Mainan Anak

Dalam memilih mainan anak seharusnya disesuaikan dengan tahapan usia agar dapat menunjang proses tumbuh kembangnya secara optimal seperti produk mainan edukasi Acosta berikut ini. 

Satu hal penting yang perlu menjadi perhatian para orang tua dalam memilih mainan anak adalah menyesuaikannya dengan usia.

Misalnya saat buah hati sudah menginjak umur 2 tahun mama dan papa sebaiknya memilih produk mainan yang sesuai dengan fase tumbuh kembangnya.

Walaupun bagi orang dewasa tampak sepele, namun sebenarnya dengan aktivitas bermain inilah anak-anak mempelajari banyak hal. Usia dua tahun dapat dikatakan sebagai usia emas yang artinya momen tumbuh kembang berlangsung secara signifikan.

Inilah rekomendasi produk mainan yang paling cocok untuk tahapan usia tersebut.

Daftar Mainan Edukasi yang Direkomendasikan Untuk Anak Usia Dini

Di usia 2 tahun ini kemampuan fisik, kognitif, dan emosi anak berkembang semakin pesat. Pada anak-anak yang sehat tanpa hambatan tumbuh kembang, mereka akan mulai dapat berbicara sebanyak dua sampai tiga kata.

Koordinasi dan keseimbangannya juga semakin meningkat sehingga dapat melempar dan menendang bola tanpa goyah, memutar pegangan pintu, dan lain-lain.

Untuk menstimulasi agar tahapan tumbuh kembangnya berlangsung optimal, inilah mainan edukatif yang disarankan.

1. Puzzle

Di usia dua tahun kemampuan motorik anak mulai berkembang sehingga dapat bermain dengan benda-benda berukuran kecil.

Untuk menstimulasi pergerakan jari-jarinya sebagai latihan untuk meningkatkan motorik halus, permainan bongkar pasang seperti puzzle bisa jadi pilihan.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Cotton Color Button dari Acosta, yaitu mainan edukasi yang dirancang untuk mendukung proses tumbuh kembang. Unsur edukasi pada produk ini adalah:

  • Melatih kecepatan tangan
  • Memperkenalkan bentuk dan warna
  • Merangsang perkembangan saraf motorik dan sensorik

Untuk memainkan Cotton Color Button, anak bisa memilih gambar contoh yang diinginkan.

Mama atau papa kemudian tinggal menjepitnya pada papan agar si Kecil dapat mengisinya dengan button sesuai pola gambar contoh. Ada dua tema puzzle button yang dapat dipilih, yaitu tema City dan Zoo.

2. Permainan imajinasi

Pada usia tersebut anak juga mulai tertarik dan suka memperhatikan perilaku orang dewasa di lingkungan sekitarnya.

Untuk merangsang perkembangan imajinasi dan kreativitas orang tua dapat menyediakan mainan anak dua tahun untuk aktivitas play pretend atau bermain peran. Misalnya mainan dokter-dokteran atau masak-masakan.

Acosta juga menyediakan model permainan edukasi tersebut, yaitu Cotton: Kitchenette dan Mobil Dokter.

Produk permainan masak-masakan ini terdiri dari perangkat memasak plastic, yaitu pisau, panci, talenan, dan kompor lengkap dengan sayuran plastic.

Sementara Mobil Dokter berupa tas dokter berbentuk mobil-mobilan yang lucu berisi stetoskop dan kacamata plastic yang pas untuk si kecil.

Jika mencari mainan anak perempuan untuk play pretend, mama dan papa dapat memilih Produk Naura Fashion Bag, Kereta Cantik, atau Meja Rias.

Produk-produk tersebut dilengkapi berbagai item untuk merias rambut, berdandan, sampai mengenakan aksesoris.

4. Mainan Ride On

Sebelum memiliki sepeda pertamanya, mama dan papa dapat menghadiahkan mainan untuk ditunggangi serta dijalankan sebagai latihan.

Fungsinya adalah untuk menstimulasi koordinasi antara otak dan tangan serta melatih motorik dan keseimbangan.

Selain itu dari psikisnya, mainan ride on dapat meningkatkan rasa percaya diri serta membangkitkan rasa ingin tahu.

Mainan anak terbaru berkonsep ride on ini juga tersedia di online shop Acosta. Bentuknya sangat manis yaitu bonek besar dengan bulu halus yang lembut pada kulit anak. Bagian dudukannya juga sangat nyaman dinaiki.

Acosta bahkan telah membekalkan fitur untuk belajar huruf dan angka pada bagian punggung boneka.

Fitur tersebut dapat membantu anak melafalkan kosa kata sehingga kemampuan berbicaranya juga meningkat.

Tersedia 3 varian karakter ride on yang dapat dipilih yaitu model pesawat, pemadam, kuda unicorn, dan katak.

5. Mainan membentuk objek

Orang tua dapat menunjang proses perkembangan kreativitas dan intelegensi anak dengan memilih mainan yang memungkinkannya untuk mengekspresikan ide. Ini misalnya lilin mainan atau plastisin dan pasir kinetic.

Rekomendasi mainan yang aman untuk membentuk dan membangun objek adalah Fun Doh dan Magic Sand Acosta.

Fun Doh dijamin anak untuk anak karena dibuat dari tepung, garam, serta pewarna makanan tanpa tambahan bahan kimia berbahaya lainnya.

Ada lebih dari 50 variasi tema pada produk ini yang dapat dipilih sesuai favorit si Kecil. Ini misalnya Cherry Doh, Barbeque, Fruits, Candy, dan lain-lain.

Magic Sand dari Acosta adalah pasir kinetic yang lembut dan teksturnya mudah dibentuk.

Pasir ini juga gampang dibersihkan tanpa lengket dan tertinggal di kulit seperti pasir biasa. Pewarna yang digunakan juga sangat aman bagi kulit dan tidak memicu alergi.

Permainan pasir ini juga sering dijadikan salah satu terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus, misalnya pada penderita autis. Ini karena adanya efek menenangkan yang timbul saat menyentuh dan memainkan pasir kinetic ini.

6. Permainan untuk olahraga

Membuat si Kecil aktif bergerak bahkan sejak usia dini adalah hal yang baik. Manfaat olahraga untuk anak tidak hanya untuk membuat tubuhnya tetap bugar tetapi juga sebagai latihan untuk meningkatkan koordinasi kaki, tangan, dan otak.

Mama dan papa dapat membeli mainan anak edukatif Fun Bike With Music dari Acosta.

Berbeda dengan sepeda anak lainnya, tersedia fitur untuk memutar music agar anak semakin bersemangat belajar memutar pedal sepeda dengan kakinya.

Produk ini tersedia dalam warna-warna yang cerah untuk membangkitkan ketertarikan mereka.

Bermain sepeda bersama sepupu atau teman sebaya juga merupakan bentuk latihan bagi anak untuk aspek sosialnya.

Dengan begitu mereka akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain saat dewasa kelak.

7. Permainan susun balok

Manfaat mainan anak laki-laki sekaligus perempuan ini bermanfaat untuk melatih fokus dan konsentrasinya. Ini terutama saat mereka menyusun balok dan menjaganya agar tidak runtuh.

Acosta Magic Sand Brick Sand adalah produk yang ideal yang dapat mendukung latihan untuk meningkatkan kemampuan fokusnya.

Si Kecil bahkan harus mencetak sendiri balok-balok yang akan disusun dari pasir kinetic. Ini adalah produk mainan pertama di Indonesia yang menggabungkan antara konsep membentuk dan menyusun objek dengan bahan pasir kinetic.

Mengapa harus berbelanja produk mainan edukatif di toko mainan anak Acosta?

Ini karena seluruh produk yang telah diedarkan telah bersertifikasi SNI sehingga terjamin keamanannya.

Acosta sendiri adalah produsen mainan edukasi yang telah berkecimpung dalam bidang tersebut selama lebih dari 15 tahun.

Artinya, Acosta sudah sangat berpengalaman dalam memproduksi mainan-mainan inovatif yang berkontribusi pada pendidikan anak usia dini.

Selain itu produk Acosta juga cukup terjangkau dan dapat dimiliki oleh berbagai kalangan.

Selama lebih dari 1 dekade ini ratusan jenis produk Acosta telah menemani momen tumbuh kembang anak di rumah, sekolah, dan daycare.

Jadi para orang tua, guru, atau pengelola bisnis tempat penitipan anak seharusnya tidak ragu memilih produk mainan anak yang satu ini.