12 Mainan Bayi Untuk Meningkatkan Kecerdasan & Motorik

Mainan Bayi - 12 Mainan Bayi Untuk Meningkatkan Kecerdasan & Motorik - Acosta

Demi meningkatkan kemampuan otak pada balita, sebagai orang tua Anda perlu memberikan berbagai rangsangan. Rangsangan atau stimulasi yang diberikan harus sesuai dengan usia anak. Sarana yang paling umum digunakan untuk menstimulasi kecerdasan adalah menggunakan mainan bayi.

Mulai usia 10 bulan, bayi biasanya sudah mulai aktif bergerak dan bisa menggenggam sesuatu. Maka dari itu, mainan adalah stimulan paling tepat yang bisa orang tua berikan. Dalam proses bermainnya, kemampuan kognitif, sosial, dan emosionalnya juga akan bertumbuh.

Stimulasi untuk meningkatkan perkembangan otak anak sangat dianjurkan untuk diberikan dalam rentang usia 1000 hari.

Bayi yang mendapatkan cukup stimulasi pada masa-masa ini, perkembangan otaknya bisa lebih optimal. Jenis mainan yang mampu menstimulasi secara maksimal adalah mainan edukasi yang sudah didesain khusus.

Ada berbagai jenis mainan edukasi untuk anak yang bisa Anda pilih, berikut beberapa diantaranya:
 

Mainan Bayi untuk Meningkatkan Kecerdasan & Motorik

Mainan Bayi untuk Meningkatkan Kecerdasan & Motorik - Acosta

1. Mainan Kertas Lipat

Anda tentu sudah cukup familiar dengan permainan melipat kertas. Ini adalah jenis mainan yang paling sederhana. Anda bisa membeli kertas lipat dengan berbagai warna untuk menarik minat anak.

Anda bisa memberikan contoh dan ajak anak untuk mengikutinya. Anak bisa berlatih fokus dan konsentrasi dalam mengikuti contoh. Anak juga akan belajar membentuk sesuatu dengan tangannya sendiri.

Usahakan membuat lipatan yang mudah diikuti anak, tidak perlu terlalu kompleks seperti membuat origami. Bentuk yang cukup sederhana adalah membuat pesawat terbang.
 

2. Mainan Alat Musik

Mainan Bayi - 12 Mainan Bayi Untuk Meningkatkan Kecerdasan & Motorik - Acosta

Pertama-tama kenalkan bunyi pada anak. Anda bisa memberi sendok atau stick, kemudian arahkan untuk memukul suatu benda. Dari situ akan muncul bunyi yang akan membuat anak menjadi antusias.

Berikan drum atau xylophone mainan supaya ada variasi bunyi. Secara bertahap, coba berikan mainan alat musik lain seperti piano mini yang bisa mengeluarkan bunyi setelah di tekan tombolnya.

Permainan semacam ini akan mengenalkan ritme dan melodi pada anak.

Musik juga sangat bagus untuk mendorong pertumbuhan otak anak. Anda bisa mengarahkan anak belajar musik setelah bertambah dewasa.
 

3. Mainan Puzzle

Sekilas permainan ini tampak terlalu kompleks dan rumit. Namun, ada puzzle yang lebih simple dengan jumlah 2 – 4 keping yang cocok sebagai mainan bayi 10 bulan.

Anda bisa memberikan permainan puzzle yang lebih rumit, secara bertahap sesuai tumbuh kembang anak.

Puzzle biasanya membentuk suatu gambar. Anda bisa mencontohkan bagaimana menyusun puzzle supaya membentuk suatu gambar utuh. Setelah memberikan contoh, biarkan si kecil mencoba menyusunnya sampai berhasil dengan usahanya sendiri.

Supaya tidak cepat bosan, permainan ini butuh pendampingan. Anda bisa memberi apresiasi pada anak jika berhasil menyelesaikan puzzle.

Puzzle sangat bagus untuk merangsang motorik halus. Selain itu, Anda juga bisa mengenalkan warna dan gambar. Bermain puzzle juga bisa membuat anak lebih fokus dan konsentrasi dalam memecahkan teka-teki.
 

4. Mainan Balok Warna-warni

Mainan balok adalah jenis mainan konstruktif. Anak dituntut untuk menyusun balok menjadi suatu konstruksi tertentu. Sebagai permulaan, tentu saja Anda harus memberikan contoh dan menjelaskan dengan sederhana tentang bentuk-bentuk balok dan konstruksi yang akan dibangun.

Permainan ini sangat berguna bagi anak untuk menyeimbangkan kerja otak dengan pergerakan anggota tubuh. Anak bisa lebih eksploratif terhadap bentuk geometris. Motorik halus juga akan terlatih saat dia berusaha membangun kemudian membangun balok yang kemudian dihancurkan lagi.

Kreativitas anak juga akan semakin berkembang. Menyusun balok menjadi sebuah bangunan tertentu membutuhkan imajinasi. Semakin kompleks bangunan yang berhasil disusun anak, menunjukan bagaimana kreativitas dan imajinasi anak mulai berkembang.
 

5. Finger Painting

Permainan ini adalah salah satu permainan seru yang akan membuat anak-anak betah memainkannya. Anak-anak akan melukis menggunakan jari yang berlumuran pewarna.

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan melalui permainan finger painting ini.

Permainan ini sangat eksploratif. Anak bisa mengkreasikan gambar sesuai imajinasi dan kreativitasnya. Anak juga bisa membuat perpaduan warna yang semaunya. Permainan ini juga metode yang cocok untuk mengenalkan warna pada anak.

Motorik halus anak akan berkembang karena tanganlah yang digunakan untuk melukis. Jari-jari anak bisa lebih lentur saat digerakan.

Sensorik anak juga akan terlatih. Melukis menggunakan tangan akan memacu anak memahami berbagai varian tekstur. Mulai dari tekstur kertas, tekstur cat, dll.

Permainan ini juga metode yang tepat untuk melatih konsentrasi dan fokus. Selama melukis, anak akan fokus mengerjakan hal tersebut sampai membentuk suatu gambar yang dia inginkan.

Permainan ini juga bisa menjadi sarana mengekspresikan emosinya dan melatih percaya diri pada anak.

Anda dituntut untuk berhati-hati saat bermain finger painting dengan anak. Demi keamanan buah hati, gunakan cat yang aman bagi anak. Anak-anak sering memasukan tangan ke mulut, akan jadi masalah jika cat yang digunakan berasal dari bahan kimia berbahaya.

Anda bisa mencari cat khusus finger painting yang dibuat sedemikian rupa sehingga bahannya tetap aman meski tertelan.
 

6. Permainan Corat-coret

Anak-anak sangat menyukai aktivitas mencorat-coret. Anda bisa memberikan whiteboard dan spidol atau buku gambar dan crayon sebagai sarana.

Ada baiknya menggunakan alat tulis berwarna supaya anak lebih tertarik sekaligus mengenalkan konsep warna pada anak.

Hal ini cocok sebagai mainan untuk bayi 10 bulan yang sudah mulai bisa menggenggam sesuatu. Sebagai permulaan, coba ajarkan cara memegang spidol atau crayon. Setelah itu, biarkan anak mengekspresikan berbagai coretan.

Seiring perkembangan anak, pelan-pelan ajarkan untuk membuat suatu pola. Pada proses inilah motorik halus anak semakin berkembang.

Aktivitas corat-coret juga bisa melatih fokus pada anak. Anak bisa duduk diam dan fokus mencorat-coret.
 

7. Pasir Kinetik

Mainan Bayi - 12 Mainan Bayi Untuk Meningkatkan Kecerdasan & Motorik - Acosta
 
Apakah Anda pernah bermain di pantai dan membuat suatu bentuk dengan pasir? Seru sekali bukan. Bayangkan keseruan bermain pasir tersebut dilakukan oleh anak balita Anda.

Tentu saja Anda tidak bisa mengajaknya bermain dengan pasir sungguhan karena akan berbahaya. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan pasir kinetik.

Permainan ini menyerupai pasir, namun teksturnya lebih lembut dan memiliki warna yang menarik. Permainan ini cocok dimainkan oleh anak minimal berusia 3 tahun.

Permainan ini sangat berguna untuk melatih kreatifitas dan imajinasi anak. Ada berbagai cetakan yang bisa digunakan oleh anak untuk membuat suatu bentuk tertentu.

Motorik kasar pada anak akan terlatih karena saat bermain pasir kinetik, mereka akan terbiasa meremas pasir, menekan, dan juga mencetak. Sensori anak juga akan terstimulasi saat mereka menyentuh pasir kinetik dengan tekstur kasarnya.

Ada baiknya Anda melakukan pendampingan jika buah hati sedang memainkan pasir kinetik. Pasir kinetik bisa berbahaya jika masuk dalam mulut atau terkena mata.

Anda juga harus memperhatikan kondisi pasir kinetik. Pasir kinetik memiliki masa kadaluarsa jika ada dalam kondisi lembab dan sering terkena kotoran.Lebih baik Anda membuangnya jika kondisi pasir sudah mulai lembab dan terkontaminasi kotoran.
 

8. Mainan Gigitan Bayi

Ini adalah salah satu mainan bayi 5 bulan ke atas yang sedang mulai proses tumbuh gigi. Mainan ini juga biasa disebut dengan istilah Teether.

Bayi yang sedang tumbuh gigi biasanya merasakan nyeri dan gatal pada gusinya. Mainan gigit bayi ini diberikan supaya anak tidak merasa gatal dan nyeri pada gusinya. Saat menggigit teether, bayi akan merasa lebih nyaman.

Mainan ini juga berguna untuk melatih motorik bayi karena selain menggigit, bayi juga akan menggenggam mainan tersebut.

Karena mainan ini dimasukan dalam mulut, Anda sebagai orang tua harus senantiasa memperhatikan higienitasnya. Sebelum diberikan pada bayi, ada baiknya rendam dulu di air panas.

Bersihkan juga secara berkala menggunakan spons atau campuran air dan baking soda untuk membersihkan secara menyeluruh.

Produk teether ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk buah hingga bentuk hewan.
 

9. Mainan Push Walker

Ini adalah mainan anak 1 tahun ke atas yang sudah mulai berjalan. Dengan mainan kereta dorong bayi ini, motorik kasar pada anak bisa lebih terlatih. Anak akan berjalan sambil mendorong stroller mainan ini kemanapun dia mau.

Dengan mainan ini, anak bisa berlatih untuk berjalan secara stabil.

Ada banyak varian mainan push walker. Ada yang bentuknya seperti stroller bayi berikut boneka bayinya, ada juga yang berbentuk seperti kereta yang berisi berbagai jenis mainan.
 

10. Mainan Tumpukan Ring Donat

Mainan Bayi - 12 Mainan Bayi Untuk Meningkatkan Kecerdasan & Motorik - Acosta

Mainan ini berupa tumpukan ring donat dengan ukuran membentuk suatu menara. Dengan mainan ini, anak bisa belajar mengkoordinasikan tangan dan mata. Anak juga akan belajar menyusun suatu bangun dari yang paling besar ke paling kecil supaya bisa membentuk menara sempurna.

Permainan ini secara keseluruhan berkaitan dengan genggaman, karenanya motorik halus anak juga bisa dilatih.

Mainan ini ada yang terbuat dari kayu maupun plastik. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.
 

11. Boneka atau Robot

Boneka dan robot adalah mainan yang sangat umum diberikan pada anak-anak. Biasanya boneka diberikan untuk anak perempuan dan robot diberikan untuk anak laki-laki.

Boneka maupun robot berbentuk suatu figur tertentu. Anak-anak biasanya memainkan boneka atau robot dengan cara mengajaknya bicara atau seolah-olah sedang berbicara sebagai boneka atau robot. Hal ini sangat berguna untuk melatih kemampuan komunikasi anak.

Kemampuan komunikasi juga akan bersinggungan dengan kemampuan sosial. Dengan boneka atau robot, anak-anak berlatih berinteraksi.

Selain itu, mainan ini juga mendorong perkembangan motorik halus.
 

12. Bola

Bola juga menjadi salah satu mainan sederhana yang bisa diberikan pada anak. Mainan ini bisa merangsang anak untuk banyak bergerak sehingga motorik kasarnya semakin berkembang.

Anda bisa melatih dan memberikan contoh pada anak Anda bagaimanakah caranya menendang dan melempar bola.

Pada saat menggulirkan bola, keseimbangan tubuh anak akan terlatih. Pada saat menendang bola, fokus anak akan terlatih.

Anda bisa memberi stimulasi pada anak sembari berinteraksi dengannya. Lakukan secara terus menerus setiap hari. Anda juga bisa memberikan variasi permainan supaya anak tidak bosan.

Jangan terlalu memaksakan kehendak, biarkan anak tetap tumbuh secara natural. Terlalu memaksakan kehendak pada anak hanya akan membuatnya tertekan.

Memberi stimulasi untuk meningkatkan kecerdasan anak tetap harus dilakukan dengan mengutamakan kegembiraan anak.

Anda bisa memilih beberapa mainan bayi yang direkomendasikan di atas. Anda juga bisa membeli mainan edukasi lainnya yang saat ini mulai banyak diproduksi. Semoga tumbuh kembang anak Anda optimal dan senantiasa bahagia.
 

Sebutkan Mainan Bayi untuk Meningkatkan Kecerdasan & Motorik!

1. Mainan Kertas Lipat 2. Mainan Alat Musik 3. Mainan Puzzle 4. Mainan Balok Warna-warni 5. Finger Painting 6. Permainan Corat-coret 7. Pasir Kinetik 8. Mainan Gigitan Bayi Mainan Push Walker 9. Mainan Tumpukan Ring Donat

Seperti apa permainan Finger Painting!

Permainan ini adalah salah satu permainan seru yang akan membuat anak-anak betah memainkannya. Anak-anak akan melukis menggunakan jari yang berlumuran pewarna. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan melalui permainan finger painting ini. Permainan ini sangat eksploratif. Anak bisa mengkreasikan gambar sesuai imajinasi dan kreativitasnya. Anak juga bisa membuat perpaduan warna yang semaunya. Permainan ini juga metode yang cocok untuk mengenalkan warna pada anak. Motorik halus anak akan berkembang karena tanganlah yang digunakan untuk melukis. Jari-jari anak bisa lebih lentur saat digerakan. Sensorik anak juga akan terlatih. Melukis menggunakan tangan akan memacu anak memahami berbagai varian tekstur. Mulai dari tekstur kertas, tekstur cat, dll. Permainan ini juga metode yang tepat untuk melatih konsentrasi dan fokus. Selama melukis, anak akan fokus mengerjakan hal tersebut sampai membentuk suatu gambar yang dia inginkan. Permainan ini juga bisa menjadi sarana mengekspresikan emosinya dan melatih percaya diri pada anak. Anda dituntut untuk berhati-hati saat bermain finger painting dengan anak. Demi keamanan buah hati, gunakan cat yang aman bagi anak. Anak-anak sering memasukan tangan ke mulut, akan jadi masalah jika cat yang digunakan berasal dari bahan kimia berbahaya.

Seperti apakah Mainan Tumpukan Ring Donat?

Mainan ini berupa tumpukan ring donat dengan ukuran membentuk suatu menara. Dengan mainan ini, anak bisa belajar mengkoordinasikan tangan dan mata. Anak juga akan belajar menyusun suatu bangun dari yang paling besar ke paling kecil supaya bisa membentuk menara sempurna. Permainan ini secara keseluruhan berkaitan dengan genggaman, karenanya motorik halus anak juga bisa dilatih. Mainan ini ada yang terbuat dari kayu maupun plastik. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Artikel terkait