3 Mainan Anak Non-Gadget yang Populer

3 Mainan Anak Non-Gadget yang Populer - AcostanSuper Food

Mainan dengan tampilan layar bergerak semacam gawai memang menjadi permainan trend anak-anak saat ini. Efek negatif yang paling jelas dari mainan ini adalah menghambat perkembangan motorik anak. Sebagai orang tua Anda perlu mengalihkan mainan tersebut ke mainan edukatif yang lebih baik. Saat ini ada banyak jenis mainan anak terbaru dan terlaris yang sifatnya lebih mendidik.

Permainan anak yang baik pada dasarnya adalah permainan yang bisa membantu stimulasi perkembangan anak di setiap usia. Selain itu, permainan yang kreatif juga dapat meningkatkan kecerdasan akademik anak, meningkatkan daya imajinasi dan membantu anak-anak meningkatkan sikap simpati dan empati pada lingkungan.

Magic Sand LOVELY CAKE - Acosta

 

Mengalihkan Anak dari Bermain Gawai, Pakai Mainan ini

Aneka tayangan di gawai baik itu video game online, tontonan di media sosial atau yang lainnya membuat anak-anak malas bermain yang lain. Anda perlu kreatif menemukan jenis mainan yang bisa mengalihkan keasyikan bermain gawai. Anak-anak umumnya akan meninggalkan gawai jika menemukan jenis mainan seperti berikut ini:

    • Mainan unik dan tidak membosankan
    • Mainan membuat anak-anak fokus
    • Mainan bisa menghasilkan sesuatu yang baru dilihat sehingga anak merasakan ada hal baru yang ia saksikan.
    • Anak dilibatkan seutuhnya dalam permainan tersebut
    • Permainan yang mendorong anak membuat sesuatu sehingga anak merasa ia mampu menghasilkan hal menakjubkan.
    • Orang tua bisa terlibat langsung dalam permainan tersebut

Jangan menyerah saat anak kecanduan gawai, Anda bisa mencoba melakukan terapi pada si kecil dengan menggunakan beberapa jenis mainan sebagai berikut:

1. Magic Sand

Mainan Non Gadget - Acosta

 

Jenis mainan pasir kinetik ini menjadi mainan populer saat ini yang bisa membantu anak Anda teralihkan fokusnya dari gawai. Mainan ini ditujukan untuk anak usia 5 tahun yang sudah memiliki daya imajinasi lebih baik menciptakan aneka jenis mainan yang pernah dilihatnya dengan menggunakan bahan dasar pasir mainan yang aman disentuh.

Magic sand merupakan jenis mainan yang dirancang untuk membantu meningkatkan daya motorik pada anak. Anak akan secara aktif bergerak membuat aneka bentuk mainan dari bahan pasir. Gerakan tangan dan aktivitas bermain lainnya akan lebih banyak dilakukan dengan stimulasi mainan populer ini.

Magic sand termasuk salah satu jenis mainan anak terlaris saat ini. Anak-anak bisa distimulasi kreativitasnya membuat aneka benda berbahan pasir, Selain itu, mainan ini juga bisa membantu imajinasi anak lebih berkembang. Bagaimana anak menciptakan benda-benda baru dalam pikirannya menggunakan pasir berkualitas yang menarik dan aman dipegang.

Kecenderungan anak-anak menyukai permainan alam berupa pasir memang tak bisa dihindari. Magic sand hadir memberikan alternatif pasir yang lebih aman dan nyaman dipegang oleh anak. Orang tua tak perlu khawatir pasir tertelan, mengenai mata, dan sejenisnya seperti yang terjadi jika menggunakan pasir alami.

Saat bermain magic sand ini, anak-anak akan lebih bisa meningkat fokusnya, konsentrasi bisa lebih ditingkatkan menggunakan mainan yang sudah mengantongi sertifikat SNI tersebut.

Permainan ini juga bisa membantu meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Menciptakan keseruan aneka model benda dengan beragam tema seperti pesta, bangunan, aneka binatang, petualangan dan sebagainya bisa dilakukan secara bersama antara orang tua dan anak. Setelah permainan jadi, bisa dilanjutkan dengan permainan peran yang lebih seru dengan mainan pasir ini.

Bila Anda mengecek di toko mainan, magic sand ini masuk dalam daftar mainan terlaris yang disenangi anak-anak.

 

2. Fun-Doh

Selain bermain pasir, anak-anak biasanya akan senang bermain tanah di alam. Bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan tentu bermain tanah adalah hal yang jarang dilakukan, termasuk kekhawatiran orang tua dengan bakteri dan kotoran yang ada di tanah. Lalu bagaimana alternatifnya? Mainan seperti cukup seru bagi anak-anak dan bisa mengalihkan ketertarikan pada gawai.

Fun-doh menjadi jenis mainan yang saat juga sedang populer. Fun-doh merupakan brand mainan play-doh yang menyuguhkan mainan berbentuk tanah warna-warni yang mudah dibentuk menjadi aneka benda atau mainan sesuai yang diinginkan. Hampir sama dengan magic sand tetapi teksturnya lebih halus dan variasinya pun lebih banyak.

Sama seperti magic sand, fun-doh mendorong stimulasi perkembangan motorik dan sensorik anak. Anak-anak akan menjadi lebih aktif bermain, membuat bentuk-bentuk mainan yang disukainya dan bersosialisasi dengan rekan-rekannya saat membuat mainan yang diinginkan. Mainan ini tentu saja akan menjadi hal menarik yang bisa menyaingi gawai.

Bermain membentuk aneka benda menggunakan fun-doh akan membuat anak lebih fokus dan berkonsentrasi. Selain itu, kreativitas anak akan lebih terasah di mana ia dituntut menghasilkan suatu bentuk mainan melalui cetakan yang tersedia atau melalui idenya sendiri. Dibandingkan hanya menonton gawai, mainan ini jelas lebih meningkatkan daya kreativitas anak.

Membuat aneka mainan dengan beragam bentuk yang unik juga menstimulasi imajinasi pemikiran anak. Anak akan didorong menghasilkan bentuk mainan baru sesuai dengan yang ada di dalam pikirannya.

Permainan unik ini juga membantu membangun kedekatan antara anak dan orang tua. Anda bisa mengajak si kecil bermain bersama menghasilkan aneka mainan unik dari bahan fun-doh yang berkualitas. Bantu anak membuat sebuah mainan dengan imajinasinya sendiri.

Fun-doh dirancang dari bahan-bahan berkualitas yang aman bagi anak-anak. Dibekali dengan sertifikat SNI untuk memberikan jaminan keamanan bagi orang tua yang khawatir dengan bahan pewarna yang digunakan. Pewarna yang dipakai adalah jenis pewarna makanan yang aman disentuh kulit saat bermain.

3. Happy Truck

Mainan Non Gadget - Acosta

Permainan kendaraan mobil merupakan mainan seru bagi anak laki-laki. Mengenal aneka jenis kendaraan sangat cocok menggunakan mainan ini. Jenis mainan seperti ini yang cukup populer dari Happy Truck. Mainan ini termasuk mainan anak terlaris sepanjang masa, mengapa? Sebab variasi model kendaraan dan fungsinya yang beragam membuat anak senang.

Mainan mobil dari Happy Truck dirancang untuk meningkatkan stimulasi motorik dan sensorik anak. Memainkan aneka kendaraan ini akan membuat anak aktif bergerak ke sana kemari, menggantikan mainan gadget yang kadang sulit dialihkan.

Aneka produk mainan happy truck menawarkan pilihan berbagai jenis mobil seperti mobil truck, ambulance, mobil SUV, hammer, go car dan masih banyak model lainnya. Anda bisa mengajarkan tentang pengetahuan transportasi kepada anak-anak menggunakan variasi mainan ini. Aneka jenis mobil yang kadang bentuknya menyerupai robot sangat menarik bagi anak-anak.

Permainan dari Happy Truck memberikan pembelajaran akademik pada anak yang dikombinasikan dengan pengetahuan sosial segala sesuatu yang terjadi di sekitar kehidupan dan tempat tinggal. Orang tua bisa mengajarkan bagaimana kehidupan sosial di masyarakat dengan menggunakan media mainan yang disediakan oleh produk happy truck.

Mainan mobil dari brand ini terkenal berkualitas dan tahan lama. Bahannya aman untuk kesehatan anak sekaligus tahan lama karena sudah memiliki sertifikat SNI. Mainan ini tahan banting dan pastinya cocok untuk si kecil yang sedang aktif ke sana kemari memainkan semua permainan bersama rekan-rekannya.

Jenis permainan mobil-mobilan ini juga bagus untuk dijadikan media bermain peran bagi anak. Bagaimana menumbuhkan emosi dan empati pada si kecil bisa dilakukan oleh orang tua menggunakan bantuan mainan ini. Tak ada salahnya Anda ikut bermain bersama si kecil untuk mengajarkan banyak hal.

Walaupun dalam bentuk kendaraan mobil, mainan ini tetap bisa digunakan untuk anak perempuan. Pendampingan orang tua dalam mengajarkan muatan akademik dan sosial dari mainan ini sangat dibutuhkan agar anak tidak sekadar bermain tetapi menemukan sesuatu yang baru untuk pengetahuannya.

Mainan yang Bagus untuk Anak, Seperti Apa sih?

Mainan anak-anak terlaris saat ini yang ada di pasaran umumnya adalah yang disebutkan di atas, tetapi sebenarnya sebagai orang tua Anda perlu tahu bagaimana ciri permainan yang bagus diberikan pada anak. Jenis permainan edukatif yang kreatif dan unik bisa Anda pakai untuk mengalihkan gawai pada anak. Seperti apa jenis mainan yang bagus untuk anak?

1. Merangsang Tahap Perkembangan

Bila Anda sedih dengan kondisi si kecil yang kecanduan gawai, maka saatnya kini mengatasi masalah motorik yang mungkin muncul pada si kecil dengan memilihkan jenis mainan yang mendukung perkembangan motoriknya. Mainan yang bagus adalah mainan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Anak usia kurang dari satu tahun, usia 2 tahun, usia 3 tahun dan selebihnya memiliki tahapan perkembangan yang berbeda sehingga untuk stimulasinya dibutuhkan media permainan yang berbeda pula. Jenis mainan edukatif biasanya dirancang sesuai dengan perkembangan tersebut.

2. Aman Secara Kualitas Bahan

Mainan murah bukan berarti murahan dari segi kualitas bahan. Buat si kecil cobalah memberikan permainan dengan kualitas bahan terbaik yang memberikan jaminan keamanan dan kesehatan bagi si kecil. Bukan hanya dari segi bahan, tetapi juga model mainan perlu dipastikan aman digunakan dan tidak memberikan risiko kecelakaan tertentu.

3. Model Unik dan Menarik

Tahukah Anda jika anak-anak sudah kecanduan gawai mereka akan sulit sekali teralihkan dengan hal lain yang ada di sekitarnya. Jadi, jika Anda ingin anak-anak berhenti bermain gawai lalu tertarik bermain bersama Anda, pilihlah jenis mainan yang unik dan menarik bagi anak-anak. Beberapa contoh jenis mainan yang disebutkan di atas cukup membuat anak tertarik.

Sedangkan kesalahan yang sering terjadi pada orang tua dalam memilihkan mainan pada anak antara lain:

    • Membeli mainan tidak memperhatikan usia anak dan perkembangannya
    • Kurang memperhatikan nilai edukatif dari mainan, yang penting anak suka
    • Abai memperhatikan kualitas keamanan bahan dan model mainan
    • Membelikan mainan tetapi tidak mendampingi anak saat bermain
    • Tidak mengajarkan pembelajaran akademik dan sosial yang bisa diperoleh dari mainan yang dimilikinya
    • Membelikan mainan asal mahal tanpa memperhatikan apakah memiliki nilai edukasi yang baik bagi anak atau tidak.

Selektif dalam memilih mainan untuk anak Anda. Walaupun Anda memiliki banyak uang dan bisa membeli aneka jenis mainan, perhatikan dengan benar apakah ada nilai edukasi dari mainan tersebut. Jangan-jangan efeknya malah sama dengan gawai, atau mainan mahal tidak ada gunanya karena Anda sebagai orang tua tidak mengajarkan manfaatnya pada anak.

Jadi pada dasarnya mainan adalah media pembelajaran yang diperoleh dengan cara menyenangkan. Orang tua harus ingat hal ini sehingga Anda akan semangat menemani si kecil saat bermain. Pilihkan untuk si kecil mainan anak terbaru dan terlaris, lalu nikmati kebersamaan bersama mereka lewat mainan.

Jenis mainan seperti apa yang membuat anak meninggalkan gawai ?

● Mainan unik dan tidak membosankan ● Mainan membuat anak-anak fokus ● Mainan bisa menghasilkan sesuatu yang baru dilihat sehingga anak merasakan ada hal baru yang ia saksikan. ● Anak dilibatkan seutuhnya dalam permainan tersebut ● Permainan yang mendorong anak membuat sesuatu sehingga anak merasa ia mampu menghasilkan hal menakjubkan. ● Orang tua bisa terlibat langsung dalam permainan tersebut

Mainan seperti apa yang baik untuk anak?

1. Merangsang tahap perkembangan 2. Aman secara kualitas bahan 3. MOdel unik dan menarik

Kesalahan yang sering terjadi saat memilih mainan anak?

● Membeli mainan tidak memperhatikan usia anak dan perkembangannya ● Kurang memperhatikan nilai edukatif dari mainan, yang penting anak suka ● Abai memperhatikan kualitas keamanan bahan dan model mainan ● Membelikan mainan tetapi tidak mendampingi anak saat bermain ● Tidak mengajarkan pembelajaran akademik dan sosial yang bisa diperoleh dari mainan yang dimilikinya ● Membelikan mainan asal mahal tanpa memperhatikan apakah memiliki nilai edukasi yang baik bagi anak atau tidak.

Artikel terkait