10 Rekomendasi Mainan Terbaik Untuk Anak

Mainan Terbaik Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Bermain memiliki peranan besar pada tumbuh kembang anak. Untuk itu, orang tua memang sebaiknya cermat dalam memilih mainan anak anak. Mana yang sekiranya terbaik dan memberikan manfaat.

Ada berbagai jenis serta tipe mainan yang bisa dipilih. Namun tentu saja, Anda sebaiknya tidak sembarangan dalam memberikan mainan. Selain terdapat beberapa pertimbangan. Memilih mainan terbaik untuk anak juga harus sesuai dengan kebutuhan pada usia mereka.
 

Memilih Mainan Terbaik Untuk Anak

10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Bila berbicara mengenai mainan terbaik, orang tua cenderung terpaku kepada mainan edukasi. Padahal ada berbagai kategori permainan lain yang akan memberikan manfaat untuk anak. Meski jenis mainan tersebut mungkin tidak bisa dikategorikan sebagai edukasi.

Mainan anak anak perempuan seperti boneka, misalnya. Meski permainan ini bukan merupakan mainan edukasi, namun akan membantu fungsi motorik anak. Selain itu mainan boneka juga mengembangkan imajinasi. Meningkatkan kreativitas pada anak.

Pada tahun 2019 lalu, AAP atau Asosiasi Dokter Anak Amerika memberikan rekomendasi terbaru untuk mainan terbaik. Menariknya, mainan yang masuk ke dalam rekomendasi AAP bukanlah mainan canggih. Bahkan tidak ada mainan dengan layar sentuh atau yang menggunakan baterai.

AAP menyebut bahwa mainan terbaik untuk anak bukanlah yang canggih atau dengan teknologi terbaru. Bukan mainan dengan lampu berkedip, layar, musik, dan lain-lain. Sebaliknya mainan seperti boneka, blok, bola, dan juga papan permainan justru yang masuk ke dalam rekomendasi mainan terbaik ini.

Dr. Aleeya Healey, MD, seorang kepala periset untuk laporan AAP menyebut bahwa saat ini, terutama dengan berbagai macam iklan dan perkembangan teknologi, mengesankan mainan virtual memberikan edukasi.

Padahal sebenarnya justru tidak begitu. Mainan yang terbaik untuk anak harusnya memberi dukungan untuk interaksi orang tua maupun pengasuh.

Interaksi ini yang sayangnya tidak menjadi jaminan terjadi dengan mainan-mainan yang diklaim bersifat edukasi. Jenis mainan tersebut justru membuat anak menjadi pasif.

AAP memberikan rekomendasi mainan terbaik untuk anak, yang dibedakan ke dalam 5 kategori.
 

1. Mainan Simbol

Kategori mainan ini bisa disebut dengan permainan berpura-pura atau peran.

Jenisnya seperti mainan action figures, boneka, masak-masakan, mobil-mobilan, sampai dokter-dokteran dan lainnya.
 

2. Mainan Motorik Halus

Mainan yang akan memberikan rangsangan untuk kerja saraf motorik halus pada anak. Sekaligus juga meningkatkan sifat adaptif serta manipulatif. Jenis mainan ini seperti permainan blok, mainan edukasi anak 1-3 tahun yang berupa berbagai bentuk, kereta-keretaan, puzzle, dan sebagainya.
 

3. Permainan Seni

Salah satu manfaat bermain untuk anak merupakan memupuk jiwa seni. Terutama seni juga dipercaya memiliki peranan besar untuk tumbuh kembang anak. Untuk itu jenis permainan seni seperti menggambar, mewarnai, tanah liat, dan lain-lain juga direkomendasikan oleh AAP.
 

4. Mainan Bahasa dan Konsep

Jenis mainan satu ini akan meningkatkan kerja kognitif anak. Kemampuan berbahasa serta pengenalan konsep akan diperkenalkan melalui jenis permainan ini. Mainan seperti huruf, kartu, sampai board game atau permainan papan menjadi beberapa diantaranya.
 

5. Mainan Motorik Kasar

Permainan motorik kasar akan meningkatkan kerja otot. Mainan jenis ini membantu pertumbuhan fisik anak. Misalnya saja seperti mainan yang sekaligus alat olahraga. Selain itu juga mainan mobil-mobilan dengan ukuran besar, sepeda roda tiga, dan lain-lain.

Mainan dari kategori tersebut diungkapkan oleh AAP memiliki fungsi lain untuk mendorong interaksi dengan anak. Sehingga terjalin kedekatan emosional dengan orang tua.

Tentu saja, permainan dengan kategori di atas sebaiknya memang dimainkan bersama antara orang tua dan anak. Satu hal ini yang sayangnya akan sulit tercapai saat anak bermain dengan gadget.
 

Rekomendasi Mainan Terbaik Anak

Untuk mencari mainan terbaik anak, berikut ini merupakan 10 rekomendasi yang bisa jadi pilihan.
 

1. Mainan Masak-masakan

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Permainan masak-masakan merupakan salah satu mainan terbaik untuk meningkatkan daya imajinasi dan juga kreativitas anak. Permainan jenis ini juga menjadi salah satu yang direkomendasikan oleh AAP sebagai mainan terbaik untuk tumbuh kembang anak.

Cotton, brand mainan terkemuka di bawah naungan PT. Acosta Super Food memiliki mainan Kitchenette yang bisa menjadi pilihan.

Mainan masak-masakan Kitchenette dari Cotton hadir dengan pilihan warna menarik yang akan digemari anak. Kitchenette menjadi mainan anak anak perempuan yang akan cocok untuk usia 3 tahun ke atas.

Salah satu mainan terbaik dari Cotton ini juga akan meningkatkan daya imajinasi anak. Salah satunya dengan perlengkapan bermain masak-masakan yang lengkap.

Di dalam satu set Kitchenette, terdapat kompor, panci, penggorengan, serta talenan sebagai perlengkapan memasak. Selain itu juga ada jenis buah dan sayur serta peralatan makan.
 

2. Mobil Dokter

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Salah satu kategori permainan yang disarankan AAP merupakan mainan simbol. Mainan anak mobil-mobilan dan dokter-dokteran merupakan salah satu jenis dari kategori ini.

Cotton memiliki produk mainan mobil dokter yang pasti akan cocok untuk permainan anak-anak. Mainan ini merupakan set untuk permainan dokter-dokteran. Sekaligus juga mobil-mobilan.

Mobil dokter terdiri dari sebuah mobil. Serta perlengkapan dokter stetoskop dan juga kacamata. Produk mainan ini sudah pasti akan seru dan menyenangkan untuk anak-anak. Sekaligus memupuk imajinasi mereka. Memberikan gambaran atas profesi seorang dokter.

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Selain itu jenis mainan profesi seperti ini juga membuat anak tidak takut bila harus berinteraksi atau memeriksakan diri ke dokter nantinya. Mobil dokter tepat untuk mainan anak berusia 3 tahun ke atas.
 

3. Color Button

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Produk mainan berikutnya dari Cotton ini termasuk ke dalam kategori puzzle. Mainan edukasi anak umur 2 tahun ke atas ini akan membantu pengenalan warna. Sekaligus juga melatih kerja sensorik dan motorik halus pada anak.

Cara bermainnya juga mudah. Bisa dilakukan bersama orang tua dan anak untuk membangun interaksi serta kedekatan.

Akan ada beberapa gambar berbeda dalam satu set permainan Color Button. Setelah memilih gambar sesuai keinginan anak, tinggal memasukan button ke dalam lubang. Anak bisa diajak untuk berkenalan dengan warna-warna yang ada dalam permainan satu ini.
 

4. Kereta Baby Push Walker

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Mainan satu ini bukan hanya sekedar bermanfaat untuk melatih anak berjalan. Baby Push Walker dari Newbie Tech memiliki sederet manfaat lain untuk tumbuh kembang anak.

Seperti juga Cotton, Newbie Tech merupakan brand dari PT. Acosta Super Food. Sehingga kualitas dari mainan sekaligus alat bantu jalan bayi ini tidak perlu diragukan.

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Beberapa manfaat Baby Push Walker diantaranya seperti:

1. Merangsang sistem motorik halus pada anak dan bayi
2. Meningkatkan imajinasi
3. Melatih koordinasi visual dan tangan
4. Mengembankan sistem sensorik
5. Meningkatkan percaya diri anak

Baby Push Walker memiliki mic yang dapat digunakan untuk melatih anak bernyanyi. Sehingga mainan ini akan cocok untuk melatih kemampuan berbicara anak pula.

Selain itu juga ada fitur untuk merekam dan mendengarkan musik dengan Baby Push Walker.
 

5. Magic Sand

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Mainan satu ini sangat pas untuk meningkatkan kesenian pada anak. Magic Sand juga merupakan brand ternama dari PT. Acosta Super Food, yang memproduksi mainan pasir-pasiran dengan kualitas terbaik.

Mainan pasir-pasiran dari Magic Sand dipastikan aman untuk dimainkan. Warna yang digunakan tidak akan luntur. Selain itu mainan juga tidak berbau, tidak lengket, serta mudah dibersihkan.

Magic Sand mampu meningkatkan kreativitas anak berkat adanya berbagai jenis berbeda. Varian ini bisa dipilih sesuai dengan minat dan kesukaan anak. Dalam set masing-masing varian, ada cetakan yang bisa digunakan.

Beberapa varian yang ada untuk Magic Sand diantaranya:

1. Birthday Party
2. Brick Sand
3. Twin Castle
4. Alpha Numeric
5. Animal
6. Dinosaurs
7. Dream Castle
8. Sea World
9. Jungle
10. Transportation
11. Truck

Masing-masing set mainan juga dilengkapi dengan pasir dengan berbagai warna-warna menarik.
 

6. Fun-Doh

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Permainan untuk membentuk dan mencetak memang cara terbaik untuk meningkatkan kreativitas anak. Mainan Fun-Doh, brand dari PT. Acosta Super Food juga salah satunya.

Perusahaan yang jual mainan edukasi anak 2 tahun ini memang unggul dalam segi permainan-permainan yang akan merangsang perkembangan anak.

Fun-Doh juga menjadi mainan unggulan yang akan meningkatkan kreativitas sekaligus kesenian anak. Mainan satu ini sudah pasti aman untuk dimainkan anak. Tidak mengandung bahan-bahan beracun, warna yang tidak mudah luntur, serta mudah dibentuk. Selain itu Fun-Doh juga tidak lengket. Sehingga mudah dibersihkan.

Terdapat berbagai macam varian berbeda untuk Fun-Doh. Di dalam set masing-masing varian akan ada cetakan sesuai tema.
 

7. Baby Mic

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Mainan juga seharusnya mampu meningkatkan kemampuan anak untuk berbahasa. Seperti yang ada dalam rekomendasi dari AAP.

Newbie Tech memiliki mainan Baby Mic yang akan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa sejak bayi.

Mainan ini berupa microphone yang dirancang untuk memperkenalkan suara dan musik kepada bayi. Fitur Baby Mic ada 8 pilihan musik ceria yang akan sesuai untuk anak. Mainan ini juga bisa merekam suara bayi.

Terdapat dua pilihan warna hijau dan merah untuk mainan keren satu ini.
 

8. Spin Wheel

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Rekomendasi berikutnya untuk mainan yang akan mampu meningkatkan konsep dan bahasa adalah Spin Wheel. Mainan dari Newbie Tech ini juga akan pas untuk menjalin interaksi antara anak dan orang tua.

Beberapa manfaat dari permainan Spin Wheel diantaranya seperti:

1. Melatih imajinasi anak
2. Meningkatkan pemahaman akan konsep dan bentuk
3. Memperkenalkan warna
4. Mengajari berhitung

Mainan edukasi ini juga cocok dimainkan untuk anak berusia mulai dari 6 bulan.
 

9. Sepeda

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Sepeda merupakan salah satu mainan yang akan melatih fisik dan motorik kasar pada anak. PT. Acosta Super Food memiliki brand untuk sepeda terbaik, yaitu Funbike.

Terdapat beberapa pilihan sepeda anak dari Funbike, seperti:

1. Funbike with music yang merupakan sepeda anak dengan fitur tambahan musik
2. Lion
3. Mamo
4. Vespa

Sepeda roda tiga dari Funbike bisa dimainkan untuk anak berusia 2 tahun ke atas. Funbike juga sudah memiliki sertifikasi SNI sehingga akan aman saat dimainkan anak.
 

10. Bubble Gun

Mainan Terbaik Untuk Anak - 10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anak - Acosta

Permainan lain untuk motorik dan perkembangan fisik anak adalah Bubble Gun. Mainan dari brand PT. Acosta Super Food, Airball ini meningkatkan aktivitas fisik pada anak.

Selain itu seperti juga mainan lain dari PT. Acosta Super Food, Bubble Gun aman untuk dimainkan. Diproduksi dengan material berkualitas.

Mainan satu ini cocok untuk anak berusia 3 tahun ke atas. Mainan anak anak dari PT. Acosta Super Food memang menjadi rekomendasi terbaik. Kualitas yang dipertahankan oleh perusahaan anak bangsa ini tidak kalah dengan merek internasional.

Selain itu, mainan yang ada juga membantu perkembangan anak. Seperti yang direkomendasikan dari AAP. Semoga rekomendasi di atas membantu memilih mainan terbaik untuk anak Anda!

Sebutkan rekomendasi kategori mainan terbaik untuk anak!

1. Mainan Simbol 2. Mainan Motorik Halus 3. Permainan Seni 4. Mainan Bahasa dan Konsep 5. Mainan Motorik Kasar

Sebutkan manfaat Baby Push Walker

1. Merangsang sistem motorik halus pada anak dan bayi 2. Meningkatkan imajinasi 3. Melatih koordinasi visual dan tangan 4. Mengembankan sistem sensorik 5. Meningkatkan percaya diri anak

Sebutkan varian yang ada untuk Magic Sand!

1. Birthday Party 2. Brick Sand 3. Twin Castle 4. Alpha Numeric 5. Animal 6. Dinosaurs 7. Dream Castle 8. Sea World 9. Jungle 10. Transportation 11. Truck

Artikel terkait