5 Ide Mainan Anak-Anak Murah Meriah

5 Ide Mainan Anak-anak Murah Meriah

Ide mainan anak murah meriah memang sangat banyak, selain membeli Anda bisa membuat ide mainan anak sendiri dengan menggunakan yang ada di rumah.

Ide Mainan Anak - Acosta Super Food

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan mainan untuk membahagiakan anak-anaknya bukan? Salah satu solusi mendapatkan mainan murah adalah dengan membeli mainan anak murah meriah di grosir mainan.

Sekarang ini sudah banyak grosir mainan anak murah meriah yang bisa Anda kunjungi baik secara online maupun yang ada di dekat rumah Anda. Namun pernahkah Anda berpikir untuk membuat mainan sendiri dengan menggunakan bahan yang ada di rumah?

Membuat mainan sendiri mungkin ide yang bagus untuk dilakukan bersama dengan anak-anak di rumah. Mainan yang dibuat sendiri di rumah jauh lebih murah dibandingkan membelinya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengajak anak untuk berkreativitas dengan menggunakan bahan-bahan bekas yang ada di rumah. Bagi Anda yang ingin membuat mainan murah meriah untuk anak ada 5 ide yang bisa Anda jadikan referensi, yaitu:

 

1. Playdough atau Plastisin Homemade

Ide paling mudah untuk membuat mainan anak-anak murah meriah adalah membuat playdough atau plastisin. Playdough atau plastisin ini merupakan mainan murah meriah yang bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Untuk membuat playdough bahan yang perlu Anda siapkan adalah :

  • Tepung terigu
  • Garam halus
  • Tepung kanji
  • Minyak goreng
  • Cuka masak
  • Air
  • Pewarna makanan dengan warna sesuai selera

Adapun cara membuat playdough dengan bahan yang sudah disiapkan diatas adalah:

  • Campurkan tepung terigu, cuka, minyak, dan garam. Perbandingan terigu dan garam adalah 2 : 1, misalnya tepung terigu 100 gram maka garamnya 50 gram. Gunakan 2 sendok teh cuka dan 3 sendok makan minyak goreng.
  • Selanjutnya aduk semua bahan yang sudah dicampurkan dengan secara perlahan sambil ditambah air sedikit demi sedikit. Aduk terus adonan sampai kalis, lalu tambahkan tepung kanji pada adonan agar tidak lembek.
  • Setelah adonan sudah kalis pisahkan adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan pewarna makanan yang sudah disiapkan.
  • Langkah terakhir tambahkan pewarna makanan pada setiap adonan sesuai dengan selera Anda.

Playdough atau plastisin ini termasuk mainan anak perempuan murah meriah yang bisa melatih motorik halus dan kasar anak. Mainan ini cocok untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas.

Tidak hanya untuk anak perempuan, playdough juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki. Playdough yang dibuat sendiri ini lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Plastisin homemade ini bisa tahan beberapa hari sebelum akhirnya mengeras.Anda bisa memasaknya kembali dengan cara memanaskannya diatas kompor menggunakan teflon. Cukup beberapa menit saja sampai playdoughnya kembali agak lembek.

Agar lebih awet playdough ini sebaiknya disimpan dalam wadah kemudian ditutup dan diletakan di lemari pendingin. Penyimpanan yang tepat akan membuat playdough semakin awet. Cara penyimpanan ini juga bisa diterapkan untuk playdough yang Anda beli.

 

2. Kotak Sortir Warna

Ide mainan anak yang murah lainnya adalah membuat kotak sortir warna. Kotak sortir warna ini merupakan mainan edukasi untuk mengenalkan warna pada anak umur 1 sampai dengan 3 tahun.

Mengenalkan warna dengan menggunakan mainan pada anak akan lebih menyenangkan dan anak bisa lebih cepat mengerti.

Kotak sortir warna ini bisa Anda buat dengan menggunakan kardus bekas yang sudah tidak terpakai. Bagi Anda yang ingin membuat mainan ini sendiri, berikut ini adalah bahan yang perlu disiapkan:

  • Kardus bekas
  • Spidol warna-warni
  • Gunting
  • Lem
  • Kertas karton putih
  • Bola warna-warni

Adapun langkah-langkah untuk membuat kotak sortir ini adalah:

  • Siapkan kardus bekas, Anda bisa menggunakan kardus bekas mie instan lalu lapisi kardus ini dengan karton putih yang sudah disiapkan.
  • Kemudian buatlah pola lingkaran pada salah satu sisi kardus lalu digunting. Lingkaran ini digunakan untuk memasukkan bola kedalam kotak.
  • Lubang yang terbentuk dari pola lingkaran ini pada sampingnya diberi warna sesuai dengan warna-warna pada bola yang akan di sortir.
  • Tambahkan beberapa hiasan atau gambar agar kotak sortir warna ini terlihat lebih menarik.
  • Kotak sortir warna sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Anda bisa memberikan contoh bagaimana cara bermainnya terlebih dahulu kepada anak. Bermain kotak sortir warna ini bisa dilakukan bersama-sama dengan teman-teman atau saudara yang seumuran.

Mainan kotak sortir warna ini tidak hanya bisa membuat anak mengenal warna tapi juga melatih motorik halus anak. Kemampuan dalam memecahkan masalah dan menalar juga bisa dikembangkan melalui mainan kotak sortir warna ini.

Permainan ini memang terlihat sederhana tapi mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk tumbuh kembang anak. Memberikan mainan yang bermanfaat untuk anak ini sangat membantu dalam memaksimalkan perkembangan anak.

Anda juga bisa mengajak anak untuk ikut membantu dalam membuat kotak sortir warna ini. Dengan membuatnya bersama, secara tidak langsung Anda sudah mengajarkan anak untuk berpikir kreatif.

 

3. Lempar Anak Panah Di Halaman

Lempar Anak Panah Di Halaman- Acosta Super Food

Anak-anak juga membutuhkan untuk bergerak diluar ruangan bukan? Baik anak perempuan maupun laki-laki membutuhkan setidaknya 1 jam untuk bermain di luar.

Bermain di luar rumah bisa dilakukan dengan banyak mainan yang menyenangkan. Salah satu ide mainan anak murah untuk bermain di luar ruangan adalah bermain lempar anak panah di halaman. Permainan ini sering disebut juga dengan darts atau melempar panah.

Mainan darts biasanya ditempelkan pada dinding kemudian anak melemparkan anak panah agar menancap di dalamnya. Anda bisa mengkreasikan permainan ini dengan menggambar dart di halaman rumah.

Yang Anda butuhkan hanyalah kapur warna dan juga halam rumah yang agak luas. Gambarlah lingkaran dart seperti aslinya dengan ukuran besar sesuai dengan halaman rumah. Jangan lupa berikan pula angka atau poin pada setiap lingkaran pada darts.

Anak panah darts yang digunakan bisa Anda ganti dengan menggunakan busa yang sudah dibasahi. Tentukan garis pembatas tempat anak untuk melempar spons sebagai pengganti anak panah dart.

Permainan lempar anak panah ini sangat menyenangkan jika dimainkan bersama teman-teman maupun anggota keluarga yang lainnya. Anda bisa mencampurkan pewarna pada air yang akan digunakan untuk membasahi spons.

Bermain di halaman rumah dengan menggunakan darts buatan sendiri ini tentu sangat menyenangkan. Anda bisa membantu mencatat skor yang didapatkan dan memberikan hukuman untuk yang kalah. Hadiah juga bisa diberikan untuk anak yang bisa mendapatkan skor tertinggi.

Permainan ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik anak perempuan maupun laki-laki. Lebih menyenangkan jika dimainkan dengan 4 sampai 5 orang teman.

 

4. Rantai Warna-Warni dari Karton Tisu Gulung

Rantai Warna -Warni dari Karton Tisu Gulung - Acosta Super Food

Ide mainan anak-anak yang murah selanjutnya adalah memanfaatkan karton kertas pada tisu gulung. Jika keluarga Anda sering menggunakan tisu gulung tentu sampah kartonnya cukup banyak bukan?

Anda bisa memanfaatkan karton tisu gulung ini untuk dijadikan ide membuat mainan rantai untuk anak-anak. Bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat rantai warna-warni ini adalah:

  • Karton bekas tisu gulung
  • Cat air atau spidol untuk mewarnai
  • Tali sepatu bekas

Cara membuatnya sangat mudah yaitu warnai karton bekas tisu gulung dengan cat air atau spidol. Tali sepatu bekas yang sudah disiapkan tinggal disambungkan sampai panjang. Panjang tali sepatu ini bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Cara memainkan mainan ini sangat mudah yaitu anak diminta merangkai karton bekas tisu yang sudah diwarnai tadi dengan tali sepatu bekas yang sudah disambung. Agar tidak terlepas pada bagian ujung tali diikatkan satu buah karton tisu gulung.

Anda bisa meminta anak Anda untuk merangkainya berdasarkan urutan warna tertentu sesuai dengan petunjuk yang Anda berikan. Bermain rantai warna-warni dari karton bekas tisu gulung ini bisa Anda jadikan media pengenalan warna pada anak.

Mainan rantai tisu gulung ini juga dapat mengasah kemampuan motorik halus anak usia 3 tahun ke atas. Kemampuan pemecahan masalah anak juga bisa diasah dengan permainan yang satu ini.

Permainan sederhana ini tidak hanya murah meriah tapi juga bisa bermanfaat untuk tumbuh kembang buah hati Anda tercinta. Ajak anak untuk ikut mewarnai karton bekas tisu gulung ini agar anak merasa terlibat dalam pembuatan mainannya.

Keterlibatan anak dalam pembuatan mainan akan berdampak sangat bagus untuk perkembangan emosional anak. Anak akan mempunyai rasa memiliki pada mainannya sehingga membuatnya akan tetap merawat dan menjaga mainannya.

 

5. Daur Ulang Mainan yang Sudah Rusak

Mainan anak online murah meriah memang sangat banyak pilihannya, namun terkadang cepat rusak karena dimainkan terus menerus. Anda bisa memanfaatkan mainan yang sudah rusak ini untuk didaur ulang kembali menjadi mainan lain.

Daur ulang mainan bekas yang sudah rusak ini bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan bahan yang ada di rumah. Salah satu contoh mainan bekas yang bisa didaur ulang adalah bola pingpong yang sudah tidak digunakan.

Anda bisa mengubah bola pingpong kecil ini menjadi mainan ular-ularan dengan tambahan tutup botol bekas. Cara membuat ular-ularan dengan menggunakan bola pingpong bekas dan tutup botol bekas yaitu:

  • Potong bola pingpong menjadi 2 bagian kemudian tempelkan tutup botol di belakang bola pingpong dengan menggunakan lem. Tempelkan tutup botol lainnya sampai memanjang dan membentuk ular.
  • Bagian potongan bola pingpong yang satunya juga bisa dibuat ular-ularan dengan cara yang sama.
  • Agar terlihat lebih bagus gambar wajah ular dengan menggunakan spidol pada bagian bola pingpong.

Untuk membuat mainan ular-ularan ini Anda bisa mengajak buah hati Anda membantu. Dengan cara ini kreativitas anak akan terasah dan keterampilan motorik halus anak juga bisa terlatih.

Ada banyak bahan bekas yang bisa Anda gunakan untuk membuat kreasi mainan anak yang murah meriah. Manfaatkan bahan-bahan bekas untuk membuat mainan anak yang kreatif dan mendidik.

Selain menggunakan tutup botol, Anda juga bisa menggunakan botol bekas untuk berkreasi dalam pembuatan mainan anak. Dari botol bekas Adna bisa membuat mainan pesawat atau mainan lainnya.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan barang bekas sebelum membuatnya menjadi mainan yang menyenangkan. Selalu libatkan anak dalam pembuatan mainan dari barang bekas untuk melatih kemampuan motorik dan berpikir kreatif anak.

Dari kelima ide mainan anak murah meriah ini bisa Anda coba buat bersama anak di rumah. Namun jika Anda tidak sempat untuk membuat mainan bersama anak Anda bisa membelinya. Membeli mainan untuk anak juga harus dipilih yang sesuai dengan usia dan mempunyai manfaat untuk anak.

3 Ide Membuat Mainan Anak-Anak Murah Meriah

1. Playdough atau Plastisin Homemade 2. Kotak Sortir Warna 3. Rantai Warna-Warni dari Karton Tisu Gulung

Bahan untuk membuat rantai warna-warni

● Karton bekas tisu gulung ● Cat air atau spidol untuk mewarnai ● Tali sepatu bekas

langkah-langkah untuk membuat kotak sortir ini adalah

● Siapkan kardus bekas, Anda bisa menggunakan kardus bekas mie instan lalu lapisi kardus ini dengan karton putih yang sudah disiapkan. ● Kemudian buatlah pola lingkaran pada salah satu sisi kardus lalu digunting. Lingkaran ini digunakan untuk memasukkan bola kedalam kotak. ● Lubang yang terbentuk dari pola lingkaran ini pada sampingnya diberi warna sesuai dengan warna-warna pada bola yang akan di sortir. ● Tambahkan beberapa hiasan atau gambar agar kotak sortir warna ini terlihat lebih menarik. ● Kotak sortir warna sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Artikel terkait