Alat Belajar Jalan Bayi

Memasuki masa-masa usia berjalan, membuat orangtua harus lebih ekstra hati-hati karena pergerakan anak Anda mulai aktif kesana kemari. Namun, tidak usah khawatir, karena ada alat belajar jalan bayi yang bisa Anda manfaatkan.

Tentu ada banyak alasan mengapa Anda perlu memanfaatkan alat yang juga dikenal dengan Baby Walker ini. Untuk Anda yang sedang membutuhkan, ada beberapa tips memilih alat belajar jalan bayi secara benar.

 

Mengapa Perlu Memakai Alat Belajar Jalan Bayi?

Ada beberapa alasan mengapa orangtua perlu memakai alat belajar jalan bayi. Berikut kelebihan dari alat tersebut.

 

1. Mempermudah Bayi Berjalan Lebih Cepat

Alat bantu jalan bayi akan membuat bayi berjalan lebih cepat. Orangtua juga akan merasa nyaman karena alat tersebut umumnya dilengkapi fitur pengaman untuk menghindari bayi terjatuh saat digunakan.

 

2. Membantu Pembentukan Tulang Belakang

Selain sebagai alat untuk mempermudah bayi belajar berjalan. Alat bantu bayi belajar berdiri juga bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang belakang menjadi lebih baik. Alat ini juga bermanfaat membentuk otot kaki menjadi lebih kuat.

 

3. Orangtua Lebih Mudah Mengajari

Alat bantu berjalan bayi biasanya dilengkapi sistem pengaturan yang bisa diatur sesuai selera. Penggunaan alat ini akan mempermudah orangtua dalam mengajari anak berjalan.

 

4. Belajar Sambil Mengenal Lingkungan Sekitar

Mengajari anak berjalan menggunakan alat bantu jalan bayi dorong sekaligus memperkenalkan lingkungan sekitar pada bayi. Orangtua bisa mengajak bayinya ke taman untuk mengenalkan hal-hal baru kepada anak.

 

5. Lebih Aman Untuk Bayi

Faktor keamanan dan kenyamanan tentu menjadi pertimbangan utama seorang orangtua memilih alat untuk bayi belajar berjalan. Apalagi, menghadapi anak yang hiperaktif, tentu butuh perhatian khusus saat diajari berjalan.

Tapi, tak usah khawatir, saat ini alat bantu bayi berjalan dilengkapi dengan fitur keamanan pada setiap sisi, sehingga bayi tidak mudah jatuh atau keseleo.

 

6. Mudah Dibawa Kemana-mana

Baby Push Walker banyak dipilih karena praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Sesekali anak perlu diajak keluar agar dia tidak jenuh di rumah terus.

Pilihlah tempat yang mengasyikkan. Anda tidak perlu khawatir, karena alat bantu jalan ini nyaman untuk acara rekreasi Anda.

 

7. Bayi Lebih Mudah Mengatur Keseimbangan

Mengatur keseimbangan adalah bagian paling sulit bagi orangtua saat mengajari bayi berjalan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena sudah tersedia alat bantu bayi berjalan yang bisa membantu mengatur keseimbangan agar tidak mudah jatuh.

 

Tips Memilih Alat Belajar Jalan Bayi

Berbagai manfaat alat belajar bayi diatas bisa dirasakan secara maksimal jika Anda bisa memilih alat tersebut dengan baik. Berikut tips memilih alat bantu bayi berjalan yang tepat.

 

1. Konstruksi Yang Kokoh dan Stabil

Tips pertama memilih alat belajar bayi jalan adalah dengan memperhatikan konstruksi yang kokoh dan stabil. Ini tentu menjadi syarat utama yang menjamin bayi aman selama belajar berjalan.

Risiko yang paling umum terjadi jika konstruksi tidak kuat adalah bayi bisa terjungkal atau jatuh saat sedang belajar. Jadi, cek bahan-bahan yang digunakan untuk memastikan kekuatannya.

Pilihlah bodi yang lebih lebar. Meskipun bodi tersebut membuat gerakan bayi terbatas. Namun, itu jauh lebih baik karena biasanya saat bayi bergerak cepat mainan ini akan mempercepat gerakan bayi.

Setelah konstruksi baby walker dipastikan kokoh, Anda harus mengecek kestabilannya. Lihat konstruksi rodanya, posisinya harus seimbang dan sudah terpasang dengan erat.

Roda juga harus bisa bergerak lancar mengikuti gerakan bayi. Disarankan agar Anda memilih alat bantu bayi berjalan yang rodanya tidak terlalu licin. Jika alat ini bergerak terlalu cepat maka bayi yang tidak bisa mengikutinya bisa terjatuh.

 

2. Ada Fitur Keamanan

Bayi yang belajar berjalan menggunakan push walker cenderung bergerak aktif, sehingga berisiko mengalami kecelakaan. Untuk itu, alat bantu bayi berjalan yang dipilih haruslah yang memiliki fitur keamanan.

Beberapa fitur keamanan yang dibutuhkan adalah peredam kecepatan. Hal ini penting untuk menahan bayi bergerak terlalu cepat sehingga mencegah bayi tergelincir. Fitur keamanan lainnya adalah bantalan anti selip pada roda.

Pilihlah alat bantu jalan bagi bayi yang dilengkapi alas pada bagian bawahnya. Alas ini berguna untuk mencegah kaki bersentuhan langsung dengan lantai. Dengan fitur ini, bayi tidak bisa bergerak liar.

 

3. Fitur Penunjang Lainnya

Anda membutuhkan alat belajar jalan bayi yang memiliki fitur penunjang untuk memberi stimulasi pada otak, motorik, sensorik, dan sebagainya.

Anak yang sedang tumbuh dan berkembang umumnya bergerak super aktif, sehingga membutuhkan alat bantu berjalan yang memiliki banyak mainan pula.

Baby walker dengan banyak mainan dinilai lebih efisien daripada Anda harus membeli mainan satu per satu. Mainan pada alat ini umumnya juga sudah di-setting sedemikian rupa untuk mendorong pertumbuhan anak.

 

4. Bahan Yang Aman

Alat bantu jalan bayi harus terbebas dari penggunaan bahan-bahan berbahaya. Untuk itu, Anda harus lebih teliti dan memeriksa bahannya sebelum membeli baby walker.

Jika alat bantu jalan menggunakan bahan plastik, pastikan plastik yang digunakan tidak memiliki kandungan berbahaya bagi anak. Demikian juga jika berbahan kayu, pastikan memiliki permukaan yang aman saat disentuh bayi.

Untuk produk yang sudah terjamin keamanannya, Anda bisa memilih produk dengan label SNI dan BPA Free. BPA Free artinya bebas bisphenol A (bahan berbahaya pada plastik).

 

5. Harga

Harga juga menjadi hal yang penting Anda pertimbangkan saat membeli alat bantu bayi berjalan. Harga Baby Walker yang mahal belum tentu memberikan manfaat yang banyak buat bayi Anda.

Sebaliknya, ada beberapa produsen/toko yang jual alat ini dengan sangat murah sehingga mengabaikan faktor keamanan. Jika sudah menyangkut faktor keamanan, pertimbangan harga menjadi menjadi sangat penting.

Sebaiknya, pertimbangkan membeli barang yang harganya standar namun semua fiturnya bermanfaat bagi anak Anda.

Harga alat bantu belajar bayi bervariasi, tergantung dari bahan yang digunakan, desain, hingga kelengkapan fiturnya. Anda bisa cek di toko-toko online, kisaran harganya antara Rp45 ribu hingga Rp900 ribu per unit.

 

Alat Bantu Jalan Bayi Tradisional

Namun jika Anda tidak ingin menggunakan Baby Walk, Anda masih bisa mengajari anak berjalan dengan menggunakan alat bantu jalan bayi tradisional.

Cara pembuatannya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Salah satu alternatif alat bantu tradisional yang bisa Anda pilih adalah dengan membuat alat pegangan pada dinding.

Bahan pegangan yang dipakai bisa dari pipa atau kayu yang ditempel di dinding. Untuk menarik anak mau bergerak ke samping kanan atau samping kiri, Anda bisa membuat beberapa mainan gantung di atasnya.

Cara tradisional ini masih banyak dipraktekkan orangtua, karena selain pertimbangan biaya. Menggunakan cara ini membuat bayi bergerak aktif tanpa khawatir bayi terjatuh.

Ada banyak pilihan alat belajar jalan bayi. Mulai dari fitur standar hingga fitur super lengkap dengan fungsinya masing-masing. Atau, karena pertimbangan harga, Anda bisa memilih yang paling murah hingga harga hampir mencapai jutaan rupiah.