4 Jenis Mainan Anak Perempuan Yang Seru Dan Bermanfaat

Mainan Anak Perempuan - 4 Jenis Mainan Anak Perempuan yang Seru dan Bermanfaat - Acosta

Mainan anak perempuan identik dengan boneka dan masak-masakan bukan? Tahukah Anda ada banyak pilihan mainan untuk anak perempuan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat.

Anda sebagai orang tua tentu ingin memberikan mainan yang terbaik bukan untuk anak-anaknya? Oleh karena itu, Anda harus memilih mainan anak yang tidak hanya menyenangkan tapi juga bisa melatih kecerdasan anak.

Permainan boneka dan masak-masakan untuk anak perempuan sebenarnya bagus. Bermain boneka atau masak-masakan bisa merangsang imajinasi anak dan rasa empati pada anak.

Namun terkadang anak perempuan juga bosan jika harus bermain dengan boneka terus menerus. Sebagai orang tua Anda harus pandai dalam memilihkan mainan anak perempuan terbaru agar anak tidak merasa bosan.

Jenis Mainan Anak Perempuan

Jenis Mainan Anak Perempuan yang Seru dan Bermanfaat - Acosta Super Food

Ada 4 jenis mainan untuk anak perempuan yang seru dan juga mempunyai banyak manfaat, yaitu:

1. Puzzle

Mainan Anak Perempuan - 4 Jenis Mainan Anak Perempuan Yang Seru Dan Bermanfaat - Acosta Super Food

Puzzle identik dengan mainan untuk anak laki-laki bukan? Sebenarnya puzzle juga bisa dimainkan oleh anak perempuan. Ada banyak pilihan puzzle dengan tema perempuan yang bisa Anda pilihkan untuk anak Anda.

Bermain puzzle bagi anak perempuan mempunyai banyak manfaat terutama dalam hal perkembangan otak anak. Ketika bermain puzzle anak harus mengingat bagaimana bentuk gambarnya. Kemampuan memecahkan masalah juga diasah ketika anak bermain puzzle.

Puzzle cocok dimainkan oleh anak mulai dari usia 3 tahun ke atas. Ada banyak pilihan puzzle dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pilihkan puzzle yang sesuai dengan usia dan karakter anak.

Selain membeli puzzle yang sudah jadi, Anda juga bisa membuat puzzle sendiri dengan menggunakan kertas karton. Mintalah anak untuk menggambar di sebuah kertas karton kemudian diwarnai. Buatlah sketsa puzzle dengan pensil lalu gunting dan puzzle pun sudah siap untuk dimainkan.

2. Lego

Anda ingin mengasah kreativitas anak melalui mainan yang menyenangkan? Coba berikan anak Anda lego atau bongkar pasang.

Lego tidak hanya untuk anak laki-laki saja, ada lego khusus anak perempuan dengan tema yang lebih feminim. Bermain lego mampu mengasah kreativitas anak dan daya imajinasi anak.

Potongan balok lego bisa dijadikan media kreativitas anak untuk membuat sebuah benda. Anak bisa membuat apapun sesuai dengan imajinasi dan kreativitasnya.

Lego termasuk mainan anak perempuan 7 tahun yang seru dan mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya kreativitas dan imajinasi saja, secara tidak langsung anak juga belajar untuk bekerja keras.

Pada saat memainkan lego anak juga belajar sabar dan kegigihan untuk mencapai keberhasilan. Melalui lego anak bisa belajar melatih kepekaan dalam memecahkan sebuah masalah. Jika sudah berhasil memecahkan masalah maka rasa percaya diri anak bisa meningkat.

3. FUNDOH

Fundoh atau plastisin atau lilin adalah salah satu mainan seru yang bisa Anda berikan kepada anak perempuan. Mainan plastisin ini bisa membantu mengasah kemampuan imajinasi dan kemampuan berpikir pada anak.

Anak akan berimajinasi membuat benda yang ada di sekitarnya dengan menggunakan plastisin. Misalnya saja bentuk hewan, bunga, mobil, dan lainnya sesuai dengan imajinasinya. Kreativitas anak juga diasah ketika bermain playdough atau plastisin ini.

Bermain plastisin juga sangat bagus untuk membantu mengasah keterampilan motorik anak. Anak akan belajar menggenggam, menekan, dan memilin dengan menggunakan plastisin.

Anda bisa memberikan playdough atau plastisin pada anak perempuan usia 3 tahun ke atas. Berikan playdough yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang aman. Sehingga jika tidak sengaja masuk ke dalam mulut anak tidak membahayakan kesehatannya.

Anda juga bisa membuatkan playdough sendiri untuk anak perempuan dengan menggunakan tanah liat atau tepung terigu. Agar lebih menarik Anda bisa menggunakan pewarna makanan agar playdough semakin menarik.

4. Permainan yang Bersifat Olahraga

Mainan anak-anak perempuan kebanyakan adalah aktivitas di dalam ruangan bukan? Anak perempuan sebenarnya sama dengan anak laki-laki yang juga butuh menggerakkan badannya.

Mainan yang sifatnya olahraga juga bisa Anda berikan kepada anak perempuan agar ia tetap aktif. Permainan yang bersifat olahraga untuk anak perempuan sangat banyak jenisnya, misalnya saja lompat tali, bola kasti, basket, sepeda, dan lainnya.

Anda bisa membelikan mainan-mainan ini agar anak perempuan bisa tetap aktif. Setidaknya berikan waktu 1 jam setiap harinya untuk anak perempuan bermain di luar ruangan.

Tips Membeli Mainan untuk Anak Perempuan

Mainan Anak Perempuan - 4 Jenis Mainan Anak Perempuan yang Seru dan Bermanfaat - Acosta

Walaupun banyak pilihan jenis mainan untuk anak perempuan, terkadang Anda masih bingung akan membelikan mainan yang mana bukan? Sebagai orang tua tentunya Anda ingin memberikan mainan yang terbaik untuk anaknya.

Bagi Anda yang berencana membelikan mainan untuk anak perempuan berikut ini adalah tips dalam membelinya:

1. Sesuaikan dengan Usia dan Kemampuan Anak

Tips yang pertama adalah pilih mainan yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak perempuan Anda. Setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, Anda harus memilihkan mainan yang sesuai dengan kemampuannya.

Usia bisa menjadi patokan dalam memilihkan mainan untuk anak. Hal ini dilakukan agar mainan yang dibeli sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sebagai orang tua Anda harus tahu jenis mainan yang sesuai dengan usia anak. Tentu saja mainan anak perempuan 1 tahun dan 7 tahun akan berbeda jenisnya.

Anda juga perlu mengukur kemampuan anak, agar nantinya mainan yang diberikan bisa digunakan dengan baik. Pastikan Anak akan merasa senang jika bermain dengan mainan tersebut.

2. Beli Secukupnya

Salah satu kesalahan orang tua dalam membelikan mainan untuk anaknya adalah membeli dalam jumlah yang banyak. Orang tua beranggapan dengan mainan yang banyak anak akan merasa senang.

Pada awalnya mungkin anak akan merasa senang dengan banyaknya mainan. Namun anak juga akan cepat merasa cepat bosan dengan mainan yang sudah ada. Jika sudah merasa bosan anak akan meminta dibelikan mainan lagi yang baru.

Pemberian mainan dalam jumlah yang banyak sekaligus juga kurang bagus untuk perkembangan emosi anak. Anak cenderung akan menyepelekan mainan yang diberikan dan kurang berempati. Karena banyaknya mainan jika salah satu mainan hilang maka anak tidak akan peduli.

Jika hal ini dilakukan, secara tidak langsung Anda membentuk karakter anak menjadi anak yang kurang berempati. Anak akan menjadi acuh dan tidak mengerti makna dari menghargai.

Berbeda jika Anda memberikan mainan secukupnya dan tidak terlalu sering,  anak akan lebih menghargai mainannya. Apalagi jika Anda memberikan mainan pada momen tertentu seperti hadiah ulang tahun.

3. Jangan Asal Pilih Mainan dengan Label Edukasi

Sekarang ini banyak mainan yang diberi label mainan edukasi atau mainan cerdas. Jenis mainan ini memang bagus untuk kecerdasan otak anak, namun Anda juga harus selektif dalam memilihnya.

Tidak semua mainan edukasi cocok untuk semua usia anak, oleh karena itu sebagai orang tua harus memilihkannya dengan tepat. Pastikan mainan edukasi yang dibeli sesuai dengan usia anak dan memberikan manfaat nyata untuk tumbuh kembangnya.

Kebanyakan mainan dengan label edukasi adalah mainan dengan menggunakan teknologi gadget. Mainan ini terlihat bagus tapi sebenarnya juga kurang tepat jika diberikan kepada anak sejak dini.

Permainan edukasi di gadget bisa mematikan insting dan juga kreativitas yang dimiliki oleh anak perempuan. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda harus lebih selektif dalam memberikan mainan edukasi kepada anak-anak.

Ada banyak pilihan mainan edukasi tanpa menggunakan gadget yang bisa Anda pilih. Misalnya saja lego, puzzle, dan sejenisnya, mainan ini terlihat biasa padahal ini termasuk mainan yang bisa mengedukasi.

Manfaat Mainan Anak Perempuan Untuk Perkembangan

Mainan Anak Perempuan - 4 Jenis Mainan Anak Perempuan yang Seru dan Bermanfaat - Acosta

Setelah memasuki usia sekolah kebanyakan anak perempuan lebih fokus untuk belajar. Padahal anak perempuan tetap membutuhkan waktu bermain agar tumbuh kembangnya tetap maksimal.

Mainan tidak hanya bisa membunuh rasa bosan saja tapi juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. Berikut adalah manfaat dari mainan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak:

1. Membantu Perkembangan Kecerdasan atau Kognitif Anak

Manfaat mainan yang pertama adalah dapat membantu memaksimalkan perkembangan kecerdasan anak. Dengan bermain anak secara tidak langsung diajak untuk berpikir dan memecahkan masalah. Karena hal inilah perkembangan kecerdasan anak bisa tumbuh dengan baik.

Untuk memaksimalkan perkembangan kognitif pada anak, Anda bisa memberikan mainan untuk mengasah otaknya. Mainan yang berhubungan dengan mata pelajaran di sekolah juga bisa dijadikan pilihan. Anak bisa bermain sekaligus belajar dengan menyenangkan melalui mainan.

Jenis mainan yang bisa memaksimalkan kecerdasan anak juga sangat banyak pilihannya. Mainan seperti puzzle sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah.

2. Membantu Perkembangan Emosional Anak

Melalui mainan Anda juga bisa mendorong perkembangan emosi pada anak. Misalnya saja bermain dokter-dokteran atau rumah-rumahan bisa meningkatkan rasa empati pada anak. Secara tidak langsung anak juga dilatih untuk merasakan berbagai emosi ketika bermain.

Perkembangan emosi pada anak sering diabaikan oleh para orang tua. Padahal kecerdasan emosi sangat penting agar anak bisa tumbuh dengan baik.

3. Membantu Perkembangan Sosial Anak

Manfaat lainnya dari mainan untuk tumbuh kembang anak adalah bisa meningkatkan kemampuan bersosialisasi pada anak. Mainan seperti ular tangga, twister, dan mainan yang dimainkan secara berkelompok membuat anak harus melakukan interaksi dengan orang lain.

Hal ini akan membuat kemampuan sosialisasi anak Anda semakin meningkat. Anak akan lebih memahami bagaimana cara menghargai orang lain ketika bermain bersama-sama.

Bermain bersama dengan orang lain juga bisa membantu anak untuk belajar mandiri. Anak juga belajar untuk menjalin pertemanan dan komunikasi yang baik dengan teman-temannya.

4. Membantu Perkembangan Fisik Anak

Manfaat mainan untuk tumbuh kembang anak yang terakhir adalah dapat membantu perkembangan fisik pada anak. Tumbuh kembang fisik pada anak bisa berkembang dengan baik jika Anda memberikan mainan olahraga atau permainan dengan gerakan.

Mainan untuk anak yang bisa meningkatkan tumbuh kembang fisik salah satu contohnya adalah sepeda. Bermain sepeda membuat anak menjadi aktif dan bisa meningkatkan kemampuan motorik pada anak.

Aktivitas fisik seperti bersepeda atau bermain sepatu roda juga bagus untuk kesehatan tubuh anak. Anak perempuan yang sering bermain di luar ruangan bisa terhindar dari resiko obesitas sejak dini.

Bermain di luar ruangan juga dibutuhkan oleh anak perempuan agar tumbuh kembang fisiknya maksimal. Biarkan anak perempuan Anda untuk bermain di luar setidaknya 1 jam dalam sehari.

Sebagai orang tua Anda harus bisa memilihkan mainan anak perempuan yang tepat. Pilihkan mainan yang bermanfaat dan juga sesuai dengan bakat serta minat dari sang anak.

Sebutkan 4 jenis mainan untuk anak perempuan yang seru dan juga mempunyai banyak manfaat!

1. Puzzle 2. Lego 3. Playdough 4. Permainan yang Bersifat Olahraga

Sebutkan Tips Membeli Mainan untuk Anak Perempuan!

1. Sesuaikan dengan Usia dan Kemampuan Anak 2. Beli Secukupnya Jangan Asal Pilih Mainan dengan Label Edukasi

Sebutkan Manfaat Mainan Anak Perempuan Untuk Perkembangan!

Manfaat Mainan Anak Perempuan Untuk Perkembangan 1. Membantu Perkembangan Kecerdasan atau Kognitif Anak Membantu Perkembangan Emosional Anak 2. Membantu Perkembangan Sosial Anak 3. Membantu Perkembangan Fisik Anak

Artikel terkait