5 Cara Memilih Baby Walker Atau Baby Push Walker Yang Bagus

Baby Push Walker - 5 Cara Memilih Baby Walker Atau Baby Push Walker Yang Bagus - Acosta

Sebagai orang tua, melihat perkembangan anak batitanya mulai dari bisa duduk sendiri, berdiri, hingga berjalan akan memberi kebahagiaan tersendiri. Biasanya akan muncul juga perasaan bangga. Biasanya, untuk membantu proses tersebut orang tua akan memberikan baby walker atau baby push walker yang bagus.

Baby Push Walker - 5 Cara Memilih Baby Walker Atau Baby Push Walker Yang Bagus - Acosta

Baby Walker atau Baby Push Walker?

Dua mainan tersebut dipercaya bisa membuat anak bisa lebih cepat berjalan. Apakah hal tersebut benar atau hanya mitos? Terkadang orang tua juga akan sedikit bingung dalam memilih. Apakah harus membelikan baby walker atau baby push walker.

Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Baby WalkerBaby Push Walker - 5 Cara Memilih Baby Walker Atau Baby Push Walker Yang Bagus - Acosta

Baby Walker adalah suatu alat yang biasanya berbentuk bulat atau persegi dengan roba di bagian bawah. Pada bagian tengahnya terdapat lubang dengan kain penahan. Bayi akan diletakan pada bagian tersebut.

Mainan ini akan membantu bayi berdiri dan bergerak layaknya berjalan. Saat bayi menggerakan kakinya, mainan ini akan meluncur dengan rodanya.

Perlu Anda tahu, baby walker saat ini sudah tidak direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Mainan ini terlalu beresiko. Saat anak bergerak dengan cepat, baby walker bisa meluncur tanpa kontrol dan rawan mengakibatkan kecelakaan.

Baby walker juga hanya melatih otot kaki bagian bawah. Padahal pada proses belajar berjalan, anak perlu menguatkan otot tungkai dan panggul.

Selain itu, koordinasi antara mata dan kaki tidak akan terjadi karena anak tidak mampu melihat kakinya. Karena anak diletakan pada posisi semi duduk, keseimbangan anak juga kurang terlatih.

Meski kurang direkomendasikan, beberapa orang tua masih membelikan baby walker untuk anaknya. Baby walker dengan keamanan ekstra kemudian lebih banyak dipilih.

Baby Push Walker

Sebagai pengganti baby walker, saat ini produsen perlengkapan anak banyak membuat Baby Push Walker atau baby pushchair. Alat ini dianggap lebih optimal fungsinya dalam melatih kemampuan berdiri dan berjalan anak.

Tidak seperti baby walker yang menempatkan bayi pada posisi semi duduk, baby push walker menuntut anak untuk berdiri secara natural. Dengan alat ini, anak bisa berdiri kemudian menggunakan pegangan yang disediakan untuk menahan tubuhnya.

Pada proses tersebut, baby akan belajar menyeimbangkan tubuhnya. Bayi juga akan berlatih mengkoordinasi antara mata, tangan dan kaki.

Menggunakan baby push walker, kaki anak akan bertumpu pada tanah secara sempurna. Saat bayi mulai bisa melangkahkan kakinya, tidak hanya otot bagian bawah yang dilatih, otot tungkai dan panggul juga akan terlatih.

Meski sudah ada pengaman ekstra pada kedua mainan tersebut, saat anak bermain dengan baby walker maupun baby push walker, pengawasan orang tua tetap sangat diperlukan.

Tips Memilih Baby Walker atau Baby Push Walker yang Tepat.

Apakah Anda sudah menentukan ingin membelikan baby walker atau baby push walker? Nah, sebelum menuju toko perlengkapan bayi, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih kedua produk tersebut.

1. Konstruksi yang Kokoh dan Stabil

Memperhatikan konstruksi adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Mainan ini akan menopang tubuh bayi. Konstruksi yang kokoh adalah syarat mutlak sebagai penjamin keamanan bayi.

Jangan mudah tertarik dengan harga murah. Percuma harganya murah, jika konstruksinya tidak kuat. Konstruksi yang tidak kokoh bisa mencelakai bayi. Bayi bisa saja terjungkal atau jatuh saat sedang aktif memainkannya.

Cek seberapa kokoh bahan yang digunakan. Bahan harus benar-benar kuat untuk menopang berat badan bayi.

Ada baiknya Anda memilih bagian dasar atau body yang lebih lebar. Mungkin Anda berpikir, hal ini akan memberatkan bagi bayi dan membuat gerakannya terbatas. Tapi memang itulah tujuannya.

Mengapa begitu? Mainan beroda ini sangat riskan. Saat bayi bergerak dengan cepat, momentum dari mainan ini bisa lebih mempercepat gerakan bayi. Jika tidak bisa terkontrol, bayi bisa keluar dari pintu maupun turun ke tangga.

Bagian dasar yang lebih besar akan sedikit menghambat gerakan bayi. Setidaknya hal tersebut bisa menjadi pencegah. Dengan ukuran yang sedikit lebar, bayi bisa terhalang saat akan keluar melalui pintu atau masuk ke wilayah berbahaya lain.

Lebih baik memilih mainan yang konstruksinya memiliki sudut tumpul jadi tidak rawan menggores kulit bayi.

Setelah itu cek kestabilannya. Anda bisa melihat konstruksi rodanya. Posisinya harus seimbang, tidak tinggi sebelah. Pastikan juga rodanya terpasang dengan erat.

Mainan ini akan bergerak mengiringi gerakan bayi. Pergerakan roda harus bisa mengikuti berbagai manuver bayi dan mudah saat dibawa berbelok.

Lebih baik memilih barang yang rodanya tidak terlalu licin. Jika mainan bergerak terlalu cepat, bayi bisa saja kewalahan mengikutinya dan kemudian terjatuh.

2. Adanya Fitur Keamanan

Baby walker dan push walker bukan sekedar mainan. Hal tersebut adalah alat. Bisa membantu pergerakan anak dan terasa seru dimainkan, tapi juga beresiko mengakibatkan kecelakaan.

Supaya Anda merasa lebih tenang, pilih barang yang memberikan fitur keamanan ekstra. Meski harganya akan lebih mahal, jika memang fiturnya cukup berguna, mengapa tidak. Toh hal itu demi keamanan anak Anda sendiri.

Anda bisa memilih barang yang memiliki fitur peredam kecepatan. Setidaknya, bayi tidak akan bergerak terlalu cepat dan membuatnya tergelincir.

Bantalan anti selip pada roda juga merupakan fitur keamanan yang dibutuhkan.

Pada baby walker, biasanya juga terdapat alas pada bagian bawahnya. Alas ini akan mencegah kaki anak bersentuhan langsung di lantai. Fitur ini bisa digunakan supaya bayi tidak bergerak secara liar.

3. Fitur Tambahan atau Mainan Penunjang Lain

Pada masa tumbuh kembang anak, Anda butuh banyak mainan yang mampu memberi stimulasi pada otak, motorik, sensorik, dll.

Baby walker dan baby push walker biasanya dilengkapi juga dengan beberapa mainan lain. Mainan yang bisa dipasang dan dilepas untuk dimainkan secara terpisah.

Dengan membeli baby walker atau baby push walker yang sudah memiliki banyak mainan bisa lebih efisien daripada harus membeli mainan satu per satu.

Mainan yang disertakan pada baby walker atau baby push walker biasanya sudah disesuaikan fungsinya sebagai alat untuk menstimulasi perkembangan anak.

4. Bahan yang Aman

Baby Push Walker - 5 Cara Memilih Baby Walker Atau Baby Push Walker Yang Bagus - Acosta

Anda harus teliti memeriksa bahan yang digunakan pada mainan anak. Ada beberapa bahan plastik yang memiliki kandungan berbahaya bagi anak. Jika bahan terbuat dari kayu, pastikan permukaannya cukup aman untuk disentuh oleh bayi.

Label SNI dan BPA Free bisa menjadi pedoman keamanan. BPA Free maksudnya adalah bebas bisphenol-A.

5. Harga

Harga adalah hal yang juga perlu Anda pertimbangkan. Ada beberapa mainan yang harganya terlalu mahal tapi kelebihannya tidak terlalu signifikan. Ada juga yang banting harga sangat murah tapi keamanannya tidak dijamin.

Lebih baik Anda memilih barang yang harganya masih masuk akal sesuai dengan fiturnya.

Rekomendasi Produk Baby Walker & Baby Push Walker

Buat Anda yang sedang bingung mencari baby walker atau baby push walker untuk anak, berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk yang bisa dipilih.

Produk-produk di bawah ini adalah produk yang sudah cukup populer dan kualitasnya terjamin. Produk yang juga cukup banyak direkomendasikan oleh para orang tua yang sudah berpengalaman.

1. Fisher-Price Musical Lion Walker

Produk push walker menjadi produk yang dianggap paling populer. Banyak rekomendasi baby push walker di internet yang menyebutkan produk ini.

Baby push walker dengan desain menyerupai singa ini memiliki banyak mainan untuk merangsang motorik dan sensorik anak.

Produk ini sudah terbukti keamanannya. Namun, rodanya memang sedikit licin.

Harga push walker ini sekitar Rp. 800.000 – Rp. 1.000.000.

2. Pumpee Happy Musical Walker

Body utama produk ini berwarna putih. Berbagai mainan yang tertempel pada body utama tersebut memberi aksen berwarna yang tampak keren.

Beberapa mainan yang ada pada produk ini diantaranya adalah telepon mini, alat musik mainan, board gambar, dll.

Keamanan produk ini dijamin dengan silikon anti slip pada roda.

Produk ini bisa Anda beli dengan harga berkisar Rp 400.000 – Rp 500.000.

3. iPlay, iLearn Push Walker

Salah satu kelebihan yang cukup diminati orang tua yang memilih produk ini adalah fitur-fitur mainan yang dimilikinya.

Fitur mainan yang menjadi ciri khas dari produk ini adalah mainan setir mobil dan board untuk menggambar pada sisi bagian bawahnya.

Soal keamanan, tidak perlu diragukan lagi. Produk ini sudah lolos CPSC safety tests.

Produk iPlay, iLearn Push Walker cukup mahal yaitu antara Rp 1.400.000 – Rp 1.600.000.

4. Baby Walker BE-0188

Salah satu keunggulan produk ini adalah slot SD card yang bisa digunakan untuk memutar musik. Seperti yang kita tahu, musik adalah salah satu stimulan yang baik untuk merangsang kecerdasan anak.

Anda bisa memilih lagu-lagu anak atau lagu klasik dan memutarnya melalui baby walker ini. Bayi Anda bisa bermain dalam baby walker sembari menikmati alunan musik yang menstimulasinya.

Kenyamanan bayi sangat ditunjang oleh produk ini. Mulai dari handle yang nyaman digenggam, ukuran tray yang cukup luas, dan roda yang cukup mudah dikendalikan oleh bayi.

Untuk mengatur tempat duduknya sudah menggunakan tuas dan bisa dilepas sehingga mudah dibersihkan.

Produk ini aman dan sudah dilengkapi stopper.

Harga di pasarannya sekitar 750 ribuan.

5. Baby Walker FB-218A

Produk ini bisa sedikit membuat Anda tenang. Keamanan ganda sudah diterapkan pada produk ini. Tidak hanya memasang stopper pada roda, produk ini juga memiliki alas yang dipasang pada bagian kaki sebagai pengaman ekstra.

Produk ini juga memiliki gagang dorongan.

Mainan penunjang yang terdapat pada produk ini adalah IC melodi drum.

Fitur pengamannya berupa rem pengaman dan tatakan kaki.

Harga produk ini di pasaran sekitar 500 ribuan.

6. in-1 Lion Entertainer

Produk ini adalah salah satu baby walker terbaik. Salah satu alasannya karena produk ini memiliki fitur 4 in 1.

Tidak hanya berfungsi sebagai baby walker, produk ini juga bisa menjadi pushchair atau baby push walker. Ada juga fitur feeding seat yang memposisikan roda supaya tidak bergerak sehingga aktivitas menyuapi bayi bisa lebih aman.

Selain itu, produk ini juga memiliki beberapa mainan penunjang yang bisa dimainkan oleh bayi sembari duduk.

Adanya keempat fitur itulah yang membuat produk ini dijuluki 4 in 1 entertainer.

Keamanan produk ini sudah cukup terjamin. Harganya sekitar 800 ribuan.

Itu dia ulasan tentang cara memilih baby walker atau baby push walker yang bagus sekaligus beberapa produk rekomendasi. Sesuai arahan IDAI, ada baiknya Anda memilih baby push walker saja sebagai pengganti baby walker. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat.

Kenapa baby walker sangat tidak direkomendasikan ?

baby walker saat ini sudah tidak direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia.Karena mainan ini terlalu beresiko. Saat anak bergerak dengan cepat, baby walker bisa meluncur tanpa kontrol dan rawan mengakibatkan kecelakaan.

Bagaimana tips memilih baby walker atau baby push walker yang tepat ?

Konstruksi yang kokoh dan stabil, Adanya fitur keamanan, Fitur tambahan atau mainan penunjang lain, Bahan yang aman, serta Harga

Apa saja produk baby walker dan baby push walker yang menjadi rekomendasi para orang tua erpengalaman ?

Fisher-Price Musical Lion Walker, Pumpee Happy Musical Walker, iPlay, iLearn Push Walker, Baby Walker BE-0188, Baby Walker FB-218A, dan 4-in-1 Lion Entertainer

Artikel terkait