12 Jenis Mainan Dibuat Dari Benda Sekitar untuk Balita Dan Anak Anak

12 Jenis Mainan Dibuat Dari Benda Sekitar Untuk Balita Dan Anak Anak - Acosta

Ketika menjadi orangtua, yang paling penting adalah kebahagiaan anak, benar ‘kan? Dengan memberikan cukup banyak mainan anak-anak, pasti buah hati akan menjadi senang dan gembira.

Mereka bisa mengasah kemampuan softskill dan hardskill mereka sejak dini dengan mainan balita yang Anda berikan. Namun, pernahkah anda merasa bingung memberi mainan untuk anak?

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, bisa disebabkan oleh faktor ekonomi atau faktor lain seperti sudah tersedia banyak mainan di rumah. Nah, untuk itu anda perlu tahu berbagai cara membuat mainan dari berbagai benda yang ada di lingkungan sekitar.

Pastinya, memberi mainan yang langsung dibuat oleh kedua tangan kita akan terasa lebih spesial. Karena anda membuatnya dengan sepenuh hati, dan mencurahkan perasaan kasih sebagai orangtua ke dalam prosesnya. Untuk itu, anda pun perlu tahu berbagai rekomendasi jenis mainan yang dibuat dari benda sekitar untuk balita dan anak-anak berikut.

 

Rekomendasi 12 Jenis Mainan Dari Benda Sekitar

 

5 Mainan Edukatif yang Bisa Mengasah Kemampuan Buah Hati - Acosta Super Food

 

Mungkin anda sering pusing memikirkan jenis mainan apa yang akan diberikan anak. Namun sebagai orangtua pasti anda juga lebih pusing jika ada banyak benda yang tidak berguna di rumah.

Nah, bagaimana jika memanfaatkan berbagai benda tersebut untuk membuatkan mainan anak yang mengasah bakat dan minat buah hati?

Sebenarnya ada cukup banyak jenis mainan yang bisa dibuat dari benda tak berguna yang ada di sekitar kita, ayah dan bunda. Tergantung kreatifitas anda ketika mengolah dan menyulapnya menjadi mainan yang sama sekali berbeda dan inovatif.

Ini lho, berbagai jenis mainan handmade yang bisa anda buat sendiri dengan memanfaatkan berbagai benda di sekitar :

1. Buku Menggambar Dari Kardus, Mengapa Tidak?

Jika di rumah anda terdapat banyak kardus-kardus yang tidak penting dan keberadaannya cukup mengganggu, jangan serta merta dibuang, ya. Memang benda yang kurang bermanfaat tersebut bisa dijual.

Namun siapa tahu kardus tersebut bisa dijadikan mainan anak yang kreatif dan inovatif. Yap, kardus tersebut bisa anda manfaatkan sebagai buku gambar yang anti-mainstream dan bahkan memiliki kualitas yang bagus.

Cobalah untuk memotong-motong kardus sama lebar, lalu persilahkan anak menggambar berbagai hal di atasnya. Setelah itu, pajang gambar atau lukisan mereka di dinding, mereka akan merasa sangat diapresiasi!

 

2. Sand Art Bottle Dari Botol Bekas, Kreatif!

 

12 Jenis Mainan Dibuat Dari Benda Sekitar Untuk Balita Dan Anak Anak - Acosta Super Food

 

Pernahkah anda berpikiran untuk memanfaatkan berbagai jenis botol yang tidak terpakai di rumah sebagai sarana bermain anak? Wah, padahal membuat balita dan anak bermain pasir (yang tentu saja steril) bisa mengasah kreatifitas mereka.

Kombinasi antara botol bekas plastik maupun kaca dengan pasir warna-warni, siapa takut?Anda tinggal membersihkan botol-botol yang anda miliki dengan cara mencucinya hingga bersih dengan sabun.

Jangan lupa persiapkan pula pasir berwarna-warni untuk nantinya digunakan mengisi botol. Setelah itu ajari anak anda untuk memasukkan pasir ke dalam botol dengan urutan warna yang beragam, dan tada! Botol akan menjadi cantik dengan pasir warna di dalamnya, siap dijadikan hiasan ruang tamu.

 

3. Peralatan Bermusik Dari Alat Makan Stainless Steel

Anak anda suka bermusik, wah, itu pasti merupakan anugerah dari tuhan yang sangat patut anda syukuri. Sebaiknya anda membantu anak-anak untuk menyalurkan bakat terpendam tersebut dengan cara mengajaknya berlatih tiap hari.

Tidak perlu memasukkan mereka ke lembaga les sedini mungkin, karena ada cara yang lebih efektif dan “efisien”. Yaitu dengan cara membangkitkan semangat bermusik dengan alat musik dari benda sekitar.

Hal ini bisa anda lakukan dengan cara merangkai berbagai peralatan makan dari stainless steel dengan berbagai ukuran. Dan sediakan juga pemukul dari sumpit atau sendok dan garpu. Suara yang peralatan tersebut hasilkan akan membuat anak semakin antusias!

 

4. Stuff Polaroid : Ajarkan Anak Mengenal Benda Sekitar

Jika anda memiliki kamera polaroid yang mampu mencetak kartu foto dalam waktu singkat, mengapa tidak gunakan itu untuk mengajari anak tentang lingkungannya? Anda bisa memotret berbagai benda, mencetaknya pada kartu polaroid, dan menuliskan nama barang pada bagian belakangnya.

Selain bisa dijadikan untuk bahan pengenalan lingkungan, anak juga akan lebih bisa membedakan barang atau warna melalui kartu foto tersebut. Kreatif, bukan, karya “Stuff Polaroid” atau “Polaroid Barang-Barang” tersebut?

Anda tidak perlu lagi membeli kartu-kartu yang ada di marketplace dan toko mainan anak. Selain hemat biaya, anda juga bisa hemat energi dan bisa meluangkan waktu lebih untuk anak. Praktis!

 

5. Lakban, Gunakan untuk Buat Trek Mobil DIY

 

5 Mainan Edukatif yang Bisa Mengasah Kemampuan Buah Hati - Acosta Super Food

 

Membelikan mainan balita laki-laki berupa mobil-mobilan merupakan hal yang lumrah bagi tiap orangtua. Setelah dibelikan, anak akan bermain sepuas hati. Namun jika begitu adanya, mereka hanya bermain.

Ya, kreatifitas mereka tidak akan terasah, dan bahkan ada kemungkinan mereka meminta mainan baru lagi. Bagaimana jika membuat sedikit tantangan di rumah, dengan cara membuat trek mobil dengan lakban berwarna?

Mereka akan tertantang untuk membuat mobil mengikuti alur, dan jika mereka berhasil beri mereka sedikit reward. Softskill mereka berupa kesabaran dan ketelitian akan lebih terasah tanpa mereka sadari, jenius ‘kan?

 

 

 

6. Airball : Gun Hand Tag

Jenis Mainan Dibuat Dari Benda Sekitar - Acosta Super FoodAirball, Permainan seru berbentuk tembakan yang didesain sangat aman untuk dimainkan anak-anak. tidak hanya kemasan box, airball ini terdapat juga dalam kemasan handtag didalamnya terdapat 1 pistol dengan 5 peluru didalamnya yang terbuat dari plastik sehingga jika tubuh terkena tembakan tidak akan sakit. kamu dapat melatih akurasi kamu dengan airball ini. tidak hanya itu terdapat beberapa varian warna tembakan sehingga kamu dapat memilih warna yang kamu suka.

Persiapkan reward untuk anak jika mereka berhasil dapat poin lebih tinggi dari anda, seru ‘kan?

7. Punya Kotak Dan Stik Panjang Bekas, Buat Mainan Ini!

Kotak bekas memang cukup mengganggu jika dibiarkan menumpuk begitu saja di rumah. Dipadukan dengan stik panjang bekas, pasti kotak bekas tersebut bisa jadi mainan yang sangat mengedukasi anak-anak, terutama balita perempuan.

Caranya cukup mudah, cukup tempelkan stik-stik bekas tersebut ke dalam kotak hingga membentuk sebuah alur yang berkesinambungan. Lalu masukkan bila-bola kecil seperti kelereng ke kotak tersebut.

Mainan kotak bekas dengan stik yang tidak terpakai ini bisa digunakan untuk bermain bola dan digulirkan kesana kemari mengikuti alur. Mainan jenis ini bisa digunakan sebagai mainan balita perempuan maupun laki-laki.

 

8. Manfaatkan Kertas untuk Membuat Topeng yang Lucu

Barang berupa kertas bekas merupakan salah satu yang paling banyak dijumpai di setiap rumah. Jangan langsung membuangnya, anda bisa membuat mainan balita 1 tahun dengan kertas tersebut.

Balita dan anak-anak selalu menyukai tampilan visual dari topeng-topeng yang lucu. Anda akan selalu bisa menemukan inspirasi tampilan topen dari internet. Dan kertas-kertas tersebut bisa mewujudkan tampilan visual tersebut menjadi nyata.

Contohnya, anda bisa mencetak topeng kucing dari kertas dan menempelkannya pada wajah. Lalu menggunakan topeng-topeng tersebut untuk menyuapi sang anak atau memakaikannya pada wajah anak untuk bermain bersama. Kucing, kelinci, dan anjing yang imut pasti menjadi visual topeng yang para balita sukai.

 

9. Pewarna Makanan Bekas, Jadikan Cat Lukis Ramah Lingkungan Dong

Jika anda sering berkreasi dengan bahan pewarna makanan dan menjumpai salah satunya bersisa, gunakan itu untuk bahan mainan anak. Anda bisa mencampurkan pewarna tersebut dengan lem basah.

Lalu tuangkan pewarna makanan yang disulap menjadi cat lukis tersebut ke mangkuk kecil. Biarkan anak berkreasi sesuka mereka pada kanvas berupa kardus atau kertas bekas di halaman rumah.

Mainan balita 2 tahun ini menjadi salah satunya yang bisa menyalurkan bakat menggambar serta melukis mereka. Terutama bagi anak-anak yang telah menunjukkan minat terhadap seni lukis sejak dini. Dijamin ramah lingkungan, lho!

 

10. Rumah-Rumahan Dari Styrofoam Bekas Paket, Inspiratif!

Anda sering beli paket dengan ukuran besar dan memperoleh banyak styrofoam di dalamnya yang berfungsi menahan benturan? Jangan terburu untuk membuangnya, karena benda tersebut bisa disulap menjadi mainan anak-anak yang sangat inspiratif.

Anda bisa membuat desain, memotong, merangkai, dan menggabungkan satu sama lain potongan styrofoam yang ada. Untuk masalah desain, anda bisa menggunakan kekuatan internet untuk mencari inspirasi bentuk rumah-rumahan yang akan dibuat.

Masalah warna dan hiasan lainnya, anda bisa tambahkan berbagai mainan versi mini yang dimiliki oleh anak sebagai pelengkap. Atau anda bisa juga membeli glitter dan menempelkannya pada beberapa bagian rumah, sehingga tercipta mainan balita dan anak yang modis dan inspiratif.

 

11. Mini Pool Dari Plastik Bekas untuk Mainan Perahu

Salah satu hal yang sangat disukai oleh anak adalah bermain perahu di atas air, lalu memperhatikan laju perahu tersebut. Jika anda tidak ingin anak bermain di air yang kotor, bagaimana jika membuat kolam mini (mini pool) sebagai sarana bermain mereka?

Anda hanya perlu menyiapkan kantong plastik bekas atau kertas aluminium foil sebagai wadahnya. Bentuk sedemikian rupa hingga menyerupai kolam dan isi dengan air. Lalu ajak anak anda membuat perahu sendiri dari kertas.

Letakkan perahu tersebut di permukaan air dan nikmati permainan perahu terapung secara aman dan clean. Anda tidak perlu khawatir anak Anda berkotor-kotor karena mencari genangan air yang tidak steril hanya untuk mainan perahu. Beres ‘kan?

 

12. Botol Minuman Bekas untuk Sarana Main Bowling

Bagi anak dan balita yang suka main bola, tidak ada salahnya mengajak mereka main bowling bersama. Tapi anda tidak perlu membeli seperangkat bola dan pin bowling yang asli, karena pasti akan sangat mahal.

Anda tinggal memanfaatkan botol minuman yoghurt atau susu bekas sebagai pengganti pin bowling. Jangan lupa beri batasan berupa lakban pada kanan kiri pin yang telah ditata rapi.

Setelah itu, lemparkan bola yang berukuran sedang atau besar menuju ke arah pin tersebut, dan ajari anak untuk melakukan hal yang sama. Dijamin seru, dan membuat skill membidik anak jadi terlatih.

 

Itulah 12 ide membuat mainan dari benda sekitar untuk anak dan balita. Pastinya, dengan memanfaatkan benda di sekitar kita, anda jadi tidak perlu lagi mengeluarkan budget berlebih untuk mainan yang sifatnya sementara. Cerdas, ‘kan?

4 Rekomendasi Jenis Mainan Dari Benda Sekitar

1. Buku menggambar dari kardus 2. Sand Art Bottle dari botol bekas 3. Peralatan bermusik dari alat makan stainless steel 4. Lakban, gunakan untuk buat trek mobil DIY

3 Mainan Anak Paling Aman Saat Di rumah

1. Stik panjang bekas 2. Rumah-rumahan 3. Botol minuman bekas

4 Manfaat Mainan Dibuat Dari Benda Sekitar Untuk Balita

1. Belajar bahasa dan memperkaya kosakata 2. Mengasah imajinasi dan kreativitas 3. Melatih kemampuan motorik halus dan kasar 4. Belajar memecahkan masalah

Artikel terkait