5 Mainan untuk Stimulasi Bayi Usia 3 Bulan

5 Mainan untuk Stimulasi Bayi Usia 3 Bulan - Acosta Super Food

Apakah bayi baru lahir memerlukan mainan bayi meskipun mereka belum mengerti? Jawabannya adalah iya. Proses belajar anak di awal kehidupannya dilakukan dengan cara bermain. Karena itu orang tua wajib memilihkan jenis mainan anak yang tepat sesuai usianya.

Simak ulasan berikut untuk menambah wawasan anda.

Perkembangan Anak di Usia 3 Bulan

5 Mainan Untuk Stimulasi Bayi Usia 3 Bulan - Acosta

Untuk dapat memilih mainan bayi sesuai usia, Bunda dan Ayah perlu memahami dulu tahapan pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Sejak dilahirkan anak akan mempelajari berbagai hal di lingkungan sekitarnya melalui indera penglihatan.

Seiring pertambahan usia dan tumbuh kembangnya, kemampuan fisik serta psikis anak juga semakin bertambah. Ini misalnya dalam hal logika, sensori, motoric kasar dan halus, dan sebagainya. Pada usia 3 bulan, inilah tahapan perkembangan buah hati anda.

 

Tengkurap

Di usia 3 bulan bayi akan mulai belajar tengkurap seiring dengan meningkatnya kekuatan otot-otot di bagian leher dan punggung. Ini adalah tahap awal untuk gerakan berguling sehingga nantinya bayi dapat tengkurap dan telentang sendiri tanpa dibantu

 

Respon Mata

Perkembangan indera penglihatan anak akan semakin bertambah pada usia 3 bulan, yaitu dapat merespon cahaya serta benda-benda di dekatnya.

 

Pergerakan Kaki dan Tangan

Pada usia tersebut gerakan tangan, jari, serta tungkai anak semakin aktif. Si kecil akan semakin sering membuka dan menutup jemarinya.

Saat orang dewasa meletakkan jari pada telapak tangannya, biasanya bayi akan merespon dengan menggenggamnya. Selain itu anak juga mulai suka memasukkan jari-jari ke dalam mulutnya.

 

Mengenali Suara

Anak akan mulai mengenali suara orang-orang di sekitarnya misalnya orang tua, nenek kakek, atau saudara.

 

Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Bayi 3 Bulan

Untuk menunjang tumbuh kembangnya, orang tua harus cermat dalam memilih mainan untuk buah hati. Jadi mulai sekarang jangan lagi memandang aktivitas bermain anak hanya sekedar untuk bersenang-senang dan menjadi hiburan orang-orang yang lebih dewasa.

Kegiatan bermain sangat penting bagi anak dan sebagai langkah awal, anda bisa menyediakan mainan edukasi untuk menstimulasi anak. Inilah daftarnya untuk anda.

 

Baby Playmat dan Playgym

5 Mainan Untuk Stimulasi Bayi Usia 3 Bulan - Acosta

 

Perangkat bermain untuk bayi 3 bulan sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan mainan bayi 4 bulan. Salah satunya adalah baby playmat dan playgym. Playmat adalah karpet yang didesain sebagai tempat bermain bayi.

Teksturnya empuk sehingga bayi nyaman berbaring, tengkurap, dan bermain di atasnya sekaligus menstimulasi indera perabanya. Playmat biasanya berwarna-warni cerah dengan gambar-gambar menarik untuk merangsang indera penglihatan anak.

Alangkah baiknya jika karpet bermain ini juga dilengkapi playgym, yaitu mainan bayi 3 bulan digantung pada tiang pendek (biasanya berbentuk lengkung). Aneka mainan berwarna cerah pada playgym dapat membangkitkan rasa ingin tahu anak sehingga berusaha menyentuh atau mengamatinya.

Mainan gantung yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian juga berguna untuk mendukung perkembangan indera pendengarannya.

Gabungan kedua perangkat tersebut berguna untuk memancing ketertarikan si kecil menjelajah lingkungan sekitar. Berbaring sambil menggerak-gerakkan kaki dan tangan, atau tengkurap di atas playmate adalah kegiatan bermain yang dapat memperkuat otot-otot anak.

 

Rattle (Kerincingan)

5 Mainan Untuk Stimulasi Bayi Usia 3 Bulan - Acosta

Harga mainan bayi yang satu ini dapat dikatakan umumnya cukup terjangkau. Selain playgym, Bunda atau Ayah dapat memilih mainan kerincingan untuk menstimulasi gerakan tangannya. Bayi pasti tertarik untuk memainkannya karena rattle dapat berbunyi saat diguncang-guncangkan.

Gerakan menggenggam dan menggoyangkan rattle berulang-ulang lambat laun akan membuat otot-ototnya semakin kuat. Mainan rattle yang aman untuk bayi harus memenuhi beberapa kriteria.

Ini misalnya ringan, mudah diangkat serta digenggam, dan terbuat dari bahan yang lembut. Mainan rattle tidak perlu dilengkapi dengan pita, kancing, atau dekorasi lain yang dapat dilepaskan. Bagian-bagian kecil ini bisa tertelan atau memicu tersedak yang dapat membahayakan bayi.

Untuk mendapatkan mainan rattle yang aman, Acosta adalah pilihan terbaik. Kami telah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun dalam industri mainan anak edukasi yang berkualitas. Seluruh produk dari Acosta Super Food telah mengantongi sertifikat SNI sehingga terjamin keamanannya.

 

Mainan Cermin

5 Mainan Untuk Stimulasi Bayi Usia 3 Bulan - Acosta

 

Bayi biasanya senang melihat refleksi dirinya sendiri di cermin. Karena itu mainan demikian ini cocok bagi bayi usia 3 bulan, mainan untuk bayi 10 bulan, atau pada usia yang lebih tua lagi. Untuk model mainan demikian ini sebaiknya jangan menggunakan cermin atau kaca sungguhan yang bisa pecah bila jatuh.

Saat melihat bayangan dirinya, bayi distimulasi untuk meningkatkan fokus. Bayi mungkin mengira bayangan dirinya sendiri pada cermin adalah teman sebayanya sehingga merespon dengan mengajak berkomunikasi.

Walaupun kedengarannya seperti celotehan tanpa arti, namun ini adalah bentuk stimulasi melatih kecerdasan bahasa serta social.

 

 

Mainan Gigit (Teether)

Bentuk teether yang paling umum adalah seperti kue donat agar bayi lebih mudah menggenggamnya. Bahan yang digunakan adalah silikon padat yang aman.

Manfaat mainan gigit ini adalah untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Kalau anda melihat si kecil mulai sering menggigit jemarinya serta mengeluarkan banyak air liur, ini tandanya giginya mulai tumbuh.

Selain dapat menstimulasi pertumbuhan gigi, teether juga berfungsi untuk memperkuat otot tangan bayi saat menggenggamnya.

Mainan gigit bayi ini pasti akan menjadi favorit si kecil karena dapat membantunya mengurangi rasa gatal pada gusi saat tumbuh gigi. Bunda atau ayah juga dapat mendinginkan sebentar mainan ini di kulkas untuk memberikan rasa nyaman pada gusi si kecil. Tetapi ingat, jangan sampai terlalu dingin.

 

Mainan Gantung

5 Mainan Untuk Stimulasi Bayi Usia 3 Bulan - Acosta

Mainan bayi 3 bulan digantung atau musical mobile berfungsi untuk menstimulasi sekaligus indera pendengaran serta penglihatannya. Mainan gantung ini juga merangsang anak untuk bersuara sebagai bentuk mengekspresikan perasaannya.

Ini misalnya saat si kecil tertarik, kagum, atau heran dengan mainan berwarna cerah yang bisa berputar dan mengeluarkan bunyi-bunyian.

Selain 5 mainan di atas, membelikan buku-buku cerita bergambar cerah juga sangat disarankan. Terbiasa mendengarkan suara orang dewasa yang membacakan dongeng dari buku anak diketahui dapat membantu perkembangan kecerdasan berbahasanya.

Buku-buku cerita tersebut kemudian dapat anda simpan untuk dibaca sendiri oleh buah hati saat dia sudah besar.

 

Panduan Memilih Mainan untuk Bayi

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bagi anak aktivitas bermain lebih dari sekedar hiburan, tetapi bisa membawa dampak besar pada tumbuh-kembangnya. Saat ingin memilih mainan bagi buah hati anda, perhatikanlah beberapa hal berikut ini!

Pilih Mainan Sesuai Usia Anak

Permainan anak, apalagi yang berlabel mainan edukatif biasanya menyertakan rekomendasi usia pada kemasannya. Artinya perangkat tersebut sudah dirancang sesuai tahapan kemampuan anak pada usia dimaksud. Ini misalnya mainan bayi 10 bulan, 3 bulan, atau 1 tahun ke atas.

Mainan kereta dorong bayi berupa stroller mungil dengan boneka misalnya, lebih cocok dihadiahkan untuk putri anda yang sudah bisa berjalan. Kira-kira mulai usia 2 tahun. Mainan stroller tersebut tidak cocok untuk bayi karena mereka belum mengerti dan tidak dapat menggunakannya.

 

Pastikan Keamanan Material Pembuatnya

Untuk bayi berusia 3 bulan mainannya tidak boleh mempunyai bagian-bagian kecil yang mudah dilepas, seperti baterai kancing, hiasan, magnet, dan sebagainya.

Resikonya untuk bayi bisa sangat fatal, yaitu tertelan dan tersedak. Apalagi kelompok usia tersebut senang sekali memasukkan apapun kedalam mulutnya.

Orang tua juga perlu mencermati mainan yang akan dibeli untuk si kecil tidak mempunyai bagian-bagian yang tajam atau pewarna berbahaya.

 

Ukuran Mainan Harus Sesuai

Ukuran mainan seharusnya sesuai dengan besar tubuh anak. Contohnya mainan kerincingan seharusnya cukup ringan untuk diangkat dan dimainkan bayi berumur 3 bulan.

Mainan yang terlalu berat mungkin hanya membuatnya tertarik di awal dan setelah itu mengabaikannya karena sulit dimainkan. Selain itu mainan yang bobotnya terlalu berat juga bisa membahayakan si kecil.

 

Mainan Anak Harus Mudah Dibersihkan

Daya tahan dan kekebalan tubuh bayi masih rentan terhadap infeksi virus dan bakteri. Inilah sebabnya orang tua sebaiknya membersihkan benda-benda yang sering digunakan, termasuk mainan.

Inilah alasannya sebaiknya anda memilih mainan yang gampang dibersihkan, misalnya dengan sabun dan air atau menggunakan mesin cuci. Jangan lupa gunakan bahan pembersih dengan kandungan desinfektan yang aman.

 

Hindari Mainan yang Terbuat Dari Bahan Beracun

Yang dimaksud beracun di sini adalah material dengan kandungan bahan seperti timah, merkuri, arsen, cadmium, plasticizers, phthales, dan sebagainya. Jika terhirup bahan-bahan kimia tersebut bisa membahayakan kesehatan anak.

Jika keamanan anak adalah prioritas utama anda, berarti satu-satunya pilihan adalah produk mainan edukasi Acosta. Inilah alasannya mengapa Acosta sebaiknya menjadi mitra terbaik anda dalam mendampingi tumbuh kembang buah hati.

 

Keunggulan Produk Mainan Edukasi Dari Acosta Super Food

Kami terdaftar sebagai PT Acosta Super Food yang hadir untuk memenuhi kebutuhan buah hati Anda akan permainan edukasi. Misi kami adalah turut berpartisipasi dalam meningkatkan kreativitas serta kecerdasan anak-anak Indonesia.

Inilah sebabnya produk buatan Acosta harganya sangat terjangkau tanpa mengurangi kualitas mainan. Ini termasuk harga mainan bayi yang digantung, mainan kerincingan, mainan gigit, playmat dan playgym, dan sejenisnya.

Sampai saat ini kami telah meluncurkan lebih dari 100 jenis mainan edukasi, termasuk produk untuk bayi. Dapatkan produk terbaik kami untuk buah hati di toko mainan terdekat atau dengan belanja online.

Tak perlu ragu mempercayakan Acosta untuk menyediakan mainan bernuansa edukasi untuk putra-putri anda. Inilah alasannya:

    • Acosta adalah produk lokal berkualitas sehingga harganya cukup bersahabat.
    • Mainan bayi edukasi produk Acosta dirancang dengan desain yang menarik, warna-warni, dan menggemaskan.
    • Seluruh produk kami dijamin hanya menggunakan material yang aman tanpa kandungan bahan yang membahayakan kesehatan dan keamanan bayi. Mainan edukasi Acosta juga sangat awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.
    • Seluruh produk mainan Acosta telah lolos uji untuk mendapatkan sertifikat SNI yang menjamin kualitasnya.
    • Label edukasi pada produk kami bukanlah pemanis belaka, namun memang benar-benar mengandung unsur pendidikan. Produk mainan Acosta dirancang sesuai tahapan usia anak untuk menunjang proses tumbuh-kembangnya.

Misalnya mainan rattle, playmat dan playgym, serta silicon gigit untuk melatih motorik serta sensorik anak.

Kami juga menyediakan mainan edukasi untuk meningkatkan daya imajinasi dan kepercayaan diri si kecil pada usia yang lebih besar.

Bunda dan ayah, selain menyediakan mainan edukasi untuk buah hati anda, jangan lupa bahwa kehadiran orang tua juga sangat penting. Jadi jangan melewatkan waktu mendampingi aktivitas bermain anak untuk mengoptimalkan momen tumbuh-kembangnya.

 

Semoga ulasan tentang mainan bayi di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda. Untuk mendapatkan informasi detail tentang produk mainan edukasi Acosta, silahkan mengakses website kami.

5 Mainan untuk Stimulasi Bayi Usia 3 Bulan

1. Baby Playmat dan Playgym 2. Rattle (Kerincingan) 3. Mainan Cermin 4. Mainan Gigit (Teether) 5. Mainan Gantung

5 Keunggulan Produk Mainan Edukasi Dari Acosta Super Food

● Acosta adalah produk lokal berkualitas sehingga harganya cukup bersahabat. ● Mainan bayi edukasi produk Acosta dirancang dengan desain yang menarik, warna-warni, dan menggemaskan. ● Seluruh produk kami dijamin hanya menggunakan material yang aman tanpa kandungan bahan yang membahayakan kesehatan dan keamanan bayi. Mainan edukasi Acosta juga sangat awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. ● Seluruh produk mainan Acosta telah lolos uji untuk ● mendapatkan sertifikat SNI yang menjamin kualitasnya.

3 Harga Terjangkau Mainan Anak Terbaik

1. Baby Playmat dan Playgym 2. Rattle (Kerincingan) 3. Mainan gigit (Teether)

Artikel terkait