10 Rekomendasi Mainan Kendaraan Untuk Si Buah Hati

Mobil-Mobilan Anak - 10 Rekomendasi Mainan Kendaraan Untuk Si Buah Hati - Acosta

Mobil-mobilan atau mainan kendaraan, sudah pasti menjadi salah satu favorit mainan, terutama untuk anak laki-laki. Jadi, jangan heran ya apabila buah hati meminta dibelikan mobil-mobilan, walaupun ia sudah punya di rumah.

Bagi orang dewasa, permainan mobil-mobilan yang dimainkan anak mungkin hanya sekedar mainan saja. Akan tetapi, sebenarnya mainan satu ini juga berpengaruh kepada perkembangan anak, mengapa demikian?

Mobil 3 Suara - Acosta

Pengaruh Positif Mainan Mobil-mobilan Terhadap Perkembangan Anak

Mainan kendaraan apapun jenisnya itu, memiliki pengaruh positif terhadap tumbuh kembang anak. Selama proses bermain, ada banyak hal yang terjadi di sana. Jadi, bukan hanya anak gembira, ada kegiatan, atau tidak rewel saja, ini lebih kompleks.

Ketika anak bermain, tanpa disadari ada lebih dari satu kemampuan penting yang berkembang, dan itu diantaranya :

  • Bahasa
  • Kemampuan berinteraksi dengan lingkungan
  • Sosial
  • Komunikasi
  • Motorik

Mengapa kemampuan-kemampuan itu dapat berkembang? Jawabannya adalah ketika anak bermain, baik sendiri atau bersama ada interaksi disana. Bukan hanya itu saja, terkadang anak juga bermain imajinasi dan mengandaikan. Misalnya ketika bermain mobil polisi, ia berandai-andai menjadi polisi.

Selanjutnya, dengan belajar mengeja sebutan nama yang benar untuk mobil-mobilannya, ia juga belajar bahasa. Sisi positif lain, anak ketika bermain mobil-mobilan cenderung lebih fokus, ia tidak cepat bosan karena menyukainya.

Selama anak bermain Anda juga bisa sambil mengajarkan anak tentang peraturan berkendara. Tidak perlu aturan yang rumit terlebih dahulu, dari aturan sederhana akan lebih baik. Misalnya aturan lampu lalu lintas yang terdiri dari lampu merah, kuning, dan hijau.

Mengapa Anak Suka Bermain Mobil-mobilan?

Pernahkah Anda penasaran mengapa anak suka bermain mobil-mobilan? Apakah karena anak laki-laki, sehingga wajar bahwa ia suka mobil-mobilan? Lalu jika iya, bagaimana dengan anak perempuan?

Sebenarnya yang menjadikan anak menyukai permainan mobil-mobilan bukan karena gendernya. Ketika anak bermain, ia suka dengan banyak pilihan menarik, dan mobil-mobilan memberikan itu. Ada banyak sekali jenis mainan mobil-mobilan dengan berbagai model, bentuk, warna, ukuran, dan teknologi bukan?

Ketika mainan mobil-mobilan anak yang dimainkan berubah, skenarionya juga berubah. Misalnya saja ketika main mobil balap, ia mengandaikan bahwa dirinya seorang pembalap. Setelah bosan, dan berganti mobil, kemudian ia juga bisa berandai menjadi pemadam kebakaran misalnya.

Skenario berubah, ketika mobil-mobilan yang dimainkan berubah. Hal ini sangat menarik bagi anak, dan tidak membuatnya bosan karena selalu ada yang berbeda. Ia dapat mengembangkan imajinasinya dengan baik dan tidak terbatas.

Rekomendasi Mobil-mobilan yang akan Disukai Anak

Nah, karena sudah tahu manfaat dan alasan mengapa anak suka mainan mobil-mobilan, kini mana yang kira-kira akan disukai anak? Ada banyak sekali bukan yang beredar di pasaran?

Supaya tidak bingung, sudah disiapkan rekomendasi yang sekiranya akan disukai anak. Apa saja ya kira-kira mainan mobil-mobilan yang akan membuat buah hati bermain dengan gembira?

Thomas & Friends Adventures Salty

Serial kartun animasi anak yang sudah ada sejak 1984 ini memang menjadi favorit anak-anak. Jadi, tidak heran kalau versi mainannya pun banyak disukai anak. Sebenarnya, jangankan versi mainan versi gambar mobil-mobilan anak atau versi gambar keretanya saja populer.

Selain versi adventures Salty, ada juga versi lain yang tidak kalah menarik, misalnya seperti versi :

  • Thomas
  • Rosie
  • Winston
  • Percy
  • Oliver
  • Kevin
  • Toby
  • Philip

Setiap seri hadir dengan set yang sama yaitu hanya peron atau keretanya saja. Anda perlu membeli perangkat lain semisal rel atau aksesoris tambahan secara terpisah.

Happy Truck : Hammer

Mobil Mobilan Anak - 10 Rekomendasi Mainan Kendaraan Untuk Si Buah Hati - AcostaSeri mainan Happy Truck : Hammer dari Acosta Super Food ini hadir dengan 2 pilihan seri yaitu Amsoil dan Dino. Keduanya sudah bersertifikat SNI dan asli produksi anak bangsa. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir memberikan mainan ini untuk anak karena, bahan yang digunakan 100% aman.

Ukuran mainan yaitu 30 x 12 x 15 cm, mainan ini cocok untuk anak 2 tahun ke atas. Tentunya selama bermain, orang tua sebaiknya mendampingi anak ya.

Tipe mobil yang dihadirkan adalah mobil yang biasanya digunakan berpetualang di alam. Jadi, bisa dibayangkan bukan betapa senang dan bagaimana imajinasi anak akan bekerja ketika memainkan mainan satu ini.

Tayo Shooting Car

“Hey Tayo, hey Tayo”, pasti Anda pernah mendengar lagu satu ini bukan? Atau jangan-jangan ketika membaca kalimat tersebut dengan bernada? Tidak apa-apa kok, sepertinya hampir semuanya juga seperti itu, mengingat Tayo sangat Booming.

Tayo karakter animasi bus umum memang sangat digemari dan disukai anak. Ciri-ciri mobil-mobilan Tayo sendiri yaitu bus umum biru dengan nomor kode 120.

Satu set Tayo Shooting Car hadir dengan bus serta garasi mobil yang dihuninya. Varian mainan ini bukan hanya ada seri Tayo, melainkan teman-teman Tayo juga ada. Anda bisa memilih diantara Tayo, Rogi, dan Lani, untuk warna, Lani berwarna kuning, semenara rogi berwarna hijau.

Masing-masing mainan set Tayo Shooting Car hadir dengan 1 set lengkap. Anda tidak perlu membeli bagian apapun secara terpisah.

Seri Tayo Shooting Car ini bisa dimainkan untuk anak berusia 3 tahun ke atas.

Mobil 3 Suara, Ambulance, Police, Fire Engine

Mobil Mobilan Anak - 10 Rekomendasi Mainan Kendaraan Untuk Si Buah Hati - Acosta

Produk mobil 3 Suara ini dijual dalam satu set yang berisi mobil ambulans, polisi dan pemadam kebakaran.

Mainan berukuran 21 x 7,8 x 10,5 Cm ini cocok dimainkan untuk anak berusia 2 tahun ke atas. Lampu sen yang berada di bagian depan bukan sekedar hiasan, lampu bisa menyala dan pastinya membuat anak semakin tertarik.

Jenis mainan yang berstandar SNI ini cocok untuk melatih motorik, sensorik, fisik, dan memperkenalkan berbagai jenis mobil. Apalagi dengan musik yang dihasilkan, dijamin bisa membuat anak betah memainkannya dan tidak cepat bosan.

Bruder Toys Asphalt Drum compactor

Mainan mobil-mobilan besar atau alat berat ini hadir dengan desain yang sangat detail. Jadi, selain untuk mengajarkan anak tentang cara kerja dan namanya, Anda juga bisa memperkenalkan bagian-bagian mobil.

Ukuran mobil sekitar 18 x 9.2 x 17.5 Cm, dengan skala perbandingan dengan asli 1:16. Jika dari detail mobil sangat jelas, radius putar mobil juga lumayan bagus.

Mobil dapat berputar dan melakukan manuver sempit, persis seperti kendaraan konstruksi bruder pada aslinya. Jadi, selain untuk bermain, Bruder Toys Asphalt Drum compactor bisa sekalian untuk mengajarkan dan mengenalkan anak pada kendaraan konstruksi.

Go Car

Mobil Mobilan Anak - 10 Rekomendasi Mainan Kendaraan Untuk Si Buah Hati - Acosta

Dari namanya mungkin mengingatkan Anda pada layanan transportasi online bukan? Akan tetapi, ini bukan hal itu ya, Go Car adalah mainan mobil-mobilan anak dengan model mobil rally. Seri mainan ini hadir dengan warna yang mencolok dan menarik yaitu merah dan biru terang.

Mainan dari seri Happy Truck, Acosta Super Food, tersebut hadir dengan 4 pilihan jenis mobil. Ada Trooper, Jeep, Xuv, dan terakhir mobil Forerunner yang tidak kalah keren.

Ukuran mobil-mobil ini hampir sama, Forerunner 9.6 x 5.7 x 5, Tropper 10 x 5.6 x 6, Jeep 9.6 x 5.7 x 6, dan Xuv 10 x 5.6 x 4.8.

 Thomas & Friends Adventures Misty Island Zipline

Hampir semua varian mainan dari seri Thomas & Friends laris manis di pasaran dan pastinya disukai anak. Kali ini fokus bukan ada pada kereta lucu dan pintar Thomas. Akan tetapi, kepada lintasan dimana Thomas akan memulai petualangannya di pulau Misty dengan Zipline.

Dalam satu set, ada kereta Thomas, Zipline, sekaligus set rel hijau dan abu-abu untuk Thomas lewat.

Mainan ini diperuntukan untuk anak berusia 3 tahun ke atas ya meskipun, cukup besar tidak disarankan untuk dibawah usia 3 tahun.

Friction

Mobil Mobilan Anak - 10 Rekomendasi Mainan Kendaraan Untuk Si Buah Hati - Acosta

Dalam satu set Friction dari Happy Truck ada 3 jenis mobil yang bisa Anda bawa pulang. Ada ambulance, Fire Department, dan Police yang hadir dengan warna menarik yaitu putih untuk mobil polisi dan ambulans, dan merah untuk pemadam kebakaran.

Ukuran mainan ini lumayan kecil yaitu 17 x 7 Cm, dengan berat masing-masing sekitar 350 gram.

Vtech Fun Phonics Yellow Taxi Cab

Sekilas mungkin terlihat seperti mainan mobil-mobilan biasa lengkap dengan miniatur mesin SPBU. Akan tetapi, jangan salah ada layar LCD yang ditempelkan pada kaca mobil. Pada layar ini ada berbagai game interaktif yang bisa dimainkan oleh anak.

Permainannya seputar mengenal alfabet sampai permainan matematika sederhana. Taxi juga bisa mengeluarkan suara berupa lagu loh, Anda cukup memencet bagian tulisan taxi yang berwarna merah.

Bagusnya lagi, mainan ini juga bisa mengajarkan anak peraturan berkendara. Misalnya saja jika memainkan taxi terlalu cepat, taxi akan mengeluarkan suara peringatan.

Mainan ini cocok untuk usia anak 2 – 4 tahun, tentunya saat anak bermain pengawasan orang tua dibutuhkan, ya.

Fast Track Hanger Mini

Mobil Mobilan Anak - 10 Rekomendasi Mainan Kendaraan Untuk Si Buah Hati - Acosta

Untuk anak yang sudah cukup besar, paling tidak 3 tahun dan sudah bisa membedakan mana makanan, akan cocok. Dalam satu set Fast Track Hanger Mini ada 30 tipe mobil mini yang bisa dikoleksi sekaligus. Mainan ini tidak dijual secara terpisah ya. Meskipun setnya banyak, masalah harga masih terjangkau.

Di dalamnya bukan hanya ada mobil balap, mobil polisi, kodok, sampai sport juga ada. Jadi, apabila ingin mengenalkan anak pada berbagai macam jenis mobil yang ada akan sangat cocok.

Satu set mobil ini berukuran 31 x 54 Cm, jadi setiap mobilnya cukup kecil. Sehingga ketika anak bermain sebaiknya diawasi terutama untuk yang masih suka memasukan benda ke dalam mulut.

Jadi, untuk Anda yang ingin membelikan buah hati mainan mobil-mobilan, tidak perlu bingung lagi. Ada banyak pilihan mobil-mobilan yang menarik sekaligus memiliki sisi edukatif yang bisa dipilih dari rekomendasi di atas. Ada kereta, jenis alat berat, mobil polisi, pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi lainnya.

Oiya, jangan sampai lupa ketika membeli mobil-mobilan atau mainan kendaraan untuk anak, lihat label bungkusnya. Pada bungkus pasti ada keterangan penting seperti aksesoris, ukuran, dan yang paling penting untuk usia berapa. Membeli mainan menarik memang penting tetapi, keselamatan anak juga penting bukan?

Kemampuan apa saja yang berkembang ketika anak bermain ?

Bahasa, Kemampuan berinteraksi, Sosialisai, Komunikasi, serta Motorik

Mengapa anak suka bermain mobil-mobilan?

Ketika mainan mobil-mobilan anak yang dimainkan berubah, skenarionya juga berubah. Misalnya saja ketika main mobil balap, ia mengandaikan bahwa dirinya seorang pembalap. Setelah bosan, dan berganti mobil, kemudian ia juga bisa berandai menjadi pemadam kebakaran misalnya. Skenario berubah, ketika mobil-mobilan yang dimainkan berubah. Hal ini sangat menarik bagi anak, dan tidak membuatnya bosan karena selalu ada yang berbeda. Ia dapat mengembangkan imajinasinya dengan baik dan tidak terbatas.

Apa saja rekomendasi mobil mobilan yang disukai anak?

Thomas & Friends Adventures Salty, Happy Truck : Hammer, Tayo Shooting Car, Mobil 3 Suara: Ambulance, Police, Fire Engine, Bruder Toys Asphalt Drum compactor, Go Car, Thomas & Friends Adventures Misty Island Zipline, Friction, Vtech Fun Phonics Yellow Taxi Cab, serta Fast Track Hanger Mini

Artikel terkait