5 Mainan Edukatif Bayi Di Bawah 1 Tahun

5 Mainan Edukatif Bayi di Bawah 1 Tahun - Acosta

Bayi berusia dibawah satu tahun sudah bisa berinteraksi dengan sekitarnya. Sensor motorik dan sensorik yang dimilikinya bisa distimulasi dengan permainan. Kini banyak permainan yang dijual di pasaran yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan logika buah hati.

mainan anak - Acosta Super Food

Mainan mampu membantu tumbuh kembang bayi seperti mengajarkan untuk lebih banyak merangkak ataupun berjalan. Mainan ini juga bisa dimainkan pada ruangan yang sempit atau di rumah saja. Didesain dengan berbagai warna dan bentuk lucu agar menarik minat bermain bayi.

 

Bagi Anda yang Memiliki Bayi Usia di Bawah Satu Tahun Bisa Mengenalkan 5 Mainan Edukatif Bayi di Bawah 1 Tahun dibawah ini :

 

1. Pemutar Musik

Memperkenalkan musik pada bayi sangat penting. Mainan pemutar musik sangat disarankan untuk menstimulasi pendengarannya. Efek musik pada bayi sendiri bisa Anda simak sebagai berikut :

  • Alunan musik yang ceria, bersemangat hingga sedih ternyata mampu ditangkap oleh otak bayi. Gelombang otaknya mampu menangkap emosi yang tersirat dalam irama lagu. Alhasil musik juga mampu secara tidak langsung mencerdaskan otak si kecil
  • Musik juga mampu memotivasi bayi agar mau menari mengikuti irama. Dengan begitu bayipun bisa belajar untuk lebih aktif dengan banyak bergerak. Menari mampu menguatkan otot pada kaki dan tangannya.
  • Bayipun bisa lebih rileks dan konsentrasi saat mendengarkan musik. Misalnya saja musik klasik mampu merangsang emosi lebih positif dan menstimulasi otak si kecil.

Pemutar musik kini juga tersedia dalam bentuk minimalis seperti baby sound spa. Mainan edukatif ini bisa digantung di sisi tempat tidur hingga stroller. Dilengkapi dengan tombol timer dan 4 jenis pilihan musik yang menenangkan buah hati Anda.

Pemutar musik ini bisa jadi pengantar tidur bayi dan membuatnya ceria saat bangun tidur. Desain dan warnanya juga menarik serta memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Pemutar musik juga bisa digunakan untuk bayi yang baru saja lahir.

Anda bisa sesekali menyanyikan lagu yang diputar pada baby sound. Hal ini dapat meningkatkan interaksi Anda dengan buah hati. Pasalnya suara yang paling sering didengar dan favorit untuk semua bayi tentu saja suara orang tuanya.

 

2. Play Gym

play gym- Acosta Super Food

Play gym merupakan mainan edukatif bayi baru lahir hingga berumur 3 tahun. Mainan jenis ini memiliki matras di bagian alas dengan mainan yang digantung di salah satu tiang penyangganya. Permainan ini nyatanya memiliki banyak manfaat bagi bayi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Play gym membantu bayi untuk rutin melakukan tummy time. Tummy time adalah sesi telungkup atau tengkurap dalam beberapa menit. Berdasarkan American Academy of Pediatrics sesi ini dianjurkan untuk bayi berusia 3-4 bulan. Manfaatnya untuk melatih kekuatan lengan, dada dan otot leher bayi.

Sesi tummy time cukup dilakukan selama 5 menit setiap harinya. Gambar yang menarik pada play gym akan memotivasi bayi untuk belajar tengkurap.

  • Beberapa play gym dilengkapi dengan cermin yang membantu mengenali wajahnya sendiri. Selain itu indera penglihatan bayi berusia 3 bulan bisa terangsang dengan mainan ini. Play gym memiliki warna-warna cerah dan aneka motif yang menarik minat bayi untuk menyimaknya.
  • Play gym juga dapat menghibur bayi ketika menangis karena biasanya ada boneka yang digantung di bagian tiang penyangganya. Selain itu mainan ini juga membantu bayi untuk melatih kemampuan sensorik karena ia akan tertarik meremas benda yang tergantung pada play gym.
  • Play gym biasanya juga dilengkapi dengan musik yang mampu meningkatkan indera pendengaran sikecil. Musik yang ceria juga dapat meningkatkan mood bayi lebih baik.

Play gym sendiri tersedia dalam 3 bahan yakni plastik, kayu dan kain. Bahan plastik dikenal ringan dan kuat sementara kayu dan kain dikenal memiliki desain yang modis. Saat memilih play gym cek pula bagian matrasnya rata dan stabil sehingga aman saat digunakan.

Pilih yang memiliki warna cerah dan menyediakan variasi motif seperti binatang, kendaraan maupun buah-buahan. Pastikan produk play gym bebas BPA dan berstandar SNI sehingga bayi terhindar dari bahan berbahaya yang terkandung dalam mainan ini.

Selain itu untuk bayi yang baru lahir sebaiknya mencopot mainan yang tergantung pada play gym. Hal ini dilakukan untuk menghindari stimulan yang terlalu berlebihan. Bila bayi sudah berusia diatas 3 bulan barulah pasang kembali aksesoris mainannya.

 

3. Ring Plastik

Ring plastik - Acosta Super Food

Mainan anak edukatif lainnya adalah ring plastik. Bentuknya berupa cincin besar yang bisa digantung pada stroller dengan variasi warna. Terbuat dari plastik yang cocok untuk latihan menggenggam. Ring plastik ini bisa pula digunakan untuk menggantung mainan bayi di stroller maupun aksesoris gantung pada play gym.

Materialnya sangat kuat meski terbuat dari plastik sehingga walau ditarik-tarik oleh buah hati tidak mudah putus. Saat membeli ring plastik pastikan bahwa mainan terbebas dari BPA.

Kandungan berbahaya pada mainan sangat membahayakan bayi. Saat bermain bayi tak jarang menggigit mainannya bahkan memasukkannya ke dalam mulut. Material yang aman dapat menenangkan Anda saat meninggalkan bayi bermain sendirian.

Selain ring plastik ada pula mainan berbentuk ring lainnya yang biasa digunakan untuk melatih gusi bayi yakni teether. Mainan ini juga sering dijadikan latihan genggaman karena bentuknya yang melingkar.

Bahannya dari plastik dengan tekstur lembut agar mudah dikunyah oleh bayi. Memiliki bentuk lingkaran agar bayi mudah mencengkeramnya. Bahannya tidak berat karena terbuat dari silikon sehingga mudah diangkat oleh bayi kemana-mana. Selain itu cara membersihkannya juga sangat mudah hanya mengandalkan air dan sabun saja.

Selain teether ada pula spin wheel yang biasa dimainkan oleh bayi usia 6 bulan keatas. Spin wheel juga cocok untuk mainan edukatif anak 1-2 tahun. Pasalnya melatih sensor motorik anak. Mainan ini membantu si kecil mengenali warna melalui ring berbentuk roda gerigi berwarna-warni.

 

4. Balok

Mainan balok nyatanya banyak dimiliki oleh bayi berusia dibawah 1 tahun. Balok ini biasa terbuat dari kayu maupun plastik yang dicat dengan berbagai warna menarik. Cara memainkannya juga mudah yakni dengan disusun rapi membentuk struktur bangunan atau karakter yang disukai.

Menurut The Pennsylvania State University balok yang bisa dipencet sangat direkomendasikan untuk bayi yang masih kecil. Sementara balok keras biasa dimainkan untuk bayi diatas 1 tahun. Manfaat dari mainan balok ini juga cukup beragam diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Permainan balok mampu meningkatkan jiwa sosial bayi. Pasalnya mainan ini bisa dimainkan oleh beberapa anak. Anda juga bisa menemani bayi bermain balok dan melatih kerja sama.
  • Warna pada balok ini bisa melatih anak Anda untuk mengenali macam-macam warna. Saat bermain Anda bisa menanyakan buah hati warna apa yang sedang dipegang atau dimainkannya. Bila ia tak tahu Anda bisa memberitahukannya dengan mengulangi nama warna tersebut beberapa kali agar mudah diingat.
  • Jenis balok juga ada level kesulitannya masing-masing. Ada yang mudah untuk dibongkar pasang namun ada pula yang jenis balok yang rumit. Untuk merangsang kemampuan kognitif anak bisa pula diselingi dengan balok rumit agar buah hati belajar untuk memecahkan masalah melalui permainan
  • Mainan ini ternyata mampu melatih kesabaran pada anak. Perlu kesabaran untuk menyusun balok hingga membentuk bangunan yang diinginkan. Tak jarang sebelum bangunan jadi balok-balok yang telah tersusun bisa runtuh. Disinilah buah hati juga mempelajari cara untuk mengontrol emosinya.
  • Sikecil juga belajar mengenai konsep warna, perbedaan ukuran balok dan bentuknya. Selain itu lewat permainan ini si kecil jadi lebih kreatif karena dituntut untuk berimajinasi. Permainan balok erat kaitannya untuk melatih kemampuan motorik halus. Buah hati Anda dituntut untuk menggenggam serta merangkai balok menjadi bangunan yang diinginkannya

 

5. Soft Book

Terakhir, ada soft book yang bisa jadi pilihan mainan bayi dibawah satu tahun. Soft book juga cocok sebagai mainan edukatif anak usia 1-3 tahun. Soft book sendiri berupa buku yang memiliki beberapa fitur canggih seperti adanya suara maupun tekstur bukunya yang menggunakan bahan halus dan lembut agar bayi tak terluka saat membuka halamannya.

Manfaat soft book sendiri bagi bayi khususnya yang berusia diatas 6 bulan adalah sebagai berikut :

  • Membantu bayi untuk lebih berkonsentrasi melalui informasi yang didengarnya dari buku bayi tersebut. Bayi akan mudah berkomunikasi bila lebih banyak diajak bicara termasuk saat membaca buku. Terlebih soft book dilengkapi dengan gambar dan warna yang menarik minat bayi untuk menyimaknya
  • Tekstur dari buku ini lembut dan empuk sehingga sangat disukai oleh bayi. Meskipun ditarik-tarik buku tidak akan mudah sobek karena bahannya terbuat dari kain yang empuk. Melalui buku ini bayi bisa berlatih menggerakan jari-jarinya saat membuka setiap halaman buku
  • Menumbuhkan rasa cinta pada buku bisa ditanamkan sedini mungkin melalui soft book. Anak bisa belajar kosakata baru dari buku dan mengurangi ketergantungannya akan
  • Dengan rajin mendengarkan Anda membaca atau menceritakan karakter pada soft book maka mampu melatih bayi untuk berimajinasi. Buku bayi biasanya memiliki ukuran yang besar dengan halaman yang tebal.
  • Uniknya lagi beberapa buku bayi dapat membentuk siluet hewan yang ditunjukkan pada buku ketika halamannya ditarik. Dengan begitu anak akan semakin tertarik untuk mempelajari isi dari buku tersebut. Imajinasinya juga ikut berkembang karena didukung dengan visualisasi pula.
  • Saat membaca buku sertai suara untuk melatih pendengaran sikecil. Misalnya dalam buku bayi tersebut sedang membicarakan hewan maka ketika membacakan teksnya sertai dengan suara hewan tersebut. Hal ini mampu meningkatkan motorik halus pada bayi. Selain itu membantu buah hati untuk mengingat karakter hewan yang sedang Anda bahas.

Saat memilih soft book perhatikan bahannya aman untuk bayi. Buku mudah untuk dipegang oleh sikecil. Untuk bayi berusia dibawah 6 bulan bisa menggunakan warna hitam putih karena bayi belum bisa mengenali bentuk dan warna. Jika sudah memasuki usia 6 bulan barulah berikan buku yang memiliki pola dan warna cerah.

Buku juga harus ringan sehingga tidak memberatkan bayi ketika menggunakannya. Nah, itu tadi 5 mainan edukatif bayi di bawah 1 tahun yang bisa Anda pilih untuk buah hati. Semoga dengan mainan di atas bisa membuat bayi lebih aktif dan meningkatkan kecerdasan otaknya.

3 Mainan Edukatif Bayi di Bawah 1 Tahun

1. Pemutar Musik 2. Play Gym 3. Ring Plastik

Efek musik pada bayi

- Alunan musik yang ceria, bersemangat hingga sedih ternyata mampu ditangkap oleh otak bayi. Gelombang otaknya mampu menangkap emosi yang tersirat dalam irama lagu. Alhasil musik juga mampu secara tidak langsung mencerdaskan otak si kecil - Musik juga mampu memotivasi bayi agar mau menari mengikuti irama. Dengan begitu bayipun bisa belajar untuk lebih aktif dengan banyak bergerak. Menari mampu menguatkan otot pada kaki dan tangannya. - Bayipun bisa lebih rileks dan konsentrasi saat mendengarkan musik. Misalnya saja musik klasik mampu merangsang emosi lebih positif dan menstimulasi otak si kecil

Manfaat soft book sendiri bagi bayi khususnya yang berusia diatas 6 bulan adalah sebagai berikut

- Membantu bayi untuk lebih berkonsentrasi melalui informasi yang didengarnya dari buku bayi tersebut. Bayi akan mudah berkomunikasi bila lebih banyak diajak bicara termasuk saat membaca buku. Terlebih soft book dilengkapi dengan gambar dan warna yang menarik minat bayi untuk menyimaknya - Tekstur dari buku ini lembut dan empuk sehingga sangat disukai oleh bayi. Meskipun ditarik-tarik buku tidak akan mudah sobek karena bahannya terbuat dari kain yang empuk. Melalui buku ini bayi bisa berlatih menggerakan jari-jarinya saat membuka setiap halaman buku - Menumbuhkan rasa cinta pada buku bisa ditanamkan sedini mungkin melalui soft book. Anak bisa belajar kosakata baru dari buku dan mengurangi ketergantungannya akangadget. - Dengan rajin mendengarkan Anda membaca atau menceritakan karakter pada soft book maka mampu melatih bayi untuk berimajinasi. Buku bayi biasanya memiliki ukuran yang besar dengan halaman yang tebal.

Artikel terkait