7 Perlengkapan yang Perlu Dibeli Ibu Saat Anak Sedang Belajar Jalan

Alat Bantu Jalan Bayi - 7 Perlengkapan Yang Perlu Dibeli Ibu Saat Anak Sedang Belajar Jalan - Acosta

Melihat si kecil sudah mulai bisa berjalan pasti membuat orang tua sangat bahagia ya? Untuk mencapai hal tersebut, tidak jarang para orang tua juga menggunakan alat bantu jalan bayi agar buah hati bisa berjalan lebih cepat.

Keputusan tersebut tidak salah tetapi, sebenarnya selain alat bantu bayi belajar berdiri atau berjalan, anda juga perlu persiapan lain. Ada beberapa perlengkapan yang perlu dibeli untuk memastikan si kecil bisa belajar berjalan dengan baik dan aman. Apa saja perlengkapan tersebut, Penasaran?

 

Perlengkapan yang Perlu Dibeli Supaya Anak Lancar dan Aman Belajar Berjalan

Rekomendasi Push Walker untuk Si Buah Hati - Acosta Super Food

Tahap belajar berjalan bukanlah saat yang mudah bagi anak dan juga orang tua. Anak akan sering terjatuh dan orang tua harus bersabar serta memberi si kecil semangat serta dorongan.

Selain semangat dan dorongan, masih ada hal lain yang bisa dilakukan sebagai orang tua. Hal tersebut adalah menyiapkan perlengkapan yang bisa memperlancar proses belajar anak dan tidak lupa memastikannya aman.

 

1. Pull Toy

Pull toy adalah jenis mainan yang umumnya berbentuk hewan dan dimainkan dengan cara ditarik. Mainan ini dapat merangsang kemauan anak untuk belajar berjalan karena ia akan mengandaikan mainan sebagai peliharaannya. Anak akan cenderung ingin berdiri dan bermain bersama hewan peliharaannya itu.

Penggunaan mainan ini tentunya lebih maksimal ketika anak sudah bisa berdiri tegak pada usia 9 bulan ke atas. Bagi anda yang menginginkan pull toy ada banyak merk berkualitas yang harganya di bawah Rp 100.000.

 

2. Stand Up Toys

Stand Up Toys - Acosta Super Food

Stand Up Toys adalah mainan anak yang dibuat dengan tujuan supaya anak mau berdiri dan berjalan. Sehingga, bentuk mainan umumnya berupa meja atau besi yang dipasang di dinding. Jenis permainan ini cocok untuk bayi yang mulai bisa mengangkat badannya sendiri yaitu pada usia 8 atau 9 bulan.

Untuk mainan yang berbentuk meja, dalam satu meja tersebut tersedia banyak permainan lengkap, misalnya seperti :

    • Xylophone
    • Piano
    • Tombol lucu yang bisa mengeluarkan suara
    • Permainan mencocokan bentuk

 

Sementara untuk permainan berbentuk besi yang dipasang di dinding, mirip dengan palang besi untuk berlatih balet. Sepanjang palang besi dipasang gelang-gelang besar berbagai bentuk yang bisa digerakkan dan mengeluarkan suara.

Untuk mencapai satu gelang ke gelang lain, anak bisa berpegangan pada besi tersebut. Tinggi palang besi tentunya dipasang sesuai tinggi anak, bisa dijangkau ketika anak berdiri dan tidak bisa dijangkau ketika anak duduk.

Harga mainan jenis ini cukup mahal karena permainan yang ada cukup kompleks. Akan tetapi jika dibandingkan dengan alat bantu jalan baby yang lain, harganya tidak berbeda jauh. Anda bisa mendapatkan mainan satu ini di kisaran harga Rp 500.000, pada berbagai marketplace.

 

3. Baby Push Walker

baby-walker - Acosta Super Food

Jenis baby walker yang didorong satu ini hampir mirip dengan stand up toys. Penggunaan baby push walker juga sama dengan kedua alat atau permainan di atas, kira-kira ketika bayi berusia 8-9 bulan.

Bedanya, jika stand up toys lebih kepada supaya si kecil mau berdiri dan mulai merambat, baby push walker berbeda. Baby push walker harus didorong, anak juga sebaiknya sudah tahu bagaimana menggerakkan kaki untuk berjalan. Bisa dibilang baby push walker tahapannya setingkat di atas kedua mainan tersebut.

Untuk harga baby push walker beragam, Anda bisa mendapatkan yang murah hingga yang mahal. Rentangnya juga cukup lumayan dari yang harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 jutaan.

Supaya lebih mudah dalam memilih karena saking banyaknya merk baby walker, tidak ada salahnya Anda membaca review. Misalnya review baby push walker dari newbietech, lihat berapa bintangnya, dan apa tanggapan orang tentang ini. Jika kebanyakan tanggapan positif maka bisa anda pertimbangkannya.

Dari sekian banyak merek, salah satu yang bisa Anda percaya adalah Newbie Tech Baby Push Walker. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 560.000. Produk ini sudah jelas berkualitas, memenuhi standar SNI, aman bagi anak dan bersifat edukatif.

 

4. Moonwalk Baby

Moonwalk baby bisa menjadi alternatif alat bantu belajar jalan bayi selain baby walker. Anda bisa menyiapkan ini dirumah ketika anak sudah mulai bisa berdiri atau merambat.

Bentuk dari walking baby sendiri seperti celana tetapi, ada tali pengaman dan juga tali pegangan pada bagian atas. Berbeda dengan baby walker yang tidak perlu bantuan orang tua, untuk menggunakan moonwalk baby anak tidak bisa sendiri.

Anda harus memegang tali pada bagian atas, ketika membantu anak belajar berjalan. Selain moonwalk baby, ada juga walking assistant yang cara penggunaanya sama. Bedanya jika moonwalk baby dipakai seperti celana, walking assistant dipasang pada dada.

Versi alat bantu jalan bayi tradisional dari walking assistant dan moonwalk baby adalah sarung. Anda bisa memakaikan sarung pada dada anak dan memegangnya, cukup mirip bukan? Akan tetapi, sebenarnya walaupun ingin membeli alat ini harganya sangat murah bahkan lebih murah dari sarung yaitu sekitar Rp 50.000.

 

5. Pre Walker Shoes

Sepatu bisa dipakai ketika akan mengajak si kecil berjalan-jalan di luar. Untuk memilih sepatu yang tepat, sepenuhnya keputusan ada di tangan Anda. Si kecil belum bisa membedakan apakah sepatu terlalu besar, kecil atau sempit.

Sehingga cek panjang sepatu, lebarnya, dan berapa cm hak sepatu. Selanjutnya pastikan sepatu ringan, lembut dan terbuat dari bahan yang aman.

Semua hal tersebut harus dicek secara detail karena bisa mempengaruhi kaki anak.

 

6. Pagar

Apa hubungannya pagar dengan anak yang mulai belajar berjalan? Sepertinya perlengkapan satu ini tidak ada hubungannya sama sekali bukan?

Sebenarnya pemasangan pagar ketika anak mulai belajar berjalan itu penting. Hal ini untuk menjaga supaya anak tidak pergi ke area yang berbahaya di dalam rumah. Misalnya saja supaya anak tidak bisa mengakses tangga, dapur, atau kamar mandi.

Dalam memilih pagar haruslah lebih tinggi dari anak, dan pastikan tidak bisa dijangkau anak dengan memanjat. Pastikan juga kunci pagar tidak bisa diakses anak supaya ia tidak bisa menjangkau daerah yang berbahaya. Menggunakan bahan pagar yang aman untuk anak juga tidak kalah pentingnya.

 

7. Pad Sudut

Di dalam rumah pasti ada banyak permukaan benda yang lancip bukan? Misalnya saja seperti sudut meja, lemari, sampai ujung kursi dan juga pegangannya. Benda-benda ini bisa membahayakan anak apalagi, kalau ia sudah mulai aktif.

Bayangkan saja, ketika anak sudah mulai bisa merambat bukankah tinggi meja TV atau dudukan kursi akan pas dengannya? Bagaimana kalau ia sampai terpeleset dan membentur sudut tersebut? Sangat berbahaya dan semoga jangan sampai terjadi ya!.

Untuk itu perlengkapan satu ini penting dan harus dibeli supaya anak bisa belajar berjalan dengan lancar dan aman. Harga pad sudut juga termasuk murah, hanya dengan Rp 10.000 Anda sudah bisa mendapatkannya. Bahkan, kalau mencari harga yang lebih murah juga ada, semua tergantung bahan dan ukurannya.

Itu dia 7 peralatan yang harus dibeli ketika si kecil mulai belajar berjalan untuk memastikan proses lancar dan aman.

Apakah anda sudah memiliki ke 7 peralatan tersebut? Atau diantara alat bantu belajar berjalan hanya memilih salah satu? Bagaimanapun pilihan anda, semoga anak bisa cepat lancar berjalan, kalaupun belum tidak perlu stress.

Perkembangan setiap anak memang berbeda-beda, bahkan jika itu saudara. Selama masih dalam tahap wajar dan tidak tertinggal jauh, anda tidak perlu khawatir. Sebagai informasi tambahan, mari membahas tahap perkembangan anak.

Di bawah ini akan ada informasi tahap perkembangan anak dari duduk hingga berjalan lengkap dengan usianya.

 

Tahap Perkembangan Anak Dari Duduk Hingga Berjalan

Alat Bantu Jalan Bayi - 7 Perlengkapan Yang Perlu Dibeli Ibu Saat Anak Sedang Belajar Jalan - Acosta

Ketika saudara atau anak sebaya buah hati sudah bisa berjalan dan si kecil belum, orang tua biasanya panik. Padahal, tidak semua anak sama dan waktunya pun tidak pasti. Misalnya A mampu berjalan di usia 14 bulan, itu bukan berarti semua anak harus sudah bisa berjalan di usia tersebut, ada rentang usianya.

 

1. Duduk

Untuk rentang usia anak yang sudah mulai bisa duduk adalah 4-7 bulan. Pada usia ini otot-otot anak sudah mulai kuat dan bersiap untuk mendukungnya untuk berdiri.

Jadi, ketika si kecil memasuki usia 5 bulan dan belum bisa duduk, tidak perlu panik. Hal tersebut masih dalam batas normal dan si kecil juga baik-baik saja.

Untuk membantu buah hati agar lebih cepat untuk duduk, anda bisa melakukan beberapa rangsangan. Misalnya dengan mengajak si kecil untuk bermain dan meraih mainannya. Cara lain adalah membuat anak melompat-lompat pada paha anda ketika sudah memasuki usia 6 bulan.

 

2. Merangkak

Tahapan selanjutnya setelah anak bisa duduk adalah merangkak. Rentang usia anak yang umumnya sudah bisa melakukan ini ada di usia 7-10 bulan.

Memberikan berbagai rangsangan bisa membuat anak merangkak lebih baik. Menggunakan mainan untuk menarik anak adalah salah satu cara yang paling mudah. Kemudian, memberikan anak pujian ketika ia berhasil mendapatkan mainnannya juga membuat anak lebih percaya diri dan bersemangat.

 

3. Mengangkat Dirinya

Merangkak melatih pergerakan lengan dan juga kaki, dengan begini tubuh anak sudah lebih kuat. Ketika anak sudah lebih kuat, ia akan mampu mengangkat dirinya sendiri. Umumnya hal ini mampu dilakukan anak ketika ia mencapai usia 8 atau 9 bulan.

Pada tahapan ini meskipun ia sudah bisa mengangkat dirinya, bukan berarti dari posisi ini dia bisa kembali duduk dengan benar. Sehingga penting sekali untuk orang tua mengajari si kecil bagaimana menekuk kakinya dan kemudian duduk.

 

4. Berdiri Tanpa Bantuan

Memasuki usia 9 bulan ke atas, anak sudah mampu berdiri tanpa bantuan. Anda bisa terus memberikan anak stimulasi berupa pujian atau sesekali membantunya. Menghitung waktu berapa lama si kecil mampu berdiri juga bisa dilakukan untuk mengetahui perkembangan si kecil.

 

5. Langkah Pertama

Memasuki usia 9-12 bulan, anak sudah bisa melakukan langkah pertamanya. Ia sudah mampu melangkah meskipun belum jauh dan stabil. Memberikan pujian dan pelukan bisa membuat anak lebih bersemangat untuk belajar.

 

6. Lancar Berjalan

Memasuki usia 12-18 bulan, anak sudah mulai lancar berjalan dan bukan sekedar langkah. Akan tetapi, walaupun sudah bisa berjalan pada tahap ini terkadang si kecil suka kembali merangkak. Hal ini bisa terjadi karena anak kehilangan keberaniannya, bisa karena sering terjatuh atau merasa merangkak lebih mudah.

Apabila hal ini terjadi, sebaiknya bantu anak dan tumbuhkan rasa percaya dirinya. Dengan begitu anak akan terbiasa berjalan dan tidak kembali kepada kebiasaaan merangkak.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu rentang perkembangan dari duduk hingga lancar berjalan bukan? Jadi, tahap perkembangan ini memang tidak harus sama pada setiap anak. Apabila satu anak bisa berjalan di usia 12 bulan dan lainnya di 18 bulan, bukan berarti yang 18 bulan tertinggal atau mengalami masalah.

Nah, sekian pembahasan mengenai perlengkapan yang perlu dibeli ibu ketika anak mulai belajar berjalan. Mungkin dalam prosesnya setiap anak menghabiskan waktu yang berbeda tetapi, hal ini bukan berarti anak tertinggal. Apabila Anda merasa perlu menggunakan alat bantu jalan bayi, maka pakailah dengan benar.

Tahap Perkembangan Anak Dari Duduk Hingga Berjalan

1. Duduk 2. Merangkak 3. Mengangkat Dirinya 4. Berdiri Tanpa Bantuan 5. Langkah Pertama 6. Lancar Berjalan

3 Rekomendasi Perlengkapan yang Perlu Dibeli Supaya Anak Lancar dan Aman Belajar Berjalan

1. Pull Toy 2. Pagar 3. Pad Sudut

Artikel terkait