5 Mainan Terlaris Sepanjang Masa Paling Di Rekomendasikan

Mainan anak-anak - 5 Mainan Terlaris Sepanjang Masa, Paling Direkomendasikan

Mainan juga memiliki peran yang penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Tidak heran meski teknologi semakin canggih dengan banyaknya gadget, namun mainan anak tidak akan pernah terlupakan. Simak berikut ini beberapa mainan anak yang paling laris.

 

Mainan Terlaris Sepanjang Masa Paling Di Rekomendasikan

1. Mobil-Mobilan

Mainan Terlaris - Acosta Super Food

Mobil-mobilan menjadi salah satu mainan yang sangat laris sejak zaman dahulu. Bahkan ketika anak masih berumur 1 tahun sudah bisa memberikan mainan jenis mobil untuk membantu perkembangannya. Mobil-mobilan identik dengan anak laki-laki, namun anak perempuan juga diperbolehkan untuk memainkannya. Ada banyak model mainan mobil-mobilan yang bisa dipilih mulai dari hot wheels, model truk, kontainer, go car, mobil ambulance, hammer, mobil pemadam kebakaran dan masih banyak lagi.

Ada beberapa manfaat untuk tumbuh kembang anak ketika bermain mobil-mobilan

    • Dengan bermain mobil-mobilan anak tentu bergerak secara aktif. Anak secara otomatis mendorong mobil ke segala arah agar kendaraan tersebut bisa berjalan seperti mobil sungguhan. apa ketika memainkan jenis mobil yang bisa bergerak sendiri dengan tenaga mesin anak akan semakin penasaran. Hal ini otomatis melatih gerak motorik dari anak
    • Mobil-mobilan juga membantu melatih keseimbangan anak. karena bermain mobil membuat anak lebih bisa mempertahankan keseimbangan tubuh agar tidak mudah jatuh. Sebaiknya berikan mainan mobilan untuk anak di usia tertentu yang sudah mampu berdiri dan bergerak.
    • Mobil-mobilan juga membantu anak mengenali jenis mobil dan fungsinya masing-masing. Selain itu mengenali jenis mobil lebih mudah dengan melihat berdasarkan warnanya. Ketika anak mulai bisa untuk mengenal warna berarti penglihatan anak berfungsi dengan baik.
    • Bermain mobil bisa membantu anak untuk belajar mengeluarkan suara. Ibu atau ayah bisa menirukan suara mobil tertentu seperti ambulance misalnya. Ketika orang tua menirukan suara ambulance secara berulang-ulang, nanti otomatis anak pasti akan mengikuti suara tersebut.
    • Permainan mobil-mobilan juga membantu anak untuk belajar merakit sesuatu. Berikan mobil-mobilan dengan model yang harus dilatih terlebih dahulu untuk dijadikan mobil mainan secara utuh. Hal ini bisa melatih sistem motorik halus pada anak dan belajar untuk menghadapi tantangan.
    • Ketika anak sudah semakin bertumbuh, maka bermain mobil-mobilan bisa dilakukan bersama. Cara ini bisa membantu anak untuk belajar berbagi kepada orang lain dengan berbagi mainan. Sejak dini sebaiknya orang tua harus mengajarkan anak hal ini untuk melatih kepekaan dan rasa simpati kepada orang-orang di sekitarnya.

2. Rubik

Mainan anak paling laris berikutnya adalah rubik. mainan ini mengharuskan seseorang untuk memiliki intelegensi tinggi untuk menyelesaikan tantangan rubik. Model dasar dari rubik adalah kubus yang sudah ada sejak tahun 1974. Mainan rubik merupakan salah satu cara untuk membuat anak akrab dengan prinsip penting matematika dan bidang lainnya.

Dibuatnya rubik memiliki tujuan awal untuk mengenalkan para siswa di sekolah kepada struktur objek dalam berbagai dimensi. Namun ternyata rubik kini semakin populer sebagai mainan anak yang ternyata punya banyak manfaat. Apa saja manfaat dari rubik?

    • Bermain rubik membuat anak bisa belajar untuk menganalisa masalah sejak dini dari berbagai sudut pandang. Dengan bermain rubik secara otomatis anak mulai bisa berpikir kritis untuk bekerja secara sistematis dan terukur. Hal ini karena, ketika bermain rubik kemampuan anak terasa akibat memutar dan membalik bidang warna untuk menyelesaikan tantangan rubik.
    • Untuk menyelesaikan tantangan rubik maka anak membutuhkan konsentrasi dan fokus yang penuh. Maka ketika anak sering bermain rubik akan terbiasa untuk melakukan aktivitas dalam jangka waktu yang lama, dan tetap fokus pada kegiatan tersebut. Hal ini akan berpengaruh ketika anak belajar di sekolah. Anak Anda akan fokus pada materi pelajaran yang diberikan.
    • Bermain rubik membantu anak memahami dan melihat hubungan antara objek atau disebut juga dengan kesadaran spasial. Membandingkan kondisi spasial merupakan proses yang sebenarnya terbilang rumit bagi anak.
    • Ketika bermain rubik secara otomatis membantu anak untuk mengenal pola lebih kuat. hal ini akan berguna ketika anak sedang mempelajari sebuah rumus matematika atau konsep angka yang rumit.

3. Lego

Mainan Terlaris - Acosta Super Food

Permainan Lego untuk tidak bisa dipisahkan dari dunia anak. Coba pikirkan, pada usia berapa orang tua memberikan Anda mainan Lego? Lego sudah ada sejak tahun 1949 dengan misi utama memperkenalkan anak permainan menyambungkan bata.Anak akan menentukan bagaimana cara menyambungkan blok-blok tersebut menjadi sebuah bentuk benda. Lego yang umumnya memiliki warna bervariasi tentu memiliki banyak manfaat untuk anak.

    • Lego membantu untuk mengasah keterampilan motorik halus pada anak. Ketika anak menyambungkan blok-blok tersebut tentu memerlukan keterampilan dan koordinasi antara mata dan tangan. Secara otomatis bermain Lego juga bisa mengontrol tekanan jari pada anak agar nantinya lebih mudah dalam belajar menulis.
    • Lego secara otomatis membuat anak lebih kreatif dalam menghasilkan sebuah karya tanpa batasan. Bagaimana anak menyambungkan antara Lego satu dan lainnya dan mencampurkan warna-warna sehingga menghasilkan desain bangunan.
    • Bermain Lego membantu anak untuk belajar memecahkan masalah dengan cara sistematis. Anak juga akan lebih fokus dan perhatian terhadap detail detail kecil. Mulai dari bagaimana menyeimbangkan bentuk dan ukuran agar mendapatkan sebuah bentuk Lego. belum lagi anak juga akan belajar mengenai pecahan dan pembagian ketika membangun Lego.
    • Setelah membangun sebuah Lego, orang tua sebaiknya mengajak anak untuk menjelaskan bangunan apa yang sudah dihasilkan. Dengan cara ini, Lego membantu mengembangkan kemampuan komunikasi anak. Mulai dari ide pembuatan lalu berbicara tentang proses pembuatan Lego dan segala tantangan yang dihadapi untuk menyambung blok-blok tersebut.
    • Bermain Lego ternyata membantu anak untuk lebih percaya diri. Ketika bisa menyelesaikan bentuk Lego untuk anak akan memiliki rasa puas tersendiri. Hal ini akan membuat anak lebih positif dan ceria lalu kepercayaan dirinya secara otomatis bisa terbangun.
    • Ketika anak memainkan Lego bersama teman, maka anak sedang belajar bekerja sama dalam sebuah tim. Bagaimana caranya bernegosiasi dan memiliki tanggung jawab masing-masing untuk bisa mewujudkan sebuah bentuk bangunan dari Lego.

4. Lilin Mainan

Mainan anak-anak yang hingga saat ini tetap populer adalah lilin mainan. Lilin mainan memang diperkenalkan sebagai sarana untuk anak yang mengembangkan kreativitas. Jenis mainan ini bisa digunakan untuk menciptakan berbagai bentuk yang menarik.

Lilin mainan memiliki jenis dan bentuk yang beragam. Anak Bisa berlatih untuk membuat bentuk atau mencampur warna. Namun pastikan memilih produk lilin mainan dengan bahan yang aman. Lilin mainan yang aman antara lain terbuat dari tepung gandum, beras silikon, agar-agar dan lainnya. Berikut ini manfaat lilin mainan bagi tumbuh kembang anak.

    • Sejarah otomatis anak akan lebih kreatif dengan lilin mainan yang dimiliki. Lilin mainan ini membantu anak melakukan kreasi tanpa batas. Kemampuan imajinasi anak juga semakin terasah dan menemukan cara baru yang lebih inovatif.
    • Permainan adonan ini membantu menenangkan anak. Meremas lilin mainan bisa meredakan ketegangan dan melepaskan energi berlebih. Permainan ini juga membuat anak lebih fokus dan membantu mengekspresikan emosi. Ketika anda menemukan kebiasaan anak yang rewel coba berikan lilin mainan untuk membuat sikapnya menjadi lebih tenang.
    • Lilin mainan bisa membantu anak yang memiliki kesulitan dalam belajar. Ajarkan anak tentang bentuk dek deskripsi bahkan cara berhitung melalui lilin mainan. Ajak anak untuk membuat bentuk-bentuk angka dari berbagai warna lilin lalu menghitung angka tersebut.
    • Permainan lilin ini juga bisa menjadi terapi untuk anak yang kecanduan main gadget. Ketika bermain lilin tentu anak akan menghabiskan waktu yang cukup lama dan berkonsentrasi penuh pada lilin mainannya. Ketika dilakukan secara rutin, maka otomatis anda akan mengurangi durasi bermain gadget atau bahkan berhenti memainkan gadget.

5. Barbie

Mainan Terlaris - Acosta Super Food

Siapa yang tidak kenal boneka Barbie? Dari usia muda sampai tua pasti mengetahui Barbie merupakan mainan yang tetap populer dari masa ke masa. Boneka Barbie khususnya dimainkan oleh anak perempuan. Tidak heran banyak bisnis jual mainan anak khususnya Barbie di pasaran yang seperti tidak lekang oleh waktu.

Barbie ini sudah ada sejak tahun 1959. Barbie yang cantik seperti manusia dewasa sungguhan membuat anak-anak tertarik untuk memainkan. Boneka ini bahkan menjadi salah satu mainan yang paling terkenal di sejarah Amerika.

Jika anak perempuan Anda menyukai boneka Barbie, nyatanya hal ini cukup baik karena banyak hal yang bisa dipelajari dari boneka tersebut. Simak berikut ini manfaatnya untuk anak.

    • kegiatan anak dalam permainan boneka mampu meningkatkan keterampilan motorik halus. Seperti misalnya saat anak mengganti pakaian boneka atau menggerakkan boneka maka secara otomatis melatih keterampilan motorik lewat jari.
    • Permainan boneka Barbie mampu mendukung keterampilan sosial pada anak. Tentu memainkan boneka lebih seru bersama teman-teman. Hal ini mendorong anak untuk belajar berkomunikasi satu sama lain.
    • Bermain boneka Barbie membuat anak melati sifat bertanggung jawab. Biasanya saat bermain Barbie anak cenderung memainkan peran, dalam hal ini tentu yang paling dikembangkan adalah imajinasi anak. Bagaimana permainan Barbie bisa membuat anak memiliki cerita tersendiri lewat boneka tersebut.
    • Boneka yang dimainkan bisa membantu anak mengelola emosi. Bagaimana anak memperlakukan boneka tersebut dan merawatnya, merupakan salah satu latihan bagi anak untuk meningkatkan kepedulian terhadap orang lain atau benda yang dimiliki.
    • Bermain boneka Barbie sendirian atau bersama teman-teman membuat anak lebih sering mengobrol. Hal ini tentu bisa meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa, karena kosakatanya akan semakin bertambah setiap hari.
    • bermain boneka Barbie juga bisa melatih kemandirian anak untuk merawat dan menyimpan boneka di tempat yang aman. Agar mainan tersebut tetap awet dan bisa digunakan setiap hari.

 

Demikian 5 mainan anak paling laris sepanjang masa, pasti anda pernah memainkan salah satu dari mainan tersebut ketika masih kecil. Mainan-mainan ini tidak akan bisa tergantikan meski kini gadget bermunculan dengan teknologinya yang semakin canggih. Bahkan mainan-mainan ini bisa menjadi salah satu terapi bagi anak untuk melepaskannya dari bahaya menggunakan gadget terlalu sering.

Sebutkan 5 mainan paling laris didunia !

1. Mobil-mobilan 2. Rubik 3. Lego 4. Lilin Mainan 5. Barbie

Apa manfaat bermain barbie ?

●kegiatan anak dalam permainan boneka mampu meningkatkan keterampilan motorik halus ●Permainan boneka Barbie mampu mendukung keterampilan sosial pada anak ●Bermain boneka Barbie membuat anak melati sifat bertanggung jawab ●Boneka yang dimainkan bisa membantu anak mengelola emos ●Bermain boneka Barbie sendirian atau bersama teman-teman membuat anak lebih sering mengobrol ●bermain boneka Barbie juga bisa melatih kemandirian anak untuk merawat dan menyimpan boneka di tempat yang aman

Apa manfaat permainan rubik?

●Bermain rubik membuat anak bisa belajar untuk menganalisa masalah sejak dini dari berbagai sudut pandang ●Untuk menyelesaikan tantangan rubik maka anak membutuhkan konsentrasi dan fokus yang penuh. ●Bermain rubik membantu anak memahami dan melihat hubungan antara objek atau disebut juga dengan kesadaran spasial ●Ketika bermain rubik secara otomatis membantu anak untuk mengenal pola lebih kuat

Artikel terkait