8 Mainan Seru untuk Bayi Usia 2 Bulan

8 Mainan Seru untuk Bayi Usia 2 Bulan-12

Bayi yang berusia 2 bulan membutuhkan mainan seru sekaligus menyenangkan untuk menstimulasi panca inderanya. Simak rekomendasinya berikut ini.

Bingung membelikan mainan untuk bayi usia 2 bulan? Di saat usia bayi anda menginjak 2 bulan, panca inderanya sudah mulai berfungsi. Olehnya itu, pilihlah mainan seru yang tidak hanya untuk menyenangkan bayi tapi juga mampu menstimulasi fungsi indera bayi. Berikut beberapa jenis mainan bayi laki-laki 2 bulan yang paling seru dan recommended. Disimak, Yuk !

Mainan Seru untuk Bayi Usia 2 Bulan

Usia dimana anak sudah ingin tahu banyak hal menjadi usia paling tepat untuk diberikan mainan. Mainan untuk anak bayi laki-laki yang paling cocok dimainkan di usia 2 bulan yaitu:

Mainan-Seru-untuk-Bayi-Usia-2-Bulan-2 - Acosta Super Food

 

1. Plush Toys

Mainan bayi laki-laki di usia 2 bulan cocoknya diberi mainan plush toys. Mainan berbentuk boneka yang bisa mengeluarkan bunyi saat dipencet sangat baik untuk perkembangan indera bayi anda. Plush toys terbuat dari fiber sintetik sebagai poliester yang lembut dan nyaman di kulit bayi.

Plush toys sangat aman bagi bayi karena dibuat dari bahan yang nyaman dan lembut ketika digenggam. Untuk mainan bayi laki, anda bisa memilih plush toys dengan berbagai karakter hewan. Terdapat pula plush toys yang bisa mengeluarkan cahaya sehingga mainan ini akan semakin menarik.

Ukuran plush toys yang disesuaikan dengan bayi berumur 2 bulan membuatnya bisa dimainkan dan dipeluk oleh bayi. Plush toys dengan tampilan warna yang menarik menjadi stimulus dasar untuk mengenalkan bayi dengan warna. Plush toys bisa anda bersihkan dengan memasukkannya ke mesin cuci.

 

2. Music Toy

Music toy menjadi mainan yang paling tepat untuk mendukung perkembangan auditori si kecil. Music toy yang cocok untuk bayi usia 2 bulan tentunya yang langsung dapat mengeluarkan bunyi ketika disentuh.

Agar aman buat bayi, pilihlah music toy dengan bahan yang lembut dan tidak beracun apabila dimasukkan ke mulut. Mainan kecrekan jadi salah satu mainan musik yang aman buat bayi.

Mainan kecrekan akan selalu sukses menarik perhatian bayi hingga dapat membuat bayi memberi respon dengan tersenyum hingga tertawa. Jenis music toy lainnya yaitu kotak music yang memainkan musik bernada lembut dan menenangkan.

Kotak musik juga dapat diganti dengan MP3 player ataupun pemutar musik yang ada di Handphone. Namun penting untuk memilih musik yang sesuai untuk usia bayi anda dengan volume yang tidak terlalu tinggi. Alunan musik tidak hanya mengembangkan kemampuan pendengaran bayi tapi juga mampu menstimulasi kemampuan kognitif.

 

3. Rattle

Rattle - Acosta Super Foood

Mainan yang juga menghasilkan suara ini memang dibuat untuk bayi usia 2 hingga 3 bulan. Rattle dirancang agar bisa dipasangkan pada kaki atau tangan bayi. Jadi, saat bayi bergerak rattle akan mengeluarkan bunyi gemerincing yang disukai bayi.

Mainan ini dapat menstimulasi indera pendengaran dan penglihatan bayi. Terdapat pula jenis rattle yang bisa digenggam dan dimainkan bayi. Saat anda menggerakkan rattle ke arah kiri dan kanan di hadapan bayi, anda bisa menguji refleks penglihatan dari bayi anda.

Rattle juga membantu bayi mempelajari sebab-akibat saat bayi mencoba mengontrol sendiri gerakan dan bunyi dari rattle.

 

4. Mainan Gantung

4. Mainan Gantung - Acosta Super Food

Mainan bayi laki-laki usia 2 bulan lainnya yaitu mainan gantung. Motorik bayi yang masih terbatas menjadikan mainan gantung paling cocok di usia bayi 2 bulan.

Mainan gantung membantu bayi melatih pengamatan/penglihatan bayi, mengembangkan kemampuan audio dengan mendengarkan bunyi yang dihasilkan dari mainan gantung. Mainan gantung biasanya ditempatkan di atas boks bayi yang posisinya tidak terlalu tinggi.

Hal ini bertujuan agar bayi belajar menggapai benda sehingga motoriknya juga ikut terasah. Namun perlu diperhatikan keamanan dari mainan yang digantung. Pastikan mainan tidak gampang jatuh dan posisinya stabil sehingga berisiko menimpa bayi anda.

 

5. Play Gym

5.Play Gym - Acosta Super Food

Mainan yang satu ini bisa dikatakan seperti arena permainan mini buat bayi. Play gym menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi bayi untuk bermain dan beraktivitas. Play gym merupakan karpet empuk dan nyaman untuk tempat bayi bisa beraktivitas.

Play gym biasanya didesain dengan warna-warna menarik yang juga dilengkapi rattle serta mainan gantung di atasnya. Pada play gym juga dilengkapi lampu berwarna, musik, cermin bayi, dan berbagai material berbeda tekstur yang nyaman buat bayi.

Dengan play gym, bayi bisa mengasah kemampuan sensorik serta motoriknya. Bayi juga dapat mengetahui keadaan sebab-akibat. Mainan gantung dapat membuat bayi berusaha meraih atau menendangnya sehingga bayi menjadi lebih aktif.

Bisa dibilang, play gym merupakan paket lengkap untuk semua mainan yang dibutuhkan berusia 2 bulan. Bagusnya, play gym mudah untuk dibersihkan dan mainan ini termasuk kategori portable sehingga mudah dibawa kemana-mana.

 

6. Soft Book

 

Tidak salah jika anda lebih dini mengenalkan si kecil dengan buku. Soft book bisa jadi pilihan terbaik sebagai mainan anak bayi laki-laki pada usia 2 bulan. Sesuai namanya, jenis buku ini berbahan kain yang lembut sehingga aman untuk kulit bayi. Umumnya soft book berbahan kain katun hingga kain sutra.

Soft book berisi gambar-gambar menarik berwarna-warni yang bisa menyita perhatian bayi anda. Sambil menggendong si kecil, anda bisa memperlihatkan softbook dan membiarkan bayi menyentuh apa yang dilihatnya.

Buku berbahan kain mampu menstimulasi indera penglihatan juga indera peraba. Soft book dapat dibersihkan dengan cara dicuci, sehingga anda tetap bisa menjaga kebersihan mainan si kecil.

 

7. Bola

Satu lagi nih, bola untuk mainan untuk bayi laki-laki. Bola yang dimaksud bukan untuk ditendang layaknya bola yang kita kenal. Mainan bola ini dibuat agar bayi bisa belajar merangkak. Mainan bola ini berbahan kain yang lembut yang bisa mengeluarkan bunyi saat dilempar atau diguncang.

Bola mainan ini juga dibuat warna-warni agar bayi tertarik memainkannya. Mainan bola biasanya dibuat tidak semulus bola pada umumnya. Hal ini agar bayi bisa belajar merasakan perbedaan tekstur yang ada pada bola.

 

8. Cermin Anti Pecah

Bayi sangat menyenangi segala benda yang bersinar atau berkilau seperti cermin. Di usia 2 bulan, bayi sedang senang-senangnya menatap bayangan sendiri di cermin. Saat bayi memandang bayangannya, tidak jarang mereka akan tersenyum bahkan berusaha menggapai bayangannya.

Cermin anti pecah tentunya tidak terbuat dari kaca melainkan plastik. Anda bisa memilihkan mainan dari cermin anti pecah yang aman buat bayi dengan bingkai yang menarik. Mainan ini sangat membantu bayi untuk mengenali dirinya dan juga motorik bayi.

Saat bayi melihat bayangannya di cermin, bayi cenderung akan mengikuti gerakan bayangannya sendiri. Dengan cermin, juga dapat melatih fokus bayi.

 

Tips Memilih Mainan untuk Bayi Usia 2 Bulan

Memilih mainan yang tepat untuk bayi bukanlah perkara mudah. Pasalnya, anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli. Hal ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan bayi anda saat memainkan permainan.

Beberapa tips yang bisa dijadikan acuan saat memilih mainan untuk bayi berusia 2 bulan, diantaranya:

  • Bayi berusia 2 bulan sangat tertarik dengan segala benda yang berwarna-warni. Hal ini berlaku juga pada mainan, pilihlah mainan yang memiliki warna beragam serta mencolok yang saat bayi anda melihatnya perhatian si bayi akan langsung tersita dengan kehadiran mainan berwarna cerah dan mencolok.
  • Tindakan bayi yang paling umum saat diberi mainan, maka akan langsung dimasukkan ke dalam mulut. Olehnya itu, penting untuk memperhatikan cat atau pewarna mainan tidak mudah terkelupas atau luntur. Hal ini untuk mencegah bayi menelan pewarna dari mainan yang bisa saja mengandung zat racun.
  • Pilihlah mainan yang berkualitas. Mainan anak yang berkualitas bisa dijamin keamanannya karena telah lolos uji produk yang ketat. Mainan yang berkualitas akan memperhatikan pemilihan bahan dan pewarna untuk mainan. Tiap elemen kecil dari mainan berkualitas seperti benang akan dijahit dengan benang yang tebal dan kuat, juga mainan akan tetap kokoh dan kuat walau dibanting berulang kali oleh si kecil.
  • Untuk keamanan ekstra, pilihlah mainan yang tidak mengandung banyak ornamen atau elemen-elemen kecil yang bisa copot atau lepas. Pilihlah mainan yang aman di segala sudut dan sisinya.
  • Suara dan bunyi mampu menarik perhatian bayi. Jadi, pilihkan bayi anda mainan yang bisa mengeluarkan bunyi agar bayi anda dapat merangsang kemampuan auditorinya.
  • Penting untuk selalu menjaga kebersihan mainan dari bayi anda. Pilihlah mainan yang mudah dibersihkan dan dicuci.
  • Pilihlah mainan berukuran pas dengan genggaman bayi. Jadi bayi tidak akan kesulitan menggapai dan memainkan mainan.
  • Hindari memberi mainan berupa koin, kelereng, bola yang berdiameter kurang dari 4,4 cm. Hal ini untuk menghindari resiko bayi tersedak saat bermain.
  • Mainan yang diproduksi dari home industry harus anda cek secara seksama. Dikarenakan mainan yang dijual tidak melalui uji keamanan sebelum dipasarkan.
  • Jauhkan mainan dari balita anda jika mainan sudah rusak. Karena terdapat kemungkinan mainan rusak dapat melukai balita saat bermain.
  • Tidak dianjurkan untuk memberi bayi dan balita mainan balon. Balon sangat berbahaya dan beresiko membuat anak tersedak.

 

Bahan Kimia yang Tidak Boleh Ada di Mainan Bayi Anda

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengeluarkan daftar bahan kimia yang tidak boleh dikandung oleh mainan anak termasuk bayi dan balita.

  1. Metil keton, bahan kimia ini biasa menjadi campuran pada proses pembuatan pakaian boneka.
  2. Kobalt, menjadi bahan dasar dalam pembuatan plastik. Industri mainan tidak jarang menggunakan kobalt untuk membuat mainan berbahan plastik.
  3. Antimoni, umumnya menjadi bahan dalam produksi kursi bayi.
  4. Etilen glikol, rambut boneka biasanya menggunakan bahan kimia ini.
  5. Merkuri dan timbal, yang menjadi campuran dalam cat yang dipakai untuk mewarnai mainan.
  6. D4 dan parabens yang menjadi salah satu bahan untuk membuat mainan juga tisu basah.

Bahan-bahan kimia yang tertera di atas dapat berbahaya bagi kesehatan bayi dan balita. Seperti penyakit asma, batuk, hing=ga resiko penyakit kanker.

Cara mencegah agar balita anda tidak terpapar bahan kimia di atas, anda perlu melakukan pengecekan. Anda bisa memeriksa bahan mainan pada kemasan atau boks mainan.

Rekomendasi mainan seru yang telah dibahas di atas bisa membantu anda dalam memilih mainan paling sesuai dan aman untuk anak. Selektif dalam memilih mainan akan menghilangkan kekhawatiran para orangtua saat si kecil bermain dengan permainannya. Jadi, telitilah sebelum membeli!

3 Mainan Seru untuk Anak Usia 2 Bulan

1. Plush Toys 2. Play Gym 3. Mainan Gantung

6 Bahan Kimia yang Tidak Boleh Ada di Mainan Bayi Anda

1. Metil keton, bahan kimia ini biasa menjadi campuran pada proses pembuatan pakaian boneka. 2. Kobalt, menjadi bahan dasar dalam pembuatan plastik. Industri mainan tidak jarang menggunakan kobalt untuk membuat mainan berbahan plastik. 3. Antimoni, umumnya menjadi bahan dalam produksi kursi bayi. 4. Etilen glikol, rambut boneka biasanya menggunakan bahan kimia ini. 5. Merkuri dan timbal, yang menjadi campuran dalam cat yang dipakai untuk mewarnai mainan. 6. D4 dan parabens yang menjadi salah satu bahan untuk membuat mainan juga tisu basah.

3 Tips Memilih Mainan Untuk Bayi Usia 2 Bulan

● Pilihlah mainan berukuran pas dengan genggaman bayi. Jadi bayi tidak akan kesulitan menggapai dan memainkan mainan. ● Hindari memberi mainan berupa koin, kelereng, bola yang berdiameter kurang dari 4,4 cm. Hal ini untuk menghindari resiko bayi tersedak saat bermain. ● Mainan yang diproduksi dari home industry harus anda cek secara seksama. Dikarenakan mainan yang dijual tidak melalui uji keamanan sebelum dipasarkan.

Artikel terkait