Mainan Edukasi Anak

Mainan edukasi anak tidak hanya diperlukan oleh anak-anak berusia dini tetapi juga yang sudah duduk di bangku SD karena sampai usia 6 atau 7 tahun masih termasuk masa golden period fase tumbuh kembangnya.

Saat sudah duduk di bangku SD anak-anak akan mulai dituntut dengan pelajaran sekolah yang mulai padat. Untuk mengisi waktu luangnya orang tua dapat membelikan mainan edukasi anak.

Mainan dengan unsur pendidikan tidak hanya membuat anak terhibur tapi juga berkontribusi pada tahap akhir fase tumbuh kembangnya.

Perlu diketahui bahwa fase golden period atau usia emas tumbuh kembang anak adalah mulai usia 0 sampai 6 tahun.

Orang tua perlu memastikan fase tersebut berlangsung dengan optimal karena tidak mungkin terulang lagi.

Pada tahapan tersebut otak anak seumpama spons dengan daya serap tinggi terhadap berbagai informasi, pengetahuan, dan pelajaran. Inilah sebabnya penting untuk memilih mainan yang mengandung unsur edukasi bagi anak.

 

Jenis-Jenis Mainan Edukasi Anak Yang Cocok Untuk Anak Usia SD

Orang tua perlu cermat dalam memilih mainan. Selain dapat menstimulasi motorik, sensorik, dan intelegensi anak, produk mainan yang digunakan juga harus aman.

Ini artinya body mainan tidak berpotensi melukai dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Apa saja rekomendasinya? Berikut daftarnya.

 

1. Catur

Beberapa sekolah menawarkan ekstrakurikuler catur sebagai bentuk latihan untuk berpikir analitis. Mainan edukasi anak SD ini biasanya diajarkan mulai umur 7 atau bahkan lebih muda lagi tergantung kemauan anak.

Dampak positif  bermain catur adalah dapat mengasah kedisiplinan, mempertajam ingatan, serta mengajarkan anak tentang kesabaran dan proses.

Jika memang anak terlihat berminat dan berbakat dalam aktivitas tersebut tidak ada salahnya sesekali mengikutkannya dalam turnamen.

Jika berhasil meraih kemenangan ini akan membangkitkan rasa percaya diri dan kebanggaan dalam dirinya.

 

2. Lego

Permainan lego yang berfokus pada aktivitas membentuk dan menyusun cocok untuk anak SD karena mempunyai banyak manfaat. Bermain lego dapat menunjang perkembangan imajinasi dan kreativitas anak, sebagai sarana melatih koordinasi dan kemampuan motorik.

Jika dilakukan bersama-sama permainan ini sekaligus dapat mengembangkan aspek sosial si Kecil.

Sayangnya produk ini harganya sangat mahal sehingga tidak semua anak dapat memilikinya di rumah.

Sebagai gantinya Acosta telah meluncurkan produk mainan edukatif yang disebut Magic Sand Brick.

Uniknya sebelum membuat suatu bentuk dengan balok-balok lego, anak harus mencetaknya sendiri dari pasir kinetic atau Magic Sand. Dalam kemasan telah disertakan alat pencetak balok lego.

 

3. Gelembung sabun

Permainan gelembung sabun walaupun tampaknya sepele tetapi mempunyai dampak yang besar pada tumbuh kembang anak.

Mainan edukasi anak 6 tahun yang dapat menjadi pilihan adalah produk Bamba Blow Acosta.

Gelembung-gelembung yang dihasilkan dari cairan Bamba Blow dapat bertahan lebih lama di udara dibandingkan sabun biasa.

Manfaat permainan ini untuk anak adalah untuk melatih motorik mulut atau oral motor. Ini karena anak harus mengembangkan otot-ototnya pada bagian mulut dan rahang saat meniup balon.

Dengan didampingi oleh orang dewasa, aktivitas permainan ini dapat membantu membangun kesadaran tubuhnya.

Stimulasi dapat dilakukan adalah dengan merespon aktivitas anak, misalnya meminta untuk memecahkan gelembung di dekat kaki, di atas kepala, dan sebagainya.

Bermain gelembung sabun juga dapat meningkatkan keterampilan berbahasa dengan memperkenalkan konsep arah, keadaan basah, kering, dan lain-lain.

 

4. Menembak atau memanah

Permainan menembak tidak dimaksudkan untuk mengajarkan kekerasan kepada anak asalkan mendapat pendampingan yang tepat dari orang dewasa di sekitarnya.

Menembak atau memanah justru memberi manfaat besar pada fase tumbuh kembang anak, yaitu bentuk latihan berkonsentrasi.

Fokus dan konsentrasi dibutuhkan untuk membuat anak dapat mengikuti proses belajar mengajar di kelas dengan baik.

Airball Gun adalah produk mainan edukatif yang paling cocok untuk memenuhi tujuan tersebut.

Airball Gun Acosta adalah permainan pistol yang dilengkapi 5 peluru berbentuk bola plastic yang tidak berbahaya jika terkena badan.

Mainan ini sangat seru jika dilakukan bersama teman sebaya sebagai bentuk latihan teamwork dan menunjang perkembangan keterampilan sosialnya.

Selain itu anak juga dapat melatih ketepatan membidik sasaran dengan mainan pistol-pistolan ini.

Tidak perlu khawatir anak akan terpancing untuk berbuat kekerasan dengan memainkan pistol.

Berlatih memanah atau menembak justru dapat membantu anak mengendalikan emosinya. Ini karena orang harus mampu tetap tenang jika ingin membidik sasaran tembak dengan tepat.

Walaupun cukup aman tetapi Airball Gun sebaiknya digolongkan ke dalam mainan edukasi anak 7 tahun atau lebih.

 

5. Puzzle

Puzzle adalah permainan yang seru dan digemari mulai anak usia dini hingga lansia, yang membedakan hanya tingkat kesulitannya saja.

Prinsip permainan puzzle ini adalah membentuk potongan-potongan puzzle hingga pas sesuai pola gambar.

Di pasaran cukup mudah menemukan permainan puzzle sesuai usia dan ukuran yang diinginkan.

Manfaat permainan ini adalah dapat meningkatkan memori, keterampilan motorik, memori, serta menunjang perkembangan koordinasi mata, tangan, dan otak.

Anak yang suka bermain puzzle juga lebih mudah berkonsentrasi karena terbiasa untuk fokus seperti saat menyusun gambar.

Puzzle juga mainan edukasi yang sesuai sebagai ajang berlatih memecahkan masalah alias problem solving.

 

6. Flash Card

Flash card atau kartu edukasi adalah produk mainan edukatif yang sangat populer dan dapat digunakan pada anak usia dini sampai dewasa.

Kartu ini memuat gambar-gambar menarik, angka, kosakata, warna dan sebagainya sesuai tujuan pembelajaran.

Orang tua bahkan masih dapat menggunakan kartu edukasi yang digunakan dulu saat masih balita, untuk melatih kemampuan bahasa asing.

Caranya adalah menebak gambar-gambar yang tertera pada flashcard dengan bahasa asing, misalnya Inggris atau mandarin sesuai yang telah dipelajari di sekolah.

Flashcard sebagai mainan edukasi anak 8 tahun juga dapat ditambahkan konten berupa angka untuk membantunya menghafalkan perkalian.

 

7. Peralatan permainan detektif atau petualangan

Saat sudah memasuki bangku SD biasanya anak akan terobsesi dengan kisah-kisah petualangan, detektif, dan sejenisnya.

Mereka juga akan lebih sering menghabiskan waktu di luar ruangan sambil berimajinasi sebagai jagoan yang sedang menyelidiki suatu kasus.

Orang tua dapat menyuburkan fantasi anak ini dengan menghadiahi mereka peralatan berpetualang seperti kompas, teropong, kaca pembesar, serta sekop mini.

Sesekali mama atau papa juga dapat mendampingi sambil mengajarkan tentang arah serta membaca kompas.

Untuk mendapatkan produk mainan berkualitas Acosta adalah pilihan terbaik. Ini karena Acosta telah berpengalaman selama lebih dari 1 dekade sebagai produsen mainan yang mengandung unsur edukasi.

Selain itu seluruh produk Acosta telah mengantongi sertifikasi SNI sehingga terbukti keamanannya.

Walaupun berkualitas premium, produk Acosta harganya cukup terjangkau untuk dikoleksi di rumah, sebagai media pembelajaran di sekolah, atau day care.

Semua produk mainan edukasi anak dapat dibeli di toko-toko mainan terdekat atau secara online pada website resminya dan marketplace. Orang tua atau lembaga pendidikan dapat melakukan pemesanan dan produk akan dikirim ke alamat sesuai permintaan.

Nah, semoga menginspirasi!