Lilin Mainan Anak

Lilin mainan anak memiliki banyak manfaat karena bisa melatih kreativitas dan imajinasi mereka. Mereka bisa membentuk sesuatu sesuai dengan kemampuannya.

Bermain lilin mainan tentu saja merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Bentuknya yang bisa diubah-ubah sesuka membuat lilin mainan anak memiliki banyak manfaat. Tapi lilin tersebut harus aman digunakan oleh anak-anak.

Lilin mainan ini terbuat dari plastisin yang tidak mengandung bahan beracun, sehingga tidak membahayakan untuk anak-anak.

Meskipun begitu, jangan sampai anak Anda memakan atau memasukkannya ke mulut. Hal ini untuk menghindari sakit perut atau tersedak.

Cara Membuat Lilin Mainan

Cara membuat lilin mainan ternyata tidak sesulit yang dibayangkan dan bahan-bahan yang diperlukannya juga sangat mudah. Plastisin yang merupakan bahan untuk pembuatan lilin harus dibuat dengan memperhatikan bahan-bahannya.

Untuk membuat plastisin yang sederhana, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut.

  • 8 sendok makan tepung terigu,
  • 60 ml air hangat,
  • 2 sendok makan garam,
  • 1 sendok minyak sayur, dan
  • pewarna makanan secukupnya.

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Campurkan tepung terigu dan garam di dalam mangkuk pertama, campur air dan pewarna makanan di mangkuk yang kedua.
  • Tuangkan larutan air dan pewarna ke dalam mangkung pertama yang berisi tepung, kemudian aduk sampai rata.
  • Setelah itu tuangkan adonan plastik ke atas meja atau alas yang telah ditaburi dengan tepung terigu.
  • Uleni adonan tersebut sampai tercampur rata. Anda Juga bisa menambahkan pewarna makanan jika memang ingin.
  • Plastisin sudah siap digunakan.

Sebaiknya plastisin yang tidak digunakan langsung saja dipisahkan dan masukkan ke dalam plastik. SEtelah itu tutup rapat dan simpan di dalam kulkas.

Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik

Selain dengan membuat mainan lilin sederhana dengan cara di atas, Anda juga bisa membelinya dengan harga yang terjangkau. Berikut ini adalah rekomendasi mainan lilin terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Fun Doh Alphabet and Numbers Series

Rekomendasi mainan lilin yang pertama bisa Anda coba adalah Fun Doh Alphabet and Numbers Series.

Bahan yang digunakan sangat lembut, tidak beracun, mudah dicuci, dan tidak lengket. Anak Anda bisa bisa menggunakannya untuk diubah bentuknya sesuka hati.

Lilin mainan yang satu ini sangat cocok untuk anak di atas 2 tahun. Bahkan Anda juga bisa menggunakan mainan ini sebagai kado ulang tahun untuk si buah hati tercinta.

2. Fun Doh Sushi Set

Sushi menjadi salah satu makanan yang sangat digemari oleh hampir semua orang, termasuk oleh anak-anak.

Nah Anda bisa membelikannya jenis mainan lilin untuk mereka dengan bentuk Sushi. Anda akan mendapatkan beberapa cetakan yang akan mempermudah si kecil untuk berkreasi.

Anda bisa membuat berbagai jenis susi bersama dengan si kecil, bahkan Anda bisa memainkan peran tertentu supaya lebih seru.

Misalnya, Anda bisa menjadi seorang pelanggan dan berpura-pura untuk memesan makanan. Nantinya tinggal si kecil yang akan meracik menu dan membuat Sushi untuk Anda.

Di dalam Fun Doh Sushi ini terdapat 3 doh, 1 cetakan sushi besar, 3 pasang cetakan sushi kecil, 1 piring, 1 sumpit.

Harga yang ditawarkan untuk lilin mainan ini juga relatif murah yaitu sekitar Rp40 ribu saja.

3. Fun Doh Animal Series

Anda juga bisa membelikan lilin mainan anak dengan bentuk binatang. Anda bisa memberikan beberapa jenis cetakan dengan beragam gambar hewan kepada anak-anak. Mainan lilin yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan akan disukai oleh buah hati Anda.

Anak Anda bisa membuat hewan dari lilin mainan sesuai dengan imajinasi mereka. Jika nantinya mereka memberikan warna yang terlalu beragam dan tidak sesuai dengan yang aslinya, Anda jangan menegurnya terlebih dahulu. Biarkan anak Anda berkreasi sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Harga yang ditawarkan untuk lilinan mainan yang satu ini sangat terjangkau yaitu di sekitaran Rp15 ribuan.

Di dalam box Fun Doh Animal Series tersebut akan terdapat 3 cetakan binatang, 1 roller, 1 modelling doh, 1 cetakan, pohon, dan 1 pisau plastik.

4. Fun Doh Lets Cook Meat Series

Anda bisa membelikan si buah hati lilin mainan edisi kitchen jika memang model yang lain sudah merasa bosan. Di dalam kemasannya Anda akan mendapatkan berbagai cetakan perlengkapan dapur seperti spatula, wajan, hingga kompor.

Nantinya Anda bisa bertukar peran dengan mereka. Jika biasanya Anda yang memasak, kini giliran si kecil yang belajar membuat dan menyajikan makanan untuk Anda.

Anda bisa menjalankan peranmu yaitu seorang pelanggan yang ingin dibuatkan makanan.

Harga yang ditawarkan untuk produk ini juga terbilang murah yaitu hanya sekitar Rp40 ribu saja. Di dalamnya box akan terdapat 3 warna doh, 1 garpu dan sendok, 1 pisau, 1 piring set, dan 1 panggangan.

5. Fun Doh Dream Cake

Sebagian besar anak-anak pasti sangat menyukai makanan yang manis-manis seperti kue.

Anda bisa membelikan mereka mainan lilin edisi kue yang akan membuat mereka semakin antusias dan suka berkreasi. Biarkan saja mereka untuk membuat kue sesuai dengan kreativitasnya.

Jika suasananya ingin lebih seru lagi, Anda bisa mengajaknya dengan bermain koki-kokian seperti Master Chef.

Anda memberikan waktu kepada mereka untuk membuat kue. Setelah itu Anda coba mencicipi dan memberikan penilaian.

Cara seperti ini tentu saja akan membuat antusiasme anak-anak Anda semakin besar. Selain itu mereka juga bisa belajar untuk membuat kue yang menarik dan sesuai dengan imajinasi mereka.

6. Fun Doh Extruder

Kalau Anda suka pergi kemana-mana, mainan yang satu ini sangat cocok untuk anak Anda miliki. Karena dimanapun berada, anak Anda bisa tetap bermain bersama dengan teman-temannya.

Lilin mainan extruder ini dilengkapi dengan berbagai jenis cetak yang akan mempermudah anak Anda untuk berimajinasi.

Di dalam satu paket lilin mainan ini Anda akan mendapatkan beberapa warna.

Anda bisa memilih warna apa saja yang anak Anda suka kemudian biarkan mereka untuk berimajinasi. Dengan menggunakan lilin mainan ini anak Anda bebas untuk berkreasi tanpa batas.

7. Fun Doh Refill

Jika Anda tidak merawatnya dengan baik, lilin mainan biasanya akan mudah kering dan rusak. Jika terlalu kering, lilin tersebut sangat sulit untuk dibentuk dan bisa pecah ketika anak Anda ingin merangkainya. Mainan lilin memang sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan ditutup secara rapat.

Jika lilin sudah tidak layak digunakan, Anda bisa membeli Fun Doh Refill yang sudah tersedia di dalam beberapa warna dan kotak. Jadi anak Anda akan kembali bisa bermain dengan yaman.

Lilin mainan Refill ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp25 ribu.

Lilin mainan anak memang sangat dibutuhkan untuk melatih imajinasi dan kreativitas mereka. Selain itu mainan lilin murah ini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Anda bisa bermain bersama mereka untuk melihat perkembangan mereka.