7 Mainan Edukasi Anak Berdasarkan Usia, Jangan Asal Kasih

7 Mainan Edukasi Anak Berdasarkan Usia, Jangan Asal Kasih-Acosta

Tahukah Anda permainan bukan sebatas benda yang membantu anak tampak senang dan bahagia, bisa tenang dibiarkan bermain, tidak sama sekali. Permainan adalah media edukatif yang diberikan oleh orang tua untuk merangsang perkembangan anak di setiap tahapan usianya. Mainan edukasi anak dirancang sesuai dengan tahapan perkembangan anak terutama di usia emas.

Perkembangan anak usia di bawah satu tahun misalnya, akan berbeda dengan anak usia 2 tahun atau 3 tahun. Tahapan perkembangan tersebut dimulai dari mengenali diri, lingkungan dan orang lain. Perkembangan ini bisa distimulasi salah satunya menggunakan permainan. Jauhkan anak Anda dari permainan gawai yang cenderung berdampak negatif, kembalilah ke mainan edukatif.

Birthday Party-Acosta

Jenis Mainan Berdasarkan Perkembangan Usia

Setiap permainan ternyata dirancang untuk menstimulasi perkembangan anak di setiap tahunnya. Kesalahan orang tua seringkali tidak memperhatikan ini. Hanya didasarkan pada kualitas yang bagus, harga yang mahal dan trend mainan yang sedang ada, padahal belum tentu permainan tersebut cocok untuk usia anak. Nah, apa saja contoh permainan sesuai perkembangan si kecil?

1. Cotton Baby Music

Baby Music - Acosta

Jenis mainan ini adalah salah satu contoh mainan edukasi bayi yang bisa Anda berikan kepada bayi usia di bawah 1 tahun. Tahapan perkembangan anak usia di bawah satu tahun selain perkembangan motoriknya yang cukup cepat juga tahapan perkembangan panca indranya yang kuat.

Bayi kurang dari satu tahun akan mulai bisa mendengar suara, melihat warna, merasakan sesuatu dan sebagainya. Panca indra bayi mulai berkembang dan di sini orang tua perlu melakukan stimulasi yang mendukung. Mainan Cotton Baby Music dirancang dengan kebutuhan perkembangan usia bayi.

Aneka boneka-boneka lucu dengan beragam warna dikombinasikan dengan suara musik yang seru yang sudah pasti akan membuat si kecil mulai fokus memperhatikan gerakan, musik hingga responnya Anda akan melihat bayi Anda tertawa dan menepuk tangan senang. Di satu sisi jenis mainan ini juga bisa membantu meningkatkan motorik bayi.

Bayi mulai memiliki kemampuan menggenggam sebagai tanda bahwa perkembangan motoriknya berkembang. Ukuran mainan yang cukup ringan membuat bayi sangat mungkin berlatih menggenggam jenis mainan ini untuk membantu meningkatkan kemampuan anak menggenggam benda-benda.

2. Baby Push Walker

Salah satu jenis mainan bayi yang membantu perkembangan motorik bayi paling penting yakni berjalan adalah jenis mainan semacam baby push walker. Seperangkat mainan menyenangkan ini sudah mulai bisa digunakan sejak usia 9 bulan hingga satu tahun untuk menstimulasi kemampuan si kecil dalam berjalan.

Jenis mainan edukasi anak 1 tahun ini dirancang untuk melatih keseimbangan motorik tangan dan kaki si kecil. Selain itu, alat ini juga dibekali dengan musik dan seperangkat alat untuk menyanyi sehingga si kecil akan merasakan suasana menyenangkan sekaligus meningkatkan daya imajinasi saat menggunakannya.

Alat yang memungkinkan si kecil bersuara ini juga membantu tahapan perkembangan anak usia satu tahun untuk meningkatkan kosa kata. Orang tua bisa mengajak si kecil menyanyi lagu-lagu pendek untuk merangsang si kecil mendengarkan kosa kata baru setiap harinya yang akan mulai diucapkan secara bertahap.

Baby push walker dirancang dengan sistem keamanan yang terjamin, kualitas bahan bersertifikat SNI yang memberikan jaminan keamanan bagi orang tua yang ingin anaknya menggunakan mainan edukasi tersebut.

3. Cake Factory

Cake Factory - Acosta

Mainan edukasi anak 2 tahun yang bisa Anda berikan kepada si kecil salah satunya adalah cake factory. Jenis mainan ini dirancang untuk membantu anak mengasah daya kreativitas dan imajinasi melalui warna dan aneka bahan pembuat kue yang aman digunakan untuk anak. Bermain membuat kue adalah hal menyenangkan yang akan membuat si kecil bisa lebih fokus.

Tahapan usia perkembangan anak pada masa 2 tahun ini cenderung akan lebih meningkat dalam hal motorik. Si kecil akan aktif berjalan, melompat dan melakukan aktivitas apa saja yang menurutnya menarik. Mungkin Anda merasa letih mengajak anak bermain sementara perkembangan anak harus terus distimulasi.

Oleh karena itulah jenis mainan cake factory ini sangat membantu perkembangan si kecil yang aktif agar bisa tenang tetapi melakukan hal lain yang juga meningkatkan daya kemampuan sesuai kebutuhan perkembangannya.

Permainan ini juga bisa dirancang untuk membantu anak bermain peran. Warna-warna bahan kue yang menarik membuat si kecil betah, seolah-olah sedang ikut di dapur membuat kue bersama sang ibu. Anak-anak akan dibantu perkembangan sensorik dan motoriknya menggunakan jenis permainan anak perempuan ini.

Soal keamanan Anda tak perlu khawatir. Mainan ini sudah berlabel SNI sehingga dari segi bahan dan desain cukup aman dan ramah bagi anak.

4. Pantai Cotton

Pantai Cotton - Acosta

Mainan edukasi anak 3 tahun yang cukup membantu meningkatkan kreativitas dan aspek perkembangan lain adalah pantai cotton. Melalui mainan ini, anak bisa distimulasi perkembangan pengetahuannya mengenal apa yang ada di sekitarnya. Orang tua bisa membantu menjelaskan tentang keadaan di pantai.

Bukan hanya aspek sosial yang bisa diajarkan pada anak melalui mainan ini tetapi juga pengetahuan akademik secara bertahap sesuai dengan perkembangan usianya.

Mainan ini juga bisa digunakan untuk anak-anak bermain peran, mengenal lingkungan sekitarnya yang kemungkinan dekat dengan keadaan sekitar. Menggunakan mainan ini anak-anak akan distimulasi melakukan gerak motorik yang lebih aktif. Pada usia 3 tahun ini perkembangan motorik anak akan semakin pesat, mainan ini cukup sesuai untuk menstimulasinya.

5. Kereta Cantik

Kereta Cantik - Acosta

Jenis mainan edukatif untuk anak yang selanjutnya adalah kereta cantik. Mainan anak perempuan ini membantu meningkatkan perkembangan anak di usia 3 tahun. Seperangkat mainan kereta cantik dengan warna pink terang ini dilengkapi dengan aneka alat kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk kulit anak.

Melalui permainan ini, stimulasi kreativitas dan imajinasi si kecil bisa didorong. Anak juga bisa dibantu bermain peran dan yang paling penting mampu meningkatkan dan mengasah sensorik dan motorik anak. Kalau Anda sering melihat anak memainkan kosmetik make up yang ada di rumah, tak ada salahnya memilihkan jenis mainan ini sebagai alternatif.

Orang tua bisa mendampingi anak tentang penggunaan mainan ini bagaimana yang tepat dan bijak. Perlu didampingi dan diberikan pengetahuan tentang proporsional penggunaan make up, kapan mereka boleh menggunakan make up yang asli untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini. Mainan ini juga bisa digunakan sebagai mainan pelengkap jenis mainan boneka yang dimiliki si kecil.

Agar penggunaan mainan ini lebih aman efeknya, pastikan mainan ini digunakan untuk anak perempuan, bukan laki-laki. Jika anak laki-laki tertarik pada mainan ini, maka orang tua harus mendampingi dan menjelaskan fungsi kegunaan mainan ini untuk siapa dan untuk apa.

6. Fun-Doh Dinosaurus Journey

Fun-Doh Dinosaurus Journey - Acosta

Permainan Fun-Doh merupakan jenis mainan yang mengasah kemampuan kreativitas dan imajinasi anak. Dinosaurus Journey adalah tema mainan menyenangkan yang akan membantu si kecil seolah-olah berpetualang di dunia masa lalu. Mainan ini dilengkapi dengan cetakan berbentuk dinosaurus yang lucu dan berbahan kokoh dan aman.

Fun-Doh dibuat menggunakan bahan yang aman untuk disentuh kulit anak-anak. Warna-warninya membantu daya imajinasi anak. Mainan ini juga membantu meningkatkan fokus dan kreativitas anak. Usia di atas 2 tahun adalah di mana kondisi motorik anak bergerak semakin aktif. Anda bisa melengkapi perkembangannya menggunakan jenis mainan ini.

Kecenderungan anak menyukai binatang terlebih lagi binatang unik dinosaurus akan membuat anak lebih tertarik dengan jenis Fun-Doh ini. Temukan keseruan bermain peran dengan tema dinosaurus.

Mainan yang sudah memiliki sertifikasi SNI ini bisa jadi alternatif mainan anak usia 2 sampai 3 tahun, atau bahkan di atas itu. Keseruan berpetualang tema dinosaurus masih menjadi hal menarik bagi anak-anak dan akan membantu gerak motorik anak bisa lebih aktif.

7. Magic Sand Birthday Party

Mainan pasir yang seru dan pasti diminati anak-anak adalah paket magic sand birthday party. Mainan edukasi usia 5 tahun ini menampilkan bahan-bahan pasir berkualitas yang bisa dikreasikan untuk membuat sebuah acara pesta ulang tahun yang menyenangkan.

Anak-anak usia 5 tahun distimulasi kreativitas dan imajinasinya untuk membuat sendiri kue-kue ulang tahun, merancang suasana dan fasilitas ulang tahun menggunakan pasir yang aman dari segi bahan maupun pewarna.

Anak-anak akan fokus bermain dan berimajinasi membuat suasana pesta yang kreatif. Motorik dan sensorik anak juga akan dibantu lebih kreatif menggunakan mainan ini. Selain itu, anak usia 5 tahun juga sudah bisa bermain peran secara aktif bersama teman-temannya untuk mengasah kecerdasan sosial dan emosional yang dimiliki. Mainan ini sangat membantu menstimulasi hal tersebut.

Mainan ini bisa digunakan untuk anak pria maupun pria. Namun, anak perempuan biasanya akan lebih menyenangi permainan ini karena sangat cocok digunakan untuk membuat cake ulang tahun yang lucu dan menarik. Anak Anda usia 5 tahun sudah kecanduan gawai? Coba alihkan secara bertahap dengan mainan ini. Ajak anak bergerak mencetak pasir-pasir menjadi kue cantik yang unik.

Permainan adalah media belajar anak yang menyenangkan. Keterampilan emosional dan pendidikan non formal bisa distimulasi menggunakan permainan yang disediakan oleh orang tua maupun yang ditemukan di fasilitas sekolah. Jangan berpikir bahwa membelikan mainan anak hanya menghabiskan uang saja karena harganya yang mahal, lihat manfaatnya untuk perkembangan anak.

Kesalahan yang harus dihindari adalah asal memberikan mainan tanpa memperhatikan kebutuhan untuk perkembangan usianya. Bagi orang tua disarankan untuk memilih jenis mainan edukatif yang jelas dirancang sesuai kebutuhan perkembangan usia anak. Sebenarnya, permainan tradisional pun demikian. Setiap permainan memiliki manfaat dan nilai bagi tumbuh kembang anak.

Penting juga Anda ketahui, semahal apapun Anda memberikan mainan kepada anak, pendampingan orang tua tetaplah penting. Keseruan bermain dan kesan pengalaman akan diingat anak bukan hanya dari jenis mainan yang mereka miliki tetapi juga peran orang tua saat mendampingi mereka.

Bermain adalah cara menemukan bonding antara anak dan orang tua. Nanti setelah anak dewasa, mereka akan ingat bagaimana orang tua mereka menemani bermain di saat kecil. Dukung tumbuh kembang anak dengan mainan edukasi anak yang sesuai dengan usia perkembangannya.

Kenapa orang tua harus memilih mainan anak sesuai dengan usianya?

Mainan edukasi anak dirancang sesuai dengan tahapan perkembangan anak terutama di usia emas.Perkembangan anak usia di bawah satu tahun misalnya, akan berbeda dengan anak usia 2 tahun atau 3 tahun. Tahapan perkembangan tersebut dimulai dari mengenali diri, lingkungan dan orang lain. Perkembangan ini bisa distimulasi salah satunya menggunakan permainan. Jauhkan anak

Kenapa cotton baby music dirancang untuk anak dibawah 1 tahun?

Tahapan perkembangan anak usia di bawah satu tahun selain perkembangan motoriknya yang cukup cepat juga tahapan perkembangan panca indranya yang kuat.Bayi kurang dari satu tahun akan mulai bisa mendengar suara, melihat warna, merasakan sesuatu dan sebagainya. Panca indra bayi mulai berkembang dan di sini orang tua perlu melakukan stimulasi yang mendukung. Mainan Cotton Baby Music dirancang dengan kebutuhan perkembangan usia bayi.

Kenapa cake factory dirancang untuk anak 2 tahun?

Jenis mainan ini dirancang untuk membantu anak mengasah daya kreativitas dan imajinasi melalui warna dan aneka bahan pembuat kue yang aman digunakan untuk anak. Bermain membuat kue adalah hal menyenangkan yang akan membuat si kecil bisa lebih fokus.Tahapan usia perkembangan anak pada masa 2 tahun ini cenderung akan lebih meningkat dalam hal motorik. Si kecil akan aktif berjalan, melompat dan melakukan aktivitas apa saja yang menurutnya menarik. Mungkin Anda merasa letih mengajak anak bermain sementara perkembangan anak harus terus distimulasi.

Artikel terkait