Cara Merawat Mainan Mobil Agar Tetap Awet

Cara Merawat Mainan Mobil Agar Tetap Awet - Acosta Super Food

Mainan mobil-mobilan memang sangat digemari khususnya kalangan anak laki-laki. Apalagi dengan bantuan teknologi kini mobil-mobilan bisa dikontrol melalui remote control. Mobil bisa berjalan sesuai kehendak hati dengan remote control tersebut. Sayangnya harga mainan jenis ini cenderung lebih mahal ketimbang mainan modern lainnya.

Untuk itu penting untuk mengetahui cara merawat mainan mobil agar tetap awet. Siapa tahu mainan mobil-mobilan anak Anda bisa digunakan untuk adiknya di kemudian hari. Berikut tips merawat mainan anak yang perlu diperhatikan terkait perawatan mainan mobil-mobilan khususnya yang menggunakan remote control.

Mobil Mobilan Anak - 10 Rekomendasi Mainan Kendaraan Untuk Si Buah Hati - Acosta

1. Jauhkan Dari Air

Cara merawat mainan mobil apalagi dengan remote control sebenarnya sangatlah mudah. Jauhkan mainan ini pada area yang mudah terkena air. Anda bisa mengajak anak bermain di lapangan maupun di dalam ruangan yang tidak begitu banyak ada perabotan di dalamnya.

Bahan elektronik rentan rusak bila sudah terkena air. Jika terlanjur maka segera keringkan menggunakan lap. Anda juga bisa mengeringkannya memakai angin yang dihasilkan dari hair dryer dengan level paling rendah. Bila dijemur maka pilih lokasi yang tidak langsung terpapar sinar matahari. Tempat yang sejuk mampu mengeringkan bagian dalam mobil-mobilan.

2. Sesuaikan Pemakaian dengan Jenis Mobil

Cara merawat miniatur agar tetap awet khususnya mobil-mobilan adalah dengan menyesuaikan pemakaian dengan jenis mobil yang dimainkan. Misalnya saja miniatur mobil sport tentunya kurang pas bila dimainkan dengan cara ditabrakan ke tembok atau ditabrakan ke mobil lainnya.

Hal ini bisa menghancurkan body mobil yang memang lentur. Mainan mobil sport biasa menggunakan bahan polycarbonat. Bahannya keras namun tidak tahan banting.

3. Sebaiknya Kardus Mainan Jangan Dibuang

Jangan buang kardus mainan mobil-mobilan Anda. Kardus ini bisa digunakan sebagai wadah mobil-mobilan kembali ketika tidak digunakan. Selain lebih rapi kardus juga dapat menghindari mainan terkena debu. Lebih ringkas dan bisa menaikan harga jika dijual kembali.

4. Isi Baterai Saat Benar-benar Kosong

Mainan mobil-mobilan yang bisa dikontrol perlu diisi kembali daya baterainya jika sudah habis. Bila baterai sering diisi daya listriknya sebelum benar-benar kosong maka akan mudah membuat baterai tersebut drop. Untuk mobil-mobilan yang menggunakan baterai coba cek kawat per untuk memuat baterai.

Perhatikan apakah timbul karat atau korosi pada per tersebut. Gosoklah bagian per dengan amplas halus maupun pisau cutter. Bagian yang karat akan kembali seperti baru. Jika dibiarkan maka sumber tegangan tidak bisa bekerja dengan baik sehingga mobil tidak terisi daya listrik.

5. Bersihkan yang Benar

Tidak lupa bersihkan dengan benar misalnya saja timbul debu cukup dilap saja dengan kain bersih. Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan mainan mobil-mobilan elektronik diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Untuk menjangkau celah-celah sempit Anda bisa menggunakan cotton bud. Bila ada noda basah gunakan tisu kering untuk melap bagian tersebut. Sementara bagian body mobil bisa memanfaatkan lap kain dengan permukaan yang halus. Bagian roda mobil akan memakan waktu lama jika dibersihkan menggunakan cotton bud. Anda bisa menggantinya dengan menggosok bagian roda dengan sikat gigi yang memiliki bulu halus.
  • Mensterilkan mainan juga penting agar anak Anda tidak terkena bakteri maupun kuman. Anda bisa menggunakan alkohol, detergen maupun Contact Cleaner. Contact Cleaner adalah cairan khusus membersihkan rangkaian elektronik. Untuk pengaplikasiannya bisa dengan menyemprotkan cairan pada badan mobil mainan.
  • Bila mobil terkena minyak atau noda membandel untuk membersihkannya bisa dengan air hangat dan deterjen. Sementara bila terkena tanah atau lumpur bisa dengan mengelapnya memakai air dingin. Setelah itu keringkan dengan lap bersih atau diangin-anginkan.
  • Tidak lupa untuk membersihkan bagian mesin mobil agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa mobil remote control memiliki ruang kedap udara dan anti air. Untuk membersihkannya Anda bisa melepaskan baut lalu melapnya dengan hati-hati
  • Bagian chassis mobil juga perlu dibersihkan agar mampu melaju kencang. Untuk membersihkannya cukup memakai sikat gigi pada bagian yang terkena noda saja. Setelah itu lap hingga kering baru dipasang kembali.

Masalah yang Timbul Pada Mainan Mobil Remote Control

Masalah yang timbul pada mainan mobil-mobilan khususnya remote control tak hanya terkait noda pada mobil saja. Tak jarang timbul gangguan pada bagian komponen mesin sehingga mobil tidak mau bekerja sebagaimana mestinya saat dioperasikan melalui remote control.

1. Saklar

Saklar digunakan untuk memutus tegangan pada mobil elektronik. Saat saklar tidak bekerja sebagaimana mestinya maka mobil tidak bisa dikontrol nyala dan matinya. Kerusakan saklar umumnya disebabkan karena debu yang menutupi rangkaian ini. Bila ini terjadi bisa dibersihkan dengan sikat halus.

Saklar juga bisa tidak bekerja karena konektor yang sudah karatan. Solusinya adalah dengan memberikan pelumas pada bagian ini kemudian gesekan perlahan hingga karatnya terangkat. Pelumas yang digunakan bisa berupa minyak kayu putih.

2. Kabel

Tak jarang masalah ditemukan pada bagian kabel mobil. Kabel mobil elektronik memang banyak dan dibedakan dalam beberapa macam warna. Bila Anda bongkar body mobil luar maka sekiranya ada pula simbol huruf yang disematkan pada kabel tersebut. Cek apakah kabel tidak putus dan bekerja sesuai dengan tegangan positif dan negatifnya.

Tak lupa coba perhatikan solderan kabel apakah masih melekat atau tidak. Apabila ada kabel yang putus maka sambung lagi sesuai dengan warna dan posisinya.

3. Dinamo Roda Belakang

Selanjutnya tak jarang ada masalah pada dinamo yang menggerakan roda mobil. Misalnya saja saat baterai sudah terpasang laju mobil tidak secepat biasanya. Ini berarti ada masalah dinamo roda belakang mobil remote control tersebut. Apabila roda belakang lajunya lemah maka ini tanda dinamo sudah aus dan minta untuk diganti.

4. Baterai

Baterai juga bisa bermasalah sehingga mobil tidak bisa menyala dan berjalan. Pastikan baterai yang digunakan masih memiliki tegangan. Periksa pula bagian per yang menghubungkan tegangan baterai dengan mobil elektronik tersebut. Coba ganti baterai Anda dengan yang baru bila tetap tak berjalan maka masalahnya terletak pada saklar.

Manfaat Mobil-Mobilan Bagi Anak-Anak

Cara Merawat Mainan Mobil Agar Tetap Awet - Acosta Super Food

 

Manfaat dari mobil-mobilan sendiri juga sangat banyak. Mobil-mobilan bisa melatih anak-anak untuk belajar merangkak dan berjalan dengan mengikuti mobil yang bergerak meluncur di hadapannya. Apalagi mobil-mobilan yang tersedia di pasaran sangat beragam mulai dari truk, mobil polisi, ambulance hingga mobil sport pun tersedia.

Dari mobil-mobilan anak-anak juga dapat mengenali beragam jenis mobil yang ada saat ini. Hal ini bisa jadi pengetahuan tambahan bagi anak-anak. Selain itu biasanya mobil-mobilan elektronik dilengkapi dengan suara dan lampu yang bisa menyala. Fitur ini bisa menarik minat anak untuk bermain mobil-mobilan dan memahami suara dan warna.

Dengan bermain mobil-mobilan anak juga dilatih motorik dan sensoriknya. Kemampuan berbicara secara tidak langsung juga ikut terlatih. Anak-anak bisa mengikuti suara mobil dan mengidentifikasi jenis mobil. Tak hanya itu saja anak-anak juga meningkatkan kemampuan kognitifnya melalui mainan ini.

Cara Mengajarkan Anak Untuk Merawat Mainan

 

Cara Merawat Mainan Mobil Agar Tetap Awet - Acosta Super Food

 

Tak hanya mahir menggunakannya saja anak juga perlu dididik untuk bisa merawat mainannya sendiri. Cara mengajarkan anak merawat mainan sebenarnya sulit-sulit gampang. Sulit karena tidak bisa diajarkan dalam sekali waktu dan mudah bila ia sudah memahami aturan yang Anda terapkan.

  • Ajari Cara Memainkannya Sesuai Fungsinya

Ajari anak untuk memainkan mainan sesuai dengan fungsinya. Seperti mainan mobil-mobilan dengan remote control seharusnya digunakan hanya untuk berkendara atau menjalankan mobil saja. Mainan ini tidak dipergunakan anak sebagai sarana untuk mengangkut beban dari satu tempat ke tempat lainnya.

Tunjukan pula dimana anak-anak bisa memainkan mainan ini di dalam rumah. Bila digunakan di luar rumah pastikan anak-anak tak sampai ke jalan raya dengan lalu lintas yang padat untuk memainkannya. Memainkan mainan tidak sembarang tempat juga menjaga keawetan mainan tersebut.

  • Hindari Anak Untuk Menjadikan Mainan Sebagai Pelampiasan

Menghargai mainan juga penting diajarkan kepada anak Anda. Nasihati anak yang memiliki kebiasaan membanting mainan. Tak sedikit anak-anak yang suka sekali melampiaskan emosinya dengan membanting barang-barang yang dimilikinya seperti mainan.

Beri pengertian bahwa mainan yang dimilikinya tidak mudah untuk didapatkan. Anda bisa mendisiplinkan anak dengan mendiamkannya beberapa menit sebagai salah satu cara untuk mengintropeksi diri. Anda juga bisa berhenti membelikannya mainan baru hingga anak merubah sikapnya.

  • Tunjukan Tempat Menyimpan Mainan

Biasakan anak untuk menyimpan mainannya di tempatnya. Anda bisa menunjukkan etalase atau kontainer tempat menyimpan mainan. Hal ini mengajarkan anak untuk mampu bertanggungjawab atas barang-barang yang dimilikinya. Menyimpan mainan pada satu tempat juga memudahkan dalam mencari mainan yang dibutuhkan sikecil.

  • Biasakan Anak Merapikan Mainan

Saat menyimpan mainan pada tempatnya latihlah anak agar mampu menyimpan mainan tersebut secara rapi. Hal ini akan membuat mainan tidak mudah kena gesekkan mainan lain sehingga badan mainan tetap utuh. Selain itu merapikan mainan juga menjaga keawetannya.

  • Buat Membereskan Mainan Terasa Menyenangkan

Buatlah aktivitas membereskan mainan terasa lebih menyenangkan dengan menyetel lagu-lagu yang ia sukai. Atur kegiatan ini seperti permainan Anda bisa batasi waktu beres-beres mainannya selama 15-20 menit. Hal ini bisa membuat anak untuk segera berbenah. Anak juga akan lebih bersemangat karena dipandu dengan irama lagu yang ceria.

  • Atur Waktu Beres-Beres Pada Sore Hari

Anda bisa mengatur waktu beres-beres mainan setiap sore hari. Ia bisa memainkan mainannya kapan saja asal ketika menjelang sore aktivitas bermain harus berhenti. Mainan sudah harus dirapikan dan diletakan pada tempatnya.

  • Puji Anak & Beri Penghargaan

Tidak lupa pujilah hasil kerja kerasnya agar ia merasa dihargai. Anda bisa mengatakan bahwa kamarnya kian rapi setelah dibersihkan. Sesekali Anda juga bisa memberikan penghargaan seperti pemberian hadiah atas kedisiplinannya membereskan mainannya selama ini.

Itulah tadi cara merawat mainan mobil agar tetap awet digunakan buah hati dalam jangka waktu lama. Dengan merawat dan menghargai mainannya anak-anak juga akan belajar bertanggung jawab dan menghargai apa yang dimilikinya hingga ia dewasa nanti.

Dengan merawat mainannya Anda juga bisa berhemat belanja mainan baru untuk si kecil. Mainan lama juga bisa digunakan adiknya kelak di kemudian hari atau dijual kembali suatu hari nanti. Jangan malas ya merawat mainan anak baik mobil-mobilan ataupun mainan jenis lainnya.

Bagaimana cara merawat mobil mobilan?

Jauhkan Dari Air, Sesuaikan pemakaian dengan jenis mobil, Sebaiknya kardus mainan jangan dibuang, Isi Baterai saat benar benar kosong, Bersihkan yang benar

Masalah apa saja yang timbul pada mainan mobil remote control

Saklar tidak berfungsi dengan baik, kabel putus, laju mobil tidak secepat biasanya itu adalah masalah dinamo roda belakang, baterai habis

Bagaimana cara mengajarkan anak untuk merawat mainan?

Ajari Cara Memainkannya Sesuai Fungsinya, Hindari Anak Untuk Menjadikan Mainan Sebagai Pelampiasan, Tunjukan Tempat Menyimpan Mainan, Biasakan Anak Merapikan Mainan, Buat Membereskan Mainan Terasa Menyenangkan, Atur Waktu Beres-Beres Pada Sore Hari, Puji Anak & Beri Penghargaan

Artikel terkait