Mainan Pasir

Mainan pasir kinetik kini jadi tren karena punya banyak manfaat untuk perkembangan anak. Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ulasannya.

Pantai menjadi salah satu tempat liburan paling favorit anak-anak. Ketika sedang berada di pantai, aktivitas yang paling disukai anak adalah bermain pasir. Untuk memenuhi kesukaan anak-anak itu, kini banyak didapat mainan pasir di toko-toko mainan. 

Ternyata, mainan pasir kinetik memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya anak. Berikut manfaat yang bisa diperoleh dari pasir ajaib tersebut.

1. Melatih Kreativitas Anak

Pasir kinetik sangat fleksibel, bisa dibentuk menjadi benda apapun. Sebagai orang tua, Anda harus membiarkan anak bebas berimajinasi dan berkarya dengan pasir kinetik.

Manfaat mainan pasir ini bisa membantu mengembangkan kreativitas anak. Dengan mainan pasir kinetik, anak bisa membuat berbagai bentuk mainan layaknya sedang menikmati pasir di pantai.

Dengan menggunakan berbagai macam bentuk cetakan, anak Anda akan semakin terangsang untuk berkreasi. Dia bisa menciptakan hal-hal baru atau memecahkan berbagai persoalan di kemudian hari.

2. Melatih Motorik

Teksturnya yang unik serta terasa halus apabila disentuh tangan, membuat mainan pasir kinetik sangat disukai anak-anak. Kebiasaan bermain pasir ini akan membuat anak Anda aktif menggerakkan jari-jarinya di pasir tersebut.

Selama dia bermain dengan mainan pasir pasiran ini, dia akan melakukan banyak hal dengan jari jemarinya. Anak akan semakin terangsang untuk mengeruk menggenggam, membentuk, menekan, dan berbagai gerakan lainnya.

Bermain pasir kinetik sangat penting karena akan melatih motorik halus. Perlu Anda ketahui, kemampuan motorik halus merupakan kemampuan fisik anak yang menggabungkan pergerakan otot kecil, tangan, dan mata.

Kemampuan motorik halus pada anak bisa menjadi gambaran kemampuan akademik anak di masa depan. Untuk itu, orangtua harus mengasahnya, salah satunya dengan mengajak bermain pasir kinetik.

3. Melatih Kemampuan Kognitif

Manfaat mainan pasir kinetik yang lain adalah dapat melatih kemampuan kognitif anak Anda. Melalui permainan pasir ini, anak akan termotivasi untuk mengenal dan mempelajari berbagai hal dengan menggunakan mata dan tangannya.

Kemampuan kognitifnya semakin meningkat karena bisa membedakan tekstur pasir, misalnya halus dan kasar, basah dan kering, dan lain-lain.

Mengasah kemampuan kognitif sangat penting untuk melatih anak berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

4. Melatih Anak Bersosialisasi

Umumnya, seorang anak akan lebih asyik bermain pasir pasiran sendiri. Namun, Anda dapat mengajak anak-anak yang lain main pasir bersama agar di antara mereka bisa saling berinteraksi.

Pada saat anak main pasir kinetik bersama dan terjadi interaksi, secara tidak langsung mereka sedang belajar cara bersosialisasi serta mengembangkan kemampuan komunikasinya.

Mainan pasir pantai akan meningkatkan kemampuan berbicara serta kemampuan bersosialisasi. Dimulai dari yang paling sederhana, misalnya menanyakan bentuk mainan apa yang ingin dibuat dengan pasir pasiran, dan sebagainya.

Mereka juga menjadi suka berbagi. Mereka akan meminjamkan peralatan kepada temannya ketika temannya membutuhkan peralatan.

5. Memberi Sensasi Baru pada Alat Sensori

Bermain dengan pasir pasiran juga dapat memberikan pengalaman baru terhadap alat sensori. Hal ini tentu berbeda dengan kebiasaan anak yang suka bermain gadget.

Permainan gadget tidak memberikan rangsangan terhadap alat sensori, seperti tangan. Anak yang suka main gadget juga tidak akan merasakan pengalaman baru ketika menyentuh barang-barang dengan tekstur unik.

Sementara mainan pasir anak akan membuat alat sensori bekerja mendeteksi suatu benda bertekstur yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

6. Membantu Anak Lebih Tenang dan Fokus

Umumnya, anak-anak menjadi lebih tenang ketika diajak bermain di pasir pantai. Namun, Anda tidak perlu mengajak anak-anak ke pantai. Saat ini banyak mainan pantai anak yang menawarkan suasana seperti pantai yang sesungguhnya.

Ajak anak-anak untuk bermain di pasir kinetik, yang dijamin memberikan pengalaman yang sama ketika Anda bermain di pasir pantai.

Inilah salah satu manfaat mainan pasir kinetik, yakni membuat anak lebih tenang dan fokus dalam bermain. Tak heran jika pasir kinetik sering dipakai sebagai sarana terapi penyembuhan bagi pasien yang temperamen atau gagal fokus.

7. Menjadi Sarana Belajar

Mainan pasir pasiran kinetik tidak hanya sebagai media untuk bermain namun juga sebagai sarana untuk belajar. Saat anak baru belajar baca tulis, misalnya, Anda bisa memanfaatkan pasir kinetik untuk mengajarinya.

Media pasir kinetik juga cocok untuk membantu anak yang mengalami kesulitan belajar dengan buku. Pasir ajaib ini dijamin disukai anak-anak, karena dalam belajar ada unsur permainan.

Gunakan media pasir pasiran ini untuk belajar membaca dan menulis. Anda juga bisa memanfaatkan kinetic sand untuk belajar berhitung.

Cara Membuat Pasir Kinetik

Mainan pasir kinetik bisa diperoleh di toko-toko mainan anak. Sayang, harganya tergolong cukup mahal. Namun, jangan khawatir. Anda bisa membuat sendiri mainan pasir ajaib tersebut.

Cara membuat pasir ajaib juga tergolong cukup mudah. Berikut langkah-langkah  cara pembuatannya yang perlu Anda ikuti.

1. Menyediakan Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang harus disediakan sebelum memulai membuat pasir kinetik, antara lain:

  • 3 cangking tepung kanji (maizena)
  • 1 ½ cangkir air
  • 6 cangkir pasir bersih dan halus

Bahan pasir bisa didapatkan saat Anda berlibur di pantai. Atau, untuk mendapatkan pasir dengan tekstur bersih dan halus, Anda bisa membelinya di toko mainan.

2. Campurkan Air Dengan Tepung Kanji

Setelah semua bahan disiapkan, langkah pertama adalah menuangkan 1 ½ cangkir air ke dalam wadah besar. Agar pasir kinetik terlihat menarik dan colorful, Anda bisa menambahkan pewarna makanan cair atau cat air.

Campurkan ekstrak lemon atau vanila ke dalam pewarna agar mainan pasir kinetik memiliki bau harum. Sebaiknya bahan pewarna yang dipakai bahan pewarna untuk makanan saja supaya aman bagi anak.

Selanjutnya, masukkan campuran air, pewarna, dan pengharum, lalu masukkan tepung maizena ke dalam campuran tersebut. Setelah itu, aduk sampai rata agar tepung berbentuk halus pada air.

3. Berilah Serbuk Glitter

Untuk menambah daya tarik mainan pasir kinetik bagi anak, cobalah menambahkan glitter pada campuran pewangi dan pewarna tersebut. Glitter adalah serbuk kelap kelip yang pasti membuat pasir kinetik makin disukai anak-anak.

Taburkan glitter pada larutan tepung maizena, lalu aduk adonan agar glitter tidak menggumpal. Namun, perlu diingat, penggunaan glitter tidak boleh berlebihan karena bisa mengganggu aktivitas anak.

4. Tuangkah Pasir Dalam Wadah

Langkah selanjutnya adalah menuangkan pasir ke dalam wadah. Agar pasir tidak menggumpal, sebaiknya sambil menuangkannya, aduk terus menerus.

Anda harus memastikan bahwa pasir yang dipakai haruslah pasir yang bersih. Agar terjamin kualitasnya, Anda bisa mendapatkan pasir kinetik berkualitas di toko-toko mainan.

Saat membeli pasir, pilihlah pasir berwarna sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan warna di pasir tersebut.

5. Aduk Sampai Rata

Langkah terakhir adalah mengaduk adonan pasir dan tepung kanji hingga merata. Jika menggunakan tambahan bahan pewarna, pastikan pewarnanya sudah rata pada pasir dan tepung kanji.

Ingat, agar tidak terlalu encer, sebaiknya Anda tidak menambahkan air saat proses pengadukan pasir kinetik. Kini, mainan pasir ajaib siap digunakan!

Ternyata tidak susah membuat pasir kinetik sendiri. Selain menuangkan ide kreatif anak, bermain pasir juga lebih hemat biaya. Kini Anda sudah tahu manfaat mainan pasir dan tahu cara membuatnya. Selamat bermain!