. Push Walker

Para ahli lebih merekomendasikan produk push walker dibandingkan baby walker. Pasalnya mekanisme mainan ini seperti trolley belanja yang harus didorong untuk menggerakkannya.

Dengan begitu tanpa disadari anak akan melatih keseimbangan tubuhnya, berbeda dengan baby walker yang digerakkan oleh roda dengan mudah.

Mainan ini tidak hanya untuk menstimulasi bayi agar mau melangkah, tetapi sekaligus dapat melatih percaya diri dan keberanian anak. Pertama, mungkin anak masih perlu berpegangan kepada orang dewasa di dekatnya, tetapi lambat-laun kepercayaan dirinya akan tumbuh dan dapat berjalan sendiri.

 

Rekomendasi Brand Push Walker Lokal Terbaik

baby-walker - Acosta Super Food

Harga alat bantu jalan bayi dorong ini cukup beragam tergantung kualitas dan brand yang anda pilih. Nah, dari pada membeli produk dari mancanegara, ada alternative yang smart sebagai alternatifnya. Sekarang sudah tersedia produk Baby Push Walker dari Newbietech dari Acosta untuk buah hati anda.

Ada beberapa alasan mengapa Newbietech adalah yang paling direkomendasikan bagi anda, yaitu:

    • Sudah mengantongi sertifikat SNI sebagai bukti kualitasnya yang premium dan dibuat sesuai standar yang berlaku.
    • Produk dari Newbietech ini menyediakan alternative permainan lain, selain sebagai alat bantu dorong. Ini karena Baby Push Walker dilengkapi aneka panel permainan serta fitur yang beragam dan interaktif. Berbagai permainan yang menarik itu akan memotivasi buah hati anda untuk menggunakan alat ini.
    • Push Walker Newbietech dilengkapi baby mic yang mungil dan mudah digenggam. Alat pengeras suara ini juga dapat merekam suara serta memperdengarkan lagu-lagu anak yang menarik.
    • Roda baby push walker dilengkapi fitur keamanan berupa panel untuk mengatur kecepatan roda. Dengan begitu orang tua dapat memastikan buah hatinya terhindar dari resiko kecelakaan.
    • Baby Push Walker adalah perangkat yang dapat dibongkar pasang sehingga memudahkan anda untuk menyimpannya jika tidak digunakan.
    • Produk berkualitas prima ini tersedia dalam 2 pilihan warna yang dapat anda pilih sesuai selera, yaitu hijau dan merah.
    • Kualitas jempolan ternyata tidak membuat harga produk ini melambung tinggi. Jadi tak perlu menguras kantong untuk membawa pulang mainan bantu jalan bayi ini.
    • Anda bisa mendapatkan produk Baby Push Walker Newbietech Acosta dengan mudah, baik di toko mainan terdekat atau marketplace terkemuka. Anda bisa mendapatkan aneka pilihan push walker atau toy walker dengan mengetik keyword alat bantu jalan bayi Shopee pada bar pencarian. Mudah, bukan?

 

 

Manfaat Produk Push Walker

Sepintas produk push walker memang sekedar mainan dorongan untuk membantu bayi belajar berdiri dan berjalan. Padahal selain manfaat tersebut, mainan anak ini mempunyai fungsi lain yang memberi pengaruh positif pada tahap tumbuh-kembang mereka, yaitu:

    • Menstimulasi sistem motorik kasar dan halus
    • Mengembangkan dan menyuburkan imajinasi anak
    • Melatih koordinasi antara indera penglihatan serta gerakan tangan
    • Menumbuhkan rasa percaya diri
    • Menstimulasi dan menunjang perkembangan sistem sensorik

Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut pastikan anda hanya menyediakan produk terbaik, yaitu Baby Push Walker Newbietech dari Acosta. Acosta sendiri telah lebih dari 15 tahun berkecimpung dalam menyediakan produk-produk mainan edukasi dan perlengkapan bayi berkualitas.

Lebih dari sekedar bisnis semata, perusahaan kami mempunyai misi menjadi bagian dari upaya mencerdaskan dan menyuburkan kreativitas anak-anak Indonesia. Acosta telah meluncurkan lebih dari 100 jenis mainan edukasi dan peralatan bayi di bawah 8 brand.

Seluruh produk Acosta telah lolos uji sertifikasi SNI sehingga kualitasnya tak perlu dipertanyakan lagi.

 

Nah, demikianlah informasi tentang daftar alat bantu jalan bayi yang bisa menjadi alternatif. Semoga dapat menambah wawasan anda.

5 Mainan Untuk Membantu Si Buah Hati Belajar Berjalan

1. Baby Walker 2. Baby Moon Walk 3. Funky Footprints 4. Musical Table Activity Center 5. Pull Toy

5 Manfaat Produk Push Walker

● Menstimulasi sistem motorik kasar dan halus ● Mengembangkan dan menyuburkan imajinasi anak ● Melatih koordinasi antara indera penglihatan serta gerakan tangan ● Menumbuhkan rasa percaya diri ● Menstimulasi dan menunjang perkembangan sistem sensorik

5 Alasan Newbietech Adalah Yang Paling Direkomendasikan Terbaik

● Sudah mengantongi sertifikat SNI sebagai bukti kualitasnya yang premium dan dibuat sesuai standar yang berlaku. ● Produk dari Newbietech ini menyediakan alternative permainan lain, selain sebagai alat bantu dorong. Ini karena Baby Push Walker dilengkapi aneka panel permainan serta fitur yang beragam dan interaktif. Berbagai permainan yang menarik itu akan memotivasi buah hati Anda untuk menggunakan alat ini. ● Push Walker Newbietech dilengkapi baby mic yang mungil dan mudah digenggam. Alat pengeras suara ini juga dapat merekam suara serta memperdengarkan lagu-lagu anak yang menarik. ● Roda baby push walker dilengkapi fitur keamanan berupa panel untuk mengatur kecepatan roda. Dengan begitu orang tua dapat memastikan buah hatinya terhindar dari resiko kecelakaan. ● Baby Push Walker adalah perangkat yang dapat dibongkar pasang sehingga memudahkan Anda untuk menyimpannya jika tidak digunakan.

Artikel terkait